AksesorisAuto TechHomeOtomotifPerabotan Rumah TanggaPerangkat Keras

10 Jenis Obeng dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Obeng adalah salah satu alat yang penting dan sering digunakan dalam setiap pekerjaan rumah maupun otomotif. Alat ini berfungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan sekrup.

Namun seiring perkembangan waktu, obeng hadir dalam berbagai macam jenis dan bentuk serta penggunaannya juga beragam tergantung dengan jenis dan ukuran sekrup yang digunakan. Selain itu, penggunaan obeng juga harus mengikuti bentuk dan ukuran sekrup yang digunakan, karena itu jenis dan fungsi yang berbeda-beda.

Menggunakan obeng yang tidak cocok dengan sekrup akan menghambat pekerjaanmu. Maka dari itu untuk mengetahui jenis-jenisnya, simak artikel berikut!

1. Torx

Obeng torx adalah salah satu tipe obeng yang cukup populer. Awalnya torx digunakan hanya untuk keamanan, namun sejak itu menjadi populer obeng ini digunakan pada berbagai bidang komersial. Dari segi bentuk, obeng ini menyerupai bintang bulat atau bunga. Di sisi lain, Torx juga terkenal karena keamanannya dan efisiensinya.

2. Obeng Philips

Philips memiliki bentuk ujung yang miring, yang berarti Anda dapat memasukkan obeng lebih dalam hingga ke kelapal sekrup dan tidak takut bergeser. Karena fungsinya, obeng Philips dapat ditemukan di hampir segala bidang. Uniknya, hampir semua kegiatan seperti otomotif maupun pekerjaan rumah telah menggunakan Phillips hingga saat ini.

3. Hex

Hex merupakan jenis obeng yang juga cukup populer karena berbeda dari yang lain, di mana ia memiliki pegangan atau tim. Jenis obeng ini memiliki material logam dengan ukuran kecil dan enam sisi yang ditekuk menjadi bentuk-L dan tidak memiliki kepala. Obeng hex biasanya termasuk di dalam paket pembelian furniture dan perlengkapan perawatan kendaraan.

4. Flat Head

Flat head merupakan jenis obeng tertua dibanding yang lain, obeng jenis ini sudah dibuat sekitar abad ke-15 dan tipe obeng yang paling populer. Selain itu, obeng ini bisa digerakkan secara manual atau digerakkan dengan daya.

Obeng flat head dibagi jadi dua jenis: keystone dan kabinet. Obeng keystone memiliki ujung poros agak lebih luas dibandingkan dengan jenis kabinet yang membuatnya lebih cocok untuk kegiatan seperti yang berkaitan dengan kayu. Sedangkan obeng kabinet lebih digunakan untuk membuat perhiasan dan lainnya.

5. Elektrik

Tipe obeng yang satu ini adalah salah satu obeng yang paling mudah dipakai, karena jenis ini membutuhkan tenaga elektrik, sehingga tak membutuhkan banyak tenaga saat menggunakannya.

Lihat juga:  7 Merk Toaster Yang Bagus 2022

Karena ini obeng elektrik, cara pakai obeng ini pun cukup simple. Anda cukup menekan tombol start untuk menghidupkan mesin. Setelah itu obeng tersebut akan menyala adalah dengan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Selain itu, obeng jenis elektrik pada umumnya memiliki kelengkapan mata sekrup plat dan kembang.

6. Ratchet

Ratchet memiliki bentuk yang serupa dengan pistol, gagangnya dapat menyimpan mata sekrup yang dilengkapi dengan sekrup pipih, sok dan berbentu kembang atau bunga. Jika ingin mengganti sekrup, maka bagian ujung obeng dapat dibongkar-pasang. Kelebihan dari sistem retchet ialah penyetelan dan pemasangan satu arah yang efisien.

7. Tri-point

Tri-point memiliki bilah bermata tiga yang menyerupai set Y pada sudut 120 derajat yang sama. Sekrup sangat populer di dunia elektro dan sulit untuk dimanipulasi tanpa alat yang benar. Anda dapat menemukan sekrup ini di produk buatan Apple, perangkat gaming Nintendo dan lainnya.

8. Fleksibel

Untuk obeng yang satu ini memiliki bentuk yang menyerupai pulpen. Selain itu desainnya juga simple dan unik. Seperti pulpen pada umumnya obeng ini juga bisa disangkutkan ke saku dan mudah dibawa kemana-mana.
Obeng ini dilengkapi dengan dua mata sekrup pipih dan kembang. Anda juga dapat menggunakan keduanya dengan cara melepas mata sekrup dan membaliknya, karena mata obeng ini dipasang secara bolak-balik.

9. Clutch Head

Selanjutnya, tipe obeng yang satu ini telah mengalami beberapa perubahan desain selama beberapa tahun terakhir. Ia mempunyai slot yang menyerupai dasi kupu-kupu, sedangkan versi yang lama memiliki reses yang melingkar di tengah.

Sebagian besar dari kalian akan menemukan obeng ini digunakan di seluruh industri otomotif, karena tipe obeng ini menjadi populer di kendaraan jaman dahulu.

10. Robertson

Robertson mungkin bukanlah obeng yang umum di Indonesia, namun jenis ini banyak digunakan oleh orang Kanada. Karena daya tahannya, sekrup kepala persegi biasanya ditemukan di industri otomotif dan furniture.

Kesimpulan

Itulah 10 jenis-jenis obeng dan fungsinya yang wajib anda tahu. Keunggulan, dan kegunaan dari obeng ini tentu berbeda. Selain itu, meskipun perkakas ini terkadang terlihat sepele pada penggunaan rumah tangga, namun perannya sangat dibutuhkan untuk memudahkan pekerjaan. Semoga bermanfaat!