AplikasiApplicationHome

10 Shortcut Keyboard Penting Beserta Fungsinya

Di era serba digital saat ini, banyak kegiatan ataupun pekerjaan tidak semuanya dilakukan secara manual. Pasalnya, komputer dan internet menjadi hal terpenting diberbagai bidang pekerjaan. Di sisi lain, kehadiran sistem operasi komputer seperti Windows maupun Mac juga turut mempermudah pekerjaan sehari-hari dengan menyediakan jalan pintas atau shortcut pada keyboard./

 

Shortcut keyboard adalah kombinasi dari berbagai tombol di keyboard yang berfungsi untuk memunculkan perintah tertentu. Umumnya shortcut keyboard dapat digunakan untuk mempersingkat pekerjaan di berbagai program, mulai dari Microsoft Word, Excel, Google Chrome, hingga program lainnya.

Sebagian besar shortcut keyboard di berbagai program biasanya diawali dengan menggunakan tombol Ctlr dan Shift yang diikuti menekan tombol lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh, berikut daftar shortcut keyboard yang bisa membuat pekerjaan Anda lebih cepat dan efisien.

1. Ctrl + V

Kombinasi dua tombol keyboard ini berfungsi untuk menempelkan teks yang telah disalin atau dipotong dari sumber lain. Biasanya kombinasi kunci ini digunakan setelah menggunakan kombinasi Ctrl + C ataupun Ctrl + X.

2. Shift + Panah

Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Shift + Panah (atas, bawah, kanan, kiri) untuk menyorot teks tertentu. Kemudian, Anda bisa melakukan berbagai perintah pada teks yang disorot, seperti:
Ctrl + C: Copy, menyalin teks dari sumber lain
Ctrl + I: Italic, membuat teks miring
Ctrl + B: Bold, menebalkan teks
Ctrl + U: Underline, membuat garis di bawah teks
Ctrl + X: Cut, mengambil teks dari sumber lain

3. Ctrl + Z dan Ctrl + Y

Saat sedang sibuk mengetik, pernahkah Anda tidak sengaja salah mengetik atau salah menghapus teks? Jika hal tersebut terjadi, jangan panic. Anda dapat mengembalikan pekerjaan hanya menggunakan perintah Undo dengan kombinasi kunci Ctrl + Z untuk membatalkan perintah sebelumnya. Kebalikan dari kunci ini adalah Ctrl + Y. Dengan menggunakan kombinasi ini, maka Anda akan membatalkan perintah Undo sebelumnya.

4. Alt + F4 dan Ctrl + W

kedua kombinasi kunci ini memiliki fungsi untuk menutup. Bedanya, kombinasi Alt + F4 berfungsi untuk menutup jendela program yang sedang dibuka. Sementara, Ctrl + W bertujuan untuk menutup tab halaman di Google Chrome. Maka dengan ini, Anda tidak akan kesulitan mencari tanda X untuk menutup tab atau jendela program.

5. Ctrl + P

Untuk yang satu ini mungkin fiturnya seringkali digunakan untuk mencetak sebuah dokumen. Kombinasi Ctrl + P akan memunculkan perintah Print Preview untuk meninjau halaman atau dokumen yang ada dicetak. Selain itu, kombinasi kunci ini di Chrome juga dapat digunakan untuk menyimpan halaman apapun dalam bentuk PDF.

Lihat juga:  10 Jenis Obeng dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

6. Ctrl + Shift + Esc

Pernahkah Anda mengalami program yang “not responding” dan tidak bisa ditutup bahkan setelah menekan X. Hal tersebut terjadi, karena adanya program yang error. Namun tidak perlu pusing, Anda hanya perlu menekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager yang berisi semua program yang sedang dibuka. Klik salah satu program untuk menutupnya secara paksa dengan menekan “End Task”.

7. Ctrl + A

Sedikit mirip dengan kombinasi Shift + Panah sebelumnya, kombinasi kunci Ctrl + A juga berfungsi untuk menyorot teks. Bedanya, kombinasi ini dapat membantu kamu menyorot seluruh teks yang ada sekaligus.

8. Ctrl + F

Jika Anda ingin mencari kata tertentu di sebuah dokumen atau halaman dengan cara yang cepat, Anda bisa menekan kombinasi Ctrl + F. Kolom akan muncul untuk mengetik kata yang akan dicari. Lalu, sistem akan secara otomatis mencari kata kunci yang telah diketik sebelumnya.

9. Ctrl + S

Ingin menyimpan dokumen secara cepat dan praktis tanpa perlu mencari-cari ikon Save? Anda dapat menekan kombinasi Ctrl + S. Selain itu, kombinasi ini tidak hanya untuk menyimpan dokumen, tapi juga bisa menyimpan halaman di Chrome dengan kombinasi kunci ini.

10. Win+D

Win+D berfungsi untuk memperkecil tampilan aplikasi atau menyembunyikan program dari layar laptop atau PC dengan hanya menekan tombol Win+D di keyboard Anda.

11. Alt + Tab

Saat terlalu banyak jendela program di Windows, Anda akan kesulitan mencari jendela program yang dituju. Maka dari itu, Anda dapat mencoba kombinasi tombol Alt + Tab. Ini berfungsi untuk menampilkan semua jendela program dengan cepat yang sedang dibuka. Setelah semua jendela program ditampilkan, tekan tombol Tab untuk memilih program yang ingin dituju.

12. Win+Tab

Sama halnya dengan shortcut Alt+Tab, fungsinya adalah untuk memindahkan aplikasi yang dituju secara cepat. Lalu, shortcut Win+Tab berlaku di Windows dengan menekannya secara bersamaan.

13. Ctrl+Esc

Jika Anda menggunakan keyboard yang bukan dari Windows, maka fungsi shortcut ini adalah untuk membuka menu Start. Cukup tekan tombol secara bersamaan di keyboard Anda.

14. Win + I

Lewat shortcut ini, Anda bisa langsung menuju opsi pengaturan tanpa perlu mencarinya di kolom search.

15. Win + C

Dengan tombol shortcut ini, Anda akan membuka langsung sistem Cortana. Ini adalah sistem semacam Siri, asisten digital AI yang bisa kamu aktifkan melalui ucapanmu. Selain menekan Windows + C, kamu juga mengaktifkannya dengan berucap “Hey Cortana.”

Kesimpulan

Demikian daftar shortcut keyboard dasar yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat pekerjaan. Tentunya shortcut keyboard di atas hanya sebagian dari sekian banyaknya shortcut keyboard yang bisa digunakan di komputer. Jika Anda dapat mengingat kombinasi kunci di atas, maka Anda akan menghemat waktu dengan efisien.