AplikasiApplicationElektronikGadgetsSmartphone

7 Aplikasi Scanner Dokumen Smartphone Terbaik 2022

Mungkin dari sebagian orang memerlukan scan data untuk melengkapi berkas-berkas tertentu. Hal itu membuat Anda repot-repot mencari toko fotocopy terdekat hanya untuk menscan data tersebut ke dalam bentuk digital.

Tapi di era ini, Anda tidak perlu pergi mencari tempat scan terdekat, karena sudah banyak aplikasi scanner yang bisa digunakan untuk memindai dokumen hanya lewat smartphone. Cukup dengan mengunduh aplikasi-aplikasi di bawah ini, Anda dapat langsung memindai dokumen yang dibutuhkan dan mendapatkan hasilnya dalam bentuk file.

Berikut aplikasi scanner terbaik yang dapat Anda gunakan!

1. Text Fairy (OCR Text Scanner)

Apakah Anda mencari aplikasi yang dapat mengkonversi gambar ke dalam bentuk teks? Mungkin Text Fairy (OCR Text Scanner) adalah jawaban yang tepat. Aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur canggih lainnya, salah satunya yaitu mampu memberbaiki sudut pandang dari suatu gambar atau dokumen menjadi lebih optimal.

Selain itu, aplikasi ini pun mendukung lebih dari 50 bahasa untuk dikonversi menjadi bentuk teks. Gambar atau dokumen yang telah dipindai menggunakan aplikasi ini dapat disimpan ke dalam format .PDF.

2. PhotoScan by Google

Kebanyakan aplikasi di daftar ini anda digunakan untuk memindai dokumen. Apakah ada aplikasi scanner terbaik untuk foto? Jawabannya ada! Menariknya lagi, aplikasi dengan nama PhotoScan ini dibuat langsung oleh Google.

Menariknya lagi, PhotoScan by Google dapat digunakan untuk memindai foto lama Anda. Algoritma di aplikasi bisa membantu menghilangkan glare yang biasa ada di foto jadul. Selain itu, aplikasi dapat membantu crop dengan tampilan terbaik. Jadi, segera siapkan foto lama kamu dan simpan semua secara digital!

3. Microsoft Office Lens – PDF Scanner

Selanjutnya, ada Microsoft Office Lens – PDF Scanner. Aplikasi scanner terbaik yang ada di platform Android saat ini yang dikembangkan oleh raksasa teknologi, Microsoft. Menariknya lagi, Office Lens tersedia secara gratis dan tanpa iklan.

Office Lens dapat digunakan untuk scan dokumen dan tulisan di whiteboard (papan tulis putih). Setelah dipindai, dokumen dapat disimpan dalam bentuk PDF, Word, atau PowerPoint.
Dokumen tersebut kemudian dapat disimpan di berbagai aplikasi bikinan Microsoft sendiri, seperti OneDrive dan OneNote.

4. CamScanner

CamScanner – Phone PDF Creator adalah salah satu aplikasi scanner dokumen terbaik yang bisa Anda gunakan untuk men-scan dokumen pada kertas, tulisan di papan tulis, dan masih banyak lagi. Anda bisa menyimpan dokumen yang telah di-scan oleh aplikasi ini dalam format .PDF dan .JPEG.

Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo A71 atau A57?

Bagi Anda yang ingin menikmati lebih banyak fitur canggih, tersedia juga versi premium yang memungkinkan dokumen tersimpan ke dalam penyimpanan cloud, mulai dari Google Drive, Dropbox, Evernote, dan masih banyak lagi.

Selain bahasa Inggris, Office Lens dapat bekerja dalam bahasa Jerman, Spanyol, dan Simplified Chinese.

5. Scanbot – PDF Document Scanner

Scanbot – PDF Document Scanner juga merupakan aplikasi untuk men-scan dokumen yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis di smartphone Anda. Aplikasi ini akan secara otomatis mengoptimalkan warna pada dokumen yang telah kamu pindai agar kualitasnya maksimal.

Di sisi lain, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk men-scan dokumen dengan banyak halaman sekaligus. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung penyimpanan pada layanan cloud, seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive, Evernote, dan lain sebagainya.

6. Clear Scan

Aplikasi scan satu ini merupakan salah satu aplikasi scanner terbaik yang ada saat ini. Ia dapat beroperasi secara ringan hingga tidak akan berat saat aplikasi digunakan di smartphone Anda.

Clear Scan dapat memindai foto dalam format PDF atau JPEG dan menghasilkan dokumen baru seperti layaknya langsung dari perangkat scanner. Tidak percaya, lihat saja gambar di atas. Uniknya, Clear Scan dapat digunakan untuk mengedit file yang telah dipindai. Anda juga dapat menyimpan banyak halaman dalam satu dokumen, mengatur urutan halaman, ukuran halaman, dan lain-lain.

Anda juga bisa mengunggah file ke Google Drive, OneDrive, dan Dropbox. Clear Scan dapat diunduh secara gratis di smartphone Anda.

7. Adobe Scan

Siapa yang tidak mengenal Adobe? Setelah banyak mengeluarkan aplikasi-aplikasi edit foto dan video unggulannya, kini Adobe menghadirkan Adobe Scan: PDF Scanner, OCR yang dapat digunakan untuk men-scan dokumen di smartphone secara mudah.

Dengan aplikasi Adobe Scan ini, Anda dapat menyimpan dokumen yang telah di-scan dengan format PDF. Berbagai jenis dokumen yang bisa Anda scan melalui aplikasi ini adalah catatan/tulisan, gambar, kuitansi, kartu nama, hingga tulisan di papan tulis.

Adobe Scan juga akan mempertajam kualitas konten atau dokumen yang telah dipindai secara otomatis. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan warna, melakukan crop, dan rotasi pada dokumen yang telah Anda pindai dengan menggunakan aplikasi ini.

Kesimpulan

Itulah deretan aplikasi scanner dokumen terbaik untuk di smartphone. Dengan mengunduh aplikasi-aplikasi di atas, kini Anda bisa men-scan dokumen apapun dengan mudah dan praktis tanpa harus menggunakan mesin scanner. Semoga bermanfaat!