KesehatanMakanan dan Minuman

7 Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman 2022

Kondisi tubuh yang fit dan prima sangatlah penting bagi ibu hamil maupun dan menyusui untuk memastikan nutrisi yang diberikan pada sang bayi diberikan secara optimal. Meski demikian, mengasuh dan merawat bayi pun juga merupakan pekerjaan yang cukup merepotkan. Ibu menyusui dapat terserang penyakit jika tidak mendapatkan vitamin yang tepat.

Penyakit yang rentan dialami oleh ibu menyusui adalah flu atau pilek. Penyakit pilek sendiri tidak akan menular ke bayi melalui susu ASI. Namun, jika ibu menyusui mengalami pilek, ada baiknya tetap menyusui bayi. Hal ini disebabkan oleh ASI yang mengandung antibodi untuk melindungi atau memperkuat kesehatan bayi.

Meskipun tidak menular, pilek juga bisa menular lewat droplet yang dikeluarkan saat bersin. Hal inilah yang membuat bayi tertular jika ibu menyusui sedang terkena pilek. Selain itu, pilek akan membuat tubuh terasa tidak nyaman, sehingga menjadi masalah bagi ibu menyusui dan merawat bayi. Maka dari itu, ada beberapa obat pilek berikut yang direkomendasikan jika sewaktu-waktu ibu mengalami flu atau pilek agar tetap aman. Simak selengkanya!

1. Paramol

Rekomendasi obat flu pertama yaitu, Paramol yang aman untuk ibu menyusu. Obat ini masuk ke dalam golongan obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Paramol mengandung 500 mg paracetamol yang dapat mengurangi gejala flu seperti pusing atau demam.

Jika terdapat tanda-tanda alergi seperti ruam, gatal, sakit tenggorokan dan pucat, hentikan pemakaian jika muncul tanda-tanda. Untuk harganya, Paramol sangat murah yaitu Rp4.000 – Rp35.000 (600 mg).

2. Panadol

Panadol adalah merupakan obat yang mengandung paracetamol yang dapat mengurangi gejala flu seperti demam dan pusing. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter di toko-toko terdekat dengan harga: Rp10.000 – Rp15.000 (500 mg).

Selain itu, Paracetamol dianggap aman bagi ibu menyusui karena hanya menyerap ke dalam ASI dalam jumlah kecil. Selain itu, paracetamol tidak memberikan pengaruh pada jumlah produksi ASI. Meskipun demikian, dilarang menggunakan obat ini jika memiliki alergi terhadap parasetamol.

3. Vicks Vaporub

Vicks Vaporub merupakan obat gosok yang dapat Anda pilih untuk meredakan gejala flu. Obat gosok ini mengandung bahan aktif minyak eucalyptus, menthol dan camphor yang dapat membantu melegakan pernapasan akibat hidung tersumbat, pegal-pegal hingga sakit kepala.

Namun perlu diketahui, untuk penderita umur 2 tahun ke atas perlu petunjuk dokter untuk menggunakan obat ini. Vicks Vaporub dijual dengan harga Rp6.000 – Rp36.000 (10 gr, 25 gr, 50 gr) saja.

Lihat juga:  Pilih Mana: Nasi atau Bubur?

4. Proris

Proris adalah obat yang memiliki kandungan ibuprofen yang mengatasi beberapa gejala flu seperti demam, nyeri otot, dan sakit kepala. Obat ini mudah didapatkan tanpa perlu resep dokter. Obat ini cukup aman untuk ibu menyusui karena ibuprofen hanya masuk ke dalam ASI dalam jumlah yang sedikit. Hanya saja, obat ini tidak direkomendasikan bagi ibu menyusui penderita asma atau penyakit maag.

Harganya pun cukup murah yaitu, Rp8.000 – Rp17.000 saja. Namun jika mengalami efek samping atau gejala tidak kunjung sembuh, segera kunjungi dokter.

5. Sanmol

Sanmol adalah obat yang dapat kamu pilih untuk meredakan flu pada ibu. Obat ini memiliki kandungan paracetamol yang dapat mengurangi rasa sakit disebabkan flu seperti pusing dan demam. Selain itu, obat ini aman untuk dikonsumsi ibu menyusui karena tidak mengganggu produksi ASI serta memiliki risiko rendah pada bayi yang disusui. Obat ini dapat Anda beli di toko terdekat dengan harga Rp1.600 – Rp17.500 (500 mg).

6. Laserin

Bagi Anda yang ingin obat flu dengan bahan dasar alami yang aman untuk ibu menyusui dengan harga lebih terjangkau, Laserin adalah jawabannya. Kandungan yang terdapat dalam obat ini yaitu, herba euphorbiahirta, jahe, cengkeh, daun sirih, daun saga, buah kardamon, mentha arvensis, daun hibiscus, minyak permen, sari akar manis dalam sebotol Laserin.

Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi gejala flu seperti batuk, masuk angin, muntah, dan sakit perut. Namun perlu diperhatikan, untuk pasien memiliki hipersensitivitas terhadap kandungan dari obat atau pada penderita obstruksi usus tidak dianjurkan menggunakan obat ini. Untuk membli obat ini Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp10.000 – Rp24.000.

7. Silex Syrup

Terakhir, ada Silex Syrup yang merupakan obat herbal dengan kandungan ekstrak tumbuhan seperti thyme, primulae, althaeae, droserae, serpylli, eucalyptus oil, anise oil, menthol oil, dan saccharin.

Campuran dari bahan alami tersebut dapat mengobati gejala flu seperti batuk berdahak, pilek, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Gunakan obat ini sesuai dosis yang dianjurkan. Jika terdapat gejala setelah pemakaian silahkan konsultasikan ke dokter. Harga Silex Syrup berkisar Rp70.000 – Rp76.000 saja.

Untuk membeli obat-obatan di atas, Anda dapat membelinya disini.

Kesimpulan

Itulah 7 Obat Flu untuk Ibu Menyusui yang Aman 2022. Pastikan untuk mengonsultasikan kembali setiap obat yang akan dikonsumsi pada dokter. Terlebih jika ibu atau bayi menunjukkan gejala-gejala yang tak biasa. Semoga bermanfaat!