Kesehatan

7 Obat Panu Paling Ampuh 2022

7 Obat Panu Paling Ampuh 2022

Panu adalah penyakit umum yang sering di alami oleh banyak. Penyakit ini akibat tidak menjaga kebersihan badan dengan baik. Panu disebabkan oleh adanya jamur yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang kotor.

Panu memang bukan penyakit yang dapat membahayakan nyawa. Namun, penderitanya bisa merasa tidak nyaman, bahkan kurang percaya diri. Tinea versicolor, atau dalam keseharian sering disebut panu, merupakan infeksi jamur pada kulit. Akibatnya, pigmentasi normal kulit akan terganggu, lalu menghasilkan bercak kecil yang berubah warna.

Namun jangan khawatir, panu dapat diatasi dengan obat yang dijual di apotek. Berikut 7 rekomendasi obat panu paling ampuh 2022.

1. Kalpanax

Kalpanax adalah salah satu obat anti jamur yang sangat ampuh untuk pengobatan panu pada kulit. Dengan komposisi Miconazol Nitra sebanyak 2%, obat dapat menyembuhkan infeksi kulit yang disebabkan oleh dermatofit, atau jamur lainnya seperti panu, kurap, dan kutu air di telapak kaki.

Untuk hasil yang optimal, dianjurkan untuk mengoleskan pada daerah infeksi jamur sebanyak 2 kali sehari, terapi antara 2-6 minggu. Pengobatan dianjurkan 10 hari setelah semua gejala hilang. Kalpanax dapat Anda temui di apotek terdekat dengan harga Rp12.500 – Rp29.000 .

2. Canesten

Dengan harga Rp12.500 – Rp45.500 Anda dapat menyembuhkan jamur dengan efektif. Krim obat anti jamur ini juga ampuh dalam menyembuhkan panu pada kulit. Selain itu, juga ampuh untuk kadas atau kurap, kutu air, dan juga ruam popok. Kandungan didalamnya terdapat Kloritimazol 1% yang bertugas sebagai penangkal jamur pada kulit.

Pada proses penyembuhan, oleskan krim ini secukupnya di daerah kulit 2-3 kali sehari. Anda juga dianjurkan untuk menggunakannya pada lipatan kulit untuk mencegah terjangkitnya penyakit jamur. Bagi ibu hamil dan ibu menyusui disarankan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat ini.

3. Fungiderm

Fungiderm mungkin sudah tidak asing ditelinga Anda, sebab iklannya bertebaran di layar kaca. Krim ini memang efektif dalam mengatasi panu karena memiliki kandungan clotrimazole 1%. Selain panu, obat ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit kulit lainnya seperti jamur kulit, kandidiasis, dan kutu air.

Cara penggunaannya pun juga mudah. Untuk panu ringan sampai sedang, kamu tinggal menggunakan kemasan 5 gram. Sedangkan panu tingkat parah memerlukan kemasan 10 gram. Obat ini berkisar Rp14.000 – Rp29.000 saja.

4. Neo Ultrasiline

Ampuh untuk menyembuhkan jamur yang melanda dari panu, kadas, kurap, dan sebagainya. Neo Ultrasiline ini baru mengeluarkan formula yang baru agar kulit tidak panas dan lengket. Obat ini pun memiliki wangi yang harum sehingga nyaman digunanakan oleh Anda.

Lihat juga:  Pilih Mana: Biovision atau Eyevit?

Cara menggunakannya dengan benar, Anda hanya perlu mengoleskan krim ini secukupnya di bagian yang berjamur dan di area yang tidak nyaman lain sebanyak 2-3 kali sehari. Setelah dirasa sembuh, dianjurkan untuk mengoleskannya lagi. Kisaran harga untuk krim ini Rp8.000 – Rp12.000.

5. Mycoral

Selanjutnya, ada Mycoral. Obat ini adalah krim jamur yang mengandung Ketoconazole, yang merupakan obat anti jamur tropikal untuk mengatasi infeksi pada kulit dan selaput mukosa. Jadi, sangat ampuh untuk penyakit jamur, kurap, panu, atau infeksi dermatofita.

Untuk hasil yang optimal, dianjurkan untuk mengoleskan pada daerah infeksi jamur sebanyak 2 kali sehari, terapi antara 2-6 minggu. Pengobatan lanjutan dianjurkan setelah semua penyakit hilang untuk mencegah penyakit datang kembali. Harga untuk krim ini sendiri hanya Rp13.000 – Rp15.000.

6. Daktarin

Daktarin jadi salah satu obat panu paling ampuh yang banyak digunakan oleh masyarakat. Pada dasarnya, obat ini mampu mengatasi infeksi jamur di kulit maupun di kuku dengan harga Rp23.000 – Rp65.500 saja. Dengan kandungan miconazole di dalamnya, Daktarin ampuh untuk membasmi dan menghentikan pertumbuhan jamur penyebab panu di kulit pengguna. Sebelum menggunakannya, perhatikan juga efek samping dan pemilik alergi tertentu yang sensitif terhadap obat ini.

Ada yang perlu di perhatikan saat menggunakan obat ini. Ibu hamil atau menyusui harus berhati-hati saat menggunakannya. Krim Daktarin mengandung bahan tambahan berupa zat Asam Benzoat yang dapat menyebabkan iritasi mata, kelopak mata, mulut, dan hidung.

7. Salep 88

Terakhir, ada Salep 88 yang juga banyak digunakan. Obat ini dapat mengobati penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur juga khususnya panu, kudis, dan kutu air. Selain itu, Salep 88 juga dapat meredakan rasa gatal dengan kandungan antiseptiknya.

Terdapat zat aktif, Salep panu 88 juga dapat membantu mengobati penyakit kulit lain dalam mempercepat kesembuhan penyakit kulit. Oleskan obat ini 3 kali sehari pada bagian yang sakit dan gatal. Dan pastikan juga badan Anda bersih terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Obat ini bisa Anda dapatkan seharga Rp7.000 – Rp10.000 di apotek terdekat.

Untuk mendapatkan obat panu di atas, Anda dapat melihatnya disini.

Kesimpulan

Obat panu umumnya akan efektif selama penggunaannya mengikuti petunjuk pemakaian. Namun, perlu diketahui bahwa pemulihan warna kulit dapat memakan waktu yang cukup lama, bahkan lebih lama. Bila panu tidak kunjung sembuh setelah dilakukan pengobatan atau Anda mengalami efek samping dari penggunaan obat panu, ada baiknya Anda berkonsultasikan ke dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.