ElektronikGadgetsKameraPhotographySmartphoneTechnology

7 Ponsel Lipat Canggih Terbaru 2022

Saat ini smartphone kian hari makin berkembang pesat. Para produsen kini menyajikan pengalaman yang lebih futuristik untuk para penggunanya. Tak terkecuali ponsel lipat yang dahulu pernah menjadi idola tahun 2000 an. Ponsel lipat juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk solusi ponsel layar lebar.

Samsung yang telah merilis Galaxy Fold pada 2019 lalu, kini menjadi kiblat banyak pabrikan lain membuat ponsel lipat serupa. Ponsel lipat memang belum menjangkau pasar menengah ke bawah, karena teknologi yang ditawarkan lebih canggih. Namun, harga yang ditawarkan juga sebanding dengan budget yang dikeluarkan.
Untuk mengetahui merek-merek apa saja ponsel lipat. Simak pembahasan berikut ini!

1. Samsung Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold menjadi seri pertama ponsel fold besutan Samsung. Handphone ini memiliki kamera yang cukup banyak, yakni 6 buah dalam satu perangkat. Dirilis pada 6 September 2019 di Korea Selatan, perangkat ini mampu dilipat terbuka untuk menampilkan layar fleksibel berukuran besar 7,3 inci.

Ponsel ini memiliki layar “penutup” yang lebih kecil, yang dimaksudkan untuk mengakses perangkat tanpa membukanya. Harga ponsel ini bisa dikatakan cukup terjangkau, hanya sekitar Rp10.500.000 – Rp15.600.000.

2. Motorola Razr 5G

Menjadi generasi kedua smartphone lipat dari Motorola, Razr 5G membawa kembali desain OG dengan spesifikasi yang ditingkatkan dan dukungan sinyal 5G, Toppers.

Ponsel ini memiliki layar berpanel OLED Flip-view vertikal 6.2 inci dengan resolusi 876 x 2142 piksel. Pada bagian atas smartphone, terdapat lekukan tempat kamera selfie 20MP ponsel berada. Di bagian belakang, ada penembak belakang utama 48 megapiksel untuk berswafoto ria.

Di bagian lainnya, terdapat layar berpanel OLED 2,7 inci yang hadir saat kondisi lipat dengan nama tampilan Quick-View. Layar ini akan menampilkan notifikasi, mengirim balasan cepat yang telah ditentukan sebelumnya hingga mengontrol pemutaran musik. Cukup Rp20.800.000 – Rp26.999.000 saja ponsel ini dapat Anda bawa pulang.

3. Huawei Mate Xs 5G

Huawei Mate XS 5G adalah ponsel flagship berikutnya yang memiliki desain lipat revolusioner. Dengan harga Rp41.000.000 – Rp44.999.000, smartphone ini hadir lewat desain Falcon Wing dilengkapi engsel inovatif yang kuat dan canggih.

Tak hanya itu, ponsel ini memiliki kamera Supersensing Leica Quad Camera System dengan sensor 40 MP yang menghasilkan gambar powerful. Selain itu, ponsel ini juga telah dilengkapi konektivitas 5G yang sangat cepat dan latensinya rendah.

4. Xiaomi Mi Mix Fold 5G

Tak hanya Samsung dan Huwawei, Xiaomi juga tak mau kalah dengan menghadirkan ponsel lipat untuk para pecinta Xiaomi. Seri Mi MIX Fold hadir dengan desain lipat dengan layar berpanel AMOLED fleksibel 8 inci yang dilengkapi resolusi WQHD+ (2480 x 1860), kecepatan refresh 60Hz, kecepatan pengambilan sampel sentuh 120Hz, kecerahan puncak 600 nits, Dolby Vision, dan HDR10+.

Lihat juga:  9 Smart TV Terbaik 2022

Kamera ponsel ini juga sangat canggih karena dilengkapi teknologi Liquid Lens yang mampu melakukan 3x optical zoom serta close-up macro (3cm), kamera utama 108MP yang berkualitas.

Selain itu, terdapat juga quad-speaker, turbocharger 67W, RAM LPDDR5 hingga 16GB, penyimpanan UFS 3.1 512GB, dan chipset unggulan Snapdragon 888. Ingin membawa pulang ponsel ini? Cukup menyediakan uang Rp24.500.000 – Rp42.500.000 saja.

5. Microsoft Surface Duo

Microsoft Surface Duo menawarkan ponsel berlayar besar dengan berbagai kecanggihan yang sebanding dengan harganya. Ponsel ini memiliki lebar layar 8.1 inci saat dibuka dengan dual high resolution dan juga teknologi PixelSense Fusion.

Selain itu, ponsel ini mendukung surface slim pen berkualitas dan juga adaptive keyboad. Uniknya, ponsel ini dapat dengan mudah terhubung ke dalam Windows. Anda juga dapat menikmati Surface EarBuds yang nyaman dengan suara berkualitas. Budget untuk memiliki ponsel canggih ini hanya sekitar Rp14.500.000 – Rp29.599.000

6. Samsung Z Flip

Samsung Galaxy Galaxy Fold, Samung juga memiliki seri lain seperti Z Flip yang hadir untuk Anda yang ingin bernostalgia dengan ponsel flip hits ini. Kini Samsung menghadirkannya kembali dengan spesifikasi yang lebih canggih dengan desain yang menarik.

Smartphone ini memiliki bentuk yang simple, compact, dan bisa dilipat, sehingga muat untuk masuk ke dalam saku. Kemudian saat dalam keadaan tertutup, ponsel ini memiliki mini screen yang dapat menampilkan berbagai notifikasi dalam ponsel. Untuk mendapatkan ponsel ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp10.999.000 – Rp14.999.000 saja.

7. Huawei Mate X2

Terakhir, ada Huawei Mate X2 yang merupakan ponsel flagship yang memiliki layar fullview 8 inci untuk pengalaman menonton lebih menggelegar. Kecepatan refresh rate kedua layar ini telah menyentuh angka 90 Hz, sehingga Anda dapat menonton dan dan bermain game dengan lancar.

Tidak hanya layarnya yang menakjubkan, ponsel ini memiliki kamera belakang berkonsep quad camera dengan sensor utama 50 MP yang berkualitas. Anda juga tak perlu menunggu lama saat melakukan pengisian daya karena Huawei Mate X2 memiliki fast charging 55W. dengan fitur canggih tersebut, ponsel ini dihargai sekitar Rp39.200.000 – Rp41.400.000.

Jika Anda tertarik membeli ponsel lipat di atas, Anda dapat melihatnya disini.

Kesimpulan

Ponsel lipat saat ini sudah mulai digemari oleh sebagian orang. Bentuknya yang dapat dilipat, seolah membuatnya berbeda dari ponsel-ponsel yang beredar di pasaran saat ini. Hanya saja, untuk harga, ponsel canggih ini memang terbilang cukup tinggi. Namun jika Anda memiliki budget lebih dan ingin mencoba menggunakan ponsel ini. Silahkan mencoba rekomendasi merek-merek di atas yang telah disebutkan. Selamat memilih!