ElektronikKameraPhotographyTechnology

7 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik 2022

Kamera mirrorless adalah kamera dengan sistem compact yang hampir sama dengan DSLR namun memiliki perbedaan yang jelas, seperti ukuran fisik. Kamera mirrorless atau CSC hadir dalam beragam nama: Hybrid , MILC (Mirrorless Interchangeable Lens Camera), bahkan EVIL (Electronic Viewfinder Interchangeable Lens).

Bagi Anda para pecinta fotografi yang suka bepergian dengan kamera yang ringan maka mirrorless adalah pilihan yang tepat. Dengan bobotnya yang ringan dan kecil tidak membuat kamera tipe ini memiliki kualitas yang kalah bagus dari kamera DSLR.

Fleksibilitas menjadi daya tarik utama dari kamera ini. Dibandingkan dengan pendahulunya, kamera tipe ini lebih kompatibel dengan banyak lensa dan aksesoris kamera.
Berikut 7 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik 2022 yang bisa jadi pilihan untuk mengabadikan momen Anda!

1. Nikon Z7 II

Nikon Z7 II merupakan upgrade dari seri Z7 yang telah dirilis sebelumnya. Peningkatan pada seri Z7 II ini membuatnya masuk dalam daftar kamera mirrorless terbaik saat ini.

Performanya yang dihadirkan pun cukup menyita perhatian. Anda bisa mengambil foto pada ISO 1600-102.400 dengan lebih jernih dan tanpa noise. Oleh sebab itu, pada bidang ini saja Nikon Z7 II sudah unggul ketimbang seri Z7. Belum lagi jika membahas kemampuan baterai serta storage-nya yang besar.

Mungkin bagi Anda yang tertarik dengan kamera ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp48,1 juta.

2. Sony A7C

Dengan lensa FE 28-60mm F4-5.6, kamera mirrorless Sony A7C menghasilkan kualitas full-frame dengan salah satu sistem kamera dan lensa paling kecil dan ringan di dunia. Walaupun ukurannya kecil, tetapi mampu menghasilkan kualitas gambar, AF, dan kecepatan yang tinggi. Kamera ini serba bisa dan siap menunjang kreativitas kemanapun Anda pergi. Harga yang ditawarkan pun sekitar Rp 13.199.000 saja.

3. Fujifilm X-A2

Fujifilm X-A2, suksesor dari Fujifilm X-A1 merupakan varian kamera mirrorless dengan desain bodi yang ramping dan ringan. Untuk harga Rp 5.631.200 – Rp 11.998.500, kamera mirrorless favorit ini memiliki lensa 16 MP dan dilengkapi sensor CMOS yang dapat menghasilkan kualitas gambar terbaik dengan resolusi maksimal 4.896 x 3.264 piksel.

Dengan layar 3 inci yang dapat ditekuk hingga 180 derajat, kamera satu ini sangat selfie friendly. Dilengkapi berbagai fitur unggulan seperti 9 mode autofokus membuat kualitas gambar sangat optimal.

4. Canon EOS M50

Canon mengambil langkah yang mengejutkan saat merancang M50. Selain menghadirkan bodi kamera dengan bentuk mirip kamera DSLR, namun sedikit lebih ramping dan ringan, mereka juga menyematkan fitur rekam video 4K yang selama ini sudah dinanti-nantikan oleh para penggemar pabrikan kamera asal Jepang ini. Pasalnya, kebanyakan kamera DSLR besutan Canon bahkan belum mendukung fitur tersebut.

Lihat juga:  6 Produk Laptop Toshiba Terbaik 2022

Untuk harga, kamera ini dibanderol sekitar Rp10 jutaan.

5. Sony A6400

Nama Sony akhir-akhir ini memang terdengar familiar ditelinga para cineas, yang identik dengan kamera mirrorless yang paling bagus terutama dengan sensor full frame-nya. Merek asal Jepang ini juga memiliki kamera mirrorless dengan sensor APS-C yang memiliki performa yang cukup gahar.

Salah satunya adalah Sony A6400. Berbeda dari seri A6000 lainnya, kamera yang satu ini telah dibekali layar sentuh yang dapat flip ke depan sehingga memudahkan pengguna yang ingin selfie atau vlogging. Bagi Anda yang tertarik membeli kamera ini, Anda hany perlu menyiapkan budget sekitar Rp12 jutaan saja.

6. Panasonic Lumix DC-G9

Kamera ini berbentuk mirip kamera DSLR, lengkap dengan layar mungil di bagian atas bodi untuk melihat pengaturan kamera, Panasonic Lumix G9 menyasar para fotografer profesional. Walaupun memiliki sensor Micro Four Thirds, yang ukurannya hanya setengah sensor full frame saja, kamera mirrorless ini menjanjikan performa dan hasil foto yang luar biasa.

Kelebihan kamera mirrorless Micro Four Thirds ialah pilihan lensanya yang cukup banyak. Pasalnya, Lumix G9 sudah dibekali sistem stabilisasi gambar di dalam bodi, Anda dapat menggunakan lensa apa pun dan tetap mendapatkan hasil foto yang optimal.

Harga Panasonic Lumix DC-G9 dijual sekitar Rp19 jutaan (body-only).

7. Olympus OM-D E-M10 Mark III

Dengan mengusung fitur dan teknologi modern, seri kamera OM-D tetap tampil apik dengan desain ala kamera analog. Salah satu kamera dalam seri ini yang wajib dilihat adalah OM-D E-M10 III. Ditujukan untuk pemula, kamera mirrorless berdesain DSLR ini menawarkan empat mode shooting assist dan deretan tombol fisik yang fungsinya dapat diatur ulang.

Kamera ini dibekali dengan stabilisasi gambar lima poros langsung di dalam bodi, 121 titik fokus contrast detection, serta kemampuan rekam video 4K dengan pilihan video slow motion di resolusi 720p dalam kecepatan 120 fps. Dari segi harga, kamera ini dibanderol sekitar Rp 6,7 juta (dengan lensa kit 14-42mm).

Kesimpulan

Dari beberapa rekomendasi kamera di atas, apakah Anda telah menentukan pilihan? Jika Anda kebingunan untuk mendapatkan kamera terbaik, Anda dapat melihat website dari kamera-kamera tersebut untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya. Selamat memilih!