Application

7 Rekomendasi Situs Web untuk Cek Plagiat Terbaik 2022

Plagiarisme atau Plagiat adalah hal yang paling sering terjadi. Biasanya hal ini banyak dilakukan dikalangan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas seperti makalah, skripsi hingga berbagai macam website atau artikel yang melakukan hal seperti ini. Plagiat merupakan hal yang buruk yang bisa berujung denda dan pidana.

Nah, untuk menghindari plagiarisme, Anda bisa melakukan pengecekan melalui beberapa situs web. Namun sebaiknya untuk mengecek plagiat tulisan Anda harus melakukannya pada beberapa situs web yang terpecaya. Oleh karena itu, berikut 7 rekomendasi situs web yang bisa digunakan untuk cek plagiarisme.

1. PlagScan

Bagi Anda yang membutuhkan sebuah situs web atau aplikasi untuk melakukan cek plagiat yang berbayar, Anda dapat mencoba PlagScan. Namun untuk mendaftar, Anda perlu memasukkan nomor kartu kredit untuk mulai bisa menggunakan PlagScan.

Namun demikian, Anda juga dapatmenggunakan PlagScan secara gratis. Namun terdapat pembatasan layanan, seperti maksimal penggunaan sebanyak 20 kali. Meski demikian, tetap saja PlagScan bisa digunakan karena layanan ini cukup akurat.

2. Copyscape

Di website ini, Anda dapat mengecek apakah artikel yang ditulis sama dengan punya orang lain. Hal itu bisa Anda periksa hanya dengan mengandalkan URL saja.

Dengan Copyscape, Anda dapat melihat apakah tulisan pada URL yang diinput memiliki kesamaan dengan tulisan orang lain di internet. Bukan hanya sama saja, tapi yang menyalin dua atau tiga paragraf pun bisa terdeteksi dengan situs web ini.

Di sisi lain, Copyscape juga hadir dengan layanan lain yang lebih lengkap. Ada Copyscape Premium, Copysentry, hingga Premium API. Anda hanya perlu Sign Up ataupun Log In saja untuk mencoba fitur-fitur tersebut.

3. Plagiarism Detector

Plagiarism Detector adalah situs web selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengecek plagiat. Website ini hadir untuk digunakan secara gratis dengan pemeriksaan tulisan sebanyak 1000 kata. Bila kamu ingin memeriksa lebih dari jumlah tersebut bisa dengan menggunakan layanan berbayarnya.

Untuk melakukan pengecekkan, Anda bisa melakukan dengan metode copy paste, upload file, atau memasukkan URL tempat di mana tulisan yang ingin diperiksa berada. Jadi, kamu bisa memeriksa plagiasi dengan praktis.

Meski gratis bisa digunakan berkali-kali Plagiarism Detector. Beda dengan situs gratisan lainnya yang akan membatasi jumlah penggunaannya. Oleh karena itu, jika punya tulisan lebih dari 1000, Anda bisa melakukannya secara bertahap.

4. Duplichecker

Selanjutnya, ada Duplichecker yang hadir dengan fitur yang mirip dengan Plagiarism Detector. Pada situs web ini Anda dapat melakukan pengecekkan tulisan atau artikel dengan 3 cara, yaitu copy paste, upload file, ataupun URL. Pembatasannya pun juga sama maksimal 1000 kata.

Lihat juga:  Pilih Mana: iMac atau MacBook Pro?

Namun, pada Duplichecker hasil analisanya hadir dengan persentase plagiat, sinonim yang digunakan, serta keaslian atau keunikan yang dimiliki tulisan yang diperiksa. Dengan begitu Anda bisa melihat apakah tulisan atau artikelmu mengandung plagiasi.

5. Unicheck

Unicheck hadir sebagai situs web untuk memeriksa plagiat yang kompleks. Bagi Anda yang ingin mengecek tulisan atau artikel secara lengkap dapat menggunakan situs ini. Selain itu, situs ini sudah terintegrasi dengan Google dan Bing, sehingga dokumen milik Anda dapat diperiksa dengan seksama.

Namun, untuk bisa menggunakannya, Anda perlu membayar biaya langganan per bulan. Dengan berlangganan, Anda bisa mendapatkan keakuratan hingga 99 persen, sehingga situs web ini sangat membantu memaksimalkan plagiat.

Akan tetapi, Anda tetap bisa menggunakan Unicheck dengan gratis. Untuk memeriksa plagiat, Anda bisa memasukkan tulisan atau artikel dengan maksimal 275 kata. Meski demikian, Anda tetap dapat memanfaatkan situs ini untuk melakukan pengecekan plagiarisme.

6. Grammarly

Sebenarnya situs ini lebih sering digunakan untuk melakukan pengecekkan grammar dalam tulisan Bahasa Inggris. Namun uniknya, ternyata situs web ini juga memiliki fitur untuk mengecek plagiat. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat menggunakan layanan yang gratis dan berbayar.

Anda dapat melakukan pengecekan plagiarisme berdasarkan database. Meski demikian, jangan khawatir mengenai database yang dimiliki website ini, karena Grammarly memiliki sekitar 16 miliar basis data untuk melakukan pemeriksaan secara berkala.

Akan tetapi, jika Anda mengecek sebuah artikel di Grammarly dan ternyata tercatat tulisan tersebut tidak plagiat, Anda harus memeriksanya di situs web lainnya juga. Memang, database situs web ini banyak, akan tetapi Anda harus cek dan ricek lagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Plagiarisma

Situs web berikut ini yang bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaaan plagiat ialah plagiarisma. Dari namanya saja sudah jelas website ini bisa dipakai untuk memeriksa apakah sebuah artikel memiliki kesamaan atau tidak.

Anda dapat melakukan pengecekan apakah tulisan Anda mengandung plagiat dengan melakukan copy dan paste di Plagiarisma. Selain itu, untuk melakukan pemeriksaan tulisan, Anda dapat langsung memasukkan URL atau mengunggah. Cukup simpel dan mudah digunakan, bukan?

Kesimpulan

Agar terhindar dari tindakan plagiarisme, sebaiknya lakukan pengecekan berkala setiap kali Anda selesai menulis. Apa lagi saat ini cek plagiarisme lebih mudah dilakukan karena terdapat banyak situs cek plagiarisme online seperti yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!