AplikasiApplication

10 Aplikasi Download Manager Tercepat untuk Android 2021

Kalau soal urusan download, kecepatan download menggunakan komputer PC atau laptop memang lebih unggul. Hal ini terjadi karena didukung koneksi WiFi yang sangat cepat dan software yang canggih seperti IDM yang mampu meningkatkan kecepatan download secara signifikan.

Dengan kemajuan teknologi 4G LTE yang sudah diterapkan di Indonesia, membuat kamu tidak harus mendownload menggunakan komputer. Pasalnya kamu bisa langsung download file dokumen, program aplikasi maupun media hiburan seperti musik dan video dan lainnya langsung menggunakan smartphone dengan cepat. 

Seringkali kita download file dokumen, musik atau video untuk smartphone menggunakan komputer, sehingga ujung-ujungnya harus repot-repot memindahkan ke smartphone. Nah di artikel kali ini kan membahas mengenai aplikasi download manager tercepat untuk android :

1. Advance Download Manager

Aplikasi download manager tampil sederhana namun punya fitur yang cukup mumpuni untuk mempercepat proses download hingga dengan tiga file secara bersamaan. Kamu juga bisa melanjutkan download file yang dijadikan, mengubah tema, menyimpan file dari berbagai jenis dalam folder yang berbeda dan lain sebagainya.

2. Download Manager

Download Manager merupakan salah satu aplikasi download manager yang sangat favorit bagi para pengguna komputer PC atau laptop. Kabar baiknya aplikasi ini juga tersedia untuk platform Android yang bisa diinstal secara gratis yang dapat mengatasi keterbatasan aplikasi download bawaan, seperti otentikasi, memeriksa integritas, sehingga kamu bisa men-download jenis file apapun, seperti video, musik dan file lainnya secara efisien. Baca juga: Pilih mana: Canva vs Adobe Spark?.

3. Download Manager for Android

Dengan menggunakan aplikasi Download Manager for Android, yang dipercaya dapat meningkatkan kecepatan download hingga tiga kali lipat dari kecepatan biasanya. Baik untuk semua jenis file, seperti file video, apk, rar, zip dan file lainnya. 

Fitur menarik lainnya meliputi kemampuan untuk mendownload file dengan format yang tidak dikenal dan dengan ukuran yang tidak diketahui, bahkan didukung dengan built-in media player. Membuat  kamu dapat secara efisien mendownload dan mengelola semua jenis file lewat smartphone.

4. Loader Droid Download Manager

Loader Droid Download Manager adalah sebuah aplikasi download manager yang dapat men-download file dengan format apapun dengan mudah dan efisien. Seperti video, gambar, musik, aplikasi, dokumen dan file lainnya. Aplikasi ini berukuran sangat kecil dan menawarkan antarmuka yang simpel dengan tema gelap atau terang.

Fitur unggulannya yakni disertai dengan tampilan progress bar untuk mengetahui proses download yang sedang berlangsung, jeda otomatis ketika koneksi internet putus, melanjutkan download otomatis ketika internet kembali terhubung, menjadwal waktu download dan masih banyak lagi.

5. Download All Files

Download All Files adalah sebuah aplikasi yang bekerja seperti sebuah plugin browser, yang memungkinkan kamu untuk men-download semua jenis file dan langsung menyimpannya ke kartu memori. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Gmail sehingga kamu dapat menyimpan semua lampiran dengan mudah. Lihat juga: Pilih mana: Canva vs Snappa?

6. Download Blazer

Seperti aplikasi download manager lainnya, Download Blazer juga menjanjikan kecepatan download lebih cepat. Kamu dapat menjeda download, melanjutkan download yang terputus, mengatur antrian file dan terintegrasi hampir dengan semua browser.

Lihat juga:  Pilih Mana: Windows 7 Ultimate atau Profesional?

7. Turbo Download Manager

Turbo Download Manager yang mencakup banyak fitur, yang dimana memungkinkan pengguna dapat mendownload file apapun dengan lebih cepat dengan meningkatkan kecepatan maksimum yang disediakan oleh operator. File download dapat dikelola dengan mudah, bisa di jeda, dijadwalkan, dan bekerja di latar belakang.

8. Super Download

Super Download merupakan sebuah aplikasi download untuk Android yang digunakan untuk meningkatkan kecepat Download dari Android hingga 3 kali lipat. Mempercepat proses download di smartphone Android kamu yang kini bisa dilakukan dengan aplikasi Super Download.

9. Fast Download Manager

Fast Download Manager yang menjanjikan dapat mengunduh file lebih cepat dan lebih baik daripada browser atau download lainnya. Fitur-fitur termasuk download bersamaan hingga 10 file, kontrol penuh untuk mengunduh file di latar belakang, menghentikan atau memulai kembali unduhan kapanpun dan lain sebagainya.

Baca juga artikel lainnya: Pilih mana: Zoom vs Google Duo?

10. Torrent Torrent Downloader

Mau download file ukuran besar maupun file torrent tidak harus selalu menggunakan komputer. Aplikasi ini memberikan akses mudah ke media dengan musik dan video terintegrasi di daftar perpustakaan kamu.

Aplikasi ini berjalan sangat cepat dan tentunya ringan. Tersedianya juga mode WiFi untuk memastikan kuota internet kamu tidak terkuras gara-gara koneksi WiFi putus.

Keunggulannya 

  • Kecepatan download yang luar biasa

IDM yang mampu membantu proses download aplikasi, file, video maupun segala sesuatu yang ingin di unduh ke dalam komputer. Hal yang paling terlihat adalah saat ingin mendownload video dari youtube.

Maka pada youtube kamu akan muncul plugin dari IDM yang dapat memudahkan kamu untuk mendownload video tersebut dengan sekali klik. Plugin IDM juga biasanya muncul pada bagian bawah video youtube yang sedang kamu tonton.

  • Bisa meresume download yang terputusnya koneksi internet

Jika terjadi kesalahan, dimana internet tiba-tiba koneksinya terputus di tengah proses mendownload, maka kamu tidak perlu merasa khawatir karena proses tersebut bisa dilanjutkan kembali saat koneksi internet sudah tersambung kembali. Sehingga kamu tidak perlu mengunduh ulang dari awal lagi untuk file yang sedang anda unduh. 

Kekurangannya 

  • Memakan penyimpanan cukup besar

Aplikasi ini memang mempercepat dan memudahkan proses mendownload. Namun ruang penyimpanan yang digunakan sangat terbilang cukup besar, yaitu sekitar 9MB.

  • Tidak sepenuhnya gratis

Untuk pengguna baru pada saat pengunduhan aplikasi ini kamu akan diberikan gratis dalam jangka waktu 30 hari atau yang sering disebut dengan masa trial. 

Namun kamu jangan kecewa dulu, aplikasi freenya bisa tersedia dalam waktu 30 hari dan apabila masih belum bisa membelinya setelah masa trial lewat maka kamu bisa menguninstal aplikasi tersebut dan menginstalnya lagi maka kamu akan mendapatkan masa trial 30 hari lagi.

Kesimpulan 

Semua aplikasi download manager tercepat untuk android yang susah dibahas di artikel kali ini, dapat membantu kamu untuk mendownload apa saja mulai file video, apk, rar, zip dan file lainnya. Dan membuat kamu bisa mendownloadnya sekarang juga, namun diingat yah tidak semua aplikasi bisa digunakan secara gratis ada juga yang berbayar.

Semoga bermanfaat ya teman-teman, Terimakasih.

Leave a Reply