ElektronikPhotography

13 Kamera 360 Derajat Terbaik 2020

Berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah tentu menjadi hal yang patut untuk diabadikan dan dibagikan ke sosial media. Namun, kadang, tentu kamu merasa bahwa memotret hanya bermodalkan ponsel atau bahkan kamera biasa belum cukup karena tidak dapat memperlihatkan keseluruhan bagian dari tempat yang ingin kamu potret.

Untuk kamu yang mengalami hal seperti ini, maka kamera 360 derajat mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Sesuai namanya, kamera 360 derajat ini dapat mengambil potret dari berbagai sudut pandang karena jangkauannya luas. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa kamera 360 derajat terbaik untuk jadi referensi kamu!

Kamera 360 Derajat Terbaik

Berikut ini adalah kriteria yang kami gunakan untuk membuat list kamera 360 derajat terbaik:

  • Fitur
  • Kegunaan
  • Popularitas
  • Harga

1. Brica Insta 360 Air

Jika kamu ingin memotret secara 360 derajat namun tidak ingin ribet alias ingin tetap menggunakan ponsel, kamu wajib mempertimbangkan Brica Insta 360. Kamera 360 derajat ini bisa merekam video dengan resolusi Full HD 2560 x 1280 dengan frame rate 30 fps serta foto hingga 3K. Baca Juga: 10 Kamera Prosumer Terbaik 2019

Kamera 360 Derajat Terbaik

Jika sedang tidak digunakan kamu bisa menyimpan kamera ini di rubber case silikon yang tersedia dalam paket penjualannya, menjadikan kamera ini mirip robot BB-8 di film ‘Star Wars’.

Kamera ini juga telah dilengkapi dengan built-in memory kapasitas 64GB dan teknologi virtual reality serta dapat digunakan tanpa terhubung dengan perangkat.

2. Samsung Gear 360

Samsung gear 360 ini dapat membantu kamu yang ingin merekam video beresolusi tinggi hingga 4K dengan sudut pandang 360 derajat. Kamera 360 derajat buatan pabrik asal Korea Selatan ini dilengkapi dengan dua buah sensor kamera CMOS 8,4 megapiksel (MP) ditambah lensa ber-aperture f/2.2.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Kamera yang satu ini juga dibekali pilihan mode single atau dual lens untuk menangkap pemandangan menarik yang ada di sekitarmu. Kamu juga dapat mengatur white balance, sharpness, dan juga ISO untuk membantumu menangkap video sesuai dengan ekspektasi.

3. Insta360 Evo

Insta360 Evo ini adalah kamera yang memiliki desain lipat dengan kemampuan merekam video 3D di resolusi 5.7K, kamera ini hadir dengan bentuk yang unik dan ringkas sehingga bisa dibawa berpergian.

Selain memiliki bentuk yang unik, Insta360 Evo memiliki kemampuan untuk merekam video 360 derajat maupun video stereoscopic 3D 180 derajat, dan sanggup mengambil gambar dengan resolusi 18MP f/2.2.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Untuk mengambil gambar 3D 180 derajat, kamu hanya perlu membuka lipatannya sehingga kedua lensanya mengarah ke objek atau, melipatnya kembali sehingga kedua lensanya saling membelakangi untuk mengambil gambar 360 derajat.

Selain itu, kamera Insta360 Evo juga dibekali dengan fitur bluetooth, WiFi, dan teknologi penstabil 6 sumbu FlowState Stabilization untuk menghasilkan rekaman video yang lebih mulus.

4. Xiaomi Xiaoyi Yi Dome

Produk berikutnya adalah keluaran dari Xiaomi, kamera 360 ini berfungsi untuk keamanan yang canggih di rumah. Produk ini bernama Yi Dome, kamera ini dapat menangkap 360 derajat sudut pandang untuk keamanan ruangan dan juga dapat diatur sehingga menghafal delapan lokasi berbeda untuk akses yang mudah. Baca Juga: Pilih Mana: GoPro atau Xiaomi Yi?

Kamera 360 Derajat Terbaik

Fitur motion tracking memudahkan dalam menyediakan notifikasi langsung ke ponsel pintar ketika ada pergerakan mencurigakan. Terdapat juga microfone agar kamu bisa mendengar segala yang terjadi di rumahmu dengan lebih jelas.

5. Bcare 360 Action Camera

Action camera panorama yang satu ini benar-benar memiliki kualitas yang mengagumkan dimana kamera satu ini mampu menghasilkan cuplikan 360 derajat pada resolusi Full HD 30 fps.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Bcare 360 Action Camera dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris untuk merekam video pada kondisi-kondisi ekstrem seperti waterproof case yang tahan hingga kedalaman 30 meter, mount untuk ditempelkan pada suatu permukaan, dan aksesoris fungsional lainnya.

6. Kamera Amkov Action 360

Seperti kamera yang sebelumnya, action camera 360 buatan Amkov ini juga memiliki kualitas yang luar biasa mumpuni. Amkov 360 Action Camera memiliki lensa fish eye 360 derajat yang dapat menangkat gambar dengan jangkauan sangat luas.

Lihat juga:  Pilih Mana: Laptop Dell atau Laptop Acer?

Kamera 360 Derajat Terbaik

Selain itu, kamera ini juga dapat merekam dengan resolusi Full HD 30 fps serta mengambil foto dengan resolusi 3840 x 2160 piksel. Amkov 360 juga dilengkapi dengan rechargeable battery dengan kapasitas 1.000 miliampere hour (mAh).

7. Ricoh Theta Camera

Ricoh adalah salah satu perusahaan yang menjadi pemicu munculnya kamera 360 derajat. Dengan produk yang diberi nama Theta series, Ricoh menawarkan kamera dengan kemampuan merekam video dengan sudut pandang 360 derajat dan dilengkapi dengan dua buah kamera beresolusi 12 MP yang mampu merekam video Full HD 1080p pada 30 fps.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Kamera yang satu ini juga didukung kapabilitas Wi-Fi built-in untuk melihat hasil rekaman secara live pada ponsel kamu. Selain itu, kamera 360 derajat ini juga memiliki  kemampuan untuk menentukan ISO untuk mengatur tingkat kecerahan pada hasil video.

8. Vuze XR

Vuze VR merupakan kamer yang diperkenalkan oleh HumanEyes Techologies pada ajang CES 2019 lalu, kamera 360 derajat yang satu ini ditujukan untuk merekam konten VR (Virtual Reality).

Hampir mirip dengan Insta360 Evo, kamera Vuze XR juga dibekali dengan dua buah kamera untuk merekam video 360 derajat dalam resolusi 5.7K.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Kamera ini menggunakan sensor ganda Sony, kamera Vuze XR ini mampu mengambil video 3D 360 derajat, 2D 180 derajat, dan foto beresolusi 18MP.

Salah satu hal yang unik dari kamera ini adalah kamu cukup menekan satu tombol saja, maka kedua kamera yang tadinya saling membelakangi tersebut dapat dibuka dan disejajarkan posisinya.

9. Yi 360 VR

Jika kamu merupakan seorang videografer semi-profesional, maka Yi 360 VR cocok untuk menjadi salah satu peralatan yang wajib kamu miliki. Kamera 360 derajat Yi 360 VR lebih menonjolkan fitur-fitur esensial yang dibutuhkan untuk menghasilkan video berkualitas.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Kamera ini memiliki resolusi 5,7K. Selain itu, Yi 360 VR dirancang tahan air dengan video yang dihasilkan mempunyai resolusi maksimal 5760×2880 dengan frame rate 30fps.

Sementara untuk foto, kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal 16MP. Kamu bisa merekam video hingga 50 menit.

10. GoPro Fusion

GoPro tentu bukan nama yang asing lagi di telinga, produsen yang satu ini sudah berhasil membesarkan namanya dalam pasar. Kini, gopro juga merilis kamera 360 derajat supaya tidak ketinggalan dengan produsen yang lain. Kamera 360 derajat yang diproduksi oleh GoPro ini memiliki resolusi 5,2K dengan frame rate 30fps (atau 60fps untuk resolusi 3K).

Kamera 360 Derajat Terbaik

Sebagai pionir kamera aksi, GoPro juga tidak lupa menyematkan kemampuan waterproof, GPS, kompas, accelerometer, gyroscope, Wi-Fi dan 3D audio.

Kamera ini juga memiliki mounting untuk kamu sambungkan ke tripod atau dudukan lainnya yang kompatibel. GoPro mengklaim bahwa baterai dari kamera produksinya ini dapat bertahan hingga 70 menit.

11. LG 360 CAM

LG 360 CAM ini me rupakan kamera yang dilengkapi dengan dua sensor dan memiliki resolusi sebesar 13 MP yang mampu menghasilkan sebuah foto dengan kualitas yang cukup unggul.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Hal yang patut disayangkan adalah kamera ini hanya bisa digunakan untuk smartphone LG G5 atau LG G5 SE, hal ini disebabkan karena kamera ini membutuhkan sebuah processor yang cukup memadai.

12. Insta360 One X

Kamera 360 derajat terbaik yang berikutnya adalah Insta360 One X yang memiliki kemampuan dapat merekam video dengan kapasitas hingga 5,7K dan frame rate 30 fps. Selain itu, kamu juga bisa memotret dengan resolusi 18 MP.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Baterainya juga cukup tangguh dengan kemampuan bertahan hingga 60 menit. Video yang dihasilkan kamera ini juga dijamin mulus karena kamera ini punya stabilisasi setara gimbal.

13. Detu Twin

Detu Twin memang merupakan brand yang mungkin belum terlalu terkenal, namun meski begitu, kamera yang satu ini sudah cukup banyak mendapatkan gelar kamera 360 derajat terbaik dunia. Detu Twin memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 1.440 x 720 dan foto 8 MP.

Kamera 360 Derajat Terbaik

Untuk pemakaian, kamera 360 dipakai dengan cara digenggam. Meski punya kualitas rekam bagus kamera ini memiliki masa pakai baterai yang cukup singkat, yaitu hanya berkisar 15 menit.

Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply