KameraTechnology

7 Kamera DSLR Nikon Terbaik 2020

Bagi Anda penggemar fotografi dan sangat suka memotret sesuatu maka sudah tak asing dengan kamera DSLR bukan? Meski posisinya hampir tergeser dengan kehadiran produk kamera mirrorless. Namun kamera satu ini masih banyak peminatnya loh.

Ada berbagai merk kamera DSLR yang bisa Anda jumpai di toko-toko elektronik. Salah satunya merk dari Nikon. Kamera DSLR merk Nikon memiliki performa yang cukup tangguh dengan hasil yang berkualitas tinggi.

Dalam memilih kamera DSLR tidak boleh sembarangan, karena Anda harus mempertimbangkan tipe, fitur, dan harganya juga. Meski Nikon terkenal dengan kualitasnya yang terbaik. Tetapi ada banyak varian dari kamera ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Ingin tahu Kamera DSLR Nikon apa saja yang bisa Anda jadikan pertimbangan sewaktu membeli. Tenang, kami telah mengulas beberapa rekomendasi kamera DSLR Nikon terbaik di Selera. id Anda bisa langsung mengecek artikelnya di bawah ini!

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Berikut ini kriteria yang kami gunakan untuk membuat list kamera  DSLR nikon terbaik:

  • Kualitas
  • Keunggulan
  • Fitur
  • Harga
  • Resolusi

1. Kamera DSLR Nikon D7500

Kemudahan pengambilan foto dan video semakin terasa jika Anda memilih menggunakan kamera DSLR Nikon tipe ini. Ya, Kamera DSLR Nikon D7500. Layar LCD yang disematkan di dalamnya mampu ditarik keluar agar memudahkan Anda dalam mengeksplorasi setiap angle.

Dibekali dengan sensor 20MP, membuat hasil foto sangat memukau. Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan momen dalam bentuk video berformat 4K. Fitur AF memiliki 51 titik yang bisa mendapatkan fokus dengan cepat.

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Rentang ISO mulai 100 mulai 51.200, sangat mendukung pemotretan di segala kondisi. Untuk memindahkan file, Anda bisa memanfaatkan teknologi Wifi dan bluetooth sehingga proses transfer jadi lebih mudah tanpa kabel ataupun perangkat card reader. Nah, kamera ini akan sangat membuat Anda nyaman saat menggunakannya. Karena memiliki fitur yang baik dan mudah untuk digunakan.

Baca juga: 8 Kamera DSLR Canon Terbaik 2020

2. Kamera DSLR Nikon D5300

Bagi Anda yang sangat suka membuat video pendek atau film pendek, atau bagi Anda yang sedang mencoba memulai menjadi youtuber maka Kamera DSLR kali ini wajib Anda punya. Kamera DSLR Nikon D5300 ini sangat layak untuk Anda coba.

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Karena kamera satu ini sangat baik dalam mengambil video dan fokus dari kamera ini sangat baik, maka dari itu sangat cocok sekali bagi anda fotografer pemula maupun profesional. Nah untuk kisaran harga kamera DSLR Nikon D5300 ini sendiri bisa mencapai 6 jutaan keatas. Meski mematok harga cukup mahal namun kualitasnya sangat relate kok untuk Anda beli.

3. Kamera DSLR Nikon D3400

Kali ini kami masih merekomendasikan amera DSLR untuk pemula. Anda bisa memilih menggunakan kamera Nikon tipe D3400, dengan sensor CMOS 24,2 megapiksel dan teknologi prosesor EXPEED 4 serta tingkatan ISO hingga 25600. Harganya terbilang mura dari tipe kamera sebelumnya, hanya sebesar Rp 5.5 jutaan meski tidak berbeda jauh.

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Namun kamera ini dilengkapi fitur yang terbilang lengkap, seperti misalnya aplikasi SnapBridge yang memungkinkan Anda untuk membagi hasil jepretan ke berbagai laman media sosial. Tidak hanya memotret, Nikon D3400 juga sangat mumpuni dalam perekaman video, baik jenis video high definition, time-lapse, hingga slow motion.

Ditambah lagi dengan adanya lensa VR yang akan memastikan bahwa fitur autofocus akan bekerja lebih baik dan suara jepretan tidak ikut masuk dalam rekaman. Sangat keren bukan, buruan masuk list belanja Anda!

4. Kamera DSLR Nikon D3300

Kamera DSLR selanjutnya datang dari tipe Nikon D3300. Kamera ini merupakan penerus dan update dari versi sebelumnya Nikon D3200. Brand kamera DSLR terbaik ini memiliki user interface yang cocok untuk pemula.
Kamera DSLR yang banyak peminatnya ini dilengkapi fitur-fitur mutakhir, seperti 24 MP CMOS Expeed 4Sensor, ISO range hingga 25600 (Boost) dan Continuous Shoot hingga 5 fps.

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Ada pula kemampuan recording video Full HD 60 fps yang membuatnya menjadi salah satu merk kamera DSLR yang bagus. Wajib untuk Anda jadikan referensi dalam membeli.

Lihat juga:  Pilih mana: Drone Dji vs Xiaomi?

5. Kamera DSLR Nikon D5600

Produk ini dirancang khusus bagi fotografer pemula namun dibekali dengan fitur yang sangat mumpuni. Kamera DSLR Nikon D5600 memiliki LCD 3.2 inch dan sudah mengusung teknologi touch screen yang dapat diputar 170 derajat untuk menangkap objek dalam jangkauan sempit.

Sensor yang ada dalam kamera tersebut memiliki sensor 24,2MP yang dapat menghasilkan gambar dengan format Jpeg dan Raw. Anda juga bisa merekam video dengan kualitas tinggi yaitu Full HD 1080p atau 720p.
Untuk membantu pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya, bisa memanfaatkan ISO dengan nilai maksimal 25.600. Outputnya juga sangat lengkap termasuk port untuk soket mikrofon.

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Kelebihan lainnya ada di fitur AF, shutter speed, Wifi serta bluetooth, dan lain sebagainya. Kamera ini pun memiliki fitur yang sangat lengkap. Bagi Anda ingin mencoba memilikinya masih bisa bernafas lega. Karena harganya masih terjangkau loh. Baca juga: Pilih Mana : Kamera Canon atau Nikon?

6. Kamera DSLR D5500

Berikutnya Kamera DSLR dari Nikon D5500. Kamera ini adalah seri kamera DSLR terbaik yang dapat kami rekomendasikan kepada Anda. Kamera Nikon ini merupakan salah satu kamera pertama yang menggunakan layar vari-angle, dengan harga pasaran sebesar Rp 9 jutaan.

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Kamera ini juga dilengkapi dengan CMOS 24,2 megapiksel dan prosesor EXPEED 4 serta rentang ISO hingga 25600. Terdapat 39 titik silang autofokus yang membuat Nikon D5500 dapat melacak objek gambar dengan lebih mudah dan cepat. Meskipun harganya terbilang mahal, tetapi kualitas yang dihadirkannya yang terbaik. Namun, ada baiknya sebelum membeli pertimbangkan terlebih dahulu budget dan kebutuhan Anda ya!

7. Kamera DSLR Nikon D3200

Kamera DSLR terakhir dan terbaik kami hadirkan dari Nikon dengan tipe D3200. Di dalam body kamera DSLR favorit keluaran Nikon ini terdapat sensor CMOS format DX 24,2 MP yang mampu merekam video dengan resolusi Full HD (1080p).

Kamera DSLR Nikon Terbaik

Dengan shutter speed maksimal 1/4000 per detik dan minimal 30 detik dan processor Expeed 3, membuat Nikon D3200 siap untuk menemani Anda dalam mengambil setiap sesi foto Anda. Kualitasnya yang tidak diragukan lagi dan banyak keunggulan yang ditawarkan membuat Kamera DSLR Nikon tipe ini digemari. So, tunggu apalagi buruan dibeli sebelum ketinggalan!

Tips Membersihkan Lensa Kamera Yang Benar

  1. Pastikan ruangan bersih dan kering
    Tips pertama. Ada baiknya sebelum membersihkan kamera khususnya kamera DSLR yang memiliki lensa sensitif di dalamnya, pastikan dulu ruangan yang akan digunakan sudah bersih dan bebas dari debu berterbangan. Jangan anggap remeh keberadaan ruangan karena salah satu faktor yang membuat lensa kamera tidak bisa bersih maksimal adalah ruangan yang masih kotor dan banyak gangguan yang menghampiri.
  2. Kondisi cahaya dan penerangan
    Hal yang tak luput Anda perhatikan adalah penerangan. Kondisi cahaya penerangan diperhatikan untuk melihat seberapa besar proses pembersihan yang harus dilakukan. Jika memiliki lampu belajar atau lampu duduk ada baiknya untuk lebih didekatkan posisinya. Ukuran debu atau kerikil kecil yang tidak mudah terlihat membuat prosesnya harus lebih diperhalus. Ada baiknya juga membersihkan kamera ini pada siang hari karena kondisi cahaya masih terang.
  3. Lepas lensa kamera dengan hati-hati
    Tips berikutnya adalah melepas lensa kamera dengan hati-hati khususnya pada bagian filternya. Filter kamera menjadi tempat yang penting untuk menyaring debu dan kotoran yang mencoba masuk ke dalam kamera. Pisahkan bagian-bagian kamera pada tempat yang aman dan tidak tersenggol oleh kegiatan tangan yang akan membersihkan. Sebaiknya menempatkan bagian-bagian tersebut pada kain sehingga lebih dapat daya cengkeram dan tidak mudah jatuh. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati ya!
  4. Gunakan kuas kering
    Tips selanjutnya Anda bisa menggunakan kuas kering terlebih dahulu sebelum membersihkan lensa. Alat ini akan membuang debu atau kerikil kecil terlebih dahulu sebelum dibersihkan dengan lap. Kuas kering berfungsi sebagaimana sapu yang bisa masuk ke celah-celah kecil tanpa meninggalkan jejak goresan.

Leave a Reply