KameraTechnology

9 Kamera DSLR Terbaik 2020

DSLR adalah singkatan dari “Digital Single Lens Reflex”. Dalam bahasa yang sederhana, DSLR adalah kamera digital yang menggunakan cermin untuk memindahkan cahaya dari lensa ke jendela bidik (viewfinder) , yang merupakan lubang di bagian belakang kamera dimana kamu dapat melihat atau mengintip melaluinya untuk melihat gambar apa yang kamu ambil.

Ada banyak merek kamera DSLR yang dinilai memiliki kualitas yang bagus di pasaran. Untuk kamu yang kebingungan mencari kamera DSLR apa yang paling bagus, yuk simak rekomendasi yang sudah kami berikan di bawah!

Kamera DSLR Terbaik

Berikut ini kriteria yang kami gunakan untuk membuat list kamera DSLR terbaik:

  • Fitur
  • Spesifikasi
  • Harga
  • Popularitas

1. Canon EOS 5D Mark IV

Jika kamu adalah seorang fotografer profesional yang ingin menghasilkan kualitas foto terbaik, Canon EOS 5D Mark IV mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk kamu beli. Baca Juga: Pilih Mana: Dslr Canon EOS 5D Mark IV atau Nikon D850?

Kamera ini menawarkan kualitas foto yang makin sempurna. Ini karena memiliki sensor full-frame CMOS beresolusi 30.4 megapiksel dengan tingkat senstivitas hingga ISO 32000.

Dengan kemampuan yang ada ini, kamu dapat menggunakan Canon EOS 5D Mark IV untuk beragam kebutuhan. Seperti foto studio, memotret pemandangan di siang atau malam hari, dokumentasi acara-acara penting, dan kebutuhan periklanan.

Canon EOS 5D Mark IV  dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Teknologi ini berguna untuk mengambil subyek yang bergerak dengan cepat dan lebih akurat (dalam posisi landscape maupun potrait).

Kamera DSLR Terbaik

Kamera ini dibekali juga dengan prosesor Image DIGIC 6+. Prosesor ini memungkinkan semua fitur kamera dapat dijalankan lebih cepat. Sehingga dapat membidik foto secara beruntun hingga 7 frame per detik, baik di dalam maupun di luar ruangan. Canon EOS 5D Mark IV juga dilengkapi teknologi Intelligent Scene Analysis (iSA) sehingga kualitas foto yang dihasilkan konsisten saat pengambilan gambar secara beruntun.

Menariknya lagi, kamera DSLR ini juga memiliki fitur anti-flicker untuk mendeteksi intensitas cahaya. Memiliki juga Intelligent Tracking and Recognition System (iTR AF) untuk melacak pergerakan subyek. Bukan hanya untuk foto, Canon EOS 5D Mark IV juga dapat Anda gunakan untuk merekam video hingga resolusi 4K. Hasil foto dan video ini dapat pindahkan dengan mudah ke telepon seluler atau laptop Anda secara manual atau melalui WiFi.

Dengan harga Rp 60 jutaan, Canon EOS 5D Mark IV tidak cocok untuk kamu yang memiliki budget sangat terbatas. Selain itu, penggunaan kamera DSLR ini cukup rumit sehingga menyulitkan untuk kamu yang merupakan seorang pemula.

2. Canon EOS 1300D

Salah satu kelebihan tipe ini adalah telah dibekali fitur Wifi yang tidak ada di pendahulunya. Sehingga aktivitas pemindahan data menjadi semakin mudah tanpa kabel USB. Kamera ini menggunakan sensor ukuran APS-C 18 MP dan prosesor gambar DIGIC 4+-. Baca Juga: 13 Kamera 360 Derajat Terbaik 2020

Kamera DSLR Terbaik

Kamera ini juga memiliki fitur pemotretan otomatis dan kompatibel dengan lebih dari 70 lensa EF/EF-S sehingga memungkinkan kamu mengambil foto layaknya seorang profesional.

3. Nikon D3300

Nikon d3300 adalah penerus dan update dari versi sebelumnya Nikon d3200. Brand Kamera DSLR terbaik ini memiliki user interface yang cocok untuk pemula.

Kamera DSLR Terbaik

DSLR camera favorit ini dilengkapi fitur-fitur yang sangat gahar, seperti 24 MP CMOS Expeed 4 Sensor, ISO range hingga 25600 (Boost), Continous Shoot hingga 5 fps dan kemampuan recording video Full HD 60 fps yang membuatnya menjadi salah satu merk kamera DSLR yang bagus.

4. Nikon D5200

Berbicara tentang Nikon D5200, hal pertama yang mungkin ada di pikiran para fotografer adalah fleksibilitas. Kamera ini memiliki layar berukuran 3 inci yang dapat diputar ke berbagai arah. Sehingga memudahkan penggunanya mengambil gambar atau video dari sudut yang sulit dijangkau dengan menggunakan kamera DSLR biasa.

Kamu tidak perlu membungkukkan badan saat memotret subyek pada posisi rendah ata saat hendak melakukan selfie (swafoto), kamu tinggal memutar layar kamera ini. Nikon D5200 memiliki sensor CMOS DX-Format dengan resolusi 24,1 megapiksel dan prosesor Image EXPEED 3. Sensor ini mampu memotret gambar dan merekam video yang tajam pada siang atau malam.

Kamera DSLR Terbaik

Selain itu, prosesor Image EXPEED 3 dapat mengoperasikan fitur AutoFocus di sepanjang 39 titik AF dan mengambil gambar secara beruntun hingga 5 frame per detik. Untuk urusan merekam video, Nikon D5200 dibekali fitur D-Movie yang mampu menghasilkan video full HD 1080p.

Kamera DSLR ini didukung fitur Full Time Servo AF dan AF Tracking yang berfungsi untuk melacak fokus subyek gambar bergerak. Dengan demikian, video yang dihasilkan tetap fokus dan tajam. Dari sisi harga, Nikon D5200 cocok bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Air Purifier Sharp atau Panasonic?

5. Canon EOS 700D

Canon EOS 700D adalah kamera DSLR entry-level yang memiliki sensor CMOS beresolusi 18 megapiksel. Dengan resolusi sebesar itu, kamera ini dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan detail dan jernih. Kamera DSLR ini didukung juga prosesor DIGIC 5 yang dapat memperbaiki tingkat akurasi warna melalui penyesuaian white balance dengan Intelligent Multi-area.

Berbicara tentang sensitivitasnya, Canon EOS 700D  memiliki ISO 100 hingga 12800 yang dapat ditingkatkan sampai ISO 25600 dalam H mode. Dengan fitur ini, kamera DSLR ini dapat mengambil gambar berkualitas tinggi pada kondisi cahaya yang rendah, meskipun tanpa menggunakan flash.

Untuk menciptakan efek visual pada gambar, Canon EOS 700D dibekali 7 filter kreatif yang berbeda. Di antaranya adalah fish-eye effect, soft focus, water painting effect, dan miniature effect. Ketujuh filter ini dapat diaplikasikan pada JPEG dan RAW setelah pengambilan gambar. Jadi, kamu dapat mencoba beberapa efek shoot yang sama dengan mudah.

Kamera DSLR Terbaik

Canon EOS 700D hadir dengan layar sentuh vari-angle clear view LCD II. Layar yang dapat ditarik keluar dan diputar 360 ini memungkinkan kamu untuk memotret gambar dari beragam angle (posisi low-angle atau high-angle). Kamu bisa juga mengakses berbagai pengaturan dengan mudah seperti mode pengatur metering, ISO, level horizontal, dan AF Point. Plus, posisi layar kamera ini dapat diatur dengan mudah saat terpasang di tripod.

Fitur menarik lain dari Canon EOS 700D adalah sistem Hybrid CMOS AF. Sistem canggih ini dapat meningkatkan kecepatan AF untuk menjaga obyek tetap fokus meskipun pada mode live view atau movie-shooting. Tak hanya itu, kamera yang dibanderol Rp 6,3 jutaan ini juga dibekali Handheld Night Scene dan HDR Backlight Control untuk menggabungkan beberapa gambar.

Lebih lanjut, Canon EOS 700D dapat digunakan untuk merekam video full-HD dengan kualitas suara stereo. Teknologi video snapshot yang ada di kamera ini memudahkan kamu untuk menggabungkan video berdurasi pendek menjadi sebuah video.

6. Nikon D850

Jika kamu mencari kamera DSLR profesional terbaik dengan fitur lengkap maka Nikon D850 adalah jawaban pertama. D850 dengan sensor full-frame ini punya resolusi 45,4 MP. Nikon D850 dapat diandalkan hampir bagi seluruh kebutuhan fotografi kamu. Selain untuk foto, kamera ini juga dapat merekam video berkualitas 4K.

Kamera DSLR Terbaik

Kamera ini punya 153 titik autofocus sehingga kamu dapat dengan cepat memfokuskan gambar. Dalam mode continuous shoot bisa merekam gambar dengan kecepatan 7 fps. Untuk mengoperasikannya kamu bisa menggunakan LCD touchscreen 3,2 inci yang dapat ditekuk.

7. Canon EOS 77D Kit

EOS 77D/EOS 9000D memiliki spesifikasi yang sama dengan seri EOS 800D/Kiss X9i. Bedanya, EOS 77D dilengkapi dengan pengaturan dial ganda dan panel layar di bagian kanan atas. Panel tersebut berfungsi menginformasikan pengaturan layaknya kamera DSLR profesional. Pilihan tepat bagi camera enthusiast yang ingin menjajaki level profesional.

Kamera DSLR Terbaik

Kamera ini juga cocok untuk kamu gunakan mempelajari pembuatan video. DIGIC 7-nya berperan penting mengurangi noise dan goyangan kamera sehingga hasil foto dan video pun semakin optimal. Selain itu, jiwa kreatif kamu jadi tidak terbatas dengan berbagai pilihan mode pengambilan video yang dihadirkan, seperti time-lapse dan HDR.

8. NIKON D3200

Jika dibandingkan dengan Nikon D3300, D3200 sedikit lebih murah tapi hadir dengan kualitas yang bagus untuk merekam video. D3200 hadir dengan spesifikasi dan fitur seperti; Sensor DX-format CMOS 24.2MP; Lensa VR untuk stabilisasi gambar; dan kualitas video full HD 1080, kamera ini bisa menghasilkan video serta foto yang berkualitas.

Kamera DSLR Terbaik

Dan bukan hanya untuk video, tapi kamu juga bisa menggunakan kamera ini buat memotret. Kamera ini sangat pas untuk digunakan dalam merekam video dan memotret jika budget yang anda miliki tidak cukup.

9. Sony Alpha A77

Sony Alpha A77 yang jadi kamera DSLR terakhir di daftar rekomendasi kami ini dilengkapi beberapa opsi pengambilan gambar seperti Picture Effect dan Creative Style, yang cocok bagi fotografer pemula. Untuk Picture Effect, ada pilihan Toy, POP, Posterization, Retro, soft light key, partial color, high contrast mono, softfocus, HDR painting, rich tone dan miniature.

Kamera DSLR Terbaik

Sedangkan untuk opsi Creative Style, terdapat efek Standard, Vivid, Netral, Portrait, Landscape dan B/W. Bagi yang gemar memotret foto panorama, Anda juga masih dapat menikmati fitur Sweep Panorama dan Sweep Panorama 3D untuk menghasilkan foto panorama dengan mudah.

Sony Alpha 77 tidak hanya handal untuk memotret, namun juga untuk merekam video. Bagi kamu yang ingin membuat film pendek, kamera ini bisa merekam video dengan resolusi 1080p atau Full HD. Kamu akan terkesan dengan hasil videonya yang sangat tajam dan minim noise. Sistem auto fokusnya juga dapat menemukan fokus dengan sangat cepat dan akurat meski pengambilan video dilakukan pada kondisi cahaya yang cukup minim. .

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply