ElektronikPhotography

8 Kamera Mirrorless Terbaik 2019

Semakin berkembangnya teknologi maka untuk jenis kamera mirrorless dianggap oleh banyak orang sebagai kamera yang sempurna karena mereka menawarkan kualitas gambar yang bagus dan fungsionalitas, dengan berat yang lebih ringan.

Banyak sekali di pasaran yang menjual produk kamera mirrorless dengan berbagai jenis merk dan tipe. Untuk itu kami memberikan beberapa rekomendasi kamera mirrorless terbaik yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

Kamera Mirrorless Terbaik

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list kamera mirrorless terbaik:

  • Desain.
  • Bobot.
  • Kualitas.
  • Fitur.
  • Harga.

1. Fujifilm X-A10

Bobot yang ringan, desain retro dan mudah dioperasikan, begitulah gambaran dari kamera mirrorless Fujifilm X-A10 kit XC 16-50 mm. Sensor APS-C 16.3 MP X-A10 menjadikan kamera ini dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat baik.

Fitur-fiturnya ramah bagi para pengguna, seperti LCD yang bisa digeser dan dimiringkan hingga 180 derajat, fitur perekaman video HD 1080p secara penuh, pemotretan makro dari jarak dekat 7 cm, dan Super Intelligent Flash yang secara alami menangkap cahaya latar belakang.

Kamera Mirrorless Terbaik

Fujifilm X-A10 ini bisa digunakan untuk pemotretan jarak jauh dari perangkat smartphone dan tablet dengan sambungan wireless. Menjanjikan kestabilan gambar optik ketika lensa di zoom sehingga dapat memotret foto beresolusi tinggi dengan cepat, lebih dari 45 MB per detik.

Kamera ini sangat tepat untuk Anda dan bagi Anda penyuka kegiatan groufie. LCD kamera ini dapat diputar 18 derajat ke arah Anda sehingga memudahkan Anda untuk membidik gambar yang tepat.

2. Xiao Yi M1 Mirrorless Kit

Elegan, minimalis dan stylish, itulah gambaran dari kamera Xiao Yi M1 yang dibalut dengan unibody metal. Kamera mirrorless Xiao Yi ini hanya memiliki berat 280 gram sehingga ringan untuk dibawa berpergian.

Dengan dibekali teknologi sensor terbaru keluaran Sony jenis IMX269 20 MP, kamera ini dapat dapat mengambil foto dalam format RAW maupun JPEG dan merekam video dengan kualitas 4K 30FPS. Xiao Yi M1 ini memiliki layar LCD 3 inch dengan resolusi 720 x 480 sehingga tampilan gambar cukup jelas dan detail.

Kamera Mirrorless Terbaik

Selain itu juga Xiao Yi M1 Mirrorless Kit memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Hasil foto seperti foto pada fotografer handal.
  • Dilengkapi dengan teknologi layar sentuh.
  • Dibekali dengan master guide yang dapat diunduh dari smartphone Anda.

3. Samsung NX3300

Tidak hanya terkenal di kalangan smartphone. Samsung juga terkenal di kalangan fotografer yaitu kamera mirrorless.Samsung NX3300 adalah kamera yang dibekali sensor CMOS APS-C 20.3 MP sehingga Anda akan mendapatkan kualitas warna yang sempurna.

Kamera Mirrorless Terbaik

Kamera ini juga bisa memfilter noise yang muncul pada foto, dan memiliki kemampuan pengaturan cahaya di lokasi yang minim cahaya. sangat tepat bagi Anda para pemula yang menyukai fungsi autofocus. Untuk desain jangan ditanyakan lagi karena desain cukup elegan dan menarik.

Dengan layar LCD 3.0 inch yang dapat diputar 180 derajat, fitur Advanced Beauty Shot dan Dual Beauty Effect, kamera ini sangat direkomendasikan bagi Anda penyuka selfie karena akan membuat hasil foto Anda tampak sempurna.

Baca juga Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik

4. Pentax Q7

Berbicara mengenai desain, Pentax Q7 ini memiliki desain dan ukuran bodi yang sama dengan pendahulunya. Pentax Q7 yaitu 102 x 58 x 33.5 mm dengan berat 200 gram. Sensor yang ditanamkan pada kamera ini adalah jenis CMOS w/ primary color filter 12.4 MP.

Pentax Q7 adalah kamera yang cocok untuk peminat fotografi yang menginginkan alat foto yang unik, berukuran kecil dan ringan, namun kokoh dan dapat menghasilkan foto yang khas dengan lensa yang sudah termasuk dalam paket pembelian.

Kamera Mirrorless Terbaik

Berikut Kelebihan dari kamera mirrorless Pentax Q7:

  • Mampu merekam video full-HD 1080p pada kecepatan 30 fps (frame per second).
  • Adanya fitur dasar seperti penstabil getaran shift sensor, sistem anti debu supersonik, lampu kilat pop-up otomatis.
  • Adanya fitur meningkatkan tampilan gambar, yaitu fitur “Smart Effect Mode“.

5. Panasonic DMC-G85K

Panasonic DMC-G85K didesain untuk Anda yang gemar merekam video dan mengambil gambar. Mengusung sensor MOS 16MP, kamera ini memiliki rentang sensitivitas dari ISO 200 hingga 25600, yang bisa disesuaikan dengan berbagai jenis pencahayaan.

Kamera Mirrorless Terbaik

Selain itu, Panasonic DMC-G85K juga memiliki kecepatan shot lebih dari 10 FPS untuk single-shot autofocus, atau 6 FPS dengan autofocus berkelanjutan. Kecepatan shot 40 FPS bisa didapat ketika menggunakan fungsi electronic shutter dan 30 FPS dengan mode 4K Photo.

Panasonic DMC-G85K ini cocok untuk pemotretan pada kondisi minim cahaya dan telah dilengkapi dengan sensor penstabil gambar 5 axis yang dapat mereduksi getaran kamera meskipun dipakai dalam posisi vertikal , horizontal dan diagonal.

6. Canon EOS M5

Canon EOS M5 memiliki desain dengan rasa DSLR yang cukup kental. Handgrip memiliki lengkungan ergonomis khas DSLR. Selain itu, posisi viewfinder tepat berada di tengah body kamera.

Inilah salah satu kamera mirrorless terbaik yang menjanjikan banyak hal. Sensor APS-C CMOS yang ditanamkan pada kamera Canon EOS M5 ini yang sanggup menghasilkan gambar dengan ketajaman 24.MP.

Kamera Mirrorless Terbaik

Kerja sensor tersebut makin mantap berkat dukungan prosesor DIGIC 7 yang merupakan teknologi khas Canon. Sehingga kamera dengan harga cukup kompetitif ini memiliki 49 titik autofocus yang bisa menyasar nyaris ke semua bagian frame.

Kemampuan fokus yang andal ini berlaku baik saat menggunakan kamera untuk memotret maupun merekam video. Kemudahan lain dari EOS M5 adalah LCD yang sudah mengadopsi teknologi layar sentuh.

7. Sony Alpha A6000

Bisa dibilang, Sony Alpha A6000 masuk dalam golongan middle-end dari kamera mirrorless terbaik produksi Sony. Berada di pertengahan karena harganya masih dibilang kompetitif. Tapi kemampuan yang dimiliki melebihi harga yang ditawarkan.

Dengan bobot yang ringan dan desain yang simpel, Sony A6000 cenderung jadi favorit para traveler. Karena bisa ringkas dibawa dan dimasukkan ke dalam tas. Apalagi sudah disediakan hot shoe untuk menaruh flash saat kondisi cahaya kurang memungkinkan.

Kamera Mirrorless Terbaik

Spesifikasi dari kamera mirrorless Sony Alpha A6000:

  • Memiliki 170 phase detection.
  • Foto yang jernih dan beresolusi tinggi, hingga 24.3 MP.
  • Untuk memindahkan data video, disediakan slot HDMI yang tipe D.
  • Merekam video dengan kualitas 1080p Full HD pada frame rate 60 fps.
  • A6000 menggunakan sensor APS-C-sized Exmor APS HD CMOS dan prosesor Bionz X.

Baca juga Pilih Mana: Panasonic Lumix S1R atau Nikon Z7?

8. Olympus PEN E-PL8

Olympus PEN E-PL8 menampilkan bentuk yang didesain ulang, termasuk layar flip-down yang ideal untuk mengambil foto selfie. Sensor Four Thirds 16,1 megapiksel, teknologi stabilisasi gambar 3-sumbu, dan pemotretan 8fps.

Layar LCD flip-down baru mungkin menjadi sorotan bagi siapa saja yang ingin berfoto selfie. Banyak kamera lain memiliki layar self-flip, tetapi keuntungan dari versi flip-down adalah bahwa pandangan benar-benar tidak terhalang oleh bagian lain dari kamera.

Kamera Mirrorless Terbaik

Di bagian atas kamera mirrorless Olympus E-PL8 ada tombol mode untuk memilih antara berbagai mode pencahayaan yang tersedia, seperti mode otomatis dan semi-otomatis (seperti prioritas apertur).

Ada juga mode pemandangan, mode seni, mode video, dan mode untuk membuat gambar dengan bingkai di sekitarnya. Harga dari kamera ini juga cukup kompetitif dengan spesifikasi yang sangat handal. Jika ingin mempunyai kamera mirrorless dengan spesifikasi yang canggih, ini bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply