ElektronikPhotography

10 Kamera Prosumer Terbaik 2020

Saat liburan tiba pasti banyak dari Anda akan menyiapkan jadwal untuk berlibur. Dengan berlibur Anda akan mendapatkan pengalaman yang indah. Terlebih lagi Anda membawa kamera untuk memotret kenangan. Nah, kamera prosumer bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kamera prosumer sendiri gabungan kata dari professional dan consumer. Dimana kamera ini memiliki hasil foto yang bagus. Namun, banyaknya kamera prosumer dijual di pasaran bisa membuat atau kewalahan untuk memilih mana yang terbaik.

Kamera Prosumer Terbaik

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi kamera prosumer terbaik sebagai referensi untuk Anda. Berikut kriteria yang kami gunakan.

  • Kualitas.
  • Fitur.
  • Harga.
  • Desain.
  • Popularitas.

1. Nikon Coolpix L340

Kamera Prosumer terbaik dan dengan harga terjangkau yaitu Nikon Coolpix L340 akan selalu menjadi pilihan terdepan. Mengandalkan lensa Nikkor, kamera ini memiliki kemampuan Optical Zoom super tinggi.

Jangan takut akan hasil gambar yang buram karena goncangan lensa pada Nikon L340. Hal itu tidak akan Anda temui berkat adanya fitur Lens Shift Vibration Reduction. Fitur ini akan menjamin kehadiran dari hasil foto yang tetap stabil dan tajam.

Kamera Prosumer Terbaik

Selain kemampuan zoom nya yang bisa diandalkan, Nikon Coolpix L340 juga dilengkapi dengan sensor CCD 20.2 megapiksel. Dengan sensor tersebut, kamera ini juga memiliki sensitivitas cahaya maksimal pada ISO 1600.

Kelebihan lain dari Nikon Coolpix L340 yang perlu disimak adalah adanya fitur Smart Portrait. Sebuah fitur yang akan membantu Anda untuk menghasilkan foto portrait yang baik. Keberadaan fitur ini sangat berguna buat Anda yang suka memotret orang terdekat.

2. Nikon Coolpix B500

Masih dengan Nikon. Nikon Coolpix B500 dilengkapi dengan fitur optical zoom yang bisa membuat Anda impulsif jajan kamera. Gimana tidak, kamera prosumer ini bisa memperbesar objek sampai 40 kali dan bahkan 80 kali dengan Dynamic Fine nya.

Kamera Prosumer Terbaik

Di bibir pantai atau di tengah laut sekalian rasanya masih memungkinkan untuk menangkap senyum manis teman-teman. Hasil jepretan Anda juga dijamin semakin oke dengan teknologi BackSide Illumination yang terbukti mencerahkan.

3. Canon PowerShot SX430 IS

Selanjutnya ada kamera prosumer terbaik dari Canon, yaitu seri Canon PowerShot SX430 IS. dengan bobot cukup ringan kamera prosumer ini memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen liburan Anda.

Kamera Prosumer Terbaik

Dilengkapi dengan sensor 20.5 megapiksel dan optical zoom sampai 45 kali, foto yang dihasilkan dijamin oke banget kualitasnya. Detailnya dapat, tetap mulus dan tidak pecah-pecah seperti kulit kaki yang kekeringan he..he…

Untuk harganya sendiri, tidak perlu khawatir membuat kantong jebol mendadak. Karena dengan harga yang termasuk sudah cukup terjangkau, selebihnya Anda mendapatkan kamera prosumer terbaik dari Canon ini.

Baca juga rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik

4. Canon G3 X

Jika Anda tidak suka dengan kamera prosumer dari Canon PowerShot SX430 IS, nah alternatif lainnya Anda bisa memilih Canon G3 X. Kamera superzoom yang mampu menghasilkan video dengan resolusi Full HD ini sangat direkomendasikan untuk kalangan konten kreator.

Kamera Prosumer Terbaik

Dimana untuk spesifikasi yang lebih detail kamera ini mengusung penggunaan sensor CMOS beresolusi 20.2 megapiksel, shutter speed 1/2000 s, built in flash, serta memiliki rentang ISO 125 hingga 12800. Untuk harga memang cukup tinggi ya.

5. Sony DSC H300

Ketajaman foto dari Sony H300 juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk menjamin kemampuan tersebut, Sony menanamkan lensa Carl Zeiss Vario Sonnar f2.8 – f6.3 / 24 mm – 200 mm. Ketajamannya semakin mumpuni dengan adanya sistem auto focus yang telah ditingkatkan oleh Sony.

Untuk menunjang kinerjanya dalam menghasilkan foto yang berkualitas, Sony menanamkan sensor CCD 20.1 megapiksel dengan teknologi Sony Super Had. Sensor tersebut juga didukung oleh fitur Optical Steadyshot, untuk tetap menghasilkan foto yang tajam.

Lihat juga:  Pilih Mana: SSD atau HDD?

Kamera Prosumer Terbaik

Selain itu juga kamera prosumer Sony DSC H300 memiliki kelebihan seperti:

  • Dilengkapi dengan fitur Sweep Panorama.
  • Harga yang terjangkau.
  • Bobot ringan.
  • Desain simple namun elegan.
  • Memiliki kemampuan untuk melakukan Optical Zoom sampai 35 kali.

6. Sony RX10 II

Jika Anda ingin kamera prosumer dari Sony yang harganya cukup tinggi dibanding dengan tipe Sony H300, maka untuk tipe Sony RX10 II adalah jawabannya. Dimana kamera prosumer Sony RX10 II ini menawarkan sensor 1 inci dengan resolusi 20.2 megapiksel.

Kamera Prosumer Terbaik

Tidak ada optical zoom yang menyertai kamera ini, tetapi Sony menjamin bahwa RX10 II ini adalah kamera prosumer berkualitas premium yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih baik.

Kamera ini bisa merekam dengan resolusi hingga 4K yang cukup tajam. Jika Anda lebih sering menggunakan kamera prosumer untuk keperluan merekam video, Sony RX10 II ini adalah pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda.

7. Panasonic Lumix DMC-TZ110

Harga yang cukup tinggi menjadikan kamera prosumer ini dikenal banyak orang dengan kualitas terbaiknya. Sebagai pecinta barang praktis, rasanya sulit untuk tidak jatuh hati dengan Panasonic Lumix DMC-TZ110.

Ukurannya yang mungil memungkinkan untuk mengucapkan selamat tinggal ke tas kamera besar yang berat dan merepotkan. Tetapi, jangan buru-buru underestimate, kamera prosumer ini dilengkapi dengan zoom lens LEICA sebening kristal.

Kamera Prosumer Terbaik

Sensor MOS berukuran 1 inci 20.1 megapiksel juga memungkinkan mengabadikan kenangan di malam hari. Hasilnya tetap detail, jernih, bahkan dalam kondisi rendah cahaya sekalipun.

Tidak ketinggalan, kamera prosumer ini juga dilengkapi dengan optical zoom yang bisa memperbesar objek sampai 10 kali. Kapan lagi punya kamera mungil yang kemampuannya oke banget? Kecil-kecil cabe rawit loh Panasonic Lumix DMC-TZ110 ini.

Baca juga rekomendasi Kamera Pocket Terbaik

8. Panasonic Lumix DMC-TZ90

Di urutan ke delapan tentunya kami masih memberikan dari brand Panasonic. Desain kamera prosumer terbaik Panasonic Lumix DMC-TZ90 memang tidak banyak berubah bila dibandingkan dengan yang sebelumnya. Sensornya memiliki resolusinya 20.3 megapiksel.

Zoom optisnya sebesar 30x pada angka 24-720 mm dengan aperture f/3.3 – 6.4. Sementara dari segi video mengadopsi resolusi 4K 30 fps. Keunggulan lainnya adalah teknologi Depth-from-Defocus dimana memungkinkannya untuk mengunci fokus dengan cepat.

Kamera Prosumer Terbaik

Fitur lainnya yang juga diusung oleh kamera prosumer ini adalah Post Focus dan Focus Stacking. Adanya Post Focus ini penggunanya mampu mengganti bagian foto yang terfokus pasca pemotretan.

Begitu juga dengan Focus Stakingnya. Namun, untuk depth of field serta semua prosesnya langsung terjadi dalam perangkat ini. Untuk harga wah… memang dijual cukup mahal ya guys tetapi kualitasnya super tinggi.

9. Fujifilm Finepix S9400W

Dilengkapi sensor CMOS dengan resolusi 16 megapiksel , kemampuan Fujifilm Finepix S9400W jelas tidak perlu diragukan. Apalagi, fitur optical zoom-nya yang bisa memperbesar sampai 50 kali.

Kamera Prosumer Terbaik

Anda jangan khawatir hasilnya blur. Kamera prosumer ini juga dilengkapi wifi connectivity, loh. Begitu selesai jepret satu dua tiga bisa langsung ditransfer ke smartphone kesayangan dan di upload ke sosmed nih yuhuuu.

Canggih banget, kan? Dengan harga yang terbilang masih terjangkau, Anda bisa tetap hits selama liburan musim panas dengan foto-foto keren Tunggu apalagi? Anda bisa langsung beli kamera ini untuk dibawa saat liburan.

10. Fujifilm FinePix HS50 EXR

Yang terakhir masih dengan Fujifilm, tipe lain dari kamera prosumer terbaik dari Fujifilm adalah Fujifilm FinePix HS50 EXR. Dengan resolusi 16 megapiksel , lantas apa keistimewaan dari Fujifilm FinePix HS50 EXR ini?.

Jika dilihat dari sensornya, kamera ini memang tidak tampak spesial dibanding kamera prosumer lain yang ada di daftar ini.

Kamera Prosumer Terbaik

Namun tetep saja kamera prosumer Fujifilm FinePix HS50 EXR memiliki kelebihan lain seperti:

  • Adanya cincin zoom tradisional di sekitar lensa barel.
  • Fujifilm juga menyematkan electronic viewfinder yang sangat baik.
  • Kamera yang mengusung 42 kali digital zoom.
  • Desain yang elegan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply