Kesehatan

10 Merk Obat Sariawan Paling Ampuh 2019

 Sariawan  merupakan salah satu penyakit seringkali dialami oleh semua orang mulai dari balita, anak-anak, hingga dewasa atau bahkan lansia. Rasa sakitnya dapat membuat kehilangan nafsu makan dan tidak nyaman berbicara. Salah satu solusi menghadapi seriawan adalah menyembuhkannya dengan obat.

Tetapi, banyaknya pilihan obat seriawan tentu membuat Anda bingung dalam memilih. Tenang saja! Dalam artikel Selera.id kali ini telah kami berikan rekomendasi 10 merk obat sariawan paling ampuh untuk mengatasi masalah sariawan Anda.

Berikut kriteria yang kami gunakan untuk membuat list merk obat sariawan paling ampuh:

  • Kandungan
  • Manfaat
  • Efek yang ditimbulkan
  • Cara penggunaan
  • Popularitas

Langsung saja disimak daftarnya dibawah ini:

1. Enkasari

Enkasari merupakan obat kumur cair yang bisa juga mengobati sariawan. Obat ini diproduksi PT Kimia Farma terdapat kandungan ekstrak daun sirih yang terbukti ampuh dalam mencegah infeksi pada sariawan. Selain daun sirih, Enkasari mengandung daun saga dan mentholatum untuk membantu menghilangkan bau mulut serta menyegarkannya.

 

Karena Enkasari merupakan obat sariawan yang terbuat dari bahan alami seperti ekstrak daun saga, akar kayu manis, dan daun sirih yang aman untuk ibu hamil. Penggunaannya juga cukup gampang, yaitu cukup tuangkan sesuai takaran, lalu gunakan untuk berkumur. Gunakan secara rutin selama terjadi sariawan.

2. Aloclair Plus Spray

Seriawan sangat menganggu, terutama saat beraktivitas di luar ruangan sepanjang hari. Untuk rekomendasi selanjutnya yaitu Aloclair Plus Spray. Obat sariawan ini dikemas dalam botol semprot, praktis dibawa ke mana saja dan mudah dipakai dalam berbagai situasi. Terdapat kandungan lidah buayanya dapat meredakan seriawan dan nyeri yang disebabkan oleh iritasi mulut.

Selain itu, obat sariawan ini tidak menyebabkan rasa perih, Untuk cara penggunaannya cukup disemprotkan sebanyak 3-4 kali pada area yang sakit. Anda juga bisa menggunakannya hingga 3-4 kali dalam sehari atau sesuai kebutuhan. Namun, obat ini akan menimbulkan sensasi lengket di dalam mulut yang mungkin akan sedikit membuat tidak nyaman dimulut.

3. Obat Kumur Betadine

Ketika masalah di mulut bukan hanya seriawan, namun juga sakit tenggorokan, gusi bengkak, sakit gigi, dan bau mulut seperti gejala panas dalam pada umumnya, maka Betadine Obat Kumur lah dapat menjadi jawabannya. Mengandung Povidon Iodine 1%, Betadine dapat mengobati sariawan serta gusi yang membengkak serta membantu menyegarkan mulut.

Cara menggunakannya cukup tuangkan 10 ml produk obat kumur dari Betadine, berkumurlah, dan tahan selama 30 detik. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda dapat menggunakannya hingga 3-5 kali sehari. Perlu diperhatikan bahwa obat ini hanya dianjurkan untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia 6 tahun.

Lihat juga perbandingan: Listerine Obat Kumur atau Betadine Obat Kumur.

4. Mix Saga

Obat sariawan paling ampuh yang menjadi rekomendasi Selera.id selanjutnya yaitu Mix Saga. Selain mengobati sariawan, Mix Saga juga bisa di konsumsi sebagai obat batuk dan aman dikonsumsi oleh anak karena mengandung bahan-bahan alami.

Kandungan alami yang terdapat pada Mix Saga yaitu madu, ekstrak daun saga, esktrak daun sirih serta ekstrak pegagan. Bahan-bahan di atas merupakan bahan populer dalam mengatasi sariawan karena memiliki sifat mematikan kuman.

Kandungan Mix Saga:

  • Saga rambat, saga telik, atau saga areuy (Abrus precatorius)
    Merupakan tumbuhan obat anti sariawan yang populer. Daun tumbuhan ini, bila dikombinasikan dengan daun sirih, menjadi obat tradisional yang ampuh mengatasi seriawan. Khasiat ini berasal dari beberapa bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya. Daunnya juga mengandung glycyrrhizin.
  • Pegagan (Centella asiatica)
    Merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.
  • Minyak atsiri
    Minyak ini dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

5. Plester Sariawan Ulceloocin

Berbeda dari obat sariawan lainnya, Ulceloocin ini menawarkan obat sariawan dalam bentuk plester. Tidak seperti obat sariawan dalam bentuk tetes dan obat kumur, plester sariawan dapat mengobati sariawan tanpa rasa perih.

Hal ini karena plester sariawan bekerja sebagai covering agent yang menutupi luka sariawan dan membiarkannya untuk memulihkan luka tersebut dengan sendirinya. Plester Sariawan Ulceloocin ini juga cocok digunakan oleh anak-anak, karena aman jika tidak sengaja tertelan.

6. Deltomed Kuldon Sariawan

Jika Anda orang yang sedikit terganggu dalam menggunakan plester sariawan atau tidak mau merasakan perihnya menggunakan obat salep dan obat kumur, Anda dapat mencoba obat sariawan yang satu ini. Kuldon memiliki bentuk tablet dan dikonsumsi dengan cara dihisap maupun dikunyah.

Kuldon mengandung bahan-bahan alami seperti daun saga, akar manis, akar alang-alang dan chrysanthemum. Bahan-bahan tersebut memiliki khasiat untuk meredakan panas dalam, sehingga sariawan akan berangsur-angsur pulih.

Baca juga: Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Colgate?

7.  Efisol Liquid

Saat sedang sariawan, kemungkinan Anda menjadi malas untuk sekadar minum karena rasa perih yang tak tertahankan. Oleh karenanya, mulut menjadi kering, bibir pecah-pecah, dan napas berbau tidak sedap. Anda tidak perlu membeli banyak obat untuk mengatasinya karena hanya dengan Efisol Liquid saja dapat menjadi solusi. Obat ini dapat digunakan untuk berkumur apabila diencerkan dengan air.

Bagi Anda yang malas berkumur, bisa juga langsung mengoleskannya ke bagian yang meradang. Lalu, untuk Anda yang sibuk dan sering bepergian, gunakan saja varian produk lainnya yaitu Efisol Lozenges dengan bentuk permen yang praktis. Untuk hasil maksimal, sebaiknya gunakanlah kedua varian produk ini secara bersamaan.

8. Ciubros Farma Borax Glycerine (GOM)

Selain menimbulkan rasa perih, terkadang seriawan juga menimbulkan rasa nyeri yang sangat menganggu. Bagi Anda yang menderita seriawan disertai nyeri, Borax Glycerin (GOM) dapat membantu menyembuhkan. Borax dikenal sebagai zat pengawet, namun obat dengan kandungan borax glyceryn ini berfungsi sebagai disinfektan mulut.

Obat sariawan ini aman digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Perih dan nyeri cepat hilang, aktivitas pun kembali lancar. Anda tinggal mengoleskan saja di bagian yang seriawan. Akan tetapi, obat ini tidak boleh sampai terlean ya, Konsultasikan terelbih dahulu kepada dokter untuk penggunaan jangka panjang.

9. Medijel Gel

Medijel Gel ini memiliki kegunaan untuk mengatasi keluhan pada mulut, produk ini diklaim ampuh untuk mengatasi segala masalah kesehatan seperti iritasi kawat gigi, nyeri pada gusi, termasuk sariawan. Obat buatan Inggris ini dapat kamu gunakan dengan jari ataupun cotton bud, dengan cara oleskan pada luka kemudian ulangi setelah dua puluh menit penggunaan. Karena obat sariawan ini cukup keras, sehingga tidak disarankan untuk anak-anak atau ibu hamil.

10. Aloclair Kumur

Masih dari brand yang sama seperti di atas, Aloclair juga menawarkan obat sariawan dalam bentuk obat kumur. Berbeda dengan brand lain, Aloclair kumur merupakan obat sariawan tanpa rasa perih.

Karena mengandung lidah buaya, sodium hyaluronate dan Glycyrrhetinic acid yang berfungsi sebagai antiseptik dan pelembab. Aloclair juga tidak menggunakan alkohol sehingga tidak memberikan sensasi menyengat ketika digunakan.

Selain menggunakan bahan alami dan tidak menyebabkan perih, Aloclair memiliki rasa yang manis, sehingga cocok untuk digunakan untuk anak-anak.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply