KesehatanParenting

10 Obat Flu Anak Paling Bagus 2020

Perubahan cuaca yang tidak menentu, terkadang dapat menyebabkan penyakit flu bagi anak. Untuk itu, dibutuhkan obat flu paling bagus dan ampuh untuk meredakan penyakit tersebut, Karena jika anak sakit akan membuat cemas para orang tua bukan?

Nah bagi kalian para orang tua yang sedang mencari obat flu anak yang paling bagus, Artikel kali ini dapat menjadi referensi yang tepat untuk Anda, Karena kami telah merekomendasikan 10 obat flu anak yang sudah terbukti bagus.  Namun, ada baiknya untuk segera konsultasikan saja ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya bunda!

Obat Flu Anak Paling Bagus

Berikut ini kriteria yang kami gunakan untuk membuat list obat flu anak paling bagus:

  • Popularitas.
  • Kandungan.
  • Manfaat.
  • Varian rasa
  • Usia konsumsi.
  • Cara konsumsi.

Simak langsung daftarnya:

1. OBH Combi Anak

OBH Combi Anak Batuk Plus Flu adalah obat untuk mengatasi gejala flu seperti pilek, hidung tersumbat, demam, sakit kepala, bersin disertai oleh batuk pada anak. Dosis untuk umur 2-5 tahun ialah 3 sendok per hari atau setara dengan 5 ml sirup sehari.

 Obat Flu Anak Paling Bagus

Kandungan yang ada pada OBH Combi Anak:

  • Paracetamol (Acetaminophen)
    Zat aktif yang memiliki aktivitas sebagai penurun demam/antipiretik dan pereda nyeri/analgesik yang bisa diperoleh tanpa resep dokter.
  • Liquorice succus
    Komponen obat batuk hitam (OBH) yang diperoleh dari sari akar tanaman Glycyrrhiza liquiritiae dan memberikan efek ekspektoran.
  • Amonium Klorida
    Agen ekspektoran dalam obat batuk. Efek ekspektoran akan bekerja dengan cara mengiritasi mukosa bronkial yang mempermudah pengeluaran dahak.
  • Pseudoephedrin HCl
    Zat aktif golongan simpatomimetik yang memiliki aktivitas sebagai nasal dekongestan, stimulant, dan wakefulness promoting agent. Senyawa ini bekerja dengan mengecilkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan penyumbatan.
  • Chlorpheniramine maleate (CTM)
    Zat aktif yang digunakan untuk mengobati gejala alergi seperti rhinitis dan urtikaria. Termasuk dalam golongan antihistamin generasi pertama yang memiliki efek sedatif rendah.

2. Panadol Anak Sirup

Obat flu anak yang sangat gampang didapati salah satunya yaitu Panadol Anak dengan Paracetamol. Obat ini terdapat kandungan 160 mg paracetamol pada setiap 5 ml botol sirup dan untuk anak usia 1-6 tahun. Dengan rasa raspberry yang manis membuat anak tidak takut untuk meminum obat yang satu ini.

 Obat Flu Anak Paling Bagus

Saat anak pilek, para orang tua dapat memberikan 3-4 kali sehari sebanyak 5 ml. Selain sebagai obat pilek, Panadol Sirup Anak ini juga dapat meringankan sakit kepala, nyeri saat tumbuh gigi, dan juga demam karena imunisasi.

Baca juga rekomendasi Merk Vitamin Anak Terbaik.

3. Hufagrip Batuk Pilek

Hufagripp Batuk Pilek merupakan obat flu anak yang bermanfaat untuk meringankan batuk tidak berdahak dan pilek. Obat flu anak ini juga dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin yang dibarengi dengan batuk kering.

 Obat Flu Anak Paling Bagus

Obat Hufagrip batuk pilek pada anak ini mengandung Chlorpheniramine Maleate (CTM) untuk alergi, Pseudoephedrin mengurangi pembengkakan pembuluh darah, dan Dextromethorphan HBr yang berfungsi untuk menekan batu terutama iritasi tenggorokan dan bronkial ringan.

4. Sanmol Sirup

Sanmol Sirup adalah obat flu anak yang berfungsi untuk meredakan demam dan rasa nyeri atau sakit kepala pada anak-anak maupun dewasa. Setiap 5 ml Sanmol Drop mengandung zat aktif Paracetamol (Acetaminophen) yaitu zat aktif yang memiliki aktivitas sebagai penurun demam/antipiretik dan pereda nyeri/analgesik yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin yaitu zat yang memicu nyeri dan demam di hipotalamus untuk meningkatkan pelepasan panas supaya suhu tubuh normal.

 Obat Flu Anak Paling Bagus

Untuk anak dibawah 6 tahun dapat diberikan 1 sampai 2 sendok takar 2,5 sampai 5 ml sirup, diberikan 3 sampai  4 kali dalam sehari. Sedangkan, Untuk umur 6 – 12 tahun, minum 2 sampai 4 sendok takar 5ml sampai 20ml, Untuk waktu konsumsinya dapat diberikan secara teratur 3 sampai 4 kali dalam satu hari.

Lihat juga:  9 Baby Play Gym Terbaik 2020

5. Bisolvon Sirup

Bisolvon adalah obat yang digunakan untuk mengurangi dan mengencerkan dahak pada saluran pernapasan. Bisolvon mengandung zat aktif Bromhexin HCl yang berfungsi sebagai iritan pada saluran pernafasan di mana saat batuk, volume mukus ditingkatkan pada saluran napas serta menurunkan viskositasnya (menjadi lebih encer) sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan anak.

 Obat Flu Anak Paling Bagus

Fungsi Bromhexin HCl merupakan ekspektoran yang bisa mengencerkan dahak atau lendir pada saluran pernafasan sehingga lebih gampang dikeluarkan bersamaan dengan batuk.  Untuk anak-anak 2-5 tahun, minumlah 2 kali sehari untuk 5 mL Bisolvon Sirup. Obat sirup yang satu ini diminum sesudah makan untuk mengurangi kemungkinan terjadi nyeri lambung.

6. Proris Sirup

Rekomendasi selanjutnya adalah Proris, Obat ini juga merupakan obat flu anak kecil yang ampuh untuk menurunkan demam pada anak serta keluhan nyeri lainnya yang disebabkan flu karena mengandung ibuprofen sebagai anti-inflamasi serta anti radang untuk anak.

 Obat Flu Anak Paling Bagus

Kandungan Proris Sirup ini dapat menghambat kerja dari enzim siklooksigenasi (COX) dimana enzim ini berfungsi dalam membantu pembentukan prostaglandin saat terjadinya luka dan menyebabkan rasa sakit serta peradangan. Ketika kerja enzim COX terhalangi, maka produksi prostaglandin lebih sedikit, sehingga rasa sakit dan peradangan akan berkurang dan meningkatkan pelepasan panas supaya suhu tubuh normal.

Lihat juga artikel lainnya mengenai: Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Terbaik

7. Termorex Plus

Termorex Plus ini mengandung paracetamol. Dengan kandungan tersebut, Termorex Plus dapat membantu meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Obat batuk anak dan memberikan rasa jeruk, Obat flu juga ini bebas alkoholl dan juga sangat aman dikonsumsi oleh anak mulai dari usia 2 tahun.

 Obat Flu Anak Paling Bagus

Termorex Plus ini juga mengandung bromhexine, paracetamol sebagai antiflamasi dan anti radang untuk anak. Penggunaan Termorex Plus 60 ml pada anak 2-5 tahun diminum 3 kali sehari untuk 1 sendok takar dan diminum sesudah makan untuk mengurangi kemungkinan nyeri pada lambung.

8. Fludane Sirup

Obat flu anak yang selanjutnya ada fludane sirup yang sudah terdapat kandungan paracetamol juga, dan terdapat kandungan chlorpheniramine maleate yang dapat berfungsi untuk mengobati flu, demam serta batuk dan nyeri dibagian kepala pada anak.

Obat Flu Anak Paling Bagus

Fludane Sirup ini memiliki kandungan paracetamol, chlorpheniramine maleate, yang mampu mengobati flu, demam serta batuk dan nyeri dibagian kepala pada anak. Untuk anak 6 sampai 12 tahun minum 3 kali sehari dengan dosis 2 sendok takar.

9. Actifed Plus Expectorant

Obat flu anak paling bagus selanjutnya yaitu dari Actifed Plus Expectorant.  Obat ini merupakan obat batuk yang juga untuk meringankan pilek dan batuk berdahak pada anak. Actifed Plus Expectorant ini bisa aman dikonsumsi oleh anak mulai usia 2 tahun sampai orang dewasa lho!

Obat Flu Anak Paling Bagus

Actifed Plus Expectorant memiliki kerja expectorant, kerjanya menurunkan viskositas lendir dengan cara meningkatkan volume dan kandungan air dari sekresi tenggorokan, Dengan begitu obat batuk ini akan membantu pengeluaran dahak.

10. Triaminic Sirup

Yang terakhir yang dapat kami rekomendasikan obat batuk flu anak paling bagus yaitu dari Triaminic, Obat flu ini dapat menjadi pilihan obat pilek untuk anak jika si kecil mulai memperlihatkan gejala flu. Triaminic sirup ini juga bisa mengatasi gejala pilek seperti bersin-bersin, hidung tersumbat serta batuk dan nafas tersendat akibat masuk angin.

Obat Flu Anak Paling Bagus

Obat flu ini memiliki rasa lemon dan mengandung Pseudoephedrine HCl dan Guaifenesin. Pseudoephedrine bekerja dengan melebarkan saluran pernapasan dan menyempitkan pembuluh darah, terutama yang menuju rongga hidung dan tenggorokan. Sedangkan Guaifenesin bekerja dengan mengumpulkan dahak dan mempercepat pengeluarannya . Anda dapat memberikan 3 kali sehari 1 sendok teh untuk anak diatas dan dibawah 12 tahun.

Semoga bemanfaat!

Leave a Reply