Kendaraan

Pilh Mana: Nissan March atau Brio?

Jenis mobil city car merupakan jenis yang cocok di gunakan untuk keperluan sehari-hari. Golongan city car yang juga identik dengan tipe mobil LCGC (Low Cost Green Car), relatif memiliki bentuk yang kecil dan tentu saja irit bahan bakar. Dengan begitu, mobil jenis city car memang sangat sesuai untuk Anda yang membutuhkan mobil guna keperluan sehari-hari. Pada artikel kali ini akan kita bahas kedua mobil city car yang sudah tidak asing lagi Nissan March dan Brio dari segi eksterior, interior maupun mesinnya. Jadi stay tune ya..

Nissan March

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah resmi merilis mobil terbaru yaitu Nissan March. Mobil versi facelift yang resmi dilaunching di Tangerang ini, tetap dihadirkan untuk menargetkan pasaran city car. Sebagai versi terbaru mobil city car ini pun juga bakal mendapatkan beberapa pembaruan. Tetapi, hanya akan tampak pada pembaruan yang dilakukan terhadap Nissan March ini tidak mencakup secara keseluruhan. Namun, yang cukup terlihat yaitu pada eksterior di bagian depan dan interiornya. Baca juga Pilih Mana: Toyota Agya atau Honda Brio?

Eksterior dan Interior Nissan March

Pada bagian eksterior dari spesifikasi Nissan March. Pada bagian tampilan terluar ini city car besutan Nissan ini mengusung konsep desain yang tidak berbeda dari versi terdahulu, yaitu sebuah rancangan Fashionable Smart di mana pada versi terbarunya ini, sisi eksteriornya pun tampak lebih stylish dan unik.

Karena, jika melihat tampilannya, mobil ini didesain penuh dengan lengkungan yang menonjol keluar di mana pada setiap lengkungan tersebut telah diperhitungkan agar Nissan March terlihat lebih menarik dan kompak sesuai dengan selera anak muda kekinian.

Selain pembaruan pada bagian eksteriornya, bagian interior pada spesifikasi Nissan March juga mendapatkan perubahan. Sebagai city car versi facelift yang fokus pada kenyamanan, tentu kelengkapan pada ruang interior pun semakin menarik dan menawan.

Selain itu juga, meski tampak minimalis di bagian interior namun ketika memasuki bagian kabinnya maka akan disuguhkan ruang kabin yang cukup lega dengan kenyamanan eksklusif sehingga akan memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada para pengemudinya.

Nissan March ini juga di lengkapi sisi interiornya dengan beberapa fitur yang lebih lengkap dan canggih, termasuk di antaranya yaitu fitur Multi Information Display (MID) reminder yang sudah terintegrasi dalam satu perangkat yang mendukung kebutuhan berkendara.

Mesin Nissan March

Nissan March ini tetap akan mengangkat 2 varian mesin seperti pada generasi sebelumnya. Tidak ada perubahan bagian mesin ini oleh Nissan karena mesin yang diusung pada mobil ini terbilang sudah cukup tangguh. Pada varian 1.2 liter akan mengandalkan tipe mesin HR12DE dengan capaian power maksimal 76 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan dapat mencapai torsi maksimal 10.6 kg.m pada putaran 4.000 rpm.

Selain itu, untuk Nissan March 1.5 liter, akan mengangkat jenis mesin yang sama, yaitu HR15DE. Tetapi, untuk varian 1.5 liter ini Nissan juga akan dibekali dengan teknologi CVTC (Continously Variable-valve Timing Control) di mana teknologi tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 102 Ps pada 6.000 rpm dan maksimal titik puncak torsi 10.8 kg.m per 4.000 rpm.

Kendati kedua mesin dari Nissan March tersebut menghasilkan tenaga yang besar, pemakaian bahan bakar pada kedua tipe ini terbilang irit dan ramah terhadap BBM, walaupun dipacu hingga kecepatan tertinggi.

Pasalnya, mesin pada mobil ini disempurnakan dengan teknologi ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System) yang dapat membuat seri mobil terbaru Nissan ini dapat meningkatkan efisienisi penggunaan bahan bakar yang tersedia dalam tangki dari spesifikasi Nissan March yang berkapasitas 41 liter sehingga akan lebih irit.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha Mio Z atau Yamaha M3?

Brio

Brio yang satu ini merupakan generasi ke dua sejak diperkenalkan secara perdana pada tahun 2013 silam. Dimana, untuk sasaran pasarnya berada di segmen city car berkonsep Low Cost Green Car (LCGC). Honda Brio model terbaru resmi diluncurkan oleh PT HPM (Honda Prospect Motor) pada ajang GIIAS

untuk sasaran Brio pasarnya berada di segmen city car berkonsep Low Cost Green Car (LCGC). Selain itu, perubahan yang dilakukan pada Honda Brio tersebut pun juga terfokus pada bagian desain yang kini lebih sporty dengan dimensi besar serta serta ruang bagasi dan kabin yang lebih lapang sekaligus fungsional.

Eksterior dan Interior Brio

kali ini pabrikan Honda tersebut mengusung konsep Fabulous Design yang mengedepankan gaya stylish dan trendy dengan kombinasi desain sporty untuk Brio. Hal itu bisa dilihat dari headlamp pada Brio yang mengusung teknologi LED with Guide dengan bentuk menyipit dan terkesan sporty dan futuristik.

Honda juga membekali city car ini dengan foglamp canggih yang bisa menembus kabut tebal saat berkendara di malam hari. Tidak sampai di situ saja, Brio juga mengusung konsep grille berwarna hitam pada bagian depan yang semakin membuatnya tampak begitu sporty dan elegan.

Beralih ke bagian interior, bagian ini memang menjadi bagian yang juga turut mendapat pembaruan cukup terlihat. Hal itu bisa dapat dari konsep dashboard beserta fitur-fitur yang digunakan. Berbicara mengenai dashboard, Brio terbaru bakal mengandalkan dashboard dengan konsep Sporty Dashboard Design with Orange Lining.

Menariknya, di bagian tengah pada dashboard tersebut, Honda menyematkan 6.1 inchi Touchscreen Display Audio yang mana sudah dilengkapi sistem konektivitas Bluetooth dan HFT Function serta USB Connection.

Mesin Brio

Mesin pada spesifikasi Honda Brio. Memang, secara spesifik, sebenarnya mesin pada city car buatan Honda ini masih mengangkat basis yang sama dengan beberapa model mobil Honda lainnya, seperti misalnya Honda Jazz atau Mobilio. Namun, hanya saja dikarenakan Brio ini merupakan varian mobil paling low, maka mesinnya pun juga di-downgrade untuk penyesuaian.

Saat ini pabrikan Honda mengusung mesin i-VTEC + DBW 1.2L SOHC dengan 4 silinder segaris. Mesin ini memiliki kapasitas isi silinder mencapai 1.198 cc yang mana mampu menghasilkan tenaga yang maksimal hingga 90 Ps pada putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai titik torsi maksimum sebesar 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Mesin yang terdapat pada Honda Brio ini diklaim lebih tangguh di segala medan serta memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Pilh Mana: Nissan March atau Brio?

Nissan MarchBrio
Kelebihan - Ruang penyimpanan pada interior lengkap - Peredam suara yang cukup baik - Dilengkapi fitur tilt steering- Bagasi lebih besar - Tampilan stylist - irit bahan bakar
Kekurangan - Getaran mesin cukup kuat - Kepraktisan kabin belakang masih kurang- Fitur tidak terlalu lengkap - Peredam suara kurang baik

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua mobil Nissan March dan Brio sama-sama city car yang hemat dalam bahan bakar yang cocok untuk keperluan sehari-hari. Tetapi beda dalam segi bodi maupun interiornya. Jadi kalian dapat memilih dari kedua mobil tersebut sesuai dengan spesifikasi dan sesuai dengan selera yang anda inginkan. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Nissan March VS Brio

VS