Auto TechKendaraan

Pilih Mana: Aerox 155 atau Vario 125?

Persaingan sepeda motor matic di Indonesia kian meningkat, membuat banyak perusahaan semakin gencar menawarkan produk dengan fitur canggih dan dapat diandalkan sebagai kendaraan harian banyak orang. Dari sekian banyak tipe motor matic yang beredar dipasaran, tentu membuat kita bingung dalam memilih yang terbaik.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi sebuah motor matic dikatakan sebagai yang terbaik. Seperti faktor fitur yang diberikan, performa mesin hingga bahan bakar yang irit. Maka dari itu kami akan membantu Anda memilih kendaraan yang cocok untuk Anda gunakan.

Terdapat 2 merek yang kami rekomendasikan yaitu Aerox 155 dan Vario 125. Kedua merek ini merupakan raja dalam pasar otomotif Indonesia. Lalu, apa perbedaan dari keduanya? Mari kita bahas!

Aerox 155

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi merilis Aerox 155. Sepeda motor matic dengan nama lengkap Yamaha All New Aerox 155 Connected Version ini memiliki desain yang sporty. Baca Juga Pilih Mana: Kawasaki Ninja ZX-6R 636 SE atau Yamaha R6?

Selain itu, Yamaha All New Aerox 155 Connected Version ini juga mendapatkan penyegaran di sisi eksterior dan beberapa fitur anyar lainnya. Kehadiran Aerox 155 kian melengkapi keluarga Maxi Yamaha. Di sisi lain Aerox 155 juga diklaim hadir membawa peningkatan di sisi desain, fitur, maupun performa.

Aerox 155 Connected Version memiliki fitur Y-Connect yang mampu menghubungkan smartphone pengendara dengan sepada motor melalui Bluetooth. Fitur ini dapat memudahkan pengendara mendapatkan beragam informasi terkait notifikasi telepon dan pesan masuk melalui dashboard motor.

Kelebihan Aerox 155

1. Dilengkapi fitur canggih
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Aerox 155 sudah dilengkapi berbagai fitur canggih. Adapun fitur canggih tersebut yaitu VVA dan Blue Core. Kedua fitur tersebut berguna untuk menekan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien dan dapat membuat motor ramah lingkungan.

2. Terdapat speedometer digital
Kelebihan lain ada pada fitur speedometer digital yang semakin memudahkan pengendara untuk mengetahui informasi lengkap tentang Aerox 155 yang dikendarai.

3. Fitur LED di lampu depan dan belakang
Lampu berjenis LED memang menjadi fitur wajib bagi semua motor keluaran terbaru. Selain daya yang dibutuhkan lebih kecil, cahaya yang lebih terang, juga perawatan dari lampu LED ini lebih mudah.

4. Dibekali Mesin 155 cc
Aerox 155 dibekali mesin dengan kapasitas sebesar 155 cc. Dengan bentuk bodi yang lebih ramping, dapat membuat performa dari Aerox 155 semakin maksimal.

5. Dilengkapi Electronic Power Socket
Fitur satu ini merupakan fitur unggulan tidak hanya di Aerox 155, namun juga di produk lain dari Yamaha. Fungsi Electronic Power Socket ini sangat berguna dalam melakukan perjalanan jauh agar tehindar dari kehabisan baterai ponsel.

6. Posisi berkendara sporty
Terakhir, Aerox 155 menawarkan posisi berkendara yang sporty. Posisi berkendara ini memudahkan Aerox 155 untuk diajak melibas kemacetan. Selain itu, posisi berkendara ini juga lebih nyaman untuk diajak menikung di jalanan.

Kekurangan Aerox 155

1. Posisi jok belakang kurang nyaman
Dengan desain buritan Aerox 155 yang cenderung ramping, membuat posisi jok belakang menjadi lebih kecil. Hal ini akan kurang nyaman bagi pembonceng dengan badan cukup besar. Selain itu, bentuk motor juga cenderung tinggi dibagian buritannya, dan membuat posisi pembonceng lebih tinggi.

2. Rem belakang masih tromol
Kekurangan selanjutnya ada pada rem. Sangat disayangkan, Aerox 155 masih menggunakan sistem tromol alias drum brake. Tentu hal ini menjadi pertimbangan tersendiri, terutama dari segi keamanan berkendara.

3. Tangki bensin kecil
Di sector lain, kekurangan Aerox 155 ada pada bagian tangki bensin. Motor ini hanya dilengkapi dengan kapasitas tangki sebesar 4,6 liter. Tentu hal tersebut menjadi masalah, apalagi jika motor ini digunakan untuk berkendara jarak jauh.

4. Kompartemen depan kurang
Kemudian, kekurangan Aerox 155 ada pada kompartemen bagian depannya. Sebab hanya disediakan satu tempat penyimpanan yang terletak di bagian kiri dashboard.

VARIO 125

Honda Vario 125 meluncur pertama kali di Indonesia pada tahun 2013. Skutik 125 cc ini memiliki tampilan yang menarik dengan desain yang modern dan cukup agresif. Desainnya juga sangat mirip dengan Honda Vario 150.

Saat ini hanya ada satu pilihan skutik Honda di kelas 125 cc, maka Honda Vario 125 banyak diminati konsumen. Menurut data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Honda Vario 125 pernah terjual hingga 50.000 unit setiap bulannya.

Dibandingkan model Honda Vario 125 lama, skutik ini masih mengandalkan mesin yang sama. Perbedaannya model Honda Vario 125 terbaru ini mendapatkan desain lebih fresh, serta panel meter digital dengan tampilan baru.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha Lexi S atau Yamaha NMAX?

Kelebihan Vario 125

1. Performa Mesin Mantap
Honda Vario 125 dibekali dengan mesin 4 langkah, SOHC, eSP, berpendingin cairan. Diameter pistonnya 52,4 mm dan langkahnya 57,9 mm, menghasilkan tenaga maksimum mencapai 11,1 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Dengan bobot motor yang tergolong ringan, hanya 111 kg saja, maka power to weight ratio yang dimilikinya cukup baik. Untuk berakselerasi, skutik ini tergolong kencang.

2. Desain Mewah
Honda Vario 125 memiliki desain yang menarik. Tampilannya terbilang mewah untuk skutik 125 cc. Bodi motor ini bisa dikatakan bongsor dibandingkan skutik lainnya. Selain itu garis bodinya juga tajam dengan desain lampu yang menyipit. Sehingga membuat tampilannya tak hanya mewah dan tetap terlihat sporty.

3. Konsumsi Bahan Bakar yang Irit
Yang membedakan Honda Vario 125 dibanding yang lain adalah memiliki fitur Idling Stop System (ISS). Dengan fitur ini, mesin motor akan mati secara otomatis jika didiamkan selama tiga detik dan akan kembali hidup saat tuas gas diputar.

Dengan fitur ISS, konsumsi bahan bakar Honda Vario 125 juga bisa lebih irit. Honda mengklaim skutiknya ini bisa menghemat sampai 51,7 kilometer per liter.

4. Kapasitas Bagasi yang Luas
Salah satu fitur yang banyak dicari konsumen dalam memilih motor adalah kapasitas bagasi. Pada Honda Vario 125, kapasitas bagasi yang ditawarkan cukup luas, yakni mencapai 18 liter.

Dengan kapasitas bagasi yang luas ini, pengendara bisa membawa cukup banyak barang. Bagasi Honda Vario 125 juga diklaim dapat menampung satu unit helm model full face atau half face.

5. Fitur yang Berlimpah
Honda Vario 125 dilengkapi dengan panel meter full digital, sistem pencahayaan LED (lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein), idling stop system, anti theft alarm, answer back system, bagasi yang luas, ban depan dan ban belakang tipe tubeless, dan lainnya.

Kekurangan Vario 125

1. Belum Dilengkapi Teknologi Keyless
Fitur Honda Vario 125 memang melimpah, tapi tidak terlalu lengkap. Salah satu fitur yang absen adalah teknologi keyless atau smart key system. Honda Vario 125 masih mengandalkan secure key shutter atau kunci kontak berpelindung magnetis. Tapi, tetap dibekali anti theft alarm.

2. Tidak Ada Power Outlet
Di zaman serba digital ini, penggunaan smartphone sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Untuk itu, penting juga untuk memiliki fitur power outlet di motor. Jadi, pengendaranya tidak perlu khawatir akan kehabisan daya dari baterai ponselnya. Sayangnya Honda Vario 125 belum memiliki fitur tersebut.

3. Dek Tengah Sempit
Meski dimensi Honda Vario 125 sudah proporsional, untuk sebagian pengendara yang memiliki postur tubuh cukup tinggi, dek tengah Honda Vario 125 dirasa cukup sempit. Tak sedikit pengendara yang jarak lututnya terlalu dekat dengan setang saat berbelok atau bahkan sampai mentok.

Pada bagian ruang kakinya juga tidak begitu luas. Jika ditambah barang bawaan seperti tas, tentu akan mengganggu pergerakan kaki menjadi kurang leluasa.

4. Harga Terlalu Tinggi
Honda Vario 125 memiliki banderol yang cukup tinggi dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Dengan harga Rp 21 jutaan, kompetitornya menawarkan skutik 125 cc dengan fitur keamanan yang lebih baik, yakni smart key system atau teknologi keyless.

5. Tidak Ada Pilihan Rem ABS
Pada skutik lain yang menjadi kompetitornya, terdapat pilihan tipe yang menggunakan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Sementara pada Honda Vario 125, hanya mengandalkan sistem pengereman Combi Brake System (CBS) saja.

Pilih Mana: Aerox 155 atau Vario 125?

Keterangan Aerox 155Vario 125
Kelebihan - Dilengkapi fitur canggih - Terdapat speedometer digital - Fitur LED di lampu depan dan belakang - Dibekali Mesin 155 cc - Dilengkapi Electronic Power Socket - Posisi berkendara sporty- Performa Mesin Mantap - Desain Mewah - Konsumsi Bahan Bakar yang Irit - Kapasitas Bagasi yang Luas - Fitur yang Berlimpah
Kekurangan - Posisi jok belakang kurang nyaman - Rem belakang masih tromol - Tangki bensin kecil - Kompartemen depan kurang- Belum Dilengkapi Teknologi Keyless - Tidak Ada Power Outlet - Dek Tengah Sempit - Harga Terlalu Tinggi

Kesimpulan

Aerox 155 diklaim hadir membawa peningkatan di sisi desain, fitur, maupun performa yang baik. Di sisi lain, Honda Vario 125 memiliki desain yang sporty, agresif, mewah, dan fitur yang dibekali juga cukup banyak. Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan juga terbilang irit. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Aerox 155 atau Vario 125

VS