Otomotif

Pilih Mana: Aerox atau PCX?

Yamaha dan Honda merupakan perusahaan otomotif raksasa yang terkenal dengan produksi motornya. Kedua perusahaan ini saling bersaing untuk mengeluarkan produk motor dengan fitur yang terbaik. Baca Juga: Pilih Mana: PCX atau NMax?

Yamaha Aerox 155 dan Honda PCX ABS merupakan produk motor model scooter yang baru dipasarkan oleh kedua perusahaan ini. Memiliki body motor yang hampir sama dengan mengusung konsep motor scooter premium.

Berasal dari brand yang berbeda, tentunya kedua motor ini akan memiliki kelebihan serta kelemahan masing-masing. Mari simak penjelasan tentang kedua motor ini!

Yamaha Aerox 155

Yamaha Aerox 155 Connected 2022 merupakan versi terbaru dari Yamaha Aerox 155 diproduksi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Walaupun terdapat perubahan pada desain bodinya, tapi tidak mengubah bentuk dasar dari motor ini.Untuk desain Aerox 155 ini tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Body yang tetap gagah dan secara ukuran juga tidak terlihat banyak perbedaan. Tetapi tambahan fitur di motor ini semakin modern dan kompleks.

Kelebihan Yamaha Aerox 155

1. Speedometer full digital

Speedometer yang terdapat pada Yamaha Aerox 155 ini menggunakan display digital. Dengan tambahan fitur yang bisa terkoneksi dengan smartphone tampilan speedometer lebih lengkap seperti notifikasi telepon, pesan singkat dan email.

2. Sudah dibekali teknologi keyless

Yamaha Aerox ini sudah dilengkapi dengan sistem keyless atau Smart Key System yang membuat lebih praktis dan terhindar dari kemalingan. Dilengkapi juga dengan fitur Answer Back System sehingga akan memudahkan pemilik motor untuk mencari motornya.

3. Electric power socket

Dengan adanya fitur ini pada motor Aerox akan memudahkan pengendara dalam mengisi daya baterai smartphone di manapun.

4. Kapasitas bagasi besar

Bagasi pada Aerox ini tergolong besar sehingga memudahkan dalam meletakkan barang-barang yang dibawa. Seperti helm, jas hujan, laptop bahkan sepatu akan aman di dalam bagasi motor ini.

5. Ban lebar tipe tubeless

Ban yang digunakan pada motor ini sudah menggunakan ban tubeless. Sehingga akan mengurangi risiko ban mengalami kempes langsung ketika tertusuk benda.

Kekurangan Yamaha Aerox 155

1. Bobot lebih berat

Untuk motor ini bobotnya mencapai 125kg, dibandingkan dengan Aerox versi sebelumnya motor Aerox 155 ini lebih berat. Mengingat bahwa adanya banyak fitur tambahan sehingga motor ini memiliki bobot yang lebih besar.

2. Rem belakang belum cakram

Rem yang digunakan pada Aerox ini masih menggunakan dua jenis tipe rem. Untuk jenis rem pada bagian belakang masih menggunakan rem cakram. Hal ini untuk meminimalisir berat dari motor ini agar tidak berlebihan.

3. Electric power socket memerlukan adaptor

untuk socket pengisi daya ini tidak bisa langsung dicolok menggunakan kabel charger handphone. Untuk menggunakannya, memerlukan adaptor model car charger. hal ini membuat beberapa orang menilai kurang praktis.

Honda PCX ABS

Honda PCX merupakan motor yang diproduksi oleh Honda dan ditujukan bagi segmen motor premium scooter. Selain memberikan kemudahan bagi para pengendara tapi motor matic juga yang elegan menjadi salah satu preferensi konsumen.Motor matic dari Honda ini memiliki tampilan yang berbeda dibanding motor matic lainnya. Design body motor yang lebih besar dan lebar menjadikan PCX lebih terlihat sporty dan stylist.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha MT-15 vs Kawasaki Bajaj Pulsar NS 200

Selain dengan design body yang besar PCX juga dilengkapi dengan berbagai fitur premium yang tidak dimiliki oleh keluaran motor matic pada umumnya. Selain berteknologi injeksi PCX ini juga memiliki alarm anti maling.

Kelebihan Honda PCX ABS

1. Keyless di semua varian

Kelebihan pertama dari Honda PCX ini adalah varian keyless di tiap modelnya. Dengan fitur keyless ini akan memperkecil motor dapat dicuri.

2. Memiliki fitur alarm

Selain keyless tapi motor ini juga dilengkapi dengan alarm anti maling. Hadirnya alarm ini dapat menjadi pengaman ganda.

Alarm ini akan mengeluarkan suara ketika adanya sentuhan atau gerakan yang tidak wajar.

3. Answerback sistem

Fitur answerback ini terdapat pada seluruh varian dari PCX. Dengan fitur tambahan ini akan mempermudah pengendara ketika mencari motornya di parkiran.

4. Bagasi dan tangki bensin luas

Bagasi yang dimiliki oleh PCX ini mencapai 28.8 liter. Dengan kapasitas bagasi yang besar ini dapat menyimpan helm full face, jas hujan, jaket dan perlengkapan bermotor lainnya. Kapasitas dari tangka bensin ini juga sangat besar yaitu 8 liter.

Kelemahan motor Honda PCX

1. Ukuran motor yang besar

Bagasi serta tangki yang besar juga berdampak dengan bodi motor yang akan membesar. Dengan bodi motor yang besar membuat pengedara agak kesulitan ketika mengendarai motor ini.

2. Belum ada koneksi smartphone

Kekurangan lain dari PCX ini adalah motor yang belum bisa terkoneksi dengan smartphone. Berbeda dengan motor pesaingnya yang dapat connect ke handphone.

3. Masih menggunakan rem tromol

Bagian belakang motor ini masih menggunakan rem tromol bukan rem cakram. Hal ini dilakukan untuk mencegah bobot motor menjadi berat.

Pilih Mana: Aerox atau PCX?

Keterangan Aerox PCX
Kelebihan - Speedometer full digital - Sudah dibekali teknologi keyless - Electric power socket - Kapasitas bagasi besar - Ban lebar tipe tubeless- Keyless di semua varian - Memiliki fitur alarm - Answerback sistem - Bagasi dan tangki bensin luas
Kekurangan - Bobot lebih berat - Rem belakang belum cakram - Electric power socket memerlukan adaptor- Ukuran motor yang besar - Belum ada koneksi smartphone - Masih menggunakan rem tromol

Kesimpulan

Terlepas dari bentuk dari kedua motor ini hampir sama tapi untuk performa dan fitur yang dimiliki pasti berbeda. Dengan artikel ini semoga dapat membantumu untuk menemukan tipe motor scooter matic yang cocok!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Aerox vs PCX

VS