Pilih Mana: Air Cooler atau Air Conditioner?

Bagi warga yang tinggal di negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia, beberapa warganya membutuhkan penyejuk ruangan agar menjaga aktivitas di dalam ruangan tetap nyaman. Oleh sebab itu beberapa perlengkapan elektronik penyejuk ruangan menjadi pilihan termasuk Air Cooler dan Air Conditioner yang banyak menjadi pilihan karena hampir serupa, tetapi dua produk elektronik ini sangatlah berbeda dari segi penggunaanya, Dan pada artikel kali ini akan kita bahas lebih lanjut dan mengetahui jenis-jenis rekomendasi dari keduanya. Jadi stay tune ya..

Air Cooler

Air cooler merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai penyejuk ruangan, yang juga dapat untuk melembabkan udara melalui proses penguapan. Air cooler dapat menyejukkan udara, dan menurunkan suhu udara sampai kira-kira 5° Celcius. Alat ini bisa disebut sebagai pengganti yang lebih sejuk dari kipas angin. Disisi lain, air cooler bisa menjadi alternatif atau pendukung AC.

Air cooler memiliki ukuran yang kecil, dan pada umumnya memiliki roda. Sehingga Air cooler dapat dengan mudah dipindahkan dan dibawa kemana-mana. Desain air cooler saat ini sudah sangat bervariasi yang menyuguhkan tampilan lebih modern, futuristik, dan minimalis.

Selain ukurannya yang terbilang mini, air cooler juga disebut sebagai penyejuk ruangan yang tidak memakan konsumsi listrik terlalu besar seperti AC (air conditioner) misalnya. Banyak sekali jajaran air cooler yang sudah bisa beroperasi dengan menggunakan energi dibawah 100 Watt saja.

Kelebihan Air Cooler

Mudah Dirakit

Pernahkah kalian membeli penyejuk udara? Jika ya, Kalian tentu mengetahui bahwa kalian harus menggunakan jasa profesional untuk merakitnya di rumah. Terlebih lagi, AC memiliki banyak bagian yang mungkin tidak kalian pahami fungsinya.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk air cooler. Perangkat pendingin ruangan ini didesain dengan sederhana. Jadi, siapa pun pengguna dapat langsung menggunakannya. Kalian hanya perlu soket listrik dan jendela atau pintu terdekat untuk mengeluarkan udara panas.

Daya Listrik yang Rendah

Air cooler adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati suhu ruangan sejuk namun tetap hemat energi. Dengan hanya 60-100 watt daya listrik, perangkat ini dapat memberikanmu kenyamanan tanpa harus membuatmu kerepotan dengan biaya listrik. Selain itu, jangan lupa untuk mematikannya ketika sudah tidak digunakan lagi agar lebih hemat energi.

Ramah Lingkungan

Kelebihan air cooler adalah ramah lingkungan. Perangkat ini tidak menggunakan freon sehingga tidak berdampak buruk terhadap lapisan ozon. Selain itu, cara kerja dari air cooler juga mirip dengan kipas angin biasa sehingga tidak akan menyebabkan efek rumah kaca.

Mudah Dipindahkan

Kadang-kadang, ruangan di rumah menjadi terlalu panas. Oleh karena itu, membawa air cooler ke ruangan yang berbeda adalah solusi yang tepat. Dengan bentuknya yang mudah dipindahkan, kamu tidak perlu repot meminta bantuan tukang untuk memindahkannya. Bahkan, beberapa produk air cooler ukurannya ringan dan kecil sehingga lebih mudah lagi untuk dibawa ke mana saja. Ini sangat cocok bagi mereka yang tidak memiliki AC central di rumah.

Kekurangan Air Cooler

Memerlukan Banyak Air

Bagi beberapa orang, ini bisa menjadi kesulitan, penting untuk diketahui bahwa air cooler memerlukan pasokan air bersih. Air tersebut diperlukan agar alat pendingin ini dapat berfungsi dengan optimal. Jika kalian berada di daerah yang sulit mendapatkan air bersih, maka perangkat ini tentunya tidak dapat digunakan.

Air Conditioner

Secara umum pengertian dari AC (Air Conditioner) suatu rangkaian mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin udara yang berada di sekitar mesin pendingin tersebut.

Secara khusus pengertian dari AC (Air Conditioner) adalah suatu mesin yang digunakan untuk mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan gas refrigerant berada di pipa yang di tekan dan di hisap oleh kompresor.

AC tidak hanya berguna untuk membantu menjaga suhu ruangan agar tetap konstan, tetapi juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam ruangan juga bermanfaat mengurangi gejala asma serta alergi. AC sekarang telah menjadi sebuah peralatan penting bagi rumah khususnya daerah perkotaan, terutama untuk mengalahkan hawa panas terik saat di musim panas. Tidak hanya merubah hawa panas menjadi sejuk, tetapi AC juga dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Kelebihan Air Conditioner

Meningkatkan Kualitas Udara

Pendingin udara dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kenyamanan. Ini dapat menyaring serbuk sari, debu, dan alergen lain yang ada di lingkungan. Selain itu, AC juga mampu mengurangi kelembaban ruangan sehingga mencegah pertumbuhan jamur.

Karena manfaatnya yang luar biasa ini, banyak orang yang memutuskan untuk menginstal AC di rumah mereka. Dengan demikian, mereka dapat merasakan suasana sehat dan nyaman di rumah mereka setiap hari.

Mencegah Dehidrasi

Suhu panas yang berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak segera diatasi. Keringat yang banyak akan membuat tubuh kehilangan air dan jika tidak segera diisi kembali, maka tubuh akan dehidrasi. Untuk mengurangi risiko ini, AC dapat membantu kita dengan meminimalkan keringat dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi.

Membantu Agar Tidur Lebih Nyenyak

Kebutuhan manusia akan kondisi tidur yang nyaman dan berkualitas tinggi telah menjadi alasan utama untuk menggunakan AC. Dengan suhu yang terkendali, kalian dapat menciptakan lingkungan tidur yang ideal. Ini membantu kalian untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas. Selain itu, kelembaban diatur oleh AC juga membantu dalam menciptakan kondisi udara yang lebih sehat.

Kekurangan Air Conditioner

Kulit Menjadi Kering

Berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu lama dapat membuat kulit kalian kehilangan kelembaban, menjadi sensitif, dan kering. Ini bisa menyebabkan iritasi pada selaput lendir serta munculnya keriput dan garis-garis halus.

Perbandingan Air Cooler dan Air Conditioner

Air CoolerAir Conditioner
Kelebihan- Mudah Dirakit
- Daya Listrik yang Rendah
- Ramah Lingkungan
- Mudah Dipindahkan
- Meningkatkan Kualitas Udara
- Mencegah Dehidrasi
- Membantu Agar Tidur Lebih Nyenyak
Kekurangan- Memerlukan Banyak Air- Kulit Menjadi Kering
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kesimpulannya, pemilihan antara air cooler dan AC tergantung pada prioritas individu, kebutuhan ruangan, dan kondisi lingkungan. Pertimbangkan efisiensi energi, kemampuan pendinginan, biaya, dan faktor-faktor lainnya sebelum membuat keputusan akhir. Pastikan untuk memilih solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan kesejukan optimal sesuai dengan preferensi pengguna.

Anda Pilih Air Cooler atau Air Conditioner?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!