LayananLifestyleTrends

Pilih Mana: AirBnB atau Hotel?

Liburan merupakan suatu aktivitas yang sangat menyenangkan untuk melepaskan rasa penat setelah bersekolah, kuliah maupun bekerja setiap hari. Agar liburan menjadi lebih menyenangkan, maka harus memilih tempat penginapan yang aman dan nyaman juga. Kamu tidak perlu bingung lagi karena saat ini banyak penginapan yang menyediakan tempat yang nyaman dan fasilitas yang baik, seperti halnya AirBnB dan Hotel.

AirBnB dan Hotel merupakan sebuah tempat untuk kita bisa istirahat. Namun yang membedakan diantara keduanya adalah tempat menginapnya. AirBnB cenderung menyediakan tempat menginap milik seseorang yang disewakan, sedangkan Hotel menyediakan tempat menginap untuk umum berupa gedung khusus.

Lalu bagaimana dengan kenyamanan yang ditawarkan antara AirBnB dan Hotel? Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan kala kita ingin memilih tempat penginapan? Semua itu akan dibahas melalui artikel ini. Disini aja ya!

AirBnB

AirBnB merupakan suatu online marketplace untuk orang-orang yang ingin menyewa serta menyewakan kamar pribadi, apartemen atau rumahnya. Umumnya, orang-orang menyewakan rumahnya secara harian seperti kamar hotel.

Untuk pemilik kamar, apartemen atau rumah, ini dapat jadi penghasilan tambahan. Dan untuk konsumen atau pengunjung, ini dapat jadi salah satu alternatif untuk mendapatkan local experience serta fasilitas yang lebih ekonomis dibanding menginap di hotel.

Sistem AirBnB sangat fleksibel. Pemilik akomodasi dapat menyewakan suatu kamar seperti sistem BnB tradisional, atau menyewakan seluruh rumah atau apartemen. Kala kamu mencari kamar untuk AirBnB, kamu diberikan opsi untuk memfilter hasil pencarian akomodasi bila memang kamu lebih memilih untuk menyewa seluruh apartemen.

Begitu pula sebaliknya. Bila kamu memilih untuk menyewa cuma sebuah kamar di rumah seseorang, umumnya lebih ekonomis sebab mesti berbagi fasilitas atau ruang dengan pemiliknya. Baca juga Pilih Mana: Liburan ke Bali atau Lombok?

Kelebihan AirBnB

  • Akomodasi yang lebih murah
    Hotel umumnya menerapkan kebijakan maksimum 2 orang perkamar, dimana kamu mesti memesan lebih dari 1 kamar bila bepergian dengan banyak orang. Sebaliknya pada Airbnb, kamu dapat memilih jumlah tamu saat mencari akomodasi serta harga yang kamu temui tentunya akan jauh lebih ekonomis dibanding menginap di hotel.
  • Pilihan fleksibel bagi setiap jenis traveler
    Kamu membutuhkan apartemen dengan fasilitas dapur supaya dapat memasak? Atau mungkin kamu membutuhkan akomodasi yang pet-friendly buat peliharaan kamu? Mulai dari backpacker sampai keluarga, kamu bisa secara fleksibel menyesuaikan kebutuhan akomodasi kamu melalui Airbnb.
  • Tinggal layaknya warga lokal
    Airbnb menawarkan pengalaman unik yang tidak bisa kamu dapatkan dari menginap di hotel. Dikarenakan hampir semua apartemen atau rumah yang dipasarkan di Airbnb merupakan milik pribadi, maka kamu dapat merasakan pengalaman yang lebih “lokal” dikala mendatangi suatu tempat baru.

Kekurangan AirBnB

  • Keamanan belum jelas
    Karena kita akan menginap di tempat seseorang, tentu saja keamanannya belum terlalu jelas. Berbeda dengan hotel yang sistem keamanannya sudah sangat mumpuni. Untuk itu kamu harus berhati-hati kala menggunakan AirBnB.
  • Resiko tertipu
    Kamu belum kenal betul siapa pemilik dari rumah atau apartemen yang akan kamu huni untuk beberapa hari. Resiko tertipu tentu saja ada, dimulai dari ruangan yang diluar dari keinginan kamu sampai fasilitas yang tidak memadai.
  • Tidak dilakukan pengecekan
    AirBnB tidak mengecek secara detail siapa yang mendaftarkan rumah atau apartemennya yang akan disewakan. Meskipun AirBnB menegaskan sangat jarang terjadi tindak kriminal, namun tetap saja hal ini mesti diperhatikan secara baik.
AirBnB Keterangan
Sistem pembayaranPaypal dan kartu kredit
Cocok untukCocok untuk kamu yang ingin menginap dengan pengeluaran yang lebih hemat dan ekonomis
FasilitasTergantung dari beberapa fasilitas yang disuguhkan oleh pemilik penginapan, contohnya seperti tempat tidur, sarapan, tempat merokok dan sebagainya.

Hotel

Untuk para pecinta wisata atau travelling, hotel merupakan tempat tinggal kedua setelah rumah yang dimiliki. Hotel memang kerap kali dijadikan salah satu alternatif tempat tinggal oleh para pengunjung atau wisatawan yang sedang berlibur atau jalan-jalan ke suatu wilayah. Lalu, apa sih sebenarnya hotel itu? Seperti apa sih karakteristik dari usaha perhotelan itu?

Hotel merupakan suatu bentuk bangunan, lambang, perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan serta minuman dan fasilitas jasa lainnya dimana semua jasa itu diperuntukkan untuk masyarakat umum, baik mereka yang menginap di hotel itu atau mereka yang cuma memakai fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.

Menurut keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987, hotel merupakan Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan beberapa atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan serta minuman dan pelayanan lainnya untuk masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

Kelebihan Hotel

  • Ruangan lebih nyaman
    Dibandingkan dengan AirBnB yang merupakan tempat tinggal pribadi seseorang, hotel tentu saja memiliki ruangan yang lebih nyaman karena dirawat dan dibersihkan setiap saat oleh para petugas hotel.
  • Jasa yang ditawarkan banyak dan menarik
    Selain sebuah ruangan yang nyaman untuk ditinggali meski cuma kamu gunakan dalam beberapa hari saja, kamu juga bisa mengajukan keluhan dan bisa langsung dilayani. Mulai dari makanan, minuman, sampai tempat hiburan akan ada disediakan oleh pihak hotel.
  • Keamanan kendaraan terjamin
    Bila kamu membawa kendaraan tentu akan dijaga amat ketat sekali oleh bagian keamanan dimana kamu tidak perlu repot-repot memarkirkan kendaraan bila sudah sampai hotel akan terdapat office boy yang akan memarkirkan kendaraan Kamu untuk sebuah hotel yang kelas tinggi.
Lihat juga:  Pilih Mana: Fedex atau DHL?

Kekurangan Hotel

  • Harga mahal
    Harga yang lebih mahal tentu saja disematkan pada kekurangan hotel jika dibandingkan dengan AirBnb yang lebih murah. Hal ini tentu saja sesuai dengan pelayanan dan fitur yang diberikan oleh hotel.
  • Tidak disediakan menginap dalam waktu yang lama
    Kamu tidak bisa untuk tinggal dalam waktu yang lama sebab tidak disediakan paket untuk menginap dalam waktu yang lama alhasil akan benar-benar menguras uang kamu dengan cepat.
  • Banyak suara yang masuk ke dalam kamar
    Umumnya kamar di hotel tidak kedap suara, hal ini menyebabkan suara dari luar bisa dengan jelas masuk ke kamar kamu seperti suara langkah kaki, suara live musik dan suara lainnya. Tentu ini membuat para penginap menjadi kurang nyaman.
HotelKeterangan
Sistem pembayaranBisa secara online dan receptionist dari hotel tersebut
Cocok untukCocok untuk kamu yang menginginkan kenyamanan ekstra dengan fasilitas hotel yang mumpuni
FasilitasSarapan, makan siang, makan malam, toilet dalam kamar, live musik, tempat merokok, tempat bersantai, kolam renang dan masih banyak lagi

Tips memilih tempat penginapan

Memilih tempat penginapan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan agar kamu tidak merasa kecewa saat sudah memasukinya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih tempat penginapan yang bisa kamu lakukan.

  1. Ketahui budget kamu
    Ketika akan liburan, kamu tentu akan mempersiapkan sejumlah uang untuk kebutuhan tersebut. Besaran uang ini tentu amat tergantung pada kondisi keuangan kamu, sebab itu penting untuk memastikan sejak awal, berapa sebenarnya budget yang akan kamu keluarkan untuk menginap selama liburan kelak.
  2. Lokasi penginapan
    Setelah pertimbangan budget, maka kamu bisa mulai mencari-cari penginapan yang paling tepat untuk dijadikan tempat menginap selama liburan. Pertimbangkan lokasi penginapan yang akan kamu gunakan dengan lokasi tempat-tempat wisata yang akan kamu datangi kelak.
  3. Tempat makan
    Kamu juga mesti mempertimbangakan untuk memilih sebuah penginapan yang dekat dengan keramaian dan juga tempat-tempat makan. Mungkin menginap di penginapan yang sepi dan jauh dari keramaian akan terasa menyenangkan, tetapi kamu bisa saja kesusahan mencari makan di tempat seperti ini.
  4. Kondisi keamanan
    Pilih suatu penginapan yang terletak di posisi atau area yang aman, sehingga liburan kamu senantiasa bisa menyenangkan dan kamu tinggal di penginapan tersebut dengan perasaan yang nyaman dan tenang.
  5. Kebersihan
    Kamu pasti tidak mau menginap di suatu penginapan yang jorok serta mempunyai kondisi kebersihan yang jauh dari standar layak. Ini amat penting untuk dipertimbangkan, sebab akan mempengaruhi kenyamanan dan bahkan kesehatan kamu selama liburan.
  6. Fasilitas penginapan
    Perihal berikutnya yang patut untuk kamu pertimbangkan yaitu mengenai fasilitas apa saja yang dipunyai oleh penginapan tersebut. Kamu pasti tidak akan mau mengeluarkan sejumlah uang cuma untuk membayar suatu penginapan yang tidak mempunyai fasilitas yang layak bukan?
  7. Lihat testimoni
    Cari serta temukan berbagai testimoni pengunjung sebelum kamu, lihat kesan mereka selama menginap di sana, sehingga kamu bisa memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai penginapan tersebut. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu patokan penilaian terhadap penginapan yang akan kamu gunakan.
  8. Bandingkan
    Sebelum memilih salah satu yang paling tepat, maka kamu harus membandingkan satu atau 2 penginapan yang akan kamu pilih nantinya. Lihat fasilitas dan hal lainnya yang akan kamu dapatkan dari masing-masing penginapan tersebut, kemudian pilih salah satu yang menurut kamu paling layak serta baik untuk kamu tinggali selama liburan.

Pilih Mana: AirBnB atau Hotel?

AirBnB Hotel
Kelebihan- Akomodasi yang lebih murah - Pilihan fleksibel bagi setiap jenis traveler - Tinggal layaknya warga lokal - Ruangan lebih nyaman - Jasa yang ditawarkan banyak dan menarik - Keamanan kendaraan terjamin
Kekurangan- Resiko tertipu - Keamanan belum jelas - Tidak dilakukan pengecekan - Harga mahal - Tidak disediakan menginap dalam waktu yang lama - Banyak suara yang masuk ke dalam kamar

Kesimpulan

AirBnB dan Hotel sama-sama memberikan tempat untuk kita beristirahat setelah melakukan aktivitas tertentu atau tempat untuk kita singgah selama liburan. Kelebihan dan kerugian juga tentu tersemat di dalam detail keduanya. Untuk itu kamu mesti lebih cermat lagi dalam memilih tempat penginapan, dan tentunya sesuaikan dengan budget kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

AirBnB vs Hotel

VS