ApplicationLayanan

Pilih Mana: Amazon atau Alibaba?

Platform jual beli secara online tentu saja menjadi kelebihan tersendiri, mengingat kita tidak perlu lagi capek-capek untuk mendatangi sebuah toko atau gerai untuk membeli suatu barang yang diinginkan. Di Indonesia sendiri sudah banyak e-commerce terkenal yang menyediakan barang secara online seperti Shopee, Tokopedia, Buka Lapak dan lain sebagainya. Namun tahukah kalian bahwa sebelum munculnya beberapa e-commerce yang ada di Indonesia tadi ada sudah pendahulunya yang bernama Amazon dan Alibaba.

Pencipta dari Amazon dan Alibaba sendiri beberapa kali masuk kedalam daftar orang terkaya di dunia. Bagaimana tidak, semua barang yang dibutuhkan manusia tersedia lengkap didalam kedua platform terkenal ini. Maka tak heran bila sekarang banyak e-commerce yang ingin mengikuti jejak kesuksesan dari pendiri Amazon dan Alibaba.

Penjelasan lebih lanjut mengenai detail dari Amazon dan Alibaba akan dijelaskan secara lengkap dalam artikel ini, mulai dari kelebihan, kekurangan sampai model bisnis dari kedua platform terkenal ini. Stay tune ya guys!

Amazon

Siapa yang tidak mengenal Amazon? Perusahaan raksasa ini sudah amat populer di seluruh dunia. Amazon merupakan salah satu perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) terbesar di dunia.

Amazon dikenal sebagai bisnis e-commerce. Tetapi, selain bisnis e-commerce nyatanya Amazon juga mempunyai layanan yang berbasis Cloud Computing yakni Amazon Web Services (AWS) yang juga jadi pendapatan perusahaan.

Pendiri Amazon yaitu Jeff Bezos. Saat ini ia sudah jadi salah satu pengusaha terkaya di dunia sepanjang sejarah modern. Bahkan kekayaan bersihnya menggapai US$165 miliar.

Jeff Bezos mendirikan perusahaan Amazon pada bulan Juli 1994. Pada awal mulanya Amazon.com berawal dari suatu toko buku daring dimana penjualan buku menjadi andalannya.

Setelah itu seiring perkembangannya, Amazon jadi penjual DVD, VCD, MP3, perangkat lunak, barang elektronik, dan lain-lain. Bahkan saat ini Amazon jadi salah satu tempat jual beli online berbagai berbagai barang terlengkap di dunia. Baca juga Pilih Mana: Amazon atau eBay?

Model Bisnis Amazon

  1. Pertama dan paling utama, perusahaan menjual barang secara langsung. Persentase produk ditawarkan pada konsumen melalui etalase online Amazon dengan markup kecil, dan persediaan disimpan di jaringan gudang perusahaan yang besar.
  2. Tidak hanya penjualan langsung, Amazon menyediakan platform untuk pengecer lain untuk menjual produk pada konsumen. Produk yang dijual lewat pengecer mitra Amazon kerap kali merupakan barang yang kurang umum atau barang dengan harga pembelian yang lebih tinggi.
  3. Amazon juga mempertahankan model bisnis berbasis langganan lewat layanan Amazon Prime, dan lini produk elektronik kecil.

Kelebihan Amazon

  • Amazon merupakan software untuk berbagai perangkat
    Amazon.com tidak cuma bisa diakses lewat komputer melainkan juga lewat smartphone. Dengan begitu konsumen dapat mengakses dan memesan dengan memakai perangkat atau gadget miliknya.
  • Menjual beberapa konten digital
    Tidak hanya menjual produk-produk fisik Amazon.com juga menjual konten digital seperti software, file PDF, file musik, file film, dan sebagainya. Konten digital itu dapat langsung diunduh dan dibayar memakai pulsa maupun via transfer.
  • Platform jual beli terlengkap
    Sebagai sebuah online shop besar, Amazon.com menawarkan layanan transaksi diantaranya jual beli barang retail, software serta lisensinya, konten digital, video game, serta barang yang bernilai seni. Banyak jenis serta fitur layanan yang disediakan web ini untuk membuat para penggemar belanja online merasa puas.

Kekurangan Amazon

  • Adanya ulasan palsu
    Meski Amazon merupakan toko online yang sudah lama berdiri, janganlah kamu mudah percaya di kala membaca ulasan yang ada sebab pada faktanya Amazon mempunyai ulasan yang palsu dan mengecoh untuk para konsumen. Untuk lebih aman lihat situs tinjauan vetting Amazon Fakespot dan Review Meta untuk menganalisis ulasan serta mencari yang mencurigakan.
  • Banyak barang mahal
    Memang Amazon merupakan sumber toko online untuk memperoleh harga terendah, akan tetapi tidak semua yang ada dalam Amazon menjamin hal itu. Untuk itu bila kamu sudah menemukan harga yang pas dengan penawaran yang sesuai, maka segera pesan.
  • Tidak dapat negosiasi harga setelah deal
    Dahulu Amazon menawarkan perlindungan harga pada pelanggan. Bila harga suatu produk turun setelah konsumen terlanjur transaksi dapat memperoleh pengembalian uang dari selisihnya. Tetapi saat ini kebijakan itu sudah dihapus. Memang harga di Amazon terkadang fluktuatif untuk itu coba pakailah layanan kartu kredit supaya bisa memperoleh perlindungan harga saat membeli.
SpesifikasiAmazon
PendiriJeff Bezos
Tahun berdiriTahun 1994
Model bisnisMenjual barang secara langsung
Lihat juga:  Pilih Mana: OYO atau RedDoorz?

Alibaba

Alibaba.com merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan Jack Ma dan rekannya pada tahun 1999. Marketplace itu merupakan bisnis pertama Pria kelahiran 1964 itu. Alibaba sudah jadi salah satu e-commerce raksasa di dunia.

Jumlah pembeli di situs Alibaba.com diklaim sudah menjangkau 190 negara. Konsumennya bukan cuma individu, tetapi juga pengecer, produsen, pedagang besar, Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bisnis ekspor impor, maupun agen perdagangan.

Alibaba bisa dibilang berhasil dengan mendapat keuntungan cuma dalam hitungan 2 tahun, sedangkan start up pada biasanya melewati tahun-tahun yang sulit dan baru dapat menemukan keuntungan setelah beberapa tahun berjalan.

Alibaba bisa mencapai keberhasilan karena Alibaba tidak memakai pola transaksi tradisional, melainkan mengeksplorasi cara atau pola baru sehingga bisa memberi angka lebih untuk pelanggan, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Model Bisnis Alibaba

  1.  Alibaba berperan sebagai perantara antara konsumen dan penjual online dan memfasilitasi penjualan barang antara kedua pihak lewat jaringan situs website yang luas.
  2. Tidak hanya situs e-commerce nya, Alibaba sudah muncul sebagai kompetitor dalam sistem keuangan China. Untuk mengatasi kekhawatiran konsumen mengenai keamanan serta validitas transaksi yang diselesaikan secara online, Alibaba menciptakan Alipay.
  3. Alibaba menciptakan Tmall dan Alibaba bisa menghasilkan pendapatan dari deposito, biaya konsumen tahunan, serta komisi penjualan yang dibebankan pada pedagang yang memakai situs ini.

Kelebihan Alibaba

  • Model bisnis yang lebih baik
    Tidak seperti Amazon, Alibaba tidak menjual barang secara langsung. Bertindak sebagai perantara menghubungkan konsumen ke penjual. Ini bagus untuk menjaga biaya turun dan keuntungan naik, terutama karena Amazon berjuang dengan kerugian bersih walaupun pertumbuhan penjualan dua digit sekalipun.
  • Akses langsung ke pemasok barang
    Kamu mempunyai akses instan ke pemasok global yang tidak terbatas jumlahnya yang menjual hampir seluruh produk yang dikenal manusia, serta kamu biasanya bisa menemukan harga grosir rendah. Ini bisa berarti keuntungan besar dengan membeli persediaan kamu dengan harga terendah dan menjual dengan harga eceran premium.
  • Menyediakan berbagai barang
    Sama halnya seperti Amazon, Alibaba juga menyediakan berbagai barang yang diperlukan oleh manusia seperti halnya pakaian, elektronik, video game, musik dan berbagai kebutuhan manusia lainnya.

Kekurangan Alibaba

  • Reputasi Alibaba kurang baik
    Laporan di situs BBB menyatakan bahwa Amazon mempunyai peringkat F, ini diakibatkan oleh kegagalan untuk menanggapi 114 keluhan, dengan perusahaan sudah menerima 154 keluhan dalam 3 tahun terakhir saja. Sebagian besar keluhan ini berhubungan dengan masalah dengan produk atau layanan, namun ada juga keluhan tagihan, iklan, dan pengiriman.
  • Memiliki beragam kekurangan yang merugikan
    Beberapa diantaranya yaitu hambatan bahasa, waktu tunggu yang lama, tarif pengiriman internasional yang tinggi, resiko barang palsu, tarif, layanan purna jual yang kurang baik, dan sebagainya.
  • Tidak semua penjual menawarkan pengiriman internasional
    Pastikan produk bisa dikirim ke kamu sebelum melakukan pembelian dan pembayaran. Waktu pengiriman dapat dari 2 minggu sampai satu bulan, atau kamu mesti membayar lebih untuk pengiriman yang lebih cepat.
SpesifikasiAlibaba
PendiriJack Ma
Tahun berdiriTahun 1999
Model bisnisPerantara yang menghubungkan konsumen ke penjual

Pilih Mana: Amazon atau Alibaba?

Amazon Alibaba
Kelebihan- Amazon merupakan software untuk berbagai perangkat - Menjual beberapa konten digital - Platform jual beli terlengkap - Model bisnis yang lebih baik - Akses langsung ke pemasok barang - Menyediakan berbagai barang
Kekurangan- Adanya ulasan palsu - Banyak barang mahal - Tidak dapat negosiasi harga setelah deal - Reputasi Alibaba kurang baik - Memiliki beragam kekurangan yang merugikan - Tidak semua penjual menawarkan pengiriman internasional

Kesimpulan

Amazon dan Alibaba sendiri sudah mendulang kesuksesan yang berlimpah. Jeff Bezos dan Jack Ma selaku pendiri dari masing-masing kedua platform terkenal ini juga sering sekali bertengger namanya didalam daftar orang terkaya di dunia. Kamu juga bisa membeli beberapa barang didalam platform terkenal ini sesuai dengan aturannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Amazon vs Alibaba

VS

Leave a Reply