AplikasiLayanan

Pilih Mana: Amazon atau Walmart?

Pada tahun 90-an, kita harus keluar dan berbelanja perlengkapan ke mal meupun pasar dan menjadi kegiatan rutin. Baik berbelanja pakaian, bahan makanan, buku, CD dan sebagainya. Namun, semuanya terlihat berbeda pada saat ini, banyak orang sudah melakukan belanja secara online. Kita dapat membeli apa saja tanpa keluar rumah, dan pesanan langsung datang kerumah kita. Dua pemain utama di arena belanja online adalah Amazon dan Walmart.

Amazon dan Walmart menguasi pasar online dengan menawarkan pengiriman cepat, dan berbagai barang mulai dari elektronik hingga pakaian, gadget, peralatan dapur,dll. Dalam artikel kali ini akan kita bandingkan keduanya dan melihat manakah yang lebih baik? Yuk disimak!

Amazon

Amazon merupakan salah satu perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) terbesar di dunia. Pendiri Amazon adalah Jeff Bezos. Sekarang ia sudah menjadi salah satu  pengusaha terkaya di dunia sepanjang sejarah modern.

Perusahaan Amazon berpusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Jeff Bezos adalah seorang pendiri dari perusahaan Amazon, Amazon berdiri pertama pada bulan Juli 1994. Pada awalnya Amazon.com berawal dari sebuah toko buku daring dimana penjualan buku menjadi andalannya. Kemudian seiring perkembangannya, Amazon menjadi penjual DVD, VCD, MP3, perangkat lunak, barang elektronik, dan lain-lain.

Sampai saat ini Amazon menjadi salah satu tempat jual beli online berbagai macam barang terlengkap di dunia. Perusahaan Amazon sendiri tercatat menyumbang sebesar 51% dari total pertumbuhan seluruh e-commerce yang ada di Amerika Serikat.

Selain itu, Amazon juga menyumbang sebesar 24% dari total pertumbuhan pasar retail Amerika Serikat. Pada tahun 2018, pasar saham Amazon mencapai Rp12.990 triliun. Baca juga Pilih Mana: Amazon atau eBay?

Perusahaan Amazon ini diberi nama sesuai sungai Amazon, sebuah sungai terbesar di Amerika Selatan. Amazon juga merupakan sebuah nama bangsa prajurit wanita legendaris dalam mitologi Yunani.

Kelebihan Amazon

  • Software Amazon untuk berbagai perangkat
    Amazon.com tidak hanya dapat diakses melalui komputer melainkan juga melalui smartphone. Dengan demikian pengguna bisa mengakses dan memesan dengan menggunakan perangkat / gadget miliknya.
  • Konten digital
    Selain menjual produk-produk fisik Amazon.com juga menjual konten digital seperti software, file PDF, file musik, file film, dan sebagainya. Konten digital tersebut bisa langsung diunduh dan dibayar menggunakan pulsa maupun via transfer.
  • Amazon game
    Fitur Amazon game ini memberikan kemudahan bagi yang ingin membeli game PC maupun gadget. Selain menjual game, Amazon.com juga mengembangkan game untuk berbagai platform diantaranya Windows, Android, Mac, dan Kindle Fire. Beberapa game yang dijual di Amazon merupakan hasil pengembangan dari para ahli game yang bekerja pada perusahannya.

Kekurangan Amazon

  • Halaman produk yang terlalu diramaikan oleh fitur tambahan
    Banyaknya fitur tambahan seperti promo produk yang tidak relevan, membuat informasi utama mengenai produk yang sedang ditawarkan malah menjadi terabaikan. Hanya pelanggan lama saja yang bisa mendapatkan informasi ini dengan cepat. Pelanggan-pelanggan baru akan tidak mudah mendapatkan informasi penting ini. Tidak mengherankan bila saat ini, porsi pendapatan dari pelanggan baru sedikit sekali dibanding total pendapatan Amazon.
  • Terdapat iklan pada halaman produk
    Tampilnya iklan pada halaman produk yang kita tawarkan akan mengalihkan perhatian pengunjung dari produk yang sedang di minatinya. Bagi Amazon yang sudah sangat terkenal, menempatkan iklan pada halaman produk mungkin tidak terlalu berpengaruh, karena pembeli biasanya akan kembali lagi. Namun, bagi yang baru akan memulai bisnis ini pada bidang ini, Penempatan iklan akan mengalihkan calon pembeli.
  • Adanya fitur pencarian web
    Seseorang cenderung untuk melakukan pencarian di mesin pencarian yang biasanya ketimbang mencari di fitur pencarian yang ada di web kita. Menempatkan fitur pencarian web di website kita sebenarnya sedikit sia-sia karena hanya akan menambah kesan kacau pada web kita.

Walmart

Walmart adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di dunia. Saat ini Walmart memiliki sekitar 4700 toko di Amerika Serikat (AS), dengan jumlah karyawan sekitar 1,5 juta orang. Bandingkan dengan Amazon yang hanya memiliki sekitar 340 ribu orang.

Walmart adalah perusahaan AS yang mengoperasikan jaringan toko-toko departemen yang didirikan oleh Sam Walcot pada tahun 1962.

Dengan strategi distribusi yang ditargetkan untuk mencapai tujuan dan sistem kontrol yang terperinci dan baik dalam penerapannya, menjadikan Walmart sebagai perusahaan ritel besar di dunia.

Namun, Walmart hanya mengandalkan nama dan sistem hanya dalam memperluas pangsa pasarnya sehingga menjadi wajar bahwa ada beberapa negara yang tidak bisa menjadi kendali mereka.

Walmart beroperasi di Argentina, Brasil, Britania Raya (dengan nama ASDA), Jepang (dengan nama Seiyu), Kanada, Meksiko (dengan nama Walmex), Puerto Riko, dan RRC. Wal-Mart pernah beroperasi di Jerman namun akhirnya tutup pada tahun 2006 karena merugi.

Walmart pernah membuka tokonya di Indonesia (di Supermal Karawaci) pada pertengahan tahun 1990-an namun ditutup karena kurang menguntungkan.

Kelebihan Walmart

  • Menyediakan barang kepada pelanggan dengan harga murah
    Walmart berusaha menyediakan barang kepada pelanggan dengan harga terjangkau sesuai dengan motonya Save Money Live Better, save roomates artinya biaya tempat, keluarga bisa hidup lebih baik.
  • Pemilihan produk terbaik
    Bisa di sebut Focus Merchandising, Walmart lebih fokus menjual produk dengan harga murah dan membuat pemilihan produk yang tepat dan yang terbaik untuk konsumennya.
  • Walmart membangun jaringan satelit canggih
    Yang ketiga dari kelebihan Walmart adalah strategi kepemimpinan biaya, Walmart untuk membangun jaringan satelit canggih yang menghubungkan semua titik penjualan di tokonya. Jaringan ini diperuntukan untuk para manajer dan orang-orang penjualan tentang penjualan dan inventaris informasi status terkini.
Lihat juga:  Pilih mana: Kabel Tembaga vs Aluminium?

Kekurangan Walmart

  • Pangsa pasar yang terlalu luas
    Kelemahan pertama Walmart yaitu pangsa pasar pertama yang terlalu luas, sehingga Walmart akan kesulitan mengendalikan yang membuat kinerja nya tidak optimal.
  • Tidak mengerti budaya daerah yang ingin dijangkau
    Ini terbukti tidak menghasilkan keuntungan ketika Walmart memasuki Indonesia karena dikritik oleh banyak tokoh masyarakat, kelompok hak asasi perempuan, dan serikat pekerja, karena khusunya sebagian besar produk yang berasal dari luar negeri.
  • Hanya terdapat beberapa pilihan lagu online yang di tawarkan
    Walmart menjual lagu online hanya terdapat tiga pilihan, MP3 download, Music CDs dan Soundchek. ketiga pilihan yang sangat minim itulah membuat para konsumen sedikit melirik lagu online yang di jual oleh Walmart.

Amazon vs Walmart

AmazonWalmart
Biaya Keanggotaan (per September 2019)$119/ pertahun , $12,99/ bulanTidak ada
Produk yang tersedia Lebih dari 3.000.000220.000
Fasilitas tambahanPrime Now, Prime Video, Saluran Amazon, Prime Music, Prime Twitch, Amazon Fresh, Prime Reading, First Reads, dllDiskon di dalam toko

Pemilihan produk
Walmart memiliki banyak pilihan barang, dan pemilihan itu hanya melebar dengan penambahan pasar online. Pengecer online tidak lagi menjadi prasmanan hemat barang seperti dulu. Anda dapat memesan item dari merek seperti Nike atau bahkan Gucci, serta gadget atau mode teknologi terbaru. Menurut Marketplace Pulse , Walmart online memiliki sekitar 43 juta produk hingga akhir 2018.

Walmart memiliki banyak pilihan, Amazon memiliki hampir semua hal yang diinginkan hati Anda – hampir setiap ukuran, warna, bentuk, dan merek. Jadi dari segi pemilihan produk Amazon yang unggul.

Harga
Pada tahun 2018, LendEDU melakukan analisis di mana mereka membandingkan 50 produk identik di berbagai kategori berbeda – barang-barang rumah tangga, teknologi dan hiburan, makanan dan minuman, dapur dan peralatan, dan lainnya. Mereka menemukan bahwa Amazon 10,37% lebih mahal daripada Walmart jika pelanggan membeli barang yang sama dari kedua pengecer.

Amazon menawarkan diskon dan insentif, seperti kupon, dan berbagai diskon untuk anggota Perdana. Tetapi, Walmart sedikit lebih unggul daripada Amazon, menyediakan berbagai diskon rollback, item clearance, insentif bagi pelanggan untuk mengambil barang mereka di dalam toko, serta pengiriman gratis tanpa biaya berlangganan.

Pemasaran
Pasar online Walmart masih dalam masa pertumbuhan. Meskipun Walmart.com diluncurkan hampir dua dekade lalu, tidak sampai perusahaan mengakuisisi Jet.com beberapa tahun yang lalu sehingga menjadi pesaing nyata dalam arena belanja online.

Pasar pihak ketiga pada Amazon, bagaimanapun, sangat mapan, dan Amazon melaporkan bahwa 50% dari penjualannya berasal dari seleksi pihak ketiga.

Pilih Mana: Amazon atau Walmart?

AmazonWalmart
Kelebihan- Software Amazon untuk berbagai perangkat - Konten digital - Amazon game - Menyediakan barang kepada pelanggan dengan harga murah - Pemilihan produk terbaik - Walmart membangun jaringan satelit canggih
Kekurangan- Halaman produk yang terlalu diramaikan oleh fitur tambahan - Terdapat iklan pada halaman produk - Adanya fitur pencarian web - Pangsa pasar yang terlalu luas - Tidak mengerti budaya daerah yang ingin dijangkau - Hanya terdapat beberapa pilihan lagu online yang di tawarkan 

Kesimpulan

Dari artikel di atas mengenai pembahasan dari Amazon dan Walmart dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai keunggulannya tersendiri, Namun, Jika kalian memilih menjadi pelanggan Walmart online kalian akan mendapatkan harga lebih murah dibandingkan Amazon, tidak harus membayar biaya berlangganan. Tetapi, Amazon juga menawarkan banyak nilai kepada pelanggan, dan beberapa dari nilai itu lebih kualitatif daripada kuantitatif. Layanan pelanggan sangat baik, dan ketersediaan produk yang sangat lengkap dari berbagai belahan dunia. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Amazon atau Walmart

VS

Leave a Reply