GadgetsMusik

Pilih Mana: Apple Airpods 2 vs Apple Airpods 1

Earphone tanpa kabel merupakan hal yang sekarang banyak diminati oleh berbagai kalangan karena kemudahan yang diberikan. Earphone tanpa kabel ini dapat membuat pengguna dapat mendengarkan musik atau menelepon tanpa harus susah memikirkan kabel yang akan terlilit kemana-mana.

Ada banyak produsen yang membuat produk earphone tanpa kabel ini, namun yang tentu paling terkenal adalah Airpods, yang merupakan earphone tanpa kabel buatan dari Apple. Kini, produk airpods yang ada pada Apple mulai dirilis series keduanya. Nah untuk kamu yang sedang bingung memilih antara Apple Airpods 1 atau 2, yuk simak ulasan yang ada di bawah ini!

Pilih Mana Apple Airpods 2 vs Apple Airpods 1

Apple Airpods 2

Apple merupakan produsen gadget yang paling populer saat ini. Apple memiliki banyak produk mulai dari iPhone, iPad, iPod dan MacBook. Baru-baru ini Apple merilis airpods 2 yang merupakan produk penerus dari airpods sebelumnya.

Jika dilihat dari segi desain, tidak ada perbedaan yang dibuat Apple, desain dari Airpods 1 maupun 2 sama saja bentuknya. Kedua headset wireless ini hanya memiliki perbedaan dalam battery casenya. Dan perbedaan yang ada pada battery case itu pun hanya sedikit. Baca Juga: Pilih Mana: Apple Airpods vs Galaxy Buds

Dalam membeli  Airpods 2 kamu memiliki 3 macam pilihan yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kemampuanmu sendiri. Harga AirPods ini dipatok sebesar 199 dollar AS (Rp 2,7 juta) untuk pembelian dengan casing wireless charging  dan 159 dollar AS (Rp 2,2 juta) untuk AirPods tanpa casing wireless. Pengguna pun bisa membeli casing wireless ini secara terpisah dengan banderol 79 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta.

Kelebihan Apple Airpods 2

  • Menggunakan chipset baru H1
    Perbedaan mendasar yang ada pada airpods 1 dan 2 adalah pada bagian chipset yang digunakannya.Airpods 2 menggunakan chipset Apple H1 yang disebutkan sebagai chip khusus untuk produk headphone. Dengan Chip H1, produk AirPods 2 diklaim memiliki koneksi nirkabel yang lebih cepat dan lebih stabil dan audio yang lebih berkualitas.
  • Waktu koneksi lebih cepat
    Apple mengatakan kecepatan berpindah antarperangkat seperti iPhone, iPad atau Apple Watch sekarang menjadi lebih cepat. Untuk panggilan telepon, kecepatannya menjadi 1,5 kali lebih cepat. Sedangkan untuk peningkatan kecepatan saat berganti ke perangkat sumber musik yang sedang aktif meningkat menjadi dua kali lipat.
  • Daya tahan baterai lebih lama
    Berkat chipset baru yang disematkan pada Apple Airpods 2 ini, daya tahan baterai yang ada diklaim meningkat menjadi lebih lama hingga 50%. Tentu hal ini menjadi hal yang menyenangkan bagi kamu yang berencana membeli earphone wireless yang satu ini, ya.

Pilih Mana Apple Airpods 2 vs Apple Airpods 1

Kekurangan Apple Airpods 2

Meski jelas memiliki banyak kelebihan dibandingkan apple airpods 1, tentunya series 2 airpods ini memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah:

  • Harus Menggunakan macOS 10.14.4, iOS 12.2 atau watchOS 5.2
    Salah satu fitur terbaik di AirPods sejak versi pertama adalah mode koneksi secara otomatis saat kamu sedang menggunakan perangkat Apple lainnya, dalam 1 akun iCloud.

    Kini fitur tersebut juga tetap dibawa ke AirPods 2. Bedanya adalah batasan sistem operasi yang digunakan, minimal adalah macOS 10.14.4, iOS 12.2 atau watchOS 5.2. Tentunya pengguna juga harus login di iCloud yang sama untuk setiap perangkat. Hal ini membuat beberapa produk yang iOS nya lebih rendah tidak bisa disambungkan.

  • Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dengan airpods sebelumnya 
    Jika kamu mengharapkan ada banyak fitur tambahan yang disematkan oleh Apple pada produk Airpods terbarunya ini maka kamu hanya akan kecewa karena secara keseluruhan apple tidak banyak membuat perubahan yang begitu signifikan.
  • Harga jual yang lebih mahal 
    Jika dibandingkan dengan airpods 1 tentu harga dari penerusnya ini akan sedikit lebih mahal. Meski begitu, harga yang ditawarkan tidak terlalu beda jauh mengingat perbedaan yang ada juga tidak terlalu banyak dan tidak ada fitur yang signifikan berubah.
Apple Airpods 2Apple Airpods 1
Harga Per-Desember 2019Rp 2.700.000 untuk pembelian dengan casing wireless charging  Rp. 2.300.000 untuk Airpods dengan casing.
Rp 2.200.000 untuk AirPods tanpa casing wireless
Rp 1.100.000 untuk casing wireless yang dijual terpisah

Apple Airpods 1

Apple Airpods 1 merupakan produk headset wireless pertama yang dirilis oleh Apple pada tahun 2017. Produk ini tentunya sangat diminati sejak awal perilisannya bahkan mungkin hingga sekarang. Banyak yang memuji fitur-fitur yang disematkan pada Airpods 1 ini dan produk ini masih menjadi pilihan orang-orang yang mencari headset tanpa kabel yang praktis.

Meski begitu, airpods 1 ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika dibandingkan dengan airpods 2 makan airpods 1 ini tentunya hanya sedikit saja tertinggal di belakang mengingat ia dirilis sudah beberapa tahun yang lalu.

Kelebihan Apple Airpods 1

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh airpods 1:

    • Harga yang lebih murah 
      Jika dibandingkan dengan penerusnya, harga dari airpods 1 ini tentu lebih murah meski selisih yang ada tidak terlalu signifikan–hal ini wajar mengingat spesifikasi yang ada juga tidak terlalu berbeda jauh bahkan terkesan sama.
    • Dapat disambungkan dengan mudah tanpa batasan iOS 
      Berbeda dengan Airpods 2 yang memiliki batasan OS yang dapat menggunakannya, Airpods 1 dapat disambungkan dengan segala jenis produk Apple baik yang memiliki sistem operasi terbaru maupun sistem operasi yang lama.
    • Desainnya yang tetap sama dengan Airpods 2
      Desain yang sama antara Apple Airpods 1 dan 2 tentu membuat orang lain jadi tidak tahu airpods mana yang kamu miliki. Hal ini sedikit membantu untuk kamu yang ingin tetap terlihat hits tanpa mengeluarkan banyak uang.

Pilih Mana Apple Airpods 2 vs Apple Airpods 1

Kekurangan Apple Airpods 1

Meskipun memiliki sangat banyak kelebihan, produk yang satu ini tentunya juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Daya baterai yang tidak tahan lama
    Jika dibandingkan dengan airpods 2, daya tahan baterai yang dimiliki oleh generasi pertama Apple Airpods ini tentu masih berada di bawahnya. Durasi penggunaan yang sangat sebentar tentu sedikit menyebalkan bagi kamu yang senang mendengarkan musik selama berjam-jam.
  • Chipset model lawas 
    Satu hal yang mendasari perbedaan kedua airpods beda generasi ini adalah chipset yang digunakan, chipset yang digunakan pada Apple Airpods 2 banyak membawa perubahan seperti kecepatan penyambungan yang meningkat dibanding Apple Airpods 1 ini, peningkatan yang ada seperti kita ketahui cukup tinggi.
  • Battery case yang hanya memiliki satu variasi 
    Apple Airpods 1 hanya memiliki satu variasi dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini berbeda dengan Apple Airpods 2 yang memiliki tiga pilihan variasi battery case dengan harga yang cukup bervariasi dan dapat kamu pilih sesuai apa yang kamu butuhkan.

Pilih Mana: Apple Airpods 2 vs Apple Airpods 1

Apple Airpods 2Apple Airpods 1
Kelebihan - Menggunakan chipset baru H1 - Waktu koneksi lebih cepat - Daya tahan baterai lebih lama  - Harga yang lebih murah  - Dapat disambungkan dengan mudah tanpa batasan iOS  - Desainnya yang tetap sama dengan Airpods 2
Kekurangan - Harus Menggunakan macOS 10.14.4, iOS 12.2 atau watchOS 5.2 - Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan dengan airpods sebelumnya  - Harga jual yang lebih mahal - Daya baterai yang tidak tahan lama - Chipset model lawas  - Battery case yang hanya memiliki satu variasi 

Kesimpulan

Dari ulasan yang ada di atas, dapat kita simpulkan bahwa kedua series airpods ini tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jadi, jika kamu sudah memiliki airpods series 1 dan airpods yang kamu miliki masih berfungsi dengan baik kamu tidak perlu mengupdate airpods yang kamu punya karena fitur yang ada tidak terlalu beda jauh.

Sedangkan untuk kamu yang sama sekali belum memiliki airpods maka membeli airpods 2 merupakan pilihan yang lebih baik mengingat beberapa fitur seperti kualitas audio yang lebih baik. Namun, segala pilihan tetap berada di tangan kamu, belilah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu, ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Apple Airpods 2 vs Apple Airpods 1

VS

Leave a Reply