Pilih Mana: Apple Music atau Youtube Music?

Dahulu, mendengarkan musik biasanya melibatkan pembelian CD fisik atau mengunduh lagu secara ilegal. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi streaming musik telah mengubah cara kita mengakses dan menikmati musik.

Awalnya, internet tidak memungkinkan streaming musik yang mudah. Orang-orang lebih sering mengunduh musik ilegal melalui berbagai situs web. Namun, dengan kualitas internet yang semakin baik, muncul beberapa layanan pertama yang memungkinkan streaming musik dalam format yang legal. Salah satu yang pertama adalah “Napster,” yang kemudian berganti nama menjadi layanan berlangganan.

Perkembangan aplikasi streaming musik sangat pesat. Tercatat bahwa pada tahun 2020, pendapatan dari streaming musik telah melampaui pendapatan dari unduhan digital dan penjualan fisik. Ini menunjukkan betapa besar dampaknya terhadap industri musik.

Aplikasi streaming musik terus berkembang. Dengan teknologi yang lebih canggih seperti kecerdasan buatan, rekomendasi lagu akan menjadi lebih akurat. Mungkin kita akan melihat lebih banyak peningkatan dalam kualitas audio dan integrasi dengan perangkat pintar.

Hingga sekarang pun sudah banyak sekali aplikasi streaming musik baru yang terus dirilis. Dalam artikel ini kita akan membahas dua aplikasi streaming musik yang populer, yaitu Apple Music dan Youtube Music. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Apple Music

Apple Music adalah salah satu layanan streaming musik terkemuka yang menggubah cara dunia mendengarkan dan menikmati musik. Layanan ini dikembangkan oleh Apple Inc. dan telah menjadi pesaing serius dalam industri streaming musik.

Apple Music diluncurkan pada tanggal 30 Juni 2015. Ini adalah langkah besar bagi Apple untuk memasuki dunia streaming musik, yang pada saat itu dikuasai oleh layanan seperti Spotify dan Pandora. Apple Inc. meluncurkan Apple Music setelah mengakuisisi Beats Electronics, perusahaan yang didirikan oleh Dr. Dre dan Jimmy Iovine. Akuisisi ini memberikan fondasi untuk layanan streaming musik Apple Music.

Kelebihan Apple Music

Berikut ini beberapa kelebihan dari Apple Music yang perlu Anda ketahui:

Koleksi Musik yang Luas

Salah satu kelebihan utama Apple Music adalah akses ke koleksi musik yang sangat besar. Dengan lebih dari 75 juta lagu yang tersedia, pengguna dapat dengan mudah menemukan hampir setiap lagu yang mereka cari. Hal ini membuat Apple Music menjadi destinasi yang sempurna untuk menggali musik baru atau mendengarkan lagu-lagu favorit.

Apple Music Radio

Apple Music menyediakan sejumlah stasiun radio yang beragam, termasuk Beats 1, yang merupakan stasiun radio global 24/7 yang dipandu oleh DJ terkenal. Stasiun radio ini menawarkan pemutaran lagu, wawancara artis, dan konten eksklusif lainnya. Fitur ini memberikan nuansa radio tradisional yang disukai oleh banyak pendengar.

Sekilas Lirik

Pengguna Apple Music dapat mengikuti lirik lagu yang mereka dengarkan dengan fitur “Sekilas Lirik.” Ini memungkinkan mereka untuk bernyanyi seiring dengan musik atau hanya untuk menikmati lirik lebih dalam.

Kualitas Audio Tinggi

Apple Music menawarkan opsi untuk mendengarkan musik dalam kualitas audio tinggi dengan codec AAC. Ini memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih jernih dan mendalam.

Kekurangan Apple Music

Berikut ini beberapa kekurangan dari Apple Music yang perlu Anda ketahui:

DRM dan Batasan Akses

Apple Music melindungi sebagian besar lagu dalam koleksinya dengan Digital Rights Management (DRM). Ini berarti bahwa, meskipun Anda membayar berlangganan, Anda mungkin kehilangan akses ke lagu-lagu tersebut jika Anda memutuskan untuk berhenti berlangganan. Bahkan jika Anda telah mengunduh lagu tersebut, mereka hanya dapat dimainkan di perangkat yang kompatibel dengan ekosistem Apple.

Kekurangan Ketersediaan Musik Regional

Ketersediaan musik regional atau dalam bahasa tertentu di Apple Music dapat terbatas. Beberapa lagu atau artis mungkin tidak tersedia untuk didengarkan di beberapa wilayah, yang bisa menjadi kekecewaan bagi pendengar yang mencari lagu-lagu tertentu.

Keterbatasan Versi Gratis

Pengguna versi gratis Apple Music akan menghadapi beberapa keterbatasan. Mereka tidak dapat mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline, dan iklan mungkin tetap muncul di antara lagu-lagu mereka. Versi gratis juga tidak memberikan akses penuh ke fitur-fitur eksklusif yang ditawarkan oleh layanan berbayar.

Youtube Music

YouTube Music adalah layanan streaming musik yang dikelola oleh YouTube, salah satu platform video terbesar di dunia. Dengan YouTube Music, pengguna dapat mengakses jutaan lagu dari berbagai genre musik dan menikmati video musik resmi dan konten musik eksklusif. Layanan ini didesain untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya dan personal kepada para penggunanya.

Satu hal yang membedakan YouTube Music dari layanan streaming musik lainnya adalah integrasinya dengan platform utama YouTube. Dengan ini, pengguna dapat menonton video musik resmi dan video kreatif dari pengguna lain langsung melalui aplikasi yang sama. Hal ini membuat pengalaman mendengarkan musik semakin lengkap, karena Anda tidak hanya mendengarkan lagu, tetapi juga dapat menikmati video musik yang luar biasa.

Kelebihan Youtube Music

Berikut ini beberapa kelebihan dari Youtube Music yang perlu Anda ketahui:

Akses ke Jutaan Lagu

Salah satu keunggulan utama YouTube Music adalah katalog musiknya yang sangat luas. Anda dapat menemukan jutaan lagu dari berbagai genre dan artis, termasuk yang paling terkenal hingga yang kurang dikenal. Ini memberi Anda kebebasan untuk mendengarkan hampir semua jenis musik yang Anda inginkan.

Integrasi dengan YouTube

YouTube Music terintegrasi dengan platform video terbesar di dunia, yaitu YouTube. Ini memungkinkan Anda untuk menonton video musik resmi, video klip, dan konten musik lainnya langsung dari aplikasi yang sama. Jadi, Anda tidak hanya mendengarkan lagu favorit Anda, tetapi juga dapat menonton video musiknya.

Mode Offline

YouTube Music memungkinkan Anda untuk mengunduh lagu-lagu favorit ke perangkat Anda. Ini sangat berguna ketika Anda berada dalam situasi di mana koneksi internet tidak tersedia. Anda masih bisa mendengarkan musik tanpa batasan.

Kualitas Audio Tinggi

Layanan ini menawarkan streaming musik dengan kualitas audio tinggi. Ini berarti Anda dapat menikmati suara yang jernih dan berkualitas tinggi saat mendengarkan musik favorit Anda.

Kekurangan Youtube Music

Berikut ini beberapa kekurangan dari Youtube Music yang perlu Anda ketahui:

Iklan dalam Versi Gratis

Jika Anda menggunakan versi gratis YouTube Music, Anda mungkin akan mengalami iklan yang muncul sesekali saat mendengarkan musik. Meskipun iklan ini biasanya tidak terlalu mengganggu, beberapa pengguna mungkin merasa terganggu oleh gangguan iklan tersebut. Untuk menghilangkan iklan, Anda perlu berlangganan versi Premium dengan biaya tambahan.

Akses Terbatas dalam Mode Gratis

Dalam versi gratis YouTube Music, Anda akan memiliki akses terbatas terhadap beberapa fitur. Sebagai contoh, Anda tidak dapat mengunduh lagu untuk mendengarkan secara offline, tidak dapat memutar musik latar belakang (background play), dan tidak dapat mengakses mode offline. Versi Premium yang berbayar memberikan akses penuh ke semua fitur ini.

Perbandingan Apple Music dan Youtube Music

Apple MusicYoutube Music
Kelebihan- Koleksi Musik yang Luas
- Apple Music Radio
- Sekilas Lirik
- Kualitas Audio Tinggi
- Akses ke Jutaan Lagu
- Integrasi dengan YouTube
- Mode Offline
- Kualitas Audio Tinggi
Kekurangan- DRM dan Batasan Akses
- Kekurangan Ketersediaan Musik Regional
- Keterbatasan Versi Gratis
- Iklan dalam Versi Gratis
- Akses Terbatas dalam Mode Gratis
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kedua layanan ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Pilihan antara Apple Music dan YouTube Music tergantung pada preferensi Anda. Jika Anda suka menonton video musik resmi, YouTube Music mungkin lebih sesuai. Jika Anda sudah menggunakan perangkat Apple, Apple Music akan terintegrasi dengan baik dalam ekosistem Anda. Pilih yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan musik Anda.

Anda Pilih Apple Music atau Youtube Music?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!