Home

Pilih Mana: Aquaproof atau No Drop?

Rumah bocor atau merembes merupakan hal yang paling dihindari saat musim hujan. Hujan seringkali disertai dengan angin kencang yang dapat menerpa ke berbagai arah. Oleh karena itu rumah harus didesain prima agar kuat di segala cuaca. Adapun salah satu material yang dapat dipakai untuk mencegah bocor dan rembes adalah waterproof (pelapis anti bocor).

Waterproof atau pelapis anti bocor berfungsi untuk mencegah kebocoran.  Di Indonesia sendiri sudah banyak jenis waterproof yang dijual di pasaran. Sebelum membeli Anda harus jeli memilih waterproof yang tepat sehingga dapat memaksimalkan aplikasi sehingga menghindari bocor dan rembes. Adapun merek cat waterproof yang dikenal masyarakat Indonesia adalah Aquaproof dan No Drop.

Kedua waterproof ini sudah terjamin kualitasnya, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakannya. Di samping kelebihannya yang mampu menahan bocor dan rembes, tentu Aquaproof dan No Drop memiliki kekurangannya masing-masing. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai detail, kelebihan, kekurangan dan bagaimana cara memilih cat yang benar. Disini aja ya!

 

Aquaproof

Aquaproof merupakan pelopor cat pelapis anti bocor yang paling laris di pasaran. Aquaproof terbuat dari acrylic dan berbahan dasar air. Aquaproof sangat cocok digunakan untuk dinding samping rumah Anda agar terlihat lebih indah dan terlindungi dari kebocoran yang akan mengganggu estetika suatu ruangan.

Aquaproof bersifat elastis 500% sampai 600%. Sifat elastis diperlukan sehingga Aquaproof bisa menyesuaikan denga kondisi cuaca dan geografis Indonesia. Aquaproof juga bersifat thixotropic, yang artinya tidak menetes bila diimplementasikan. Aplikasi Aquaproof sangat gampang, kamu bisa memakai kuas, rol, ataupun airless spray.

Aquaproof memiliki daya lekat ke bidang aplikasi yang amat kuat. Perihal ini diperlukan sehingga Aquaproof tidak gampang mengelupas. Untuk urusan warna, Aquaparoof memiliki 24 varian warna yang menarik sehingga bisa juga diterapkan sebagai cat eksterior yang membuat cantik penampilan rumah Anda. Baca juga Pilih Mana: Cat Dulux atau Mowilex?

Kelebihan Aquaproof

  • Brand populer
    Aquaproof sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena selalu mengutamakan kualitas produk. Aquaproof dinilai telah menguasai pasar hingga 80% untuk waterproofing dari sekitar 20 merek yang berkompetisi.
  • Elastis dan tahan retak
    Salah satu kelebihan Aquaproof yang patut menjadi pertimbangan Anda saat membeli adalah elastis dan tahan retak. Aquaproof sangat cocok diterapkan untuk bangunan di negara beriklim tropis. Kadar panas dan intensitas hujan yang kadang tak teratur di negara tropis seperti Indonesia jelas berbeda dengan sengatan matahari dan hujan di negara subtropis.
  • Mudah diaplikasikan
    Berbahan dasar air, Aquaproof menjadi lebih mudah diaplikasikan pada berbagai jenis permukaan seperti dinding luar, dinding dalam, atap genting, atap beton, atap seng, ataupun atap asbes.

Kekurangan Aquaproof

  • Harga mahal
    Kekurangan yang dimiliki oleh Aquaproof adalah memiliki harga yang lebih tinggi daripada No Drop. Aquaproof memang dikenal sebagai cat yang memiliki harga yang relatif lebih mahal dari kebanyakan jenis cat lainnya. Namun, Aquaproof dinilai memiliki kualitas yang sebanding dengan harga yang diberikan
  • Mudah menggelembung
    Aquaproof yang terkenal elastis ternyata tidak dapat menahan tekanan negatif (tekanan dari dalam) karena Aquaproof tidak melekat pada permukaan yang dilapisinya. Hal inilah yang menyebabkan Aquaproof mudah menggelembung setelah diaplikasikan pada permukaan.
  • Tidak dapat terendam air
    Aquaproof tidak dapat diaplikasikan pada daerah yang terendam air seperti kolam. Aquaproof hanya dapat digunakan di daerah dimana air mengalir karena apabila terendam air, Aquaproof akan mudah mengelupas.
Kelebihan AquaproofKekurangan Aquaproof
- Brand populer- Harga mahal
- Elastis dan tahan retak- Mudah menggelembung
- Mudah diaplikasikan- Tidak dapat terendam air

No Drop

No Drop merupakan cat pelapis anti bocor yang memiliki beragam variasi produk di pasaran. No Drop dikenal sebagai brand yang cukup populer di masyarakat. Sebagai pendatang baru di dunia waterproof, No Drop hadir dengan inovasi kreatif dengan memberikan warna yang lebih variatif sehingga bisa memberi fungsi lebih dari sekedar pelapis anti bocor.

No Drop bisa dipakai pada tembok kamar mandi, tembok samping rumah, seng/ asbes, wuwungan, atap, talang atau sambungan, dan atap beton. Cat ini sanggup menutup celah serta pori sebagai biang bocor, sehingga bisa mencegah rumah dari gangguan cuaca ekstrem.

Kelebihan No Drop

  • Tahan cuaca
    No Drop mengklaim produknya tahan terhadap cuaca paling ekstrim sekalipun, sehingga No Drop sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis/seng dan permukaan terakota.
  • Formula sempurna
    No Drop dibuat dengan bahan resin khusus berkualitas yang membuatnya dipercaya memiliki ketahanan terhadap kondisi cuaca dan kebocoran. No Drop diklaim memiliki ketahanan cat dalam jangka waktu panjang sehingga produk ini dikenal sebagai pelapis anti bocor yang paling kuat.
  • Variatif
    No Drop memiliki beberapa varian produk dengan beragam warna yang menjadi andalan yaitu No Drop, No Drop 100, No Drop 107, dan No Drop Black Bitumen. Selain itu, No Drop memiliki 23 warna pilihan dengan kemasan 1 kg, 4 kg, dan 20 kg. Dengan demikian, selain cat pelapis anti bocor, produk ini juga tidak mengurangi nilai estetika bagi dinding rumah.

Kekurangan No Drop

  • Konsistensi encer
    No Drop dinilai memiliki konsistensi cat yang cukup encer dibandingkan Aquaproof, sehingga dalam pengaplikasiannya No Drop sering menetes kemana-mana dan tentunya akan membuat penggunaan cat menjadi semakin boros.
  • Kurang populer
    Dibandingkan dengan pesaingnya Aquaproof, No Drop dapat terbilang kurang populer karena masih merupakan pendatang baru di dunia waterproof.
  • Cat interior dan eksterior masih dibedakan
    Sebagian orang menyukai cat praktis yang dapat digunakan untuk interior dan eksterior dalam satu cat. Sayangnya, No Drop membedakan produk cat interior dan eksterior. Dengan demikian jika Anda membutuhkan kedua jenis cat tersebut, Anda perlu membeli kedua jenisnya.

Wilayah rumah yang wajib digunakan cat waterproof

Eksterior rumah
Dinding rumah bagian luar merupakan area yang terhampar dengan bermacam cuaca. Mulai dari terik matahari, sampai curah hujan yang tinggi. Mengingat cuaca yang semakin tidak menentu, maka dinding luar rumah sudah harus dilapisi dengan cat waterproof yang berkualitas.

Kamar mandi
Ruang kamar mandi merupakan area yang sangat banyak terpapar air. Sebab itu, cat waterproof amat diperlukan di sini. Bukan cuma di sudut tertentu, cat waterproof di kamar mandi harus diterapkan pada semua bagian dinding di kamar mandi. Karena di area ini air bisa tercurah ke seluruh sudut kamar mandi, tanpa terkecuali. Sebab itu perlindungan yang maksimum sangatlah berarti supaya kamar mandi bebas dari rembes dan bocor.

Dapur
Di area dapur ini, bukan cuma air yang berpotensi terkena tembok, tetapi juga ada minyak, kecap, dan bumbu dapur lainnya yang bisa mengotori bagian tembok tanpa disengaja. Mulai dari area cuci piring, area memasak, dan semuanya banyak melibatkan cairan dalam berbagai bentuk yang bisa mengotori tembok dapur kamu. Sebab itu, memakai cat waterproof di dapur jadi amat penting.

Ruang kerja
Bukan cuma di area yang banyak terkena air, cat waterproof juga bisa kamu terapkan pada ruangan-ruangan lain dengan tujuan yang berbeda, misalnya di ruang kerja kamu. Daripada membeli papan tulis khusus, kamu bisa menggunakan semua area dinding ruang kegiatan kamu jadi tempat untuk mencoret-coret ide kamu sepuasnya. Perihal itu bisa diwujudkan dengan memakai cat waterproof.

Kamar tidur
Ini menjadi salah satu ruangan yang wajib digunakan cat waterproof. Kamar tidur menjadi ruangan pribadi kita dalam menaruh berbagai barang penting. Selain itu, jika terjadi curah hujan yang tinggi saat kita tidur, kamar tidur kamu akan senantiasa terlindungi dari rembes dan bocor.

Kelebihan No DropKekurangan No Drop
- Tahan cuaca- Encer
- Formula sempurna- Kurang populer
- Variatif- Cat interior dan eksterior masih dibedakan

Pilih Mana: Aquaproof atau No Drop?

AquaproofNo Drop
- Brand populer- Kurang populer
- Harga mahal- Tahan cuaca
- Mudah menggelembung- Formula sempurna

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara Aquaproof dan No Drop, dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih menyarankan No Drop karena selain diproduksi dengan formula sempurna, No Drop juga memiliki variasi warna yang sangat dekoratif. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Aquaproof vs No Drop

VS

 

Leave a Reply