Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Arirang atau Samyang?

Saat ini lagi demamnya musim Korea. Selain musiknya, banyak orang yang menyukai gaya berpakaian sampai ke makanan khas Korea. Untuk itulah produsen makanan Korea melihat peluang besar ini dengan memproduksi beberapa makanan khas Korea, salah satunya seperti Arirang dan Samyang.

Arirang dan Samyang sendiri tentu sudah tidak asing lagi untuk mereka pecinta Korea, karena banyak drama Korea yang pemainnya melakukan adegan makan mie Korea tersebut.

Penasaran dengan detail dari kedua mie Korea tersebut? Yuk langsung saja simak lebih dalam mengenai Arirang dan Samyang melalui artikel ini. Disini ja ya!

Arirang

Kamu Korea lovers? Maka tidak ada salahnya untuk mencicipi mie yang memiliki rasa khas dari Korea yaitu Arirang. Arirang sendiri memiliki 3 varian yaitu pedas, manis dan berkuah.

Ukuran dari mie ini lebih besar daripada mie yang biasa dijual dipasaran Indonesia. Rasa yang diberikan pun tentunya sedikit berbeda, sehingga menciptakan kesan yang unik dan berasa seperti orang Korea.

Mie ini sudah mempunyai label Halal dengan bukti adanya sertifikat halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI dengan nomor: 00090012840700. Bahan baku untuk membuat Korean noodle Arirang ini berawal dari impor dan juga bahan lokal yang semuanya sudah diklaim halal. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir menikmati mie instan ala Korea dari Arirang ini.

Cara memasak mie ini juga sama seperti mie biasa yang banyak beredar di Indonesia. Terdapat tata cara masak mie ini pada kemasan bagian belakangnya, sehingga kamu tidak perlu bingung lagi. Baca juga Pilih Mana: Mie atau Nasi?

Kelebihan Arirang

  • Berlabel halal
    Untuk kamu yang beragama Muslim, yang sedang mencari produk mie Korea halal sudah tidak perlu khawatir dengan kehalalan produk ini, karena Arirang Noodle sudah bersertifikat halal dari MUI. Label halalnya jelas membahana di bagian kanan atas kemasan bagian depan.
  • Harga terjangkau
    Harga dari Arirang sendiri berkisar Rp 10.000,- an. Tentunya ini cukup murah untuk ukuran mie yang memiliki rasa khas dari Korea ya guys.
  • Produksi Indonesia
    Mungkin banyak dari kamu yang mengira produk ini berasal dari Korea. Namun nyatanya produk ini berasal dari Indonesia, sehingga aman dan terjamin kualitasnya.

Kekurangan Arirang

  • Tidak semua tempat menjual Arirang
    Jika kamu menginginkan Arirang maka harus mencarinya di mall, Lottemart, supermarket besar dan toko online pun sekarang sudah banyak yang menjual. Kamu tidak bisa mendapatkan Arirang ini di warung-warung seperti mie pada umumnya.
  • Varian kurang banyak
    Varian dari Arirang sendiri hanya sedikit, tidak seperti varian mie pada umumnya yang memiliki rasa beraneka ragam sehingga bisa dipilih sesuai dengan selera dan keinginan kamu.
  • Kurang sesuai dengan lidah orang Indonesia
    Sebagian dari orang Indonesia tentunya sudah biasa mencicipi dan memakan makanan khas dari Indonesia. Arirang sendiri memiliki rasa yang sedikit unik dan tentunya tidak semua orang Indonesia suka dengan rasa dari Arirang.

Varian Arirang

1. Arirang Hot-Hot (Extra Hot Fried Noodle)
Arirang Hot-Hot merupakan varian rasa yang dikenal sebagai Korean Fire Noodles (Buldalk Bokkeummyeon). Varian ini merupakan produk utama dari Arirang yang mempunyai rasa super pedas. Mie ini juga terdapat tambahan potongan rumput laut yang membuat mie menjadi nikmat.

2. Tasty Chicken Fried Noodle
Bila kamu tidak kuat dengan rasa pedas, bisa juga mencoba varian mie Arirang yang satu ini yakni Tasty Chicken Fried Noodle. Mie Arirang varian ini tidak begitu pedas dan cenderung sedikit manis yang berasal dari kecap.

3. Noodle Soup Bone Marrow
Arirang Noodle Soup Bone Marrow ini merupakan varian mie kuah, amat cocok dimakan saat cuaca dingin. Kuahnya yang kental serta creamy membuat mie ini semakin terasa lezat.

Spesifikasi Arirang Keterangan
ProduksiKorea Utara
Varian Arirang Arirang Hot-Hot (Extra Hot Fried Noodle), Tasty Chicken Fried Noodle dan Noodle Soup Bone Marrow
Harga Rp 12.000,- per Oktober 2019

Samyang

Samyang merupakan mie instan yang dibuat dari Negara Korea Selatan ini mempunyai rasa yang begitu terkenal pedasnya dan banyak yang ingin mencoba mie samyang ini. Rasa pedas yang sangat begitu pedas ini membuat para pencoba nya pun terus-terusan untuk mengkonsumsinya.

Selain rasa pedas yang khas yang dipunyai mie samyang ini, porsi yang 2 kali lipat dari mie instan biasanya pun menjadi kepuasaan tersendiri untuk pengonsumsinya.

Mie samyang pun ketika dikirim ke Indonesia diberi label halal, namun masih terdapat mie samyang yang tidak ada label halalnya. Perihal itu juga tidak membuat para penyukanya tidak membeli serta mengkonsumsi mie samyang.

Mie samyang yang berbentuk kemasan maupun cup ini bisa dijual pada kisaran harga Rp 15.000 sampai Rp 22.000. Mie samyang ini biasa dijadikan suatu tantangan dimana yang bisa menghabiskan terlebih dulu dan kuat dengan rasa pedas yang dimilikinya dialah pemenangnya. Perihal ini juga membuat mie samyang terus menjadi mie instan favorit di lingkungan masyarakat.

Lihat juga:  Pilih Mana: Aqua atau Cleo?

Kelebihan Samyang

  • Cocok untuk pecinta pedas
    Samyang terkenal dengan rasanya yang pedas. Hal ini tentu sesuai buat kamu yang hobi dengan rasa pedas. Terdapat beberapa varian Samyang dengan rasa pedas yang bisa kamu pilih.
  • Memiliki banyak varian
    Varian dari Samyang sendiri cukup banyak. Kamu bisa menikmati Samyang ini sesuai dengan selera kamu ya guys.
  • Mudah ditemukan
    Kamu bisa dapatkan Samyang di toko-toko terdekat seperti Alfamart, Indomaret, Lottemart, mall dan toko online pun saat ini sudah banyak yang menjual Samyang. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi jika ingin menikmati makanan ini.

Kekurangan Samyang

  • Tidak semua varian berlabel halal
    Untuk kamu muslim sebaiknya berhati-hati dan lebih teliti kala membeli varian dari Samyang ini. Karena tidak semua varian dari Samyang ini memiliki logo halal di dalamnya.
  • Memiliki rasa yang kurang sesuai
    Sama halnya dengan Arirang, Samyang pun memiliki rasa yang unik khas dari Korea. Untuk itu pastinya tidak semua orang suka dan doyan dengan rasa yang ditawarkan oleh Samyang.
  • Harga mahal
    Jika dibandingkan dengan Arirang, Samyang cenderung memiliki harga yang lebih mahal yaitu sekitar Rp 20.000,- ke atas. Namun tentunya hal ini cukup sesuai untuk mereka pecinta Korea dan makanan pedas.

Varian Samyang

1. Samyang Cheese Ramen
Dengan rasa keju, pedasnya nendang abis. Untuk orang Indonesia rasa ini lumayan bikin nagih. Untuk penggemar pedas, kombinasi rasa keju pada mie ini sudah pasti membuat kamu mau nambah lagi.

2. Samyang Cool Ramen
Jangan ngaku doyan pedas jika belum mencoba varian ini. Ini karena mie rasa Cool Ramen ini pedasnya bahkan 2 kali lipat mie Samyang lainnya. Pedas yang juara bikin kamu para penggila pedas ingin merasakannya lagi.

3. Samyang Curry Hot Chicken Flavour
Dari nama mie nya sudah jelas ini mie pedas. Nah untuk rasa Curry Hot Chicken Flavour ini sudah berlabel halal. Ini artinya aman buat kamu konsumsi. Dibuat di Korea, mie dengan tekstur kenyal ini berasal kari yang nendang banget. Rasa pedas karinya sesuai di lidah orang Indonesia.

4. Samyang Spicy Chicken Ramen
Mie internasional paling sensasional pastinya Samyang. Nah coba nih varian halal lain dengan rasa Spicy Chicken Ramen. Mie ini sangat laris di kalangan anak muda Indonesia.

5. Samyang Nuclear 2x Spicy
Mau yang pedes nya nendang pake banget? Jajal dahulu Samyang Nuclear 2x Spicy. Dari namanya kita tentu dapat memikirkan pedasnya seperti apa. Dengan tingkatan kepedasan double dari mie Samyang lazim, mie ini dibuat limited.

6. Samyang Stew Soup
Siapa bilang mie Samyang cuma ada dalam versi goreng? Ada nih varian kuah dari Samyang yang wajib dijajal. Rasa kuah ayam ini tingkat pedasnya sedikit diatas cool ramen. Oh ya mie ini sudah dapat label halal dari KMF.

7. Samyang Spicy Chicken Roasted Noodles
Rasa nikmat bisa juga kamu dapatkan dari Mie Samyang rasa Spicy Chicken Roasted ini. Mienya begitu kenyal dan ada rasa gurihnya juga. Yang bikin enak yaitu bumbu lezat dan juga pedas yang mendampingi rasa gurih mie.

8. Samyang U-dong Japanese Style Flavor Noodle Soup
Varian lain dari mie instan Samyang yaitu Udong Japanese Style Flavour. Mie ini bertekstur kenyal dan nikmat yang istimewa. Ada sensasi makan udon yang lezat saat menikmati mie satu ini. Bagi penggemar mie udon ala Jepang direkomendasikan menjajal produk ini.

Spesifikasi SamyangKeterangan
ProduksiKorea Selatan
Varian Arirang Samyang Cheese Ramen, Samyang Cool Ramen, Samyang Curry Hot Chicken Flavour, Samyang Spicy Chicken Ramen, Samyang Nuclear 2x Spicy, Samyang Stew Soup, Samyang Spicy Chicken Roasted Noodles dan Samyang U-dong Japanese Style Flavor Noodle Soup
Harga Rp 25.000,- per Oktober 2019

Pilih Mana: Arirang atau Samyang?

Arirang Samyang
Kelebihan- Berlabel halal - Harga terjangkau - Produksi Indonesia - Cocok untuk pecinta pedas - Memiliki banyak varian - Mudah ditemukan
Kekurangan- Tidak semua tempat menjual Arirang - Varian kurang banyak - Kurang sesuai dengan lidah orang Indonesia - Tidak semua varian berlabel halal - Memiliki rasa yang kurang sesuai - Harga mahal

Kesimpulan

Setelah membahas Arirang dan Samyang tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua makanan khas Korea ini memiliki varian dan rasa yang cenderung pedas. Namun saya lebih merekomendasikan Arirang karena sudah pasti memiliki label halal di setiap varian nya ketimbang Samyang yang tidak semua varian nya memiliki label halal. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Arirang vs Samyang

VS

Leave a Reply