Parenting

Pilih Mana: ASI Perah atau Susu Formula?

ASI memang memiliki kandungan yang sangat baik untuk bayi. Meskipun begitu, bayi tidak selamanya bisa mendapatkan ASI langsung dari ibunya. Hal ini disebabkan banyak hal, misalnya sang ibunda sedang bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya sehingga tidak bisa berhubungan langsung dengan sang buah hati. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Cara tersebut antara lain yaitu memberikan ASI perah, atau Anda juga bisa memberikan susu formula kepada buah hati Anda. Dari dua cara tersebut mana yang akan Anda pilih? ASI perah atau susu formula?

ASI perah dan susu formula adalah cara yang dapat Anda lakukan jika Anda terpaksa harus meninggalkan bayi Anda. Kedua cara ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tidak bisa dipungkiri bahwa ASI memiliki kandungan yang sangat baik untuk bayi. Begitu juga dengan susu formula, susu formula juga memiliki zat yang akan membuat bayi merasa kenyang lebih lama.

Baca juga Pilih Mana: Botol Kaca atau Kantong ASI?

ASI Perah

ASI perah merupakan air susu alami seorang ibu yang diperah atau dipompa kemudian disimpan dalam tempat penyimpanan. Tempat penyimpanan ASI perah ini juga harus kuat dan steril. Untuk menentukan tempat penyimpanan ASI perah, Anda dapat membaca artikel kami tentang botol kaca vs kantong ASI. Selain itu, ASI perah ini harus disimpan pada tempat dengan suhu tertentu. Untuk lebih jelas mengenai ASI perah, Anda perlu menyimak artikel berikut sampai selesai.

Kelebihan ASI Perah

Berikut kelebihan-kelebihan ASI perah untuk bayi Anda:

  • Sumber Gizi Sempurna

ASI memiliki kandungan gizi yang berkualitas. Kandungan gizi ini berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan bayi. Zat gizi dalam ASI ini dapat membantu pembentukan sel-sel otak, terutama DHA. Selain itu terdapat zat whey terkandung dalam ASI. Zat ini merupakan protein utama dari susu yang berbentuk cair. Dengan adanya zat ini, protein dalam ASI lebih mudah diserap oleh tubuh bayi.

  • Mudah Dicerna

Bayi dengan usia kurang lebih 5 bulan baru memiliki enzim pencernaan yang sempurna. Berkaitan dengan hal ini, ASI mengandung enzim-enzim yang akan membantu proses pencernaan bayi. Enzim-enzim yang terkandung tersebut antara lain lipase yang berfungsi menguraikan lemak, protease yang berfungsi menguraikan protein dan amilase yang berfungsi mengurai karbohidrat.

  • Komposisi Sesuai Kebutuhan

Zat gizi yang terkandung dalam ASI akan berubah dari hari pertama ke hari-hari berikutnya. Perubahan komposisi ASI ini terjadi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan gizi bayi. Salah satu contoh perubahan komposisi dalam ASI ini adalah kolostrum. Kolostrum ini biasanya akan keluar pada awal-awal kelahiran hingga satu minggu setelah kelahiran. Zat ini terbukti memiliki kadar protein yang lebih tinggi daripada ASI yang keluar setalah 10 hari melahirkan.

  • Mengandung Zat Pelindung

ASI memiliki zat pelindung seperti imunoglobulin dan sel-sel darah putih hidup. Zat-zat ini diperlukan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Kekurangan ASI Perah

Berikut kekurangan ASI perah untuk bayi Anda:

  • Memecah Sel

Salah satu kekurangan ASI perah adalah sel imun dan lipid yang terkandung dalam ASI bisa pecah. Sel ini akan pecah ketika ASI yang telah diperah tersebut dibekukan. Pendingin juga dapat mengurangi konsentrasi askrobat aktivitas antioksidan. Setelah didinginkan para ibu biasanya akan mencairkan ASI perah ini dengan memanaskannya. Cara ini dapat mengakibatkan penurunan drastis unsur zat anti-infeksi pada ASI. Anda sebaiknya mencairkan ASI perah ini dengan cara mendiamkannya saja, bukan memanaskannya.

  • Sedikit Merepotkan

Anda akan sedikit repot jika menggunakan ASI perah untuk sang buah hati. Anda harus memompa terlebih dahulu, memasukkannya ke tempat penyimpanan ASI perah. Menyimpannya di pendingin dan mencairkannya kembali untuk memberikannya kepada bayi. Sedangkan jika menggunakan susu formula Anda tinggal menyeduhnya.

  • Hasil Perahan

Dilansir dari Dream.co.id hasil perahan ASI kadang tidak sesuai dengan produksi ASI yang sebenarnya. Saat menyusukan bayi secara langsung susu akan lebih banyak keluar. Namun saat melakukan pemompaan, produksi ASI lebih sedikit.

Kelebihan ASI PerahKekurangan ASI Perah
- Merupakan sumber gizi sempurna- Memecah sel imun dan lipid
- Mudah dicerna- Sedikit merepotkan
- Mengandung zat pelindung - Hasil perahan tidak sesuai dengan produksi ASI sebenarnya

Susu Formula

Susu formula merupakan susu yang dapat dipakai sebagai pengganti ASI. Susu formula ini dibuat dari susu sapi atau susu buatan yang komposisinya diubah agar sesuai dengan kebutuhan bayi. Banyak orang menggunakan susu formula ini karena berbagai macam alasan.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Botol Kaca atau Kantong ASI?

Kelebihan Susu Formula

Berikut kelebihan-kelebihan yang dimiliki susu formula:

  • Mengandung Zat yang Bisa Merangsang Perkembangan Otak

Susu formula yang di desain khusus untuk bayi biasanya memiliki kandungan yang dapat merangsang perkembangan otak bayi. Kandungan tersebut seperti DHA, EPA serta omega 3 dan omega 6. Jaringan dan sel otak akan sambung menyambung membentuk sinaps-sinaps yang mampu meningkatkan kecerdasan anak, aktivitas ini tentunya dibantu oleh zat-zat tersebut.

  • Bayi Merasa Kenyang Lebih Lama

Susu formula dapat membuat bayi merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan susu formula merupakan makanan yang sulit untuk dicerna bayi. Sehingga Anda dapat melakukan aktivitas tanpa perlu mengkhawatirkan bayi rewel karena kelaparan.

  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Bayi memiliki kekebalan tubuh yang sangat lemah. Mereka mudah sekali terinfeksi oleh bakteri dan terserang penyakit. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memanfaatkan susu formula. Susu formula dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anak.

  • Kualitas Protein yang Banyak

Susu formula mengandung banyak protein yang bermanfaat bagi tubuh bayi. Protein yang banyak ini akan merubah sistem metabolisme tubuh bayi agar lebih baik lagi. Semakin banyak protein dalam tubuh akan semakin baik pula untuk memperbaiki sel yang rusak.

Kekurangan Susu Formula

Berikut kekurangan susu formula yang perlu Anda ketahui:

  • Gizi yang Diserap

Kekurangan susu formula yang pertama yaitu gizi dan protein pada susu formula tidak semuanya bisa diserap oleh tubuh bayi. Protein susu sapi mengandung lebih banyak casein sehingga tidak mudah diserap oleh tubuh bayi.

  • Sulit Dicerna

Susu formula lebih sulit dicerna karena tidak ada enzim pencernaan yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan mengakibatkan menumpuknya sisa pencernaan yang diperoleh dari proses metabolisme. Hal ini akan membuat ginjal bayi bekerja lebih keras.

  • Zat Pelindung

Tidak seperti ASI perah yang mengandung zat pelindung yang banyak, susu formula hanya mengandung sedikit zat pelindung. Imuglobin yang terkandung dalam susu formula ini hanya sedikit, dan sebagian besar merupakan jenis yang sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh bayi.

Kelebihan Susu FormulaKekurangan Susu Formula
- Mengandung zat untuk perkembangan otak bayi- Tidak semua gizi dapat diserap
- Bayi merasa kenyang lebih lama- Sulit dicerna
- Meningkatkan kekebalan tubuh bayi - Memiliki sedikit zat pelindung

Pilih Mana: ASI Perah atau Susu Formula?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara ASI perah dan susu formula. Untuk kembali mengingatkan Anda, perbedaan tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut:

ASI Perah Susu Formula
- ASI yang dipompa dan disimpan - Susu sapi yang mengandung zat yang sesuai dengan kebutuhan bayi
- Alami- Buatan
- Hanya sedikit zat pelindung- Hanya sedikit zat pelindung

Kesimpulan

Dari perbedaan ASI perah dan susu formula di atas, dapat disimpulkan bahwa ASI perah lebih baik daripada susu formula. Meskipun ada sel-sel yang pecah dalam ASI perah, tapi kandungan dalam susu formula tetap tidak bisa mengalahkan kandungan yang terdapat pada ASI.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

ASI Perah vs Susu Formula

VS

Leave a Reply