ElektronikGadgetsTechnology

Pilih Mana: Asus X550IU vs Asus X550VX

Laptop gaming merupakan perangkat yang digemari oleh remaja khususnya mereka yang sangat mencintai game online dan game offline. Dengan laptop gaming, tentunya aktivitas gaming kamu jadi lancar tanpa hambatan karena spesifikasi yang diberikan tentunya mumpuni. Salah satu laptop gaming yang kali ini kita akan bahas adalah Asus X550IU dan Asus X550VX.

Asus X550IU dan Asus X550VX adalah laptop produksi Asus yang memiliki spesifikasi dan detail yang berkualitas. Meski begitu, harga yang ditawarkan tidak semerta-merta melambung tinggi. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari kedua laptop keluaran Asus ini.

Penasaran dengan detail lebih dalam dari kedua laptop ini? Untuk itu pantengin terus Selera.id kali ini agar bisa kamu jadikan referensi dan perbandingan dalam memilih laptop gaming andalan kamu. Stay tune guys!

Asus X550IU vs Asus X550VX

Asus X550IU

Asus X550IU merupakan gaming laptop pertama di Indonesia yang berarsitektur Polaris dengan daya AMD 7th Gen APU Bristol Ridge versi 35 Watt yakni FX-9830P dengan kecepatan sampai 3. 7 GHz.

Ditambah memori RAM tipe DDR4 dengan kapasitas 8GB berkecepatan 2133 MHz yang dapat didongkrak sampai 16GB, karena mempunyai slot ganda.

Soal gudang penyimpanan, laptop berdesain stylish ini memercayakan hard disk dengan kapasitas 1 terabyte (TB). Kerennya, Asus X550IU mempunyai dua kartu grafis: R7 Graphics (512 SP) yang ada di dalam APU AMD FX-9830P dan Radeon RX 460.

R7 Graphics akan bekerja saat kamu cuma memakai laptop untuk aktivitas sehari-hari di Windows, sedangkan Radeon RX 460 akan aktif ketika kamu bermain game berat. Namun, kamu juga dapat mengaktifkan keduanya secara manual.

Radeon RX 460 dilengkapi memori 4GB dengan tipe GDDR5, yang didukung 896 Stream Processor atau sama seperti varian desktopnya. GPU Radeon RX 460 mempunyai kecepatan 1180 MHz, sementara memorinya berkecepatan 5000 MHz. Baca juga Pilih Mana: Lenovo Legion atau Asus ROG?

Asus X550IU vs Asus X550VX

Kelebihan Asus X550IU

  • Dapur pacu kencang
    Pada prosesornya menggunakan APU AMD FX-9830P yang berbasis arsitektur Bristol Ridge. Perlu kamu ketahui ini merupakan APU laptop tercepat dari AMD saat ini. Pada bagian grafis, memakai AMD Radeon RX 460 yang sama seperti versi desktop. Jadi tidak ada pemotongan performa lagi, akan sama optimal seperti menggunakan PC yang ukuran besar.
  • Bobot ringan
    Bobot dari laptop ini cuma 2,2 kg untuk ukuran laptop 15,6″, tergolong cukup ringan. Bandingkan dengan merk sebelah yang beratnya bisa mencapai 3,1 kg, tentu ini merupakan nilai tambah mengenang portabilitas merupakan hal penting untuk laptop.
  • Harga cukup murah
    Harga yang ditawarkan oleh laptop gaming ini sekitar Rp 10.899.000,- per November 2019. Berdasarkan spesifikasi yang diusungnya, laptop gaming Asus X550IU ini termasuk sangat menggoda dan kompetitif di kelasnya.

Kekurangan Asus X550IU

  • Memiliki bodi Glossy Finishing
    Kelemahan dari glossy finishing adalah selain licin saat dipegang, juga gampang tergores benda tumpul serta gampang meninggalkan jejak sidik jari. Jadi, untuk kamu yang tangannya berkeringat, mesti rajin membersihkan bagian cover supaya selalu terlihat bersih serta berkilau.
  • Prosesor yang masih kurang
    Menurut beberapa pemakainya, laptop gaming ini memiliki prosesor yang sedikit kurang memuaskan jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya. Namun untuk urusan grafis, laptop ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hal ini dirasa maklum mengingat harganya yang terbilang cukup ekonomis.
  • Tidak dilengkapi dengan SSD
    Laptop gaming ini tidak dilengkapi dengan slot SSD. Tentunya ini menyulitkan para penggunanya jika ingin menyimpan data atau informasi yang cukup penting. Ini merupakan kekurangan yang cukup menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli laptop ini.

Asus X550VX

Mulai dari CPU (Processor), RAM (Memory), dan GPU (Video Card) mendapat update pada Asus X550VX. Intel core i7 6700HQ menggantikan Intel core i7 4710HQ pada seri terdahulu. RAM DDR4 juga telah dipakai menggantikan versi JX yang masih memakai DDR3.

Sayangnya, seri ini tetap cuma menyediakan satu slot Slot SoDimm, karena Dimm primary dibuat onboard dengan dua kapasitas pilihan, 4GB atau 8GB DDR4 pc 2133MHz.

Dengan 4GB tertanam, berarti kamu mempunyai kesempatan untuk meningkatkan kapasitas RAM cuma sampai 20GB, dengan menambah 1 keping RAM 16GB DDR4 pada slot yang tersedia.

Asus X550IU vs Asus X550VX

Untuk GPU, walau sepintas sama-sama memakai Nvidia Geforce GTX950M, ternyata versi yang dipakai berbeda. Asus X550VX telah memakai Geforce GTX950M versi GDDR5. Serupa dengan yang ditawarkan Xenom Pegasus PS15S. Keuntungan ini amat berguna untuk konsumen baik level gamers maupun profesional.

Karena Geforce GTX950M versi GDDR5 memiliki kans yang kuat memberikan performa tak jauh dari geforce GTX960M pada beberapa skenario.

Untuk sisi storage dan display panel, sayangnya Asus tidak memberikan sentuhan baru. Tetap mempercayakan HDD berbasis piringan berkecepatan 5400 rpm dengan kapasitas 1TB. Untuk menjadikan versi ini tetap dalam “orbit”-nya, tidak akan kamu temukan slot SSD pada Asus X550VX.

Kelebihan Asus X550VX

  • Desain klasik
    Dari segi tampilan desain, Asus X550VX ini terlihat seperti kebanyakan laptop Asus X series lainnya. Cuma tampilannya saja yang terlihat lebih tegas dan gahar. Ditambah terdapat kombinasi warna merah untuk warna character keyboard dan pada bagian tepi touchpadnya.
  • Memakai Intel Skylake untuk dapur pacu
    Performa yang tinggi merupakan keunggulan utama yang ditawarkan oleh laptop gaming Asus X550VX ini. Dengan mengusung dukungan processor Intel Core i7-6700HQ Skylake Quad-Core berkecepatan 2.6GHz dan 6M Cache, tentunya akan menjanjikan performa yang handal dari segi pemrosesan datanya. Processor ini pula digabungkan dengan RAM berkapasitas 8GB jenis DDR4 2133MHz.
  • Grafis memukau
    Pada bagian grafis laptop Asus X550VX ini menggantungkan graphics dari Intel HD Graphics yang dipadukan dengan Nvidia GeForce GTX950M versi GDDR5. Kartu grafis ini sanggup bekerja 3x lebih cepat dibanding GeForce GTX650M. Pada kebanyakan game yang bisa dimainkan, GTX950M ini sanggup menjalankan game terbaru dengan resolusi 1080p tanpa perlu khawatir kehabisan memori.

Kekurangan Asus X550VX

  • Tidak dilengkapi dengan SSD
    Sama seperti Asus X550IU tadi diatas, Asus X550VX juga tidak dilengkapi dengan slot SSD. Laptop ini tentunya kurang sesuai untuk kamu yang ingin menyimpan data atau informasi dengan jumlah yang banyak.
  • Tidak dibekali Windows
    Jika kamu ingin memakai Windows pada laptop ini, maka kamu harus meng-isntallnya terlebih dahulu satu-persatu karena laptop ini tidak dibekali Windows bawaan. Tentunya ini cukup merepotkan para penggunanya jika ada keperluan dengan Windows.
  • Touchpad kerap panas
    Touchpad pada laptop ini dirasa sering panas oleh beberapa penggunanya. Panas touchpad lebih terasa di bagian kanan dibanding di sebelah kiri. Hal ini mungkin diakibatkan oleh panasnya Hardisk.
Spesifikasi Asus X550IUAsus X550VX
ProsesorAMD® Bristol Ridge FX-9830P Processor Intel® Core™ i7 7700HQ Processor
Sistem operasi DOS Endless OS
Memori8 GB DDR4 2133MHz SDRAM, 1 x SO-DIMM socket for expansion, up to 16 GB SDRAM DDR4 2133 MHz SDRAM, OnBoard Memory 8 GB , 1x DIMM socket, DIMM Up to 16 G
Display15.6" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Glare 60Hz Panel with 45% NTSC 15.6" Auto Full HD (1920x1080)
GrafisAMD AMD Radeon RX 460 , with 4GB, GDDR5 VRAM NVIDIA® GeForce® GTX 950M 2GB GDDR5
Harga per November 2019Rp 10.899.000,-Rp 9.799.000,-

Asus X550IU vs Asus X550VX

Tips memilih laptop gaming

Memilih laptop gaming tentunya tidak bisa sembarangan. Diperlukan beberapa pertimbangan agar kamu tidak menyesal saat sudah memilikinya. Untuk itu berikut ini beberapa tips memilih laptop gaming agar aktivitas bermain game kamu jadi lebih menyenangkan.

1. Processor
Perhatikan processor yang dipakai pada laptop yang akan kita pilih, kita bisa memilih processor dari Intel maupun AMD, untuk yang ingin performa yang stabil dan tidak cepat panas saya lebih cenderung menganjurkan memilih processor dari Intel.

2. Kartu grafis atau VGA
Memilih kartu grafis (graphic card/VGA) amat berpengaruh pada tampilan serta kualitas disaat kita memainkan game, khususnya untuk game-game skala berat.

3. Perhatikan Ukuran RAM
RAM yang besar juga sangat berpengaruh pada kelancaran, dan juga menunjang kinerja laptop saat dipakai. Jika kapasitas RAM masih dibawah 4GB lebih baik pikir-pikir dulu sebelum membelinya.

4. Penyimpanan
Media penyimpanan pada laptop, yang umumnya berupa harddisk merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Pilihlah harddisk dengan kapasitas yang besar, karena game-game yang akan dimainkan di laptop umumnya membutuhkan resource yang sangat besar.

5. Ukuran dan resolusi layar
Tampilan pada layar merupakan fokus utama saat bermain game, oleh sebab itu ukuran layar yang pas dan juga resolusi layar yang baik sangat diperlukan untuk menunjang keasyikan bermain game.

6. Daya tahan baterai
Daya tahan baterai laptop merupakan hal yang sering menjadi masalah, karena dipakai untuk kebutuhan yang memerlukan kinerja yang berat, baterai laptop gaming menjadi cepat boros.

7. Kualitas audio speaker
Kualitas audio yang dihasilkan oleh laptop gaming juga bisa menjadi bahan pertimbangan karena kualitas yang bagus dari audio yang dikeluarkan akan menambah keseruan dalam bermain game.

8. Harga
Bila semua hal diatas sudah terpenuhi, maka yang terakhir sekaligus penentu pertandingan yakni harga. Harga yang ditawarkan oleh laptop gaming tidaklah murah, jadi sebaiknya pastikan dengan teliti sebelum membeli, apakah kualitas yang didapat sudah cocok dengan harga yang dibayarkan.

Pilih Mana: Asus X550IU vs Asus X550VX

Asus X550IUAsus X550VX
Kelebihan- Dapur pacu kencang - Bobot ringan - Harga cukup murah - Desain klasik - Memakai Intel Skylake untuk dapur pacu - Grafis memukau
Kekurangan- Memiliki bodi Glossy Finishing - Prosesor yang masih kurang - Tidak dilengkapi dengan SSD - Tidak dilengkapi dengan SSD - Tidak dibekali Windows - Touchpad kerap panas

Kesimpulan

Setelah mengulas lebih dalam mengenai Asus X550IU dan Asus X550VX tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa dapur pacu, desain dan beberapa spesifikasi lainnya yang diusung kedua laptop ini tentunya mumpuni untuk aktivitas gaming maupun penggunaan biasa. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan laptop gaming andalan kamu sesuai selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Asus X550IU vs Asus X550VX

VS

Leave a Reply