Pilih Mana: Asus Zenfone Max M2 Pro atau Samsung M20?

Seperti yang banyak diketahui orang jika semakin hari akan semakin banyak produk elektronik khususnya smartphone atau handphone yang dikeluarkan atau dirilis oleh perusahaan elektronik. Seperti merek dari Asus dan Samsung, kedua merek atau brand perusahaan elektronik ini banyak mengeluarkan tipe smartphone dengan spesifikasi yang baik.

Seperti tipe Asus Zenfone Max M2 Pro atau Samsung M20. Kedua tipe banyak menjadi incaran oleh semua orang. Disini kami akan menjelaskan mengenai kedua tipe smartphone tersebut. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Asus Zenfone Max Pro M2

Asus merupakan suatu industri berbasis di Taiwan yang memproduksi komponen komputer seperti papan induk, kartu grafis, dan notebook. Asus memproduksi, telepon genggam, monitor LCD, tablet dan produk komputer lainnya. Pesaing utamanya termasuk MSI, dan Gigabyte. Asus banyak diseleksi pengguna karena berani memberikan garansi 2 tahun untuk produk notuytv yang dibuatnya.

Pada tahun 2014 Asus menggandeng PT Dragon Computer dan Communication untuk menjadi distributor utama notebook dan tablet di Indonesia dan berhasil menjadi merek nomor satu sampai saat ini(menurut data IDC dan GFK). Asus yang merupakan industri”Public” sudah mencatat pada lantai Bursa Efek Taiwan dengan kode 2357 dan daftar sekunder di London Stock Exchange dengan kode ASKD.

Asus Zenfone Max Pro M2 merupakan smartphone atau handphone yang jadi penerus Asus Zenfone Max Pro M1. Kedatangan Asus Zenfone Max Pro M1 yang cukup heboh dan laris keras, membuat Asus mau meneruskan estafet kesuksesan itu melalui Asus Zenfone Max Pro M2, yang kali ini menawarkan spesifikasi yang lebih bagus.

Berikut spesifikasi Asus Zenfone Max Pro M2:

Asus Zenfone Max Pro M2 menggunakan penampilan kuat dari prosesor Qualcomm Snapdragon 660 yang memberikan kalian keahlian untuk melakukan apapun yang kalian mau. Baterai 5000mAh yang kuat sangat sesuai untuk main mobile gaming maupun menonton film dalam waktu yang lama, tidak hanya itu ZenFone Max Pro M2 juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6 pada bagian layar depannya.

Sistem AI Dual Camera yang dilengkapi dengan sensor Sony dapat menangkap foto yang sangat memukau setiap dikala dengan objek apapun, tanpa harus berpikir bagaimana cara mengaturnya. Kamera depan Asus Zenfone Max Pro M2 muncul dengan kamera 13 MP, F atau 2.0. Kamera depan ini mampu menghadirkan hasil selfie yang bagus, terlebih terdapat fitur Beauty di dalamnya.

Kelebihan Asus Zenfone Max Pro M2

Desain Mewah Layaknya Flagship

Asus Zenfone Max Pro M1 sebelumnya menggunakan bodi berbahan metal, tetapi kali ini Asus telah beralih menggunakan polycarbonat untuk bodi bagian belakang, yang menghasilkan efek glossy. Penggunaan bahan ini membuat Max Pro M2 terlihat lebih mewah, premium, dan juga lebih tipis.

Selain itu, Asus juga menghilangkan garis antena pada bagian belakang Max Pro M2, sehingga menambah kesan minimalis dan elegan pada desainnya.

Kapasitas Baterai Besar

Asus telah melengkapi Max Pro M2 sebagai smartphone khusus gaming dengan baterai berkapasitas sangat besar, yakni 5.000 mAh. Bahkan, ponsel ini diklaim dapat bertahan selama dua hari. Dengan kapasitas sebesar itu, kalian tidak perlu khawatir kehabisan daya saat bermain game.

Performa yang Lancar

Smartphone kelas menengah ini menawarkan kinerja yang sangat baik dengan harga yang terjangkau, berkat chipset Snapdragon 660 yang dapat mencapai skor AnTuTu lebih dari 130.000, mengungguli Xiaomi Note 6 Pro yang mendapat skor kurang dari 120.000.

Selain itu, smartphone ini mampu menjalankan berbagai jenis game, termasuk game berat dengan pengaturan grafis tinggi, tanpa kendala yang berarti.

Dilengkapi Fitur EIS

Walaupun dirancang untuk gaming, kualitas video yang disuguhkan oleh Zenfone Max Pro M2 terbilang sangat baik. Selain mampu merekam video dengan resolusi Full HD pada 60 fps, Max Pro M2 juga dilengkapi dengan fitur EIS atau Electronic Image Stabilizer.

Fitur ini memberikan hasil video yang cukup stabil baik pada kamera belakang maupun depan, menjadikan ponsel pintar ini sebagai alternatif yang menarik untuk vlogging.

Kekurangan Asus Zenfone Max M2 Pro

Kualitas Kamera yang Biasa Saja

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera smartphone ini memang tidak menjadi nilai jual utamanya, sehingga tidak mengherankan jika terasa biasa saja. Meskipun telah mengalami peningkatan dari versi sebelumnya, masih banyak smartphone dengan harga yang sama yang memiliki kualitas foto yang lebih baik.

Masih Menggunakan microUSB 2.0

Saat para pesaing telah beralih menggunakan port USB Type-C, Asus masih mempertahankan penggunaan port USB 2.0 yang sudah usang. Meskipun demikian, dengan USB Type-C, transfer file dapat dilakukan lebih cepat dan lebih fleksibel karena konektor dapat disambungkan dari berbagai arah.

Samsung M20

Samsung Group merupakan salah satu industri elektronik terbanyak di dunia. Dibuat oleh Lee Byung- chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, industri ini beroperasi di 58 negara serta mempunyai lebih dari 208. 000 pekerja. Sampai saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merk terbanyak di dunia dengan menghasilkan handphone pintar yang menjadi pemenang dalam persaingan pasar uang pasar kerja.

Samsung merupakan salah satu konglomerat(chaebol) Korea Selatan terbanyak yang bermula sebagai industri ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat bertumbuh ke aspek yang lain.

Sekarang ini, Samsung bekerja dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi(telepon genggam dan jaringan), perlengkapan rumah tangga digital(termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dan lainnya), alat digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor(termasuk alat berat).

Samsung mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan ekonomi, politik, alat dan budaya Korea Selatan dan sudah menjadi kekuatan pendorong penting dibalik fenomena” Keajaiban di Sungai Han”.

Galaxy M20 merupakan salah satu model perdana dari lini handphone baru” Galaxy M” yang menyasar pasaran kelas menengah. Samsung membanderol Galaxy M20 dengan harga relatif terjangkau di Indonesia, yakni Rp 2. 799. 000. Daris segi desain Samsung Galaxy M20 mengusung layar” Infinity- V” dengan diagonal 6,3 inci, resolusi 2. 340 x 1.080 piksel(aspect ratio 19, 5: 9), dan poni kecil di bagian atasnya.

Berikut spesifikasi Samsung M20:

Galaxy M20 juga menjadi ponsel awal Samsung di Indonesia yang mempunyai notch. Poni model” waterdrop” itu memuat kamera selfie dengan resolusi 8 megapiksel. Di bagian belakang, Galaxy M20 dilengkapi pemindai sidik jari. Terdapat juga kamera ganda dengan kamera utama 13 megapiksel(f atau 1. 9) dan kamera kedua 5 megapiksel(f atau 2. 2) yang mempunyai perspektif ultra wide selebar 120 derajat.

Galaxy M20 dibekali kamera ganda di punggung. Salah satu kamera mempunyai resolusi 13 megapiksel dengan lensa f atau 1.9, lainnya 5 megapiksel dengan lensa ultra wide angle selebar 120 derajat dan bukaan f atau 2.2. Terdapat juga kamera selfie 8 megapiksel di poni kecil di bagian depan layar Galaxy M20 yang berukuran 6,3 inci(2. 340 x 1.080 piksel, aspect ratio 19, 5: 9) dengan sebutan” Infinity- V”.

Kelebihan Samsung M20

Baterai yang Besar dan Irit

Keunggulan utama dari Galaxy M20 adalah baterainya yang besar, yang tidak sering ditemui pada ponsel pintar Samsung sebelumnya. Dengan baterai Li-Po 5.000 mAh, ponsel ini mampu bertahan lama saat digunakan untuk bermain game.

Baterai Galaxy M20 mampu bertahan sepanjang hari dan bahkan masih memiliki sisa daya untuk digunakan keesokan harinya, setidaknya untuk setengah hari.

Dilengkapi Fast Charging

Fitur pengisian cepat pada smartphone ini sangat bermanfaat ketika digunakan secara tiba-tiba. Dari kondisi baterai 0% hingga 100%, hanya butuh waktu 2 jam saja. Ini mengejutkan karena pada umumnya, smartphone dengan kapasitas baterai sebesar itu membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk diisi ulang dari nol hingga penuh.

Menggunakan USB Type-C

Samsung M20 merupakan smartphone yang dijual dengan harga yang terjangkau, namun sudah dilengkapi dengan port USB Type-C yang umumnya digunakan pada smartphone kelas menengah hingga premium saat ini. Port USB tipe ini adalah versi terbaru yang memiliki kemampuan mentransfer data secara lebih cepat daripada versi sebelumnya.

Kekurangan Samsung M20

Ukuran RAM yang Kecil

Untuk handphone seukuran ini, Samsung Galaxy M20 hanya memiliki RAM 3 GB. Setelah dipotong oleh sistem dan aplikasi yang berjalan, hanya tersisa sekitar 1 GB RAM. Meskipun angka ini terbilang kecil mengingat banyaknya aplikasi yang memerlukan RAM besar, namun jika tidak sering melakukan multitasking, hal ini mungkin tidak menjadi masalah yang besar.

Tidak Mendukung NFC

NFC diperlukan untuk transaksi digital atau untuk mempermudah menghubungkan perangkat satu dengan yang lain. Namun, disayangkan fitur ini tidak ada pada Galaxy M20, mungkin karena Samsung sengaja tidak menyertakannya untuk menjaga agar harga jualnya tetap terjangkau.

Perbandingan Asus Zenfone Max M2 Pro dan Samsung M20

Asus Zenfone Max M2 ProSamsung M20
Kelebihan- Desain Mewah Layaknya Flagship
- Kapasitas Baterai Besar
- Performa yang Lancar
- Dilengkapi Fitur EIS
- Baterai yang Besar dan Irit
- Dilengkapi Fast Charging
- Menggunakan USB Type-C
Kekurangan- Kualitas Kamera yang Biasa Saja
- Masih Menggunakan microUSB 2.0
- Ukuran RAM yang Kecil
- Tidak Mendukung NFC
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kedua tipe tersebut yaitu Asus Zenfone Max M2 Pro atau Samsung M20 adalah smartphone yang berasal dari perusahaan elektronik ternama. Dan juga kedua merek tersebut yaitu Asus dan Samsung banyak mengeluarkan smartphone yang canggih dengan spesifikasi yang baik.

Dan juga keduanya dijual dengan harga yang terbilang standar untuk sejenis smartphone. Jadi sesuaikan selera kalian saja, lebih suka merek smartphone Asus atau Samsung. Kamu juga dapat membeli kedua produk tersebut di toko offline dan juga online.

Anda Pilih Asus Zenfone Max M2 Pro atau Samsung M20?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!