Aplikasi

Pilih Mana: Babe atau UC News?

Apakah Anda hobi membaca berita secara online? Jika iya, pasti sudah tahu dengan aplikasi UC News ataupun Babe. Kedua aplikasi penyedia berita lokal maupun luar negeri ini memang sering dijadikan platform berbagai portal berita atau informasi. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah manakah yang lebih baik antara kedua aplikasi tersebut? Bingung kan? Maka dari itu, mari kita lihat penjelasannya antara Babe atau UC News di bawah ini.

Babe

Sesuai namanya, Babe merupakan singkatan dari Baca Berita Indonesia, dimana aplikasi ini menjadi aplikasi hiburan untuk membaca berita dan cerita yang berada di Indonesia. Berbagai artikel terkandung di dalamnya, baik politik, kesehatan, gosip, otomotif, bahkan dunia Kpop sekalipun. Di Babe juga, Anda bisa memberikan komentar-komentar di dalam berita, dengan syarat login terlebih dahulu. Baca juga Pilih Mana: Opera Mini atau UC Browser?

Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi Babe? Aplikasi ini ternyata sangat mudah digunakan. Anda tinggal memilih berita-berita yang ingin dibaca. Untuk lebih memudahkan pengguna, Babe telah mengurutkan kategori-kategori yang pengguna sukai. Dengan demikian, Anda jadi lebih nyaman untuk membaca berita yang diminati saja.

Aplikasi Babe adalah aplikasi yang membuat beberapa situs berita dalam satu aplikasi. Babe mengumpulkan berita dari berbagai situs di Indonesia, contohnya Vivanews, Kompas.com dan bahkan Tempo.com. Babe menampilkan berita paling populer untuk para pembaca tanpa mereka harus pergi ke satu homepage saja.

Aplikasi Babe memiliki keunggulan dalam pengelompokan berita, ada lebih dari 20 kategori yang disajikan Babe termasuk Selebriti, Hiburan, Travel, Sepak Bola, dan Politik. Bukan hanya itu, Babe juga menyediakan kategori Topics Ngetrend, kolom yang menampilkan berita yang lebih sering dibicarakan banyak orang.

Ada banyak kelebihan lain dari Babe yang sangat disayangkan jika kita tidak memiliki aplikasi ini di gadget kita. Aplikasi Babe ini sangat ringan, tidak boros kuota dan tentunya tidak membuat lemot gadget kita. Seperti penyedia berita lainnya, Babe juga memiliki fitur Search untuk pengguna yang ingin mencari berita dengan kata kunci tertentu. Babe juga bebas iklan, jadi tenang saja kita tidak akan terganggu dengan iklan yang sama di saat-saat serius membaca berita.

UC News

UC News ialah platform yang mengumpulkan penyedia konten lokal dan media baru di satu tempat dan membantu menyebarkannya ke jutaan pengguna ponsel Indonesia yang telah lama menikmati pengalaman browsing cepat di aplikasi UC Browser. UC News sendiri menjadi aplikasi yang cukup mudah digunakan dengan fitur yang cukup unik dan merupakan tempat yang paling tepat bagi Anda yang ingin mencari berita terbaru, trending dan akurat.

Anda juga bisa menemukan berbagai jenis kategori berita yang disajikan dalam kategori yang disediakan seperti topik berita harian, bola, teknologi, hiburan, film, gaya hidup, kesehatan, humor dan lain-lain.

Aplikasi UC News akan mendeteksi dan mencocokkan kata kunci (keyword) yang populer di media sosial seperti Facebook dan Twitter, kemudian juga membantu mengatur jenis berita paling tren untuk direkomendasikan kepada Anda. Pengguna UC News juga dapat memilih untuk berlangganan jenis konten yang mereka minati.

Agar semua pendapat berharga disalurkan, UC News berencana untuk bekerja sama dengan penerbit independen dan pemimpin opini (key opinion leader) untuk menghasilkan konten asli nan original untuk Anda. Anda pun dapat medownload UC News secara gratis sekarang di Google Play.

Semantara itu, UC We-media menjadi platform wemedia dari UC News yang memiliki misi untuk menjadi platform di mana ribuan penyedia konten dapat mencapai jangkauan yang lebih luas, menciptakan dan meningkatkan merek pribadi serta memperoleh sumber pendapatan alternatif.

Program UC We-media juga merupakan alat untuk membantu penyedia konten dan siapapun yang ingin menjadi penyedia konten demi mencapai jangkauan yang lebih besar, meningkatkan visibilitas dan bersaing dengan penyedia konten terbaik dan terpopuler. Perusahaan akan menyediakan lapangan bermain bagi penyedia konten dengan kesempatan yang sama.

Lihat juga:  Pilih Mana : OVO atau T-Cash?

Perbedaan Babe dan UC News

Gambaran umum dari tampilan masing-masing halaman Babe dan UC News memiliki ciri khas tersendiri. Jika UC News lebih menyoroti logo Rusa termasuk pemuatan animasi Rusa yang sedang berjalan. Sementara Babe lebih menonjolkan logo Babe (disebut Ayah dalam Betawi) yang mengenakan tutup kepala atau peci dengan kumis tebal. Aplikasi ini juga bisa diunduh, baik di App Store maupun Google Store hingga mencapai lebih dari 10 juta pengguna.

Secara pribadi, tampilan yang ditampilkan lebih ringan ketika menggunakan UC News baik via ponsel maupun via PC. Selain itu, pengguna yang telah mendownload UC News mencapai 50 juta kali, meski saat ini hadir namun strategi yang diluncurkan oleh UC News cukup mengasyikkan terutama untuk menarik media cetak dan penulis tanah air.

Tampilan Babe sedikit kurang menarik, namun nampak sederhana termasuk ada bidang pencarian yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Kemudian, aplikasi Babe dapat dengan mudah menemukan berita terbaru, rekomendasi, paling populer dan yang paling banyak komentar.

UC News cuma menampilkan berita populer saja dan itu pun tidak semuanya baru, sehingga sangat sulit untuk menemukan tulisan paling terbaru. Tetapi kelebihan yang ditawarkan dari UC News adalah dengan kolom langganan. Anda bisa mengikuti penulis yang menarik dan menantikan salah satu tulisan mereka dan fitur inilah yang tidak dimiliki oleh Babe.

Pada berita dari media berlangganan UC News memang sedikit berkualitas rendah bagi kami secara pribadi, seolah hanya menjual berita sensasional. Bahkan, penulis yang bergabung dengan UC News membutuhkan pilihan yang ketat untuk lolos. Masalah ini perlu segera diperbaiki supaya UC News memiliki penulis-penulis yang berkualitas.

Secara keseluruhan, UC News dan Babe adalah sebuah aplikasi dimana berita dimuat dari seseorang selain perusahaan itu sendiri. Keduanya sama-sama memberikan reward kepada penulis yang mampu memberikan berita yang bisa membuat mereka menjadi trending topic di Indonesia. Perbedaan antara keduanya yang sangat mencolok saat Anda mencobanya yaitu:

– UC News memungkinkan sumber untuk ditulis secara lengkap, sedangkan Babe tidak menempatkan sumber karena masalah plagiarisme
– Reward UC News untuk penulis dalam bentuk Dollar, sementara Babe dalam bentuk uang Indonesia
– UC News mengizinkan tanpa foto, dengan free cover atau banner tidak mengikuti aturan pixel, sedangkan Babe memiliki minimal 2 foto asli dan cover atau banner dengan resolusi 700 x 350 piksel
– Pengguna UC News lebih banyak dari Babe
– Program di UC News lebih banyak daripada Babe

Pilih Mana: Babe atau UC News?

Babe NewsUC News
- Babe dalam bahasa betawi memiliki arti ayah, sehingga logonya pun menggambarkan laki-laki tua berkumis- Tampil dengan mengedepankan logo rusa
- Tampilan lebih sederhana dan dapat dengan mudah menemukan berita terbaru- Hanya menampilkan berita terbaru dan pembaca dapat berlangganan
- Babe memberikan reward dalam bentuk uang Indonesia- Reward UC News untuk penulis dalam bentuk Dollar

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita sudah mengetahu apa saja kelebihan dan kekurangan antara UC News dan Babe. Dari pengamatan kami, aplikasi UC News lebih baik dibandingkan Babe, namun jika Anda mencari berita yang paling terbaru, Anda bisa membacanya di Babe. Bagaimana pendapat Anda sendiri?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Babe vs UC News

VS

Leave a Reply