Makanan dan MinumanMasak

Pilih mana : Beras Shirataki vs Beras Basmati ?

Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut ‘palea‘ (bagian yang ditutupi) dan ‘lemma‘ (bagian yang menutupi).Beras yang merupakan makanan pokok di kehidupan sehari-hari sangat berperan penting untuk memenuhi sumber karbohidrat di dalam tubuh manusia. 

Beras dimanfaatkan terutama untuk diolah menjadi nasi, makanan pokok terpenting warga dunia. Tidak hanya diolah menjadi beras, tetapi juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue, utamanya dari ketan, termasuk pula untuk dijadikan tapai

Selain itu, beras merupakan komponen penting bagi jamu beras kencur dan param. Minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin. Berbagai macam jenis berat mulai dari beras yang mengandung karbohidrat tinggi, beras yang cocok dikonsumsi untuk menjalankan program diet, serta beras yang bisa menghindari resiko penyakit berat seperti penyakit jantung.

Di artikel kali ini kami akan memaparkan perbedaan beras shirataki dan beras basmati, mulai dari kelebihan dan kekurangan mengkonsumsi kedua beras tersebut, serta kesimpulan dari kedua beras tersebut yang cocok untuk kamu konsumsi. Yuk simak artikelnya sampai selesai.

Beras shirataki 

Shirataki adalah beras yang terbuat dari iles-iles atau umbi sayuran yang tumbuh di hutan. Beras ini sangat rendah karbohidrat dan kalori sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang mengatur pola makan sehat. Tekstur dari beras ini transparan dan hal inilah yang membedakan beras shirataki dengan beras biasa. Masalah rasa, sama saja dengan beras biasa.

Selain kandungan kalori dan karbohidrat yang sangat rendah, glukomanan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut hasil sistematis dari 14 studi, glukomanan dapat menurunkan kolesterol sebesar 19 mg/dL, kolesterol LDL “jahat” sebesar 16 mg/dL, trigliserida sebesar 11 mg/dL, dan gula darah sebesar 7,4 mg/dL.

Beras shirataki terbuat dari zat bernama glukomanan yang dimana salah satu jenis serat makanan alami yang larut dalam air, yang diambil dari ekstrak akar ubi gajah atau dikenal dengan konjak. Memiliki kandungan 40% berat kering ubi gajah yang berasal dari Asia Tenggara. Baca juga: Pilih mana: iPhone 12 vs Samsung S20 Ultra?

Glukomanan terkenal memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Bahkan, glukomanan kerap disebut “zero calorie” karena hampir tidak memiliki kandungan kalori atau nol kalori dan nol karbohidrat karena mengandung kalorinya yang sangat rendah, glukomanan dalam beras shirataki dikenal sebagai bahan yang efektif untuk diet.

Manfaat beras shirataki 

  • Membantu melancarkan sistem pencernaan

Terdapat Glucomannan pada beras shirataki yang mengandung polisakarida yang akan mengembang karena menyerap air, sehingga berguna untuk pencahar alami. Glucomannan juga berperan sebagai prebiotic, yaitu zat yang membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

  • Membantu menurunkan berat badan

Manfaat beras shirataki juga dapat membantu menurunkan berat badan karena terdapat serat Glucomannan yang dapat membantu kamu yang sedang melakukan program diet.

  • Mengontrol gula darah

Beras shirataki juga merupakan makanan yang baik untuk penderita diabetes karena dapat membantu penderita diabetes dengan cara menunda proses pengosongan alami lambung. Hal ini dapat membantu penyerapan gula secara bertahap dan menurunkan kadar gula darah setelah makan. Mengonsumsi makanan kaya Glukomanan dapat menurunkan kadar gula dan meningkatkan kadar insulin di dalam darah.

  • Bebas kalori

Manfaat nasi shirataki pertama adalah rendahnya kalori dan karbohidrat. Nasi shirataki dikonsumsi oleh wanita Jepang secara teratur agar tetap langsing. Selain bebas kalori, nasi ini juga bebas kedelai dan bebas gluten sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki alergi kedelai dan gluten.

Kelebihan Mengkonsumsi Beras Shirataki 

  • Menurunkan berat badan 

Beras shirataki yang terbuat dari iles-iles dan umbian sayuran yang sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet dan menurunkan berat badan kamu.

  • Tinggi serat 

Nasi shirataki itu tinggi serat dengan karakteristik bisa menyerap air menjadi gel. Dengan begitu, ketika makan nasi shirataki, cairan di dalam nasi tersebut diserap dan diubah menjadi gel, supaya kita lebih cepat kenyang. Selain itu, ada pula kandungan prebiotic, artinya bisa merawat bakteri baik di dalam sistem pencernaan kita guna untuk menjaga tubuh lebih sehat dan pencernaan lebih baik. 

Kekurangan Beras Shirataki 

  • Sulit gemuk atau naik berat badan
Lihat juga:  Pilih mana: Mixer Cosmos vs Mixer Oxone?

Beras merah memang efektif digunakan untuk menurunkan berat badan atau diet. Tapi, jika dikonsumsi terus menerus tanpa gizi yang seimbang, maka tubuh kita akan kekurangan gizi bahkan mengalami gizi buruk. Alangkah lebih baiknya saat mengkonsumsi beras merah imbangi dengan makan makanan bergizi dan sehat.

Beras basmati 

Beras basmati merupakan beras yang berasal dari Pakistan dan India. Beras basmati adalah beras yang sering digunakan untuk membuat nasi briyani. Pada umumnya, beras basmati memiliki bentuk yang lebih panjang dari beras yang lainnya.

Dengan tekstur yang tidak mudah lengket dibandingkan dengan beras lainnya. Namun untuk harga beras basmati relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga beras lainnya. Hal tersebut terjadi karena beras basmati hanya dapat tumbuh di Utara India dan Pakistan saja, karena itu harganya lebih mahal dari beras lainnya.

Jika kamu ingin mencoba beras basmati ini, jangan khawatir harus ke Pakistan atau India dulu. Di Indonesia juga ada, kamu bisa menemukan beras basmati ini di toko India atau toko milik orang Arab yang ada di pasar swalayan tradisional.

Terdapat dua jenis warna beras basmati yaitu beras basmati coklat dan beras basmati putih. Dengan perbandingan yang berbeda.

Kelebihan Beras Basmati 

  • Rendah arsenik

Dibandingkan beras lainnya, beras basmati sangat rendah arsenik, terutama beras basmati putih. Arsenik adalah komponen yang bisa membahayakan kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

  • Mencegah alzheimer dan demensia

Beras basmati bagus lho untuk kesehatan otakmu, bahkan juga dapat mencegah kamu terkena penyakit yang berhubungan dengan kesehatan otak, yaitu alzheimer dan demensia. Hal tersebut terjadi karena beras basmati mengandung vitamin otak, yaitu tiamin. 

Vitamin ini tidak hanya memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, tetapi juga dapat membantu fungsi positif dari sistem saraf.

Kekurangan Beras Basmati 

  • Harga 

Namun untuk harga beras basmati relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga beras lainnya. Hal tersebut terjadi karena beras basmati hanya dapat tumbuh di Utara India dan Pakistan saja, karena itu harganya lebih mahal dari beras lainnya.

  • Peradangan di dalam tubuh

Karena beras basmati mengandung kandungan gandum yang tinggi sehingga, jika terlalu banyak mengonsumsi gandum utuh secara rutin juga terbukti mampu mengatasi peradangan di dalam tubuh.

  • Penyebab diabetes tipe 2

Beberapa riset juga mengungkapkan, mengonsumsi gandum olahan bisa berdampak buruk pada kontrol gula darah dan meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

  • Resiko obesitas

Riset lain yang melibatkan 10 ribu partisipan juga membuktikan, mengkonsumsi beras putih seperti beras basmati, bisa meningkatkan risiko obesitas atau kelebihan berat badan.

Beras Shirataki vs Beras Basmati

Keterangan Beras Shirataki Beras Basmati
Kelebihan - Menurunkan berat badan  - Tinggi serat  - Bebas kalori - Rendah arsenik - Mencegah alzheimer dan demensia - Diperkaya nutrisi
Kekurangan - Sulit gemuk atau naik berat badan - Hambar - Mahal dibandingkan beras biasa - Peradangan di dalam tubuh - Penyebab diabetes tipe 2 - Resiko obesitas

Kesimpulan 

Beras shirataki dan beras basmati yang bisa dikonsumsi sama halnya seperti beras pada umumnya. Namun untuk beras shirataki bisa dikonsumsi untuk kamu yang ingin melakukan program diet. Sedangkan beras basmati tidak cocok untuk kamu yang ingin mengganti beras biasa dengan beras ini untuk menjalankan program diet. 

Dengan memaparkan beras shirataki vs beras basmati yang ada pada artikel kali ini, semoga bisa menjawab semua kebingungan kamu untuk mengkonsumsi keduannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Beras Shirataki vs Beras Basmati

VS

Leave a Reply