Pilih Mana: Blackmores atau Folavit?

Selama masa kehamilan sangatlah penting untuk mencukupi asupan tubuh. Salah satu cara ibu hamil dalam melengkapi asupan ini dengan mengkonsumsi suplemen khusus untuk ibu hamil dan menyusui.

Sampai saat ini suplemen ibu hamil dan menyusui beredar dengan pesat. Dengan banyaknya suplemen ini di pasaran pastinya akan membuat ibu hamil di luar sana kebingungan untuk memilih. Dua suplemen yang dapat kami rekomendasikan adalah Blackmores dan Folavit.

Blackmores Pregnancy dan Folavit sangat dipercaya dalam mencukupi asupan ibu hamil maupun yang sedang menyusui. Tapi dari kedua suplemen itu manakah yang memberikan khasiat lebih untuk ibu hamil?

Mari simak pembahasan di bawah ini agar dapat membandingkan khasiat antara Blackmores dan Folavit!

Suplemen Blackmores Pregnancy

Blackmore Pregnancy & breastfeeding merupakan suplemen yang mengandung 17 nutrisi esensial dan DHA yang tinggi untuk membantu memenuhi nutrisi ibu hamil dan menyusui. Kandungan 17 nutrisi pada Blackmores ini dapat mendukung perkembangan bayi pada 1.000 hari pertama.

Pada tiap kapsulnya mengandung vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Selain vitamin dan mineral tapi asam folat, iodin, zat besi, asam lemak omega-3 serta rangkaian vitamin B yang terkandung dalam Blackmore

Kelebihan Suplemen Blackmore Pregnancy

Membantu perkembangan otak janin

Seperti yang kita tahu DHA merupakan salah satu jenis asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata. Kandungan DHA yang tinggi di dalam Blackmore membuat suplemen ini dapat membantu perkembangan otak janin.

Mengurangi konstipasi

Konstipasi adalah kondisi yang ditandai dengan sulit buang air besar. Dengan kandungan zat besi di dalam suplemen ini dapat membantu mengurangi konstipasi pada ibu hamil.

Menjaga kualitas ASI

Salah satu kelebihan dari Blackmore ini kandungan di dalamnya dapat menjaga kandungan ASI agar tetap kualitas ASI tetap prima dan terbaik untuk si kecil.

Membantu pembentukan sistem saraf

Kandungan yodium di dalam Blackmore ini dapat membantu pembentukan hormone tiroid. Hormone ini berguna untuk mengontrol perkembangan sistem saraf janin.

Mengurangi resiko cacat saraf pada bayi

Suplemen Blackmores Pregnancy memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat merupakan vitamin B kompleks yang memproduksi sel darah merah serta mencegah risiko cacat lahir.

Kekurangan Suplemen Blackmore Pregnancy

Harga yang mahal

Khasiat yang diberikan oleh Blackmore ini memanglah sangat banyak dan baik untuk ibu hamil. Wajar jika harga dari Blackmore ini lebih mahal. Harga Blackmore dengan isi 60 kapsul bekisar Rp. 180.000 (per November 2022), isi 180 kapsul dengan harga Rp. 385.000 (per November 2022) dan isi 120 kapsul berkisar Rp. 342.000 (per November 2022)

Menimbulkan interaksi dengan obat lain

Kekurangan dari suplemen Blackmore Pregnancy ini tidak dapat diminum bersamaan dengan obat lain karena akan menimbulkan reaksi racun di dalam tubuh. Namun beberapa dokter mengatakan bahwa Blackmore boleh diminum bersamaan dengan obat yang mengandung kalsium, magnesium dan zat besi.

ASI ibu berubah warna

Blackmore ini memberikan efek kepada ASI ibu. Kandungan di dalam Blackmore ini mengubah ASI yang memiliki kondisi kental akan berubah menjadi bening. Tapi Blackmore tidak akan merusak kandungan dari ASI.

Susah di telan

Karena kandungan yang kompleks menjadikan tablet dari Blackmore ini besar sehingga susah untuk ditelan.

Suplemen Folavit

Folavit adalah suplemen yang berkhasiat untuk menghindari dan mengatasi kekurangan asam folat, terutama pada ibu hamil serta menyusui. Folavit mempunyai kandungan utama asam folat ataupun vitamin B9.

Folavit dapat digunakan sebagai suplemen untuk melengkapi kebutuhan asam folat pada ibu hamil. Asam folat dikenal berguna untuk menghindari terjadinya cacat tabung saraf (neural tube defect), termasuk spina bifida ataupun anensefali, pada kandungan.

Kelebihan Folavit

Dapat membantu program kehamilan

Asam folat yang terkandung di dalam Folavit dapat membantu dalam program hamil yang sedang dijalani. Sebaiknya Folavit diminum dua atau tiga bulan sebelum menjalankan program hamil.

Menurunkan risiko bayi cacat

Kandungan asam folat di dalan Folavit akan menyimpan suplai vitamin yang akan mencegah kecacatan pada janin. Folavit juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah.

Melancarkan sirkulasi haid

Untuk yang sedang menjalani program hamil Folavit dibutuhkan untuk memperlancar siklus haid, agar program hamil berjalan secara lancar.

Menyuburkan sperma laki-laki

Bukan hanya wanita yang mendapatkan manfaat dari Folavit. Folavit yang dikonsumsi Laki-laki dapat membantu menyuburkan sperma.

Harga yang terjangkau

Harga yang ditawarkan oleh Folavit ini sangatlah terjangkau. Satu strip berisi 10 tablet bisa dibeli dengan harga Rp. 10.000 (per November 2022).

Kelemahan Folavit

Hanya mengandung asam folat

Untuk kandungan dari Folavit ini dapat dikatakan tidak terlalu kompleks. Di dominasi oleh asam folat tanpa ada kandungan vitamin dan mineral lainnya.

Memberikan interaksi dengan obat lain

Folavit tidak dianjurkan diminum bersamaan dengan obat lain, karena akan menyebabkan sejumlah interaksi yang membahayakan tubuh. Contohnya seperti terjadi penurunan asam folat jika dikonsumsi dengan obat antikonvulsan.

Perbandingan Blackmores dan Folavit

Blackmores Folavit
Kelebihan- Membantu perkembangan otak janin
- Mengurangi konstipasi
- Menjaga kualitas ASI
- Membantu pembentukan sistem saraf
- Mengurangi resiko cacat saraf pada bayi
- Dapat membantu program kehamilan
- Menurunkan risiko bayi cacat
- Melancarkan sirkulasi haid
- Menyuburkan sperma laki-laki
- Harga yang terjangkau
Kekurangan- Harga yang mahal
- Menimbulkan interaksi dengan obat lain
- ASI ibu berubah warna
- Susah di telan
- Hanya mengandung asam folat
- Memberikan interaksi dengan obat lain
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Kedua suplemen untuk kehamilan ini memiliki kandungan yang berbeda tapi memiliki khasiat yang sama yaitu mencukupi nutrisi dari ibu hamil. Jika memerlukan kandungan asam folat yang tinggi maka Folavit dapat menjadi pilihan. Tapi jika membutuhkan asupan lain selain asam folat maka Blackmore bisa dijadikan pilihan. Semoga membantu!

Anda Pilih Blackmores atau Folavit?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!