Home

Pilih Mana: Blender Miyako atau Blender Cosmos?

Blender saat ini menjadi perangkat elektronik yang wajib dimiliki para ibu rumah tangga. Fungsinya untuk menghaluskan bahan makanan atau membuat jus. Keberadaan blender ini cukup krusial karena sangat praktis dibandingkan harus mengulek dengan menggunakan cobek batu maupun kayu.

Hanya saja, untuk mencari blender terbaik faktor tertentu akan menjadi pertimbangan. Tentunya semua orang menginginkan harga blender murah kualitas bagus. Dan di pasaran saat ini memang cukup banyak merk blender yang bagus dengan model yang beragam.

Dua merk besar alat elektronik yaitu Miyako dan Cosmos telah bersaing mengeluarkan beberapa produk blendernya, salah satu tipe yang menjadi favoritnya yaitu  Blender Miyako BL-151 GF atau Blender Cosmos CB802. yang akan kita ulas lebih lanjut pada artikel di bawah, Stay tune!

Spesifikasi Blender Miyako  atau Blender Cosmos

Melihat spesifikasi sebelum memutuskan untuk memebeli suatu produk sangatlah penting agar kita mengetahui kinerja dan fitur yang ada, oleh sebab itu kita akan jabarkan kedua spesifikasi kedua produk Blender Miyako  dan Blender Cosmos.

Spesifikasi Blender Miyako Blender Cosmos
Kapasitas 1.5 Liter 1.2 Liter
Daya300 watt 250 watt
Tegangan 220 VAC 220 Volt
Kelengkapan Blender, Dry Mill Blender , Choper , Grinder Basah , Grinder Kering , Filter Juice
Dimensi 35 cm x 18 cm x 26 cm 43.5 cm x 18 cm x 27.3 cm
Berat 3.5 Kg 3.6 Kg
Bahan Material Kaca Plastik Goblet
Baca juga Pilih Mana: Blender Miyako atau Maspion?

Penjabaran Table Spesifikasi

Berdasarkan tabel spesifikasi di atas sudah kita sandingkan kedua spesifikasi blender tersebut. dan akan kita jabarkan spesifikasi dari tabel tersebut di bawah ini:

Kapasitas Blender
Kapasitas sebuah blender dapat menentukan banyaknya bahan-bahan makanan yang dapat di haluskan pada belnder tersebut, kapasitas pada blender sangatlah penting untuk kita tau untuk melihat seberapa banyak bahan makanan yang sanggup blender tersebut hancurkan.

Kapasitas yang di miliki oleh Blender Miyako BL-151 GF dapat menampung sekitar 1.5 Liter, sedangkan Blender Cosmos CB802 hanya mempunyai kapasitas 1.2 Liter. Dari segi kapasitas tentu Blender Miyako BL-151 GF lebih unggul di bandingkan Blender Cosmos CB802.

Daya Blender
Daya listrik yang digunakan menunjukkan kekuatan torsi dan kecepatan putar pisau blender. Biasanya, blender hanya dioperasikan selama setengah menit sampai dua menit. Anda tidak akan mendapat perbedaan signifikan dalam hal waktu proses. Pertimbangkan untuk menghemat listrik, terutama jika daya di rumah tidak cukup besar untuk mengoperasikan beberapa alat secara bersamaan.

Berbicara mengenai daya blender, Blender Miyako BL-151 GF menggunakan daya kurang lebih sekitar 300 watt yang dimana lebih besar di bandingkan dengan Blender Cosmos CB802 yang hanya memerlukan daya sekitar 250 watt dan bisa lebih hemat dalam penggunaan daya listrik.

Tegangan Blender
Untuk tegangan pada kedua blender Blender Miyako BL-151 GF dan Blender Cosmos CB802 sama yaitu bertegangan 220 Volt yang masih di batas aman dan wajar di gunakan untuk peralatan alat elektronik rumah tangga.

Kelengkapan Blender
Saat kita membeli sebuah blender tentunya selain kita melihat fitur dan tampilan. Ternyata saat membeli blender kita di berikan beberapa kelengkapan peralatan pendukung produk blender itu sendiri. Kelengkapan yang akan kita dapat tentu berbeda-beda tergantung dari merk yang kita beli.

Untuk kelengkapan dari blender Miyako BL-151 GF di lengkapi dengan Blender, Dry Mill saja, Sedangkan untuk blender Cosmos CB802 kelengkapan pendukungnya lebih beragam yaitu, Blender , Choper , Grinder Basah , Grinder Kering , Filter Juice. Dengan kelengkapan pendukung blender yang beragam tentunya dapat lebih memudahkan kita dalam menggunakan blender ya!

Dimensi Blender
Dilihat dari ukuran dimensi blender Cosmos CB802 lebih unggul karena mempunyai dimensi yang lebih besar yaitu  43.5 cm x 18 cm x 27.3 cm dibandingkan dengan blender Miyako BL-151 GF yang mempunyai dimensi sedikit lebih kecil 35 cm x 18 cm x 26 cm.

Berat Blender
Berbicara mengenai berat suatu produk blender. Berat pada blender sering di spelekan oleh sebagian orang saat memilih suatu produk blender. Padahal berat blender sangat berpengaruh dalam pemilihan suatu produk blender. karena jika berat blender terlalu berat bagi kita, akan menyusahkan kita dalam penggunaannya termasuk dalam hal membersihkannya.

Untuk berat dari kedua blender ini sangat sedikit sekali perbedaanya yang mungkin bisa di bilang hampir serupa. Blender Miyako BL-151 GF mempunyai berat sekitar 3.5 Kg, sedangkan blender Cosmos CB802 mempunyai berat 3.6 Kg.

Bahan Material Blender
Tabung blender biasanya dibuat dari tiga material berikut: kaca, plastik, dan aluminium. Setiap material tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing yang perlu Anda pertimbangkan juga.

Namun, banyak orang yang lebih memilih material plastik karena lebih ringan dan tak mudah pecah untuk penggunaan jangka panjang. Selain soal keunggulan dan kekurangannya, masing-masing material blender juga biasanya memiliki fungsi yang berbeda.

Lihat juga:  9 Merk Telepon Rumah Yang Bagus 2021

Blender Miyako BL-151 GF dilengkapi dengan bahan material yang terbuat dari kaca yang tentunya tampilan lebih elegan . Blender yang terbuat dari kaca lebih aman bagi bahan makanan dan tidak mudah tergores, memerlukan perawatan yang tepat agar dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Blender jenis kaca memerlukan perawatan yang khusus karena bahan jenis kaca mudah sekali pecah jika terjatuh sehingga baik sebelum maupun sesudah menggunakan blender berjenis kaca harus diletakan ditempat yang aman.

Sedangkan blender Cosmos CB802 terbuat dari material Plastik Goblet. Blender yang terbuat dari bahan plastik juga memerlukan perawatan yang sama.  Jika anda menggunakan blender plastik untuk waktu yang sering akan menyebabkan bagian sisi blender dekat pisau akan menjadi kusam, namun keunggulan blender plastik merupakan bahannya tidak mudah pecah saat terjatuh.

Perawatan Kedua Blender

Seperti kita ketahui dari informasi di atas bahwa kedua blender Miyako BL-151 GF dan blender Cosmos CB802 mempunyai material yang berbeda yaitu blender Miyako BL-151 GF terbuat dari kaca sedangkan Cosmos CB802 berbahan material plastik. Tentunya perawatan yang digunakan pun berbeda. ini akan kita berikan tips dalam merawat blender yang bermaterial kaca dan plastik yang baik.

Blender Miyako
1
. Wadah dari kaca terasa lebih berat dan mudah pecah, tetapi wadah dari kaca lebih aman dan tidak mudah tergores. Apabila kamu bermaksud untuk untuk menghaluskan bahan biji-bijian atau bumbu kering, pastikan memilih blender yang ada tabung grindernya. Tabung grinder ukurannya lebih kecil dari tabung blender dan mempunyai mata pisau yang kuat untuk menghaluskan bumbu kering.

2. Sebaiknya jangan mengisi tabung blender ataupun grinder lebih dari setengah kapasitas wadah. Karena bila tabung diisi melebihi setengah kapasitas akan membuat motor pemutar pisau blender bekerja keras. Akibatnya akan timbul panas pada mesin yang menimbulkan kerusakan pada motor blender.

3. Jangan nyalakan blender terlalu lama. Perhatikan instruksi masing-masing pada buku manual blender. Umumnya blender bisa dinyalakan mulai dari 10 menit – 30 menit tergantung merek blender.

4. Segera cuci bersih blender setelah digunakan, jangan mendiamkan tabung blender yang kotor terlalu lama. Caranya, kosongkan tabung blender, lalu isi dengan air hingga seperempatnya. Tekan tombol blender hingga air menyapu bersih bagian dasar dan pisaunya, lalu bilas di bawah air mengalir dengan sabun hingga bersih.

Blender Cosmos
1
. Pertama pilihlah blender dengan tombol pengatur kecepatan, wadah/tabung yang tembus pandang dan tidak mudah pecah. Wadah terbuat dari plastik memang lebih ringan, namun lebih mudah muncul baret-baret halus yang bisa menyimpan lemak dan aroma bahan yang diblender. Untuk menghindari bau pada tabung blender, masukkan potongan jeruk nipis dan air secukupnya lalu nyalakan motornya, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Dalam mengisi tabung blender, ada baiknya jangan lebih dari setengah kapasitas wadah. Karena dengan muatan berlebih dalam blender akan membuat motor dinamo penggeraknya akan bekerja sangat keras.

3. Untuk membersihkan secara efektif ada caranya yaitu pertama, kosongkan tabung blender, kemudian blender yang kosong tersebut diisi dengan air hingga seperempatnya. Lalu tempatkan tabung blender di mesin pemutarnya, seletelah itu tekan tombol pada blender dan biarkan air dalam tabung blender berputar membersihkan bagian dasar dan pisaunya. Selanjutnya bilas blender bawah air mengalir dengan sabun hingga bersih.

Pilih Mana: Blender Miyako atau Blender Cosmos ?

Blender Miyako BL-151 GF Blender Cosmos CB802
Kelebihan- Kapasitas yang besar - Material kaca aman bagi bahan makanan - Tidak gampang tergoreng- Ringan saat digunakan - Sangat praktis saat membersihkannya - Daya lebih kecil
Kekurangan- Harga yang mahal - Mudah pecah- Gampang tergores - Bau mudah menempel

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua produk blender blender Miyako  dan blender Cosmos mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. yang dapat terlihat dengan jelas perbedaannya yaitu dari segi materialnya. Jika kalian mencari kualitas blender dengan material kaca yang dapat menjaga kualitas bahan makanan anda blender Miyako  dapat menjadi pilihan. Tetapi jika kalian mencari blender yang aman dan ringan Blender Cosmos dapat menjadi pilihan kalian karena terbuat dari material plastik yang ringan dan aman.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Blender Miyako BL-151 GF VS Blender Cosmos CB802

VS