ApplicationLayanan

Pilih Mana: Blibli atau Zalora?

E-commerce terkenal saat ini sudah banyak beredar di Indonesia. Yang menjadi salah satu kelebihan dari adanya e-commerce yaitu kita bisa berbelanja barang yang kita ingingkan dengan bermodalkan handphone atau pc dengan sambungan internet. Ya, kita bisa memilih barang kebutuhan kita secara online seperti halnya Blibli dan Zalora.

Blibli dan Zalora sendiri merupakan platform terkenal yang memiliki produk dengan kualitas yang baik. Jadi kamu tidak perlu ragu atau khawatir lagi jika ingin berbelanja di salah satu platform terkenal ini.

Yang menjadi perbedaan signifikan yaitu Blibli menjual seluruh peralatan dan kebutuhan manusia, berbeda dengan Zalora yang hanya menyediakan pakaian pria dan wanita saja. Lalu apakah kedua platform terkenal ini memiliki kelebihan dan kekurangan? Jawabannya ada di artikel ini ya guys. Stay tune!

Blibli

Pada periode pertengahan tahun 2011, PT. Global Digital Niaga memprakarsai lahirnya Blibli. com. Dengan konsep online mall pertama di Indonesia, waktu itu Blibli mulai mencoba memperkenalkan ragam produk yang dapat dibeli secara praktis lewat website Blibli. com.

Banyak hal yang direncanakan PT. Global Digital Niaga sebelum memulai proses operasional Blibli.com. Berbagai dukungan dan kerjasama dengan pihak bank serta, partner logistik dan merchant partner mulai dijalin buat mendukung kelancaran operasional Blibli.com.

CEO Blibli. com, Martin Hartono menjelaskan kalau online mall yang satu ini ingin memberikan pengalaman berbelanja online secara gampang, fun serta bebas pada semua konsumen internet di Indonesia. Kemudahan untuk memilih produk dan bertransaksi secara aman akan menjadi kekuatan yang melandasi perkembangan Blibli. com. Baca juga Pilih Mana: Zalora atau Zilingo?

Kelebihan Blibli

  • Ragam produk kebutuhan rumah tangga yang super lengkap
    Blibli.com menghadirkan 11 kategori dengan lebih dari 40.000 pilihan produk kebutuhan rumah tangga. Jenis produk itu sangat bervariasi mulai dari produk fashion, otomotif, gadget, produk makanan dan minuman, produk kesehatan, elektronik serta ragam produk lainnya.
  • Gratis biaya kirim se-Indonesia
    Sistem kerjasama dengan sejumlah jasa logistik handal di Indonesia membuat Blibli. com dapat melakukan pengiriman produk tanpa biaya pengiriman ke semua wilayah di tanah air.
  • Banyak promo menarik di Blibli.com
    Bukan cuma aman dan praktis, berbelanja di Blibli.com juga membuat kita berkesempatan memperoleh promo berupa diskon atau jenis penawaran menarik lainnya.

Kekurangan Blibli

  • Lamanya waktu barang yang dikirim
    Terkadang sampai 2 minggu barang belum sampai, jadi jika kamu butuh barang yang segera ingin digunakan tidak direkomendasikan untuk belanja di sini. Kita juga tidak dapat memilih dengan leluasa jasa pengiriman yang akan digunakan.
  • Tidak ada konfirmasi perubahan status order
    Setiap ada perubahan status order akan diberitahukan lewat email dan SMS seperti beberapa platform terkenal kebanyakan. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan serta konfirmasi nya. Jadi kita mesti sering-sering memeriksa kabar terbarunya.
  • Masih harus membayar meski sudah memakai voucher
    Meskipun sudah memakai voucher kita masih mesti menambah uang, perihal ini sebab adanya aturan minimal belanja dengan voucher yaitu nilai voucher + 10.000, jadi jika misalnya kita memiliki voucher 100. 000 baru dapat dipakai ketika belanja 110.000 atau lebih, hal ini pasti berbeda dengan jika kita berbelanja di tokopedia memakai tokocash.
SpesifikasiBlibli
PendiriMartin Hartono
Tahun berdiriTahun 2011
Barang yang dijualSemua barang dan perlengkapan kebutuhan manusia

Zalora

Zalora merupakan suatu toko online yang baru-baru ini ikut meramaikan pasar E-commerce di Indonesia. Zalora Indonesia merupakan situs website belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional.

Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina.

Zalora merupakan bagian dari Global Fashion Group, grup mode terkemuka di dunia dan didedikasikan untuk membuat perusahaan fashion online di negara berkembang.

Hingga saat ini, Global Fashion Group beroperasi di 27 negara. Global Fashion Group hadir di India, Timur Tengah, Amerika Selatan dan Rusia. Melalui Zalora , Global Fashion Group sanggup mengakses pasar di Asia Tenggara, sementara Zalora berupaya jadi destinasi fashion di Asia Tenggara.

Lihat juga:  Pilih Mana : Transmart atau Hypermart?

Kelebihan Zalora

  • Konsumen bisa menggunakan layanan COD
    Di Zalora semua produk dijamin baru, bisa masih ragu kamu dapat menggunakan fitur COD (Cash On Delivery) alias bayar ditempat. Saat ini ini kabarnya fasilitas COD dari Zalora bisa dipakai di seluruh daerah Indonesia, bukan lagi cuma di Jakarta.
  • Hanya ada satu penjual untuk satu produk
    Di Zalora tidak ada penjual yang menawarkan produk yang sama. Jadi, misalkan kamu mau membeli tas merek Chanel warna merah, maka cuma akan ada satu pedagang alias satu lapak saja yang menawarkannya.
  • Hanya toko terpercaya yang boleh jualan di Zalora
    Belanja di Zalora dijamin aman dan tidak ada penipuan. Karena, semua pedagang yang bekerja sama dengan Zalora sudah dipilih dan terverifikasi.

Kekurangan Zalora

  • Kurang begitu update barang baru
    Kekurangan yang terakhir dari Zalora yaitu kurang begitu update barang baru. Mengingat para konsumen suka dengan barang baru, tentu saja ini merupakan kekurangan yang membuat Zalora bisa tertinggal oleh para kompetitornya.
  • Websitenya semakin berat
    Website dari Zalora sendiri sudah semakin berat mengingat banyaknya produk yang ada didalamnya. Tentu saja ini membuat banyak pelanggan yang mengeluhkan tentang kecepatan aktivitas berbelanja didalam Zalora.
  • Konfirmasi pembayaran masih memakai sistem manual
    Dari beberapa kelebihan yang sudah disebutkan tadi, tentu saja Zalora juga memiliki beberapa kekurangan salah satunya yaitu konfirmasi pembayaran yang masih memakai sistem manual, sehingga sedikit lama dan membutuhkan waktu beberapa jam untuk mengkonfirmasinya.
SpesifikasiZalora
PendiriCatherine Sutjahyo
Tahun berdiriTahun 2012
Barang yang dijualHanya menyediakan pakaian pria dan wanita

Perbandingan antara Zalora dan Blibli

  1. Tampilan website Zalora terlihat lebih menarik dengan kesannya yang simple meski Blibli juga tidak kalah baik namun banyak lebih tertarik dengan design website yang disuguhkan oleh Zalora, tidak begitu banyak warna namun elegan.
  2. Terdapat perbandingan yang cukup signifikan antara 2 toko online ini diantaranya produk yang dijual. Jika di Blibli produk yang dijual yaitu universal, artinya universal disini yaitu semua jenis produk dijual seperti fashion, elektronik, gadget, furniture, dsb. Sedangkan Zalora lebih berfokus pada produk- produk fashion saja.
  3. Biaya ongkos kirim yang mesti dikeluarkan bila kita berbelanja di Blibli pun gratis untuk pengiriman seluruh Indonesia. Di Zalora juga kita akan dimanjakan dengan biaya ongkos kirim gratis apabila pesanan kita setidaknya senilai Rp 300.000,-
  4. Zalora maupun Blibli sama-sama sudah terjamin keamanannya. Barang yang telah dipesan pasti akan sampai ke konsumen tapi yang jadi permasalahan apakah barang yang sampai ke konsumen sama seperti yang ada di gambar atau malah berbeda dan tidak sesuai harapan si konsumen.

Pilih Mana: Blibli atau Zalora?

Blibli Zalora
Kelebihan- Ragam produk kebutuhan rumah tangga yang super lengkap - Gratis biaya kirim se-Indonesia - Banyak promo menarik di Blibli.com - Konsumen bisa menggunakan layanan COD - Hanya ada satu penjual untuk satu produk - Hanya toko terpercaya yang boleh jualan di Zalora
Kekurangan- Lamanya waktu barang yang dikirim - Tidak ada konfirmasi perubahan status order - Masih harus membayar meski sudah memakai voucher - Kurang begitu update barang baru - Websitenya semakin berat - Konfirmasi pembayaran masih memakai sistem manual

Kesimpulan

Blibli dan Zalora adalah platform yang memudahkan kita kala malas jika harus pergi ke sebuah toko dan membelinya. Kedua platform ini sangat memudahkan kita dengan beberapa metode pembayaran dan harga yang ditawarkan juga cukup kompetitif. Untuk itu kamu juga tidak perlu ragu lagi jika ingin berbelanja lewat Blibli atau Zalora. Namun satu yang menjadi kelebihan Blibli yaitu menyediakan semua barang mulai dari perlengkapan dapur, pakaian, aksesoris, alat musik dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Blibli vs Zalora

VS

Leave a Reply