Kecantikan

Pilih Mana: Body Lotion atau Body Butter?

Penampilan merupakan salah satu hal yang penting bagi sebagian besar orang, termasuk wanita. Salah satu penampilan yang harus dijaga yaitu kondisi kulit tubuh. Seorang wanita pastinya ingin memiliki kulit yang halus dan sehat. Terdapat berbagai cara yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, dua di antaranya yaitu menggunakan body lotion dan body butter. Manakah yang lebih baik untuk digunakan? Body lotion atau body butter?

Body lotion digunakan untuk berbagai perawatan kulit. Hampir setiap hari wanita menggunakan body lotion untuk melembapkan kulitnya. Body butter juga digunakan untuk perawatan kulit, namun body butter tidak digunakan terlalu sering seperti penggunaan body lotion. Body butter memiliki tekstur yang lebih kental sehingga membutuhkan waktu khusus untuk menggunakannya.

Baca juga Pilih Mana: Bedak Padat atau Tabur?

Body Lotion

Body lotion sering digunakan para wanita untuk merawat dan melembapkan kulit. Body lotion memiliki tekstur yang lebih encer jika dibandingkan dengan produk sejenisnya seperti krim dan body butter. Karena teksturnya yang lebih encer ini, body lotion sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Baca juga artikel kami tentang perawatan kulit wajah dengan bedak padat atau bedak tabur. (https://selera.id/pilih-mana-bedak-padat-atau-tabur/)

Kelebihan Body Lotion

Berikut beberapa kelebihan body lotion yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Dipakai

Body lotion sangat mudah dipakai di mana dan kapan saja. Karena itulah, body lotion sering dibawa saat berpergian. Saat merasakan kulit mulai kering, Anda dapat dengan mudah mengaplikasikannya.

  • Mengikat Kelembapan Kulit

Lotion yang digunakan sehari-hari dapat menyegel kelembapan yang sudah ada di kulit Anda. Cuaca dingin adalah salah satu penyebab utama yang menjauhkan kulit dari kelembapan alaminya, sehingga menyebabkan kekeringan ekstrem. Menggunakan lotion sebelum terkena suhu yang dingin akan membantu mengunci kelembapan kulit dan melindunginya dari cuaca.

  • Menunda Penuaan

Lotion yang baik akan melawan efek penuaan pada kulit, sering kali dengan bahan-bahan anti penuaan seperti hydrolyzed silk yang dapat meningkatkan elastisitas kulit yang mengendur seiring bertambahnya usia. Kulit yang lebih elastis akan tampak kencang dan memiliki keriput lebih sedikit.

  • Relaksasi Tubuh

Manfaat lain penggunaan lotion setiap hari adalah membuat tubuh menjadi rileks. Aroma terapi telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kondisi emosional dan mental seseorang. Aroma yang menyenangkan seperti lavender telah terbukti dapat menenangkan dan memberi kenyamanan. Dengan menggunakan lotion yang beraroma lavender, Anda akan dikelilingi oleh udara relaksasi.

  • Memperbaiki Kulit Kering

Lotion juga dapat memperbaiki kulit yang kering, namun jika Anda hanya memakainya sesekali saja, kulit akan kembali menjadi kering setelah beberapa waktu. Jika Anda memakai lotion setiap hari, Anda akan merasakan peningkatan pada kondisi kulit Anda, dan dalam beberapa waktu akan menjadi lembut dan halus. Dikutip dari Vemale.com banyak kelebihan lainnya yang dimiliki oleh body lotion, antara lain dapat mencegah kulit menjadi kusam dan bersisik, membuat kulit tampak lebih bersinar dan lain sebagainya.

Kekurangan Body Lotion

Berikut beberapa kekurangan body lotion yang perlu Anda ketahui:

  • Terlalu Encer

Ada beberapa merek body lotion tertentu yang memiliki tekstur yang terlalu encer dan lengket. Jika tekstur body lotion terlalu encer, maka kulit akan lebih mudah kembali kering. Sehingga Anda harus menggunakannya berulang-ulang.

  • Mudah Terhapus

Body lotion memiliki daya lekat yang paling singkat sehingga mudah terhapus. Akibatnya daya lembab yang diberikan lotion bagi kulit relatif lebih kecil diantara ketiganya. Untuk Anda yang memiliki aktivitas yang padat di luar ruangan dengan suhu lingkungan relatif panas, maka pemakaian lotion adalah sangat tepat.

  • Menyebabkan Iritasi Kulit

Bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan lotion yang kurang tepat dapat mengakibatkan munculnya iritasi kulit. Kulit akan memera, gatal, merasa terbakar dan lain sebagainya. Tapi ini hanya terjadi pada pemilik jenis kulit tertentu saja.

Kelebihan Body LotionKekurangan Body Lotion
- Mudah dipakai - Kadang terlalu encer
- Mengikat kelembapan kulit- Mudah terhapus
- Memperbaiki kulit kering- Dapat menyebabkan iritasi kulit

Body Butter

Body butter juga sering dipakai untuk merawat dan melembapkan kulit. Namun, penggunaan body butter tidak sesering penggunaan body lotion. Hal ini dikarenakan body butter memiliki tekstur yang lebih kental, seperti mentega. Sehingga lebih susah untuk diaplikasikan.

Kelebihan Body Butter

Berikut beberapa kelebihan body butter yang perlu Anda ketahui:

  • Menghidrasi Kulit

Body butter akan membentuk penghalang yang akan menyegel kelembapan, sehingga kulit Anda terhidrasi dari segala kondisi cuaca. Banyak lotion akan mengering, karena mereka mendorong pembuangan air di kulit. Tekstur body butter yang kental dan bernutrisi merupakan solusi sempurna untuk kulit yang sangat kering.

  • Melembutkan Kulit

Manfaat lain body butter adalah melembutkan kulit Anda. Kulit Anda yang kering dapat dilembapkan dengan body butter yang mengandung banyak minyak esensial dan butter. Menggunakan body butter di malam hari akan membuat kulit Anda lebih lembut dan bersinar di pagi harinya.

  • Melindungi Kulit dari Unsur Luar

Body butter dapat melakukan tugas ganda sebagai pelindung kulit. Bahan-bahan seperti minyak dan butter dapat mencegah racun yang berasal dari luar sekaligus menjaga kelembapan kulit. Beberapa body butter mengandung asam lemak esensial, atau vitamin A, C, dan E. Body butter yang memiliki kandungan tersebut akan melindungi kulit dari berbagai unsur, juga menjaga kulit agar tetap halus dan lembut.

  • Mencegah Kapalan dan Kutil

Manfaat lain dari body butter ini adalah Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan kapalan dan kutil di kaki. Caranya adalah dengan menggunakan body butter secukupnya di telapak kaki Anda setelah mandi, pijat perlahan, lalu gunakanlah sepasang kaus kaki yang tebal. Di pagi hari, gunakan pengikis kulit kapalan untuk menghapus kulit kering dengan lembut. Lakukan hal ini hingga kulit kering menghilang.

Kekurangan Body Butter

Berikut beberapa kekurangan body butter yang harus Anda ketahui:

  • Penyerapan yang Lama

Karena teksturnya yang lebih kental. Anda membutuhkan waktu khusus untuk menggunakan body butter. Karena waktu untuk mengaplikasikan dan menunggu butter menyerap dengan sempurna akan memakan waktu hingga berjam-jam.

  • Diaplikasikan Hanya untuk Bagian Tertentu

Kekurangan produk ini adalah karena kandungan minyak yang sangat tinggi, body butter jadi lebih sulit dioleskan merata di permukaan kulit. Sebenarnya Anda bisa menggunakannya pada semua kulit, tapi waktu yang dibutuhkan cukup lama dan pengaplikasiannya pun cukup sulit.

  • Tidak Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Sangat baik digunakan pada bagian tubuh yang amat kering dan cenderung pecah seperti tumit, lutut dan siku. Selain itu body butter juga baik digunakan oleh ibu hamil untuk mencegah stretchmark. Sebaiknya body butter digunakan malam hari untuk mencegah ceceran residu menempel di mana-mana, hal ini dikarenakan body butter memiliki kandungan minyak yang tinggi. Karena kandungan minyak yang tinggi, Anda harus menghindari pemakaian body butter pada tempat-tempat yang mengandung banyak minyak, seperti kulit yang berjerawat dan lain sebagainya.

Kelebihan Body ButterKekurangan Body Butter
- Menghidrasi kulit- Membutuhkan waktu yang lama untuk menyerap
- Melembutkan kulit- Diaplikasikan hanya untuk bagian tertentu
- Melindungi kulit dari unsur luar- Tidak cocok untuk semua jenis kulit

Pilih Mana: Body Lotion atau Body Butter?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara body lotion dan body butter. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Body LotionBody Butter
- Tekstur lebih encer- Tekstur lebih kental
- Mudah menyerap- Membutuhkan waktu yang lama untuk menyerap
- Cocok untuk semua jenis kulit - Cocok untuk mengatasi kapalan dan masalah kulit lainnya

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan mengenai body lotion dan body butter di atas, dapat disimpulkan bahwa body butter lebih ampuh mengatasi masalah kulit yang agak berat seperti kapalan dan kutil. Namun, jika Anda memerlukan pelindung kulit yang mudah diaplikasikan dan dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, maka Anda dapat memilih body lotion.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Body Lotion vs Body Butter

VS

Leave a Reply