Kecantikan

Pilih Mana: Body Lotion atau Body Serum?

Meskipun memiliki manfaat yang baik, paparan sinar matahari juga dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan kulit. Paparan sinar matahari tidak hanya membuat warna kulit menjadi lebih gelap, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi lebih cepat kering, menyebabkan muncul bintik hitam, lebih cepat keriput serta banyak sekali dampak buruk lainnya. Untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari, Anda dapat menggunakan body lotion atau body serum. Dari dua produk tersebut, manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Body lotion atau body serum?

Body lotion dan body serum merupakan dua produk yang dapat digunakan untuk perawatan kulit Anda. body lotion memiliki tekstur yang lebih kental dan lebih pekat sehingga lebih lama menyerap. Sedangkan body serum memiliki tekstur yang lebih cair sehingga lebih mudah untuk menyerap dan menutrisi kulit.

Body Lotion

Body lotion merupakan produk yang digunakan untuk perawatan kulit dan memiliki fungsi untuk memberikan kelembapan serta melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Baca juga Pilih Mana: Body Lotion atau Body Butter ?

Kelebihan Body Lotion

Berikut beberapa kelebihan body lotion yang perlu Anda ketahui:

  • Mengikat Kelembapan Kulit

Salah satu kelebihan body lotion adalah menjaga kelembapan kulit Anda. Body lotion yang Anda gunakan dapat menyegel kelembapan yang sudah ada di kulit Anda. body lotion juga memiliki tekstur yang lebih kental sehingga dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari dengan sangat baik. Apalagi jika body lotion yang Anda gunakan memiliki kandungan SPF yang tinggi.

  • Mampu untuk Meregenerasi Kulit

Kelebihan lain yang juga dimiliki body lotion adalah berguna untuk mempercepat proses penyembuhan kulit yang sempat rusak akibat terkena sinar matahari atau polusi udara. Kelembaban yang diberikan oleh body lotion pada kulit, membuat proses penyembuhan dan regenerasi kulit yang baru jadi lebih cepat.

  • Memiliki Harga yang Lebih Terjangkau

Body lotion juga memiliki harga yang sedikit lebih murah atau lebih terjangkau daripada body serum. Perbedaan harga kedua perawatan kulit ini tidak terlalu jauh, namun harga body lotion relatif lebih terjangkau jika dibandingkan harga body serum.

Kekurangan Body Lotion

Berikut beberapa kekurangan body lotion yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Efektif untuk Perlindungan Kulit Bagian Dalam

Salah satu kekurangan body lotion adalah kurang efektif jika digunakan untuk perawatan kulit bagian dalam. Body lotion memiliki tekstur yang lebih kental sehingga lebih sulit untuk menyerap dan menutrisi kulit pada bagian yang lebih dalam. Dengan demikian, body lotion lebih efektif untuk melindungi kulit pada bagian luar saja.

  • Membutuhkan Waktu yang Lebih Lama untuk Mendapatkan Hasilnya

Kekurangan lain yang dimiliki body lotion ini adalah membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasilnya. Menggunakan body lotion dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan sehat serta mengurangi kulit kering. Anda dapat mendapatkan hasil ini jika telah rutin dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk mendapatkan hasilnya. Hal ini dikarenakan molekul body lotion yang lebih besar lebih lama untuk menyerap ke dalam kulit.

  • Terasa Lebih Lengket

Karena memiliki tekstur yang lebih kental dan pekat, penggunaan body lotion akan terasa lebih lengket jika dibandingkan dengan body serum. Lotion ini tidak hanya dapat lengket pada kulit dan membuat kulit menjadi tidak nyaman. Tetapi juga dapat membuat lotion tersebut lengket dan menempel pada baju yang dipakai.

Kelebihan Body LotionKekurangan Body Lotion
- Mengikat kelembapan kulit- Kurang efektif untuk perlindungan kulit bagian dalam
- Mampu untuk meregenerasi kulit- Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasilnya
- Memiliki harga yang lebih terjangkau- Terasa lebih lengket

Body Serum

Body serum merupakan produk yang juga digunakan untuk perawatan kulit. Body serum tidak hanya digunakan untuk memberikan kelembapan kulit, tetapi juga mampu untuk membantu merawat serta memperbaiki kulit yang rusak.

Kelebihan Body Serum

Berikut beberapa kelebihan body serum yang perlu Anda ketahui:

  • Mudah Diserap Kulit

Salah satu kelebihan body serum dibandingkan body lotion adalah memiliki molekul yang lebih cair dan kecil dibandingkan body lotion membuatnya mudah meresap ke dalam kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Dikutip dari Kompas.com karena memiliki molekul yang lebih kecil, body serum lebih mudah untuk diserap oleh kulit.

  • Menutrisi Hingga ke Lapisan Terdalam

Karena memiliki tekstur dan molekul yang lebih cair, body serum akan menutrisi kulit hingga lapisan terdalam sehingga melancarkan proses regenerasi kulit. Regenerasi ini akan menghilangkan noda kusam dan kulit kasar yang ada di bagian atas dan digantikan dengan sel kulit baru. Tentunya nutrisi yang diberikan oleh body serum dapat memberikan efek yang baik lainnya hingga ke lapisan terdalam kulit.

  • Memiliki Fungsi Lain Selain Melembapkan

Kelebihan lain yang dimiliki body serum ini adalah memiliki fungsi lain atau manfaat lain sekedar memberikan kelembapan pada kulit. Body serum memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin E, C, dan kolagen pada body serum akan jauh lebih banyak sehingga mampu mengurangi tanda penuaan seperti kulit yang kasar, menyamarkan garis halus, dan mencegah kulit kendur.

Kekurangan Body Serum

Berikut beberapa kekurangan body serum yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Harga yang Lebih Mahal

Salah satu kekurangan body serum adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada body lotion. Namun, perbedaan harga ini sebenarnya tidak terlalu jauh. Manfaat dan nutrisi yang diberikan body serum juga sebanding dengan harga yang ditawarkan. Dengan demikian, tidak masalah untuk mengeluarkan budget yang hanya sedikit lebih besar untuk mendapatkan kulit yang sehat.

  • Relatif Lebih Cepat Habis

Body serum yang memiliki tekstur yang lebih cair dan mudah menyerap kadang sering digunakan berkali-kali. Padahal, penggunaan body serum yang hanya sekali telah dapat memberikan nutrisi pada kulit. Penggunaan berkali-kali ini dikarenakan pengguna kadang merasa bahwa body serum yang dipakai kurang banyak dan kurang terasa, sehingga body serum menjadi lebih cepat habis.

  • Dapat Menyebabkan Iritasi Kulit

Salah satu kekurangan penggunaan perawatan kulit adalah kadang membuat kulit pengguna menjadi iritasi, termasuk body serum. Namun, masalah ini sangat jarang terjadi. Iritasi hanya muncul pada sebagian orang yang memiliki kulit yang sensitif. Iritasi yang muncul pada kulit sensitif dapat membuat kulit menjadi terasa panas, memiliki ruam kemerahan dan sebagainya. Iritasi pada kulit sensitif ini tidak hanya disebabkan oleh pemakai body serum saja, tetapi juga body lotion.

Kelebihan Body SerumKekurangan Body Serum
- Mudah diserap kulit- Memiliki harga yang lebih mahal
- Menutrisi hingga ke lapisan terdalam- Relatif lebih cepat habis
- Memiliki fungsi lain selain melembapkan- Dapat menyebabkan iritasi kulit

Pilih Mana: Body Lotion atau Body Serum?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara body lotion dan body serum. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Body LotionBody Serum
- Memiliki tekstur yang lebih kental dan pekat- Memiliki tekstur yang lebih cair
- Melindungi permukaan kulit - Melindungi permukaan kulit dan menutrisi kulit hingga bagian dalam kulit
- Harga lebih terjangkau - Harga sedikit lebih mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai body lotion dan body serum di atas. Dapat disimpulkan bahwa body serum memiliki manfaat yang lebih baik untuk melindungi dan memperbaiki kerusakan pada kulit Anda. Jika Anda ingin memilih pelindung kulit, sebaiknya Anda menggunakan body lotion daripada body serum. Body serum tidak hanya mampu melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari, tetapi juga mampu untuk meregenerasi, merawat, serta memperbaiki kulit agar lebih sehat, awet muda dan segar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Body Lotion vs Body Serum

VS

Leave a Reply