Home

Pilih Mana: Bor Makita atau Bosch?

Bor merupakan alat yang digunakan untuk melubangi dan memotong kayu. Alat ini pada umuumnya digunakan oleh tukang kayu, tukang bangunan, dan tukang ukir. Karena fungsinya yang cukup penting membuat penggunaan bor juga sangat penting. Karenanya banyak yang mencari merk bor yang terbaik. Seperti merk Bor Makita dan Bosch yang sering di bandingkan.

Jika kalian bingung untuk memilih antara Makita dan Bosch, Dalam postingan ini kami akan membandingkan dan membahas lebih lanjut kedua bor tersebut untuk mencari tahu bor mana yang lebih unggul. Yuk langsung saja ke pembahasan!

Bor Makita atau Bosch

Bor Makita

Makita Corporation merupakan salah satu produsen dan eksportir alat tenaga listrik di Jepang. Perusahaan mengembangkan, memproduksi, dan mendistribusikan alat – lebih dari 350 produk.

Para woodworking alat portabel kelompok mencakup gergaji, ketam, router, nailers, dan alat-alat pertukangan lainnya seperti Bor. Bor Makita DF331 merupakan bor yang ideal bagi para penggunanya. Bor ini dapat digunakan untuk bor dan obeng, dengan kekuatan 10,8 sampai 12 V. Baca juga Pilih Mana: Bor Makita atau Maktec? 

Mata bornya dapat menembus kayu dan baja, juga memiliki dua variabel kecepatan cepat dan lambat. Bor Makita DF331 ini dibekali dengan fitur reduces shock damage sehingga mengurangi kerusakan pada kepala baut.

Bor listrik tanpa kabel ini memiliki desain yang cukup simple dan dilapisi karet khusus pada pegangannya. Ini akan membantu Anda dengan mengurangi getaran akibat perputaran mesin pada tangan Anda. Tangan tidak akan mudah lelah saat menggunakannya. Bor Makita DF331 juga dilengkapi dengan lampu LED untuk penggunaan di tempat gelap. Jika kalian mencari alat bor yang nyaman, Bor Makita ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

SpesifikasiBor Makita DF331
Volt Baterai 12V 1.5Ah
Diameter Sekrup Maks 6 mm
Kapasitas Bor Besi 1 - 10 mm
Kapasitas Bor Kayu 1 - 21 mm
Kec. Tanpa Beban 0 - 450 / 1700 rpm
Torsi 24 Nm
Fasilitas Lain 15+1 Pilihan Torsi, LED, Reversible, Baterai Cadangan 1 buah, Charger Baterai, Plastik Case.

Kelebihan Bor Makita

  • Nama yang populer
    Makita adalah merk yang sudah lama terkenal sebagai produsen yang mengembangkan produk pertukangan termasuk bornya dan Makita selalu menghadirkan produk dengan kualitas yang tinggi. Oleh sebab itu, bor Makita banyak di kenal dan banyak menjadi pilihan masayarakat untuk hal produk bor nya,
  • Desain nyaman saat digunakan
    Bor listrik tanpa kabel ini memiliki desain yang cukup simple dan dilapisi karet khusus pada pegangannya. Ini akan membantu Anda dengan mengurangi getaran akibat perputaran mesin pada tangan Anda. Tangan tidak akan mudah lelah saat menggunakannya.
  • Memiliki fitur reduces shock damage
    Bor Makita dilengkapi dengan mata bornya dapat menembus kayu dan baja, Bor Makita ini juga memiliki dua variabel kecepatan cepat dan lambat. Bor Makita DF331 ini dibekali dengan fitur reduces shock damage sehingga mengurangi kerusakan pada kepala baut.

Kekurangan Bor Makita

  • Harga yang cukup tinggi
    Kekurangan Bor Makita yang pertama yaitu, bor ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi sekitar ratusan ribu sampau jutaan rupiah. Namun, dengan harga yang dibandrol tersebut kualitas dan performa pada bor Makita ini tak perlu diragukan.
  • Memiliki bobot yang cukup berat
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada bor Makita ini yaitu memiliki bobot yang cukup berat. Sehingga saat penggunaan dibutuhkan tenaga yang ekstra meskipun di desain dengan nyaman untuk genggaman tangan.
  • Varian warna bor yang sedikit
    Kekurangan terakhir pada bor Makita ini yang merupakan kekurangan umum yaitu dari segi desainnya yang dimana bor Makita ini hanya ada varian warna biru saja, Namun hal tersebut tentunya tidak berpengaruh ke performa yang ada pada bor Makita ini.

Bor Makita atau Bosch

Bor Bosch

Bosch adalah perusahaan multinasional yang bergerak pada bidang teknik dan elektronika yang berkantorpusat di Gerlingan, dekat Stuttgart, Jerman. 

Salah satu produk bor Bosc yang paling diminati yaitu Bor listrik Bosch GSB 120. Bor ini merupakan bor listrik tanpa kabel. Penggunaannya pun mudah. Bentuknya compact, Anda bisa memakai bor listrik ini sebagai bor dan obeng. Dengan kekuatan 12 V, bor ini dapat melubangi berbagai media seperti kayu, baja, bebatuan, dan tembok.

Bosch menggunakan teknologi ECP atau Electronic Cell Protection untuk baterai peralatannya, sehingga baterainya tidak mudah rusak dan tahan lama. Lama pengisian baterainya sekitar 94 menit, sebesar 1500 mAh. Jika Anda mencari bor listrik yang siap digunakan setiap saat dalam waktu lama, maka Bosch GSB 120 adalah pilihan yang cocok.

SpesifikasiBor Bosch GSB 120
Volt Baterai 12V 1.5Ah
Diameter Sekrup Maks 7 mm
Kapasitas Bor Besi 6 mm
Kapasitas Bor Kayu 19 mm
Kapasitas Bor Beton 8 mm
Kec. Tanpa Beban 0 - 400 / 1300 rpm
Torsi 11 - 28 Nm
Fasilitas Lain Pilihan Torsi, LED, Reversible
Lihat juga:  Pilih Mana: Mesin Cuci Sharp atau LG?

Kelebihan Bor Bosch

  • Dilengkapi dengan berbagai fitur
    Bor Bosch merupakan merupakan salah satu mesin bor yang dapat mengebor 3 jenis material. Diantaranya adalah Kayu, Besi dan Alumunium yang beroperasi dengan daya listrik 350 Watt. Dengan kecepatan tanpa beban yang dapat diatur mulai dari 0 hingga 2800rpm, dan arah putaran dapat diatur bolak balik.
  • Baterai yang tahan lama
    Bosch menggunakan teknologi ECP atau Electronic Cell Protection untuk baterai peralatannya, sehingga baterainya tidak mudah rusak dan tahan lama. Lama pengisian baterainya sekitar 94 menit, sebesar 1500 mAh.
  • Memiliki kualitas dan performa yang unggul
    Dengan putaran maksimal hingga 2700 rpm, mesin bor ini dapat diatur kecepatannya dan arah putaran dapat dibalikkan. Dapat melubangi tembok atau beton hingga 13mm, besi hingga 10mm, dan kayu hingga 25mm dengan menggunakan mata bor yang sesuai. Sangat cocok digunakan oleh professional maupun hobby dan rumah tangga.

Kekurangan Bor Bosch

  • Harga yang mahal
    Kekurangan yang pertama pada bor Bosch yaitu bor ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Oleh karenanya banyak orang yang mempertimbangkan kekurangan ini sebelum membeli bor Bosch, Tetapi dengan harga tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikan.
  • Ukuran yang lebih besar
    Kekurangan selanjutnya bor Bosch yaitu memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan bor Makita, Oleh sebab itu saat penggunaan bor Bosch kurang nyaman jika dibandingkan bor Makita.
  • Penggunaan baterai yang terbatas
    Bor Bosch yang memiliki jenis baterai isi ulang bisa menjadi solusi, Tetap, tetap saja, karena tenaga baterai yang terbatas, biasanya kekuatan mesin bor baterai lebih rendah dari bor listrik.

Bor Makita atau Bosch

Cara memilih mesin bor beton (impact drill)

1. Pilih berdasarkan torsinya
Hal terpenting dari sebuah mesin bor beton yaitu performanya dalam menghasilkan torsi besar. Torsi besar sangat berguna saat kamu ingin mengencangkan sekrup berukuran tebal dan panjang yang biasanya sulit dilakukan jika kamu hanya menggunakan obeng elektrik.

Pada dasarnya para profesional di bidang industri menggunakan mesin bor beton bertorsi 170 Nm. Mesin bor bertorsi besar dapat kamu gunakan juga untuk mengencangkan baut kecil atau melakukan berbagai hal praktis lainnya. Walaupun begitu, Jika kamu ingin mengencangkan baut berukuran besar, akan lebih baik jika kamu menggunakan impact wrench saja.

2. Pilih yang berbobot ringan dan compact
Jika kamu dihadapkan denganproduk dengan spesifikasi yang sangat mirip, pilihlah produk terkecil dengan bobot paling ringan. Mesin bor beton yang kecil dan ringan sangat praktis untuk kamu gunakan di tempat sempit, serta tidak membuat kamu cepat letih. Selain itu, bor yang kecil dan ringan sangat nyaman digunakan saat kamu  harus menggunakannya secara vertikal atau menyamping untuk memasang rak di dinding atau melakukan pekerjaan pertukangan lainnya.

Selain itu, mesin bor beton berukuran kecil yang umum disebut sebagai pen type juga as untuk kamu gunakan dalam pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kerapian. Hal tersebut memungkinkan karena torsinya tidak sebesar mesin bor beton pada umumnya sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam pekerjaan dengan tingkat presisi tinggi.

3. Pilih produk rechargeable bila mengutamakan kenyamanan
Pada umunya mesin bor beton di pasaran saat ini merupakan tipe rechargeable yang menggunakan baterai. Tipe ini tetap dapat kamu gunakan meski tidak ada stop kontak dan tidak ada kabel yang akan mengganggu. Karena itu, lebih merekomendasikan untuk menggunakan bor dengan tipe rechargeable.

Walaupun demikian mesin bor beton yang menggunakan daya listrik juga memiliki kelebihan, yaitu kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Dengan arus listrik yang terus mengalir.

Tidak akan ada kondisi kekuatan mesin bor beton tersebut melemah seperti halnya pada mesin bor beton yang memakai baterai. Tipe ini dapat menjadi pilihan kamu, Karena kamu tidak ingin mengkhawatirkan soal kehabisan baterai saat bekerja serta tempat kamu bekerja tidak berpindah-pindah.

Pilih Mana: Bor Makita atau Bosch?

Bor Makita Bosch
Kelebihan- Nama yang populer - Desain nyaman saat digunakan - Memiliki fitur reduces shock damage  - Dilengkapi dengan berbagai fitur - Baterai yang tahan lama - Memiliki kualitas dan performa yang unggul
Kekurangan- Harga yang cukup tinggi - Memiliki bobot yang cukup berat - Varian warna bor yang sedikit - Harga yang mahal - Ukuran yang lebih besar - Penggunaan baterai yang terbatas

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan dari artikel di atas bahwa Bor Makita dan Bosch merupakan bor yang memiliki kualitas yang baik. Namun diantara keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh sebab itu dapat kalian pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, Kami lebih merekomendasikan bor Makita karena memiliki fitur yang lebih unggul dan lebih nyaman digunakan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bor Makita vs Bosch

VS

Leave a Reply