Auto TechMusik

Pilih Mana: Bose Soundsport Free vs Airpods 2

Headset tanpa kabel merupakan barang yang sangat digemari karena kemudahan yang diberikan. Ada banyak produsen yang kini memproduksi earphone wireless satu ini karena semakin banyaknya peminat dari produk kekinian ini.

Bose Soundsport Free dan Airpods merupakan salah satu produk yang populer, seperti yang diketahui bahwa Airpods merupakan pelopor terciptanya headset tanpa kabel ini, lalu Bose Soundsport hadir dan dianggap dapat menjadi saingan berat dari Airpods milik Apple. Meski begitu, kini Airpods sudah merilis generasi 2-nya, untuk kamu yang masih kebingungan memilih antara Bose Soundsport Free dan Airpods 2, yuk simak ulasan yang ada di bawah ini!

Pilih Mana: Bose Soundsport Free vs Airpods 2

Bose Soundsport Free

Bose adalah salah satu merk terbaik dalam pasar aksesori audio. Produsen yang satu ini menawarkan berbagai macam produk dengan kualitas dan desain yang layak diacungi jempol, mulai dari speaker portable hingga wireless headphone. Bose kembali menghadirkan produk audio bagi para pecinta musik yang juga aktif melakukan berbagai macam kegiatan. Baca Juga: Pilih Mana: Apple Airpods 2 vs Apple Airpods 1

Produk yang dimaksud adalah Bose SoundSport Free Wireless Headphone, yaitu earphone yang dapat membantu kamu mendengarkan musik atau siaran radio ketika sibuk bekerja, bahkan berolahraga. Earbud yang tertanam pada headphone yang satu ini bahkan dirancang khusus agar nyaman di telinga. Fitur tahan airnya pun membuat kamu tidak perlu risau ketika menggunakan earphone di luar ruangan.

Kelebihan Bose SoundSport Free

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Bose SoundSport Free:

  • Memiliki fitur IPX4
    Tidak hanya memiliki desain yang seimbang dan ideal untuk digunakan sambil melakukan banyak kegiatan yang membuatmu banyak bergerak, kelebihan earphone ini juga terletak pada hadirnya fitur IPX4 yang membuatnya tahan air dan bisa digunakan di berbagai macam kesempatan. Jadi, kamu bisa tetap mendengarkan musik dalam kondisi berkeringat tanpa khawatir earphone rusak atau terlepas.
  • Kualitas bass yang sempurna
    Produk Bose memang terkenal dengan kualitas suara yang baik. Terbukti, earphone Bose yang satu ini pun mampu menghasilkan suara bass yang cukup baik. Meski bentuknya mungil, produsen sudah menambatkan teknologi audio berkualitas tinggi di dalamnya.

    Selain itu, Bose juga memiliki teknologi isolasi standar yang membuat suara dari luar masih dapat terdengar sekilas sehingga tidak akan membuatmu ‘seolah tuli’ saat menggunakan earphone ini. Hal ini penting agar saat beraktivitas, kamu masih bisa mendengarkan suara lain yang bisa saja membahayakan.

  • Memiliki fitur yang memudahkan untuk menemukan Earphone 

    Karena bentuknya yang kecil, mungkin kamu takut bahwa barang yang satu ini akan sangat mudah hilang atau sulit ditemukan. Tenang, kamu bisa menggunakan fitur canggih yang tersemat di dalam earphone mungil yang satu ini!

    Bose menghadirkan aplikasi Bose Connect yang akan membantu kamu melacak perangkat jika hilang. Aplikasi ini bahkan bisa digunakan untuk mengatur koneksi Bluetooth, termasuk untuk menghubungkan earphone dengan perangkat lainnya.

Pilih Mana: Bose Soundsport Free vs Airpods 2

Kekurangan Bose SoundSport Free

Meski memiliki banyak kelebihan, produk satu ini tentu juga memiliki beberapa kekurangan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Baterai yang tidak tahan lama 
    Jika dibandingkan dengan Airpods 2 maka daya tahan baterai yang dimiliki oleh Bose SoundSport Free ini harus dikatakan kalah, terlebih dalam produksinya Airpods 2 memiliki fitur yang membuatnya lebih cepat dalam mengisi daya, selain itu daya tahan baterai battery case yang dimiliki Bose SoundSport Free juga lebih sebentar jika dibandingkan dengan Airpods 2.
  • Tidak memiliki fitur konektivitas otomatis 
    Hal yang satu ini merupakan perbedaan yang cukup mendasar antara Bose SoundSport Free dengan Airpods 2, karena Bose SoundSport Free tidak memiliki fitur yang membuatnya bisa otomatis saja terkoneksi dengan ponsel. Berbeda dengan Airpods yang dapat terkoneksi otomatis dengan perangkat Apple.
  • Harga yang lebih mahal 
    Untuk kamu yang ingin membeli earphone wireless yang satu ini, kamu perlu merogoh kocek yang lebih dalam ketimbang kamu yang ingin membeli Airpods 2 karena harga jual dari Bose SoundSport Free ini hampir dua kali lipat dari harga jual Airpods 2 yang diproduksi Apple.
Bose Soundsport FreeAirpods 2
Buatan BoseApple
KonektivitasBisa dengan Android maupun iOSBisa dengan Android maupun iOS
Harga Per-Desember 2019Rp. 4.700.000-,Rp. 2.700.000-,

Airpods 2

Apple merupakan pelopor adanya headset tanpa kabel. Apple pertama kali mengeluarkan produk earphone wireless pada tahun 2017, lalu dua tahun setelahnya Airpods generasi kedua pun diperkenalkan oleh Apple berbarengan dengan perilisan iPhone 7 yang tidak lagi dilengkapi dengan headset yang biasanya diberikan.

Airpods 2 sekilas tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan pendahulunya, namun memang ada beberapa fitur dari Airpods generasi pertama yang disempurnakan dengan hadirnya Airpods 2 ini. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan yang ada pada Airpods 2.

Kelebihan Airpods 2

Berikut ini adalah beberapa kelebihn dari Airpods 2 yang perlu kamu ketahui:

  • Daya tahan baterai yang lebih lama 
    Kelebihan pertama dari Airpods 2 yang mencolok dibanding dengan earphone wireless dari Bose adalah dalam daya tahan baterai yang dimiliki, Airpods 2 mampu digunakan untuk 5 jam mendengar musik atau 2 jam melakukan panggilan suara. Selain itu Airpods  2 memiliki battery case yang tahan 24 jam–berbeda dengan produk Bose SoundSport Free yang battery casenya hanya dapat bertahan 15 jam.
  • Konektivits otomatis pada perngkat Apple 
    Airpods 2 masih membawa cara koneksi yang sama dengan Airpods 1 yaitu otomatis tersambung dengan perangkat Apple, bedanya, pada Airpods 2 ada batasan iOS yang dapat tersambung dengannya karena mengalami pembaruan chipset yang membuat pengaturan ini berubah.
  • Harga yang lebih murah 
    Jika dibandingkan dengan harga earphone wireless lain mungkin harga yang dimiliki oleh Airpods 2 memang mahal, namun harga ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Bose SoundSport Free. Perbedaan harga kedua produk ini hampir mencapai 50%. Jadi, untuk kamu yang ingin menghemat uang, mungkin Airpods 2 pilihan yang tepat untuk kamu beli.

Pilih Mana: Bose Soundsport Free vs Airpods 2

Kekurangan Airpods 2

Selain memiliki banyak kelebihan, berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Airpods:

  • Tidak memiliki fitur tahan air 
    Apple tidak pernah mengklaim bahwa produk Airpodsnya–baik genersi pertama maupun kedua–bahwa produk ini memiliki fitur yang tahan terhadap keringat atau air. Sehingga, untuk kamu yang akan menggunakan Airpods 2 saat sedang berolahraga kamu perlu hati-hati agar Airpods yang kamu miliki tidak rusak.
  • Mudah lepas saat digunakan
    Hal yang satu ini mungkin merupakan keluhan yang akan sering kamu dapati saat menggunakan Airpods 2, desain yang ada pada Airpods sejak generasi pertama tidak berubah, hal ini membuat Airpods akan sangat mudah terlepas terutama jika kamu menggunakannya saat berolahraga atau melakukan aktivitas lain yang membuatmu perlu banyak bergerak.
  • Tidak memiliki varian warna
    Nah kekurangan yang satu ini sebenarnya tidak perlu kamu permasalahkan lebih lanjut, ya, hal ini hanya menyangkut soal seleramu. Apple membuat produk Airpods 2 ini hanya tersedia dalam satu varian warna saja yaitu warna putih. Berbeda dengan Bose SoundSport Free yang memiliki variasi dalam beberapa warna yang dapat kamu pilih sesuai keinginan.

Pilih Mana: Bose Soundsport Free vs Airpods 2

Bose SoundSport FreeAirpods 2
Kelebihan- Memiliki fitur IPX4 - Kualitas bass yang sempurna - Memiliki fitur yang memudahkan untuk menemukan Earphone - Daya tahan baterai yang lebih lama  - Konektivits otomatis pada perngkat Apple  - Harga yang lebih murah 
Kekurangan- Baterai yang tidak tahan lama  - Tidak memiliki fitur konektivitas otomatis  - Harga yang lebih mahal  - Tidak memiliki fitur tahan air  - Mudah lepas saat digunakan - Tidak memiliki varian warna

Kesimpulan

Dari ulasan yang sudah ada di atas dapat disimpulkan bahwa kedua produk dapat kamu pilih sesuai seleramu masing-masing. Untuk kamu yang memang merupakan pengguna produk Apple seperti iPhone atau Macbook, maka Airpods 2 tepat untuk menjadi pilihanmu. Selain itu, untuk kamu yang juga ingin menghemat budget kamu bisa memilih Airpods 2.

Untuk kamu yang aktif berolahraga sembari mendengar musik, maka pilihanmu cocok untuk dijatuhkan pada Bose SoundSport Free yang memiliki fitur tahan keringat–dengan catatan harga jual yang mahal. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Bose Soundsport Free vs Airpods 2

VS

Leave a Reply