Makanan dan MinumanMasak

Pilih Mana: Brownies Kukus atau Brownies Panggang?

Brownies adalah kue berwarna coklat gelap dan bercita rasa yang manis legit. Teksturnya nya juga mempunyai cita rasa yang khas, agak bantat tapi lembut di dalam. Ada yang mengatakan kue ini tidak sengaja tercipta karena ada koki yang lupa memasukkan baking powder.  Cara membuat kue brownies kini sudah menjadi salah satu kue basah favorit banyak orang. Baik itu brownies kukus dan brownies panggang yang mempunyai banyak penggemar dan kedua nya pun mempunyai cita rasa yang berbeda. Kali ini akan kita bahas lebih lanjut dari kedua brownies tersebut, Apa sih yang membedakannya ? Yuk simak artikel di bawah ini!

Sejarah Singkat Brownies

Mengetahui tentang asal usul brownies, terdapat beberapa versi yang berbeda. Ada yang mengatakan, kue yang berbahan dasar coklat ini berasal dari Amerika Serikat. Menurut buku The American Century Cookbook: The Most Popular Recipes of the 20th Century, ada dua macam resep brownies yang dipublikasikan dalam sebuah buku masakan berjudul The Boston Cooking-School Cook Book.

Resep awal dimuat di buku The 1896 Boston Cooking-School Cook Book edisi tahun 1906 yang disunting oleh Fannie Merritt Farmer. Resep ini diyakini sebagai versi awal brownies dengan kadar coklat yang tidak terlalu pekat. Baca juga Pilih Mana: Bolu Kukus atau Brownies Kukus?

Tahun berikutnya, resep kedua kedua dirilis pada buku Lowney’s Cook Book Illustrated yang ditulis oleh Maria Willet Howard, anak didik Farmer. Pada resep kedua ini, Howard menambahkan telur dan coklat ke dalam resep terdahulu, sehingga menghasilkan brownies yang lebih banyak kandungan coklat nya.

Beberapa versi lain mengatakan, brownies diciptakan pada tahun 1897 di dalam Katalog Sears Roebuck. Tetapi , sebenarnya resep ini bukan untuk membuat brownies, melainkan resep Molasse Candy (sejenis permen). Sedangkan nama “brownies” diambil dari nama seorang tokoh mitos peri di dalam buku cerita anak- anak karangan Palmer Cox yang berjudul ”The Brownies: Their Book”.

Di antara banyaknya versi asal mula brownies, yang paling banyak dipercaya adalah pendapat yang mengatakan, brownies ditemukan secara tak sengaja oleh Mildred Brown Schrumpf dari Bangor, Maine, Amerika Serikat. Schrumpf lupa memasukkan bubuk pengembang ke dalam adonan kue coklat yang sedang dibuatnya hingga kuenya bantat, warnanya coklat tua kehitaman, basah, dan keras.

Schrumpf merasa sayang untuk membuang kue bantat itu. Ia memotong-motong dan menyajikannya pada keluarganya. Di luar dugaan, “kue gagal” buatan Schrumpf di gemari di lingkungannya dan populer dengan nama Bangor Brownies. Pada era 1920-an, kue brownies kemudian begitu populer di seluruh penjuru Amerika Serikat.

Brownies Kukus

Membuat brownies dengan cara dikukus merupakan alternatif bagi yang ingin menikmati brownies namun tidak punya oven. Brownies yang dikukus juga memiliki kelebihan dari yang dipanggang, yaitu memiliki tekstur yang lebih lembut dan ringan. Bagi yang menyukai brownies dengan tekstur demikian, brownies kukus adalah pilihan yang tepat.

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat

Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Brownies Kukus Coklat :
– Tepung terigu 200 gram
– Coklat batang 300 gram
– Coklat bubuk 75 gram
– Susu segar 200 ml
– Mentega 300 gram
– Telur ayam 6 butir
– Gula pasir 250 gram
– Garam ⅛ sendok teh
– Baking powder 1 sendok teh

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat :
– Tim coklat batang dan mentega, tambahkan garam, lalu aduk rata.
– Kocok telur dan gula pasir hingga berbusa.
– Masukkan coklat dan mentega cair perlahan-lahan bersamaan dengan susu, aduk rata.
– Tambahkan tepung terigu dimasukan dengan perlahan, aduk rata.
– Tuang adonan ke dalam 2 loyang yang sudah diolesi dengan mentega.
– Kukus selama 20 menit.
– Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang dilelehkan lalu tumpuk.
– Brownies siap disajikan.

Brownies Panggang

Cara membuat kue brownies kini sudah menjadi salah satu kue basah yang digemari banyak orang. Baik itu brownies kukus sederhana ataupun brownies kukus premium dengan citarasa lumeran dark chocolate yang super enak dan menggiurkan. Bahkan tidak heran jika saat ini kue brownies juga laris di online.

Cara membuat kue brownies panggang diolah dengan oven teksturnya lebih garing karena tampilannya yang kering dan lembut di dalam membuat brownies panggang juga mempunyai penggemarnya sendiri. Kalian juga dapat membeli bahan instan untum membuat brownies di rumah. Bahan brownies instan dapat anda beli di minimarket terdekat seperti di Alfamart.

Selain toppingnya yang mempengaruhi rasa, bahan utama yang digunakan dalam membuat resep brownies juga berpengaruh sangat besar ke rasa. Misalnya seperti brownies dengan bahan utama kentang, Dan untuk menambah inovasi rasa di setiap potongan kue brownies, kini banyak pula yang menambahkan selai di tengah-tengah kue brownies. Mulai dari selai strawberry, selain nanas, selai blueberry, selai coklat, selai kacang, selai apel bahkan nutella manis dan lainnya.

Cara membuat Brownies Panggang

Bahan cara membuat kue brownies panggang:
– 250 gram tepung terigu
– 400 gram margarin
– 6 butir telur, kocok sebentar
– 500 gram dark chocolate, cincang kasar
– 300 gram gula
– 1 sdt garam

Cara membuat kue brownies panggang:
– Lelehkan margarin dengan api kecil.
– Setelah margarin meleleh, matikan api lalu tambahkan dark chocolate yang telah dicincang, gula pasir, dan garam. Aduk hingga coklat meleleh. Angkat dan dinginkan.
– Setelah itu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan telur yang telah dikocok. Aduk hingga rata.
– Siapkan loyang yang hendak dipakai. Olesi dengan margarin. Tuang adonan pada loyang tersebut.
– Panggang dalam oven pada suhu 170 selama 45 menit.
– Setelah selesai dipanggang, diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit.

Pilih Mana: Brownies Kukus atau Brownies Panggang?

Brownies Kukus Brownies Panggang
Kelebihan - Lebih lembut - Tidak bikin seret - Tidak harus menggunakan oven- Tekstur yang garing - Tidak cepat enek - Lebih tahan lama
Kekurangan - Kurang garing - Lumayan enek jika makan cukup banyak - Lebih cepat seret - Membutuhkan oven

Kesimpulan

Dari artikel di atas yang kita bahas mengenai Brownies Kukus atau Brownies Panggang yang mempunyai cita rasa yang hampir sama tetapi dibedakan dalam segi masaknya, Namun keduanya memiliki citarasa yang berbeda pula. brownies kukus teksturnya lebih lembut dan sedikit basah hingga tidak bikin seret ketika dimakan. Sedangkan brownies panggang memiliki cita rasa yang sedikit kering dan lebih garing. Dapat anda pilih sesuai dengan selera anda ya..

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Brownies Kukus VS Brownies Panggang

VS

Leave a Reply