Pilih Mana: Canon 1100D atau 1200D?

Dalam dunia fotografi, pemilihan kamera merupakan langkah awal yang krusial bagi para penggemar fotografi, terutama bagi mereka yang baru memasuki dunia ini. Dua pilihan yang seringkali menjadi pertimbangan adalah Canon 1100D dan 1200D.

Kedua kamera tersebut merupakan perwakilan dari lini entry-level Canon yang terkenal. Meski keduanya menawarkan keunggulan masing-masing, namun pemilihan antara Canon 1100D dan 1200D bisa menjadi sebuah dilema.

Dalam artikel ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Canon 1100D dan 1200D, mulai dari kelebihan hingga kekurangan yang dimiliki keduanya. Simak lebih lanjut artikel berikut!

Canon 1100D

Canon 1100D, juga dikenal sebagai Canon EOS Rebel T3 di Amerika Utara, adalah kamera DSLR entry-level yang diluncurkan oleh Canon. Kamera ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 sebagai penerus dari Canon EOS 1000D.

Dirancang untuk para fotografer pemula yang ingin memasuki dunia fotografi DSLR, Canon 1100D menawarkan kombinasi antara kemudahan penggunaan dan kualitas gambar yang layak.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor gambar APS-C berkekuatan 12,2 megapiksel, prosesor gambar DIGIC 4, dan kemampuan merekam video HD. Canon 1100D menjadi pilihan populer di kalangan pengguna yang mencari kamera yang handal dengan fitur dasar yang memadai.

Berikut spesifikasi Canon 1100D:

Kamera Canon 1100D

Canon 1100D menawarkan sejumlah spesifikasi yang membuatnya menjadi pilihan menarik bagi para penggemar fotografi. Ditenagai oleh sensor APS-C beresolusi 12 megapiksel dan prosesor 14-bit DIGIC 4, kamera ini mampu memotret dengan kecepatan 3.2 frame per-detik, menghasilkan detail dan jangkauan tonal warna yang luas.

Layar LCD 2.7 inci dengan 230.000 dot memudahkan komposisi dan review hasil foto, serta memberikan akses cepat terhadap sistem menu kamera. Yang menarik, Canon EOS 1100D juga dapat menggunakan semua lensa Canon EF dan EF-S, menjadikannya kompatibel dengan lebih dari 60 jenis lensa profesional dan berbagai aksesoris lainnya di seluruh dunia.

Dalam hal pengambilan video, Canon 1100D memberikan pengalaman rekam yang mengagumkan dengan format High-Definition pada kecepatan 25 atau 30 frame per-detik, dilengkapi dengan kontrol pengatur eksposur otomatis. Rentang sensitivitas ISO 100-6400 memungkinkan pemotretan dalam kondisi pencahayaan yang kurang terang, sementara prosesor 14-bit DIGIC 4 membantu mengontrol noise untuk menjaga kualitas gambar. Sistem Autofokus yang cepat dan akurat dengan 9 titik autofocus memberikan keleluasaan dalam mengatur pilihan area fokus, baik secara horizontal maupun vertikal.

Fitur Canon 1100D

Fitur Metering Eksposur dengan iFCL memberikan analisis yang cermat terhadap kondisi pemotretan dengan 63 zona, menghasilkan kombinasi kecepatan shutter, aperture, serta ISO yang optimal.

Fitur Panduan Melalui Layar memberikan kemudahan dengan memberikan deskripsi lengkap tentang fungsi kamera langsung dari layar. Dalam hal penggunaan, Canon 1100D dirancang untuk kemudahan, dengan mode Scene yang secara otomatis memilih pengaturan eksposur dan fokus sesuai objek, serta mode Creative Auto yang memungkinkan kreasi efek foto yang beragam. Teknologi Basic + juga memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan tampilan mode dasar dari Auto sesuai dengan kondisi pencahayaan.

Kelebihan Canon 1100D

Kapasitas Baterai yang Besar

Daya tahan baterai kamera ini relatif lebih besar dibandingkan dengan yang lain, memungkinkan kalian untuk menggunakan kamera ini dengan nyaman saat beraktivitas di luar ruangan tanpa harus sering-sering mengisi daya. Meskipun demikian, untuk sesi pemotretan yang berlangsung dalam waktu yang lebih lama, disarankan untuk memiliki baterai cadangan. Dengan begitu, ketika baterai utama habis digunakan, kalian dapat dengan cepat menggantinya dengan baterai cadangan tanpa kesulitan.

Cocok untuk Kondisi Minim Cahaya

Meskipun sensor kamera ini sudah agak usang, namun tetap memiliki kualitas yang sangat baik. Dengan sensor tersebut, pengambilan gambar di area yang kurang terang atau gelap tetap dapat dilakukan dengan lancar. Sehingga, kamera ini dapat digunakan dengan baik pada waktu sore hingga malam hari atau di dalam ruangan.

Dilengkapi Autofokus

Salah satu tantangan utama ketika menggunakan kamera manual atau DSLR adalah menentukan fokus pada foto yang sedang diambil. Biasanya, harus menekan layar atau memposisikan lensa secara manual. Setelah itu, fokus umumnya akan diarahkan ke satu atau beberapa titik yang berbeda.

Namun, ketika menggunakan kamera 1100D, fokus dapat muncul secara otomatis tanpa perlu menekan apapun pada layar. Terdapat sekitar 9 titik fokus yang tersedia, mempermudah proses pengambilan gambar tanpa repot. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan sensor lensa 12 MP yang berfungsi untuk mempertajam gambar yang diambil. Dengan adanya sensor ini, hasil foto yang dihasilkan tidak akan mengalami keburaman atau blur yang mengganggu.

Kekurangan Canon 1100D

Membutuhkan Konsentrasi Tinggi

Dengan layar LCD yang ukurannya terlalu kecil, hal ini membuat pengguna kesulitan dalam mengambil gambar. Pengguna harus memfokuskan pandangan dengan cermat dan mengerutkan alis untuk memastikan objek gambar dapat tertangkap dengan jelas.

Fitur masih Anemia

Meskipun hasil yang diperoleh sudah cukup baik, terdapat beberapa fitur dengan fungsi yang terlihat kecil yang tidak tersedia dalam kamera ini. Beberapa di antaranya mencakup fitur anti debu dan spot metering eksposur untuk merekam video.

Canon 1200D

Canon EOS 1200D merupakan salah satu varian DSLR Canon yang terjangkau, melanjutkan tradisi dari model 1000D dan 1100D. Bagi kalian yang memiliki anggaran terbatas, EOS 1100D masih dapat ditemukan di pasar kamera domestik.

Dirilis pada awal tahun 2014, Canon EOS 1200D menawarkan sejumlah peningkatan fitur dibandingkan dengan model sebelumnya, 1100D. Perbedaan tersebut melibatkan peningkatan resolusi sensor menjadi 18 MP dari sebelumnya 12.2 MP, kemampuan merekam video Full HD, dan peningkatan pada Layar Live View yang kini lebih besar, mencapai 3″. Harga Canon EOS 1200D juga dilengkapi dengan fitur picture effect yang dapat memenuhi kebutuhan media sosial kalian.

Berikut spesifikasi Canon 1200D:

Kamera Canon 1200D

Kamera Canon EOS 1200D menampilkan resolusi sebesar 18 MP dan rentang ISO dari 100 hingga 6400, yang dapat ditingkatkan hingga 12800. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengabadikan gambar dalam kondisi cahaya rendah atau di malam hari. Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan lensa EF-S18-55 IS yang mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat jernih.

Tidak hanya itu, kamera ini juga memiliki mode continuous-speed yang memungkinkannya untuk mengambil foto objek dengan kecepatan 3 frame per detik. Selain berfungsi untuk memotret gambar, kamera ini juga memiliki kemampuan merekam video full HD yang jernih, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang optimal.

Fitur Canon 1200D

Kamera EOS 1200D memberikan kendali penuh terhadap fitur kreatifnya, menyajikan beragam efek dan pengaturan untuk meningkatkan kualitas foto dan video. Dari peningkatan kontras untuk efek dramatis hingga penyesuaian Exposure untuk mendapatkan kecerahan tambahan, kamera Canon EOS 1200D menawarkan beragam opsi yang memungkinkan penggunanya menciptakan hasil yang lebih menarik.

Selain itu, kamera Canon EOS 1200D juga berfungsi sebagai panduan bagi penggunanya dalam meningkatkan keterampilan pengeditan foto, serta memberikan perspektif visual yang baru terhadap foto-foto asli mereka. Fitur-fitur yang menyenangkan, seperti filter kreatif seperti Toy Camera, Fisheye, dan Efek Miniatur, turut melengkapi kamera ini. Hal ini memungkinkan para fotografer untuk lebih mendalam dalam mengeksplorasi kreativitas mereka dan menghasilkan karya-karya yang unik dan menarik.

Kelebihan Canon 1200D

Mempunyai sensor APS-C CMOS

Kamera ini unggul berkat kehadiran sensor gambar APS-C CMOS yang setara dengan sensor kamera yang biasanya digunakan dalam kelas profesional. Sensor kamera ini menjadi daya tarik utama bagi para penggemar fotografi yang menginginkan kualitas gambar yang superior ketika mereka mengabadikan momen-momen penting.

Memiliki sensitivitas cahaya yang baik

Kemampuan sensitivitas cahaya yang luar biasa terdapat berkat adanya tingkat ISO yang tinggi, yang bahkan dapat ditingkatkan hingga mencapai 12800. Dengan sensitivitas cahaya yang tinggi ini, hasil foto atau video menjadi lebih tajam dan jernih, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang atau minim.

Harga Terjangkau

Dengan detail yang baik dan kualitas gambar yang jernih, kamera ini tetap tersedia dengan harga yang terjangkau. Hal ini menjadikannya pilihan yang sesuai bagi para pemula yang ingin memulai belajar menggunakan kamera DSLR tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Kekurangan Canon 1200D

Layar belum touchscreen

Kekurangan yang dimiliki oleh kamera ini adalah absennya layar sentuh pada tampilannya. Kondisi ini membuat kamera terlihat kurang modern meskipun memiliki keunggulan lainnya. Akibatnya, pengguna perlu melakukan pengaturan secara manual melalui tombol-tombol fitur yang telah disediakan.

Resolusi layar belum standar

Kelemahan terakhir terdapat pada resolusi layar LCD Canon EOS 1200D, yang hanya mencapai 460.000 titik, sedangkan standar saat ini adalah 900.000 titik seperti yang dimiliki oleh beberapa kamera terkini.

Perbandingan Canon 1100D dan 1200D

Canon 1100D Canon 1200D
Kelebihan- Kapasitas Baterai yang Besar
- Kapasitas Baterai yang Besar
- Dilengkapi Autofokus
- Mempunyai sensor APS-C CMOS
- Memiliki sensitivitas cahaya yang baik
- Harga Terjangkau
Kekurangan- Membutuhkan Konsentrasi Tinggi
- Fitur masih Anemia
- Layar belum touchscreen
- Resolusi layar belum standar
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Pilihan antara keduanya sebagian besar tergantung pada kebutuhan dan tingkat pengalaman fotografi yang diinginkan oleh pengguna. Untuk pemula yang mencari kamera yang ramah pengguna dan handal, Canon 1100D bisa menjadi pilihan yang baik.

Namun, bagi mereka yang menginginkan beberapa peningkatan fitur dan performa, Canon 1200D dapat memberikan pengalaman fotografi yang lebih maju. Dengan mempertimbangkan spesifikasi dan fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi, pengguna dapat membuat keputusan yang bijak dalam memilih antara Canon 1100D dan 1200D.

Anda Pilih Canon 1100D atau 1200D?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!