Pilih Mana: Canon 1200D atau 4000D?

Kamera telah berubah dari alat yang sederhana untuk merekam momen kepada alat yang canggih dan multifungsi. Inovasi teknologi telah memungkinkan pengembangan fitur-fitur baru, termasuk peningkatan resolusi gambar, penambahan lensa zoom dan banyak lagi. Selain itu, perkembangan dalam desain juga membuat kamera lebih mudah digunakan dan lebih portabel.

Merek kamera Canon telah menjadi pilihan utama para fotografer sejak lama. Sebagai salah satu produsen peralatan fotografi terkemuka di dunia, Canon telah memberikan inovasi dan prestasi yang signifikan dalam industri fotografi. Berawal dari Tokyo, Jepang pada tahun 1937 dengan nama asli “Precision Optical Instruments Laboratory”, perusahaan ini awalnya memproduksi kamera dan alat-alat lainnya untuk kebutuhan fotografi. Pada tahun 1947, nama perusahaan berubah menjadi Canon yang diambil dari kata “Kanon” yang berarti “Alkitab” atau “Aturan”.

Canon memiliki berbagai macam seri kamera yang menawarkan keunggulan masing-masing. Salah satu dari seri tersebut adalah Canon 1200D dan 4000D. Dalam artikel ini, kita akan mengulas tentang Kelebihan dan Kekurangan dari kedua tipe kamera Canon tersebut. Yuk, simak lebih lanjut!

Canon 1200D

Canon EOS 1200D merupakan salah satu seri DSLR termurah dari Canon meneruskan 1000D dan 1100D. Buat Kamu yang mempunyai budget lebih terbatas, EOS 1100D masih banyak dijual di pasaran kamera tanah air.

Canon EOS 1200D dirilis di awal tahun 2014, bila dibandingkan dengan 1100D, EOS 1200D mempunyai cukup banyak peningkatan pada fiturnya seperti sensor resolusi lebih tinggi jadi 18 MP berbanding 12.2 MP, Video Full HD, dan Layar Live View lebih besar menjadi 3″. Canon EOS Harga Canon EOS 1200D juga dibekali fitur picture effect untuk kebutuhan social media kamu.

Berikut spesifikasi Canon 1200D:

Kamera Canon 1200D

Canon eos 1200d mempunyai resolusi kamera sebesar 18 MP dan rentang ISO yang dimiliki yaitu 100-6400 dan dapat ditingkatkan jadi 12800. Perihal ini memungkinkan untuk mengambil gambar dalam kondisi kurang cahaya atau saat malam hari. Tidak hanya itu kamera ini mengusung lensa EF-S18-55 IS yang sanggup menghasilkan kualitas gambar amat jernih.

Tidak cuma itu tersedianya mode continous-speed membuat kamera ini sanggup memotret objek dengan kecepatan 3 frame per second. Tidak hanya untuk memotret gambar saja, kamera ini juga sanggup merekam video full HD dengan jernih meski situasi pencahayaan yang kurang.

Fitur Canon 1200D

Kamera EOS 1200D menawarkan kontrol penuh fitur kreatif, menyediakan berbagai efek dan pengaturan untuk tingkatkan foto dan video. Baik penambahan kontras untuk efek yang lebih dramatis maupun peningkatan eksposur untuk kecerahan tambahan.

Kamera Canon EOS 1200D juga akan memandu pemakai tentang cara untuk mengasah kemampuan mengedit foto serta melihat foto-foto asli mereka dari perspektif visual yang benar-benar baru.

Kamera ini mempunyai fitur menyenangkan, filter kreatif termasuk Toy Camera, Fisheye dan Efek Miniatur yang memungkinkan fotografer untuk meningkatkan kreativitas mereka.

Kelebihan Canon 1200D

Mempunyai sensor APS-C CMOS

Salah satu kelebihan kamera ini yaitu mempunyai sensor gambar APS-C CMOS, sensor ini sebanding dengan kamera yang berada di kelas profesional. Sensor kamera inilah yang membuat para pecinta fotografer melirik kamera ini untuk mengabadikan momen dengan kualitas gambar yang tinggi.

Memiliki sensitivitas cahaya yang baik

Mempunyai kemampuan sensitivitas cahaya yang amat baik dengan adanya ISO yang cukup tinggi dan bahkan bisa ditingkatkan lagi mencapai 12800. Dengan sensitifnya cahaya ini, membuat pengambilan gambar ataupun video jadi lebih tajam dan jernih. Meski kondisi saat mengambil gambar atau video kurang pencahayaan atau sedikit cahaya.

Harga Terjangkau

Mempunyai detail yang baik serta kualitas gambar yang jernih tidak membuat kamera ini dijual dengan harga mahal. Justru kamera ini dijual dengan harga yang tergolong murah, sehingga membuat para pemula yang mau belajar memakai DSLR memilih kamera ini.

Kekurangan Canon 1200D

Layar belum touchscreen

Salah satu kekurangan kamera ini yaitu tidak mengusung touchscreen pada layar kameranya. Perihal itu membuat kamera ini terlihat kurang canggih walaupun mempunyai kelebihan lain di dalamnya. Jadi pemakai mesti mengatur secara manual lewat tombol-tombol fitur yang tersedia.

Cat mudah pudar

Cat yang ada pada tulisan di tiap menu atau fitur mudah hilang saat disentuh oleh tangan yang basah atau berkeringat. Perihal ini membuat tampilan kamera akan tampak tidak elegan dan membuat kamera terkesan tidak terawat bila cat mudah pudar.

Resolusi layar belum standar

Kekurangan yang terakhir yaitu dari sisi resolusi layar LCD, Canon EOS 1200D disini cuma 460.000 titik padahal standar saat ini 900.000 titik seperti yang terdapat di beberapa kamera sekarang.

Canon 4000D

DSLR pemula Canon EOS 4000D Kit EF-S 18-55mm III secara intuitif menghasilkan foto-foto yang menonjol dan film Full HD penuh warna dengan detail menawan. Menawarkan kontrol fotografi parsial manual dan full manual.

Selain itu, Canon EOS 4000D Kit 18-55mm III dilengkapi dengan sensor APS-C 18 Megapiksel yang memungkinkan kamu untuk memotret dalam kondisi low light, mengekspresikan kreativitas kamu dengan lensa yang bisa diganti.

Arahkan dan potret dengan Scene Intelligent Auto dan bagikan cerita kamu memakai Wi-Fi™ EOS 4000D dengan aplikasi Camera Connect.

Berikut spesifikasi Canon 4000D:

Kamera Canon 4000D

Canon EOS 4000D hadir dengan mengusung sensor resolusi 18 MP dan mesin proses gambar DIGIC 4+. Kamera Canon EOS 4000D mampu menghasilkan gambar dengan kualitas noise-free pada ISO 100 sampai di atas ISO 800.

Kamu bisa memakai pengaturan ISO tercepat yakni 3200, namun sebaiknya menjauhi ISO 6400, 1600 dan khususnya ISO 12,800 sebab resiko noise akan semakin terlihat.

Built-in pop up flash pada kamera ini amat membantu saat kamu memakainya di dalam ruangan, tidak terdapat tampilan red-eye dalam gambar, dan keseluruhan pencahayaan juga lebih baik.

Untuk memotret malam hari, kamu bisa memakai kecepatan minimum shutter speed 30 detik dan Mode Bulb untuk memperoleh hasil terbaik serta mempermudah kamu dalam merekam cahaya yang cukup dalam banyak kesempatan.

Fitur Canon 4000D

Mengambil foto selfie yang penuh kesenangan dan gambar unik dari sudut yang tidak biasa dengan pengendali jarak jauh, kemudian dengan mudah berbagi ke media sosial serta cloud dengan Wi- Fi dan Canon Camera Connect.

Nikmati Fast Auto Focus dan pemotretan resolusi penuh pada 3.0 fps, cukup arahkan dan potret untuk perolehan yang mengagumkan dengan Scene Intelligent Auto.

Pelajari saat Kamu memotret dengan Creative Auto mode, panduan fitur dalam kamera dan aplikasi Photo Companion (Android dan iOS).

Kelebihan Canon 4000D

Baterai kuat

Baterai yang dibenamkan pada Canon EOS 4000D relative kuat untuk mengambil foto serta video, bahkan dengan resolusi HD. Melalui hasil pengujian, Canon EOS 4000D bisa bertahan mencapai nyaris satu jam tiga puluh menit saat dipakai untuk merekam video HD, dan mampu mengambil foto mencapai 500 kali untuk sekali charging.

Kamera responsif

Canon EOS 4000D dibekali dengan sembilan autofokus yang memungkinkannya mengambil gambar secara beruntun sampai mencapai 3 Fps dengan hasil yang amat tajam. Kelebihan ini cukup mengatasi kekurangan dari ketiadaan zoom digital dan pengaturan fokus yang mesti memakai metode manual dari seri DSLR termurah tersebut.

Kelengkapan konektivitas

Bila mau menghubungkan Canon EOS 4000D dengan desktop, maka pihak produsen sudah membekalinya dengan USB tipe 2.0 yang mempunyai kecepatan mencapai 480 Mb/s. Tidak ketinggalan juga, Canon menyertakan fitur HDMI yang memungkinkan EOS 4000D dihubungkan langsung dengan layar smart TV sehingga tetap bisa mengakses dokumen meski tidak ada desktop.

Kekurangan Canon 4000D

Tidak memiliki speaker

Perihal ini sempat menjadi perbincangan banyak orang yang baru membeli kamera ini, setelah digunakan untuk merekam video, dan ingin playback video nyatanya audio atau suaranya tidak keluar. Nyatanya kamera ini tidak ada speakernya. Namun saat kita play di komputer ataupun laptop barulah suaranya ada.

Tidak bisa menggunakan flash manual (Flash satu pin)

Kamera Canon 4000D ini tidak mendukung flash manual. Beberapa flash yang dicoba ke kamera tersebut juga tidak hidup, penyebabnya sebab pin flash yang ditengah hotshoe kamera ini sudah ditiadakan oleh canon.

Material bahan body

Jika kamu terbiasa memegang atau merasakan body kamera canon tipe lain, mungkin tipe kamera ini akan lebih terasa seperti mainan atau plastik biasa, sebab memang kualitas plastiknya sedikit menurun. Tentu saja ini akan mempengaruhi kualitas dari kamera ini.

Perbandingan Canon 1200D dan 4000D

Canon 1200D Canon 4000D
Kelebihan- Mempunyai sensor APS-C CMOS
- Memiliki sensitivitas cahaya yang baik
- Harga Terjangkau
- Baterai kuat
- Kamera responsif
- Kelengkapan konektivitas
Kekurangan- Layar belum touchscreen
- Cat mudah pudar
- Resolusi layar belum standar
- Tidak memiliki speaker
- Tidak bisa menggunakan flash manual (Flash satu pin)
- Material bahan body
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Canon 1200D menawarkan beberapa fitur tambahan dan kinerja yang lebih baik, tetapi dengan harga yang lebih tinggi. Sementara itu, Canon 4000D menargetkan pengguna pemula dengan harga yang lebih terjangkau, meskipun dengan beberapa keterbatasan dalam fitur.

Jika Anda seorang pemula yang ingin memulai fotografi dengan anggaran terbatas, Canon 4000D mungkin menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda memiliki anggaran lebih dan menginginkan kinerja yang lebih tinggi serta fitur tambahan, Canon 1200D dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Anda Pilih Canon 1200D atau 4000D?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!