Pilih Mana: Canon 1200D atau 550D?

Kamera telah menjadi bagian penting dari dunia fotografi selama bertahun-tahun. Alat ini memungkinkan kita untuk merekam gambar-gambar indah dan menciptakan momen-momen berharga yang akan abadi selamanya. Saat ini, terdapat berbagai macam jenis kamera dengan fitur-fitur uniknya masing-masing, salah satu contohnya adalah Canon EOS 1200D dan Canon EOS 550D.

Canon EOS 1200D dan Canon EOS 550D merupakan kamera yang sering dipilih oleh pecinta fotografi, karena keduanya telah mendapatkan ulasan yang sangat positif berkat kualitas yang mereka miliki. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai kualitas dari kedua kamera tersebut, serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mari simak artikel di bawah ini dengan seksama. Selamat membaca!

Canon EOS 1200D

Canon EOS 1200D merupakan Kamera DSLR dengan seri 4 Digit terbaru dari Canon. Kamera DSLR Canon EOS 1200D ini dilengkapi dengan detail serta fitur yang mudah dipakai untuk Fotografer Pemula.

Dengan resolusi yang lebih besar, hasil tangkapan gambar Canon EOS 1200D tentu mempunyai pixel lebih banyak serta memberikan gambar lebih tajam untuk dicetak dalam ukuran besar.

Bobotnya yang ringan juga mempermudah untuk dibawa bepergian. Walaupun AF Points cuma 9 titik dan burst speed yang tidak begitu cepat, namun jika bukan untuk sport photography, kemampuan Canon EOS 1200D sudah sangat mumpuni.

Berikut spesifikasi Canon EOS 1200D:

Kamera Canon EOS 1200D

Kamera ini juga sudah dilengkapi dengan sensor gambar APS-C CMOS 18 megapiksel (MP), yang sepadan dengan kamera kelas profesional EOS 1DX. Sehingga sanggup mewujudkan suatu hasil potretan yang sempurna, jernih dan pastinya memuaskan pemakainya.

Tidak cuma, dari segi sensitivitas cahaya, Canon EOS 1200D ini mempunyai rentan ISO 100 sampai 6400 yang bisa ditingkatkan sampai 12800.

Lalu Canon EOS 1200D memiliki mode continous-speed yang membuat kamera ini sanggup memotret objek dengan kecepatan 3 frame per second. Tidak hanya untuk memotret gambar saja, kamera ini juga sanggup merekam video full HD dengan jernih meski situasi pencahayaan yang kurang.

Fitur Canon EOS 1200D

Dengan rentang ISO 100-6400, dan bisa dinaikkan sampai 12. 800, Canon mempunyai cakupan yang lebar dari sensitivitas rendah sampai sensitivitas tinggi, yang memungkinkan kamu untuk memilih ekspresi yang diinginkan tanpa melihat apakah Kamu berada di luar ruangan yang terang atau di dalam ruangan gelap.

EOS 1200D dilengkapi dengan mode Suasana Inteligen Otomatis. Dengan memutar pemutar mode ke pengaturan Suasana Inteligen Otomatis, Kamu bisa mengatur kamera Kamu untuk dioperasikan hampir seluruhnya secara otomatis.

Canon EOS 1200D mempunyai penyaring kreatif termasuk hitam/putih berbintik, fokus halus, efek mata-ikan, efek kamera mainan dan efek miniatur.

Kelebihan Canon EOS 1200D

Fitur kamera mudah digunakan

Kelebihan yang sangat tepat untuk para pemula yang ingin memakai kamera DSLR yaitu fitur yang mudah dipakai. Perihal ini akan mempermudah pemakai dikala mengabadikan foto ataupun video, karena ada sedikit penjelasan mengenai fitur yang akan dipakai.

Harga terjangkau

Mempunyai detail yang baik serta mutu gambar yang jernih tidak membuat kamera ini dijual dengan harga mahal. Malah kamera ini dijual dengan harga yang terbilang ekonomis, sehingga membuat para pemula yang mau belajar memakai DSLR memilih kamera ini.

Sensitivitas cahaya yang baik

Mempunyai kemampuan sensitivitas cahaya yang amat baik dengan adanya ISO yang cukup tinggi dan bahkan bisa ditingkatkan lagi mencapai 12800. Dengan sensitifnya cahaya ini, membuat pengambilan gambar atau video jadi lebih tajam dan jernih. Meski kondisi saat mengambil gambar atau video kurang pencahayaan atau rendah cahaya.

Kekurangan Canon EOS 1200D

Bodi yang kecil

Kekurangan yang pertama yaitu kamera Canon EOS 1200D ini memiliki bodi yang terbilang kecil, sehingga menyulitkan para pemakainya kala menggenggam. Dan tentu saja hal ini membuat Canon EOS 1200D rentan jatuh.

Baterai tidak tahan lama

Kekurangan yang kedua yaitu Canon EOS 1200D memiliki baterai yang tidak tahan lama. Jika dibandingkan dengan sebagian kompetitornya, Canon ini hanya memiliki kurang lebih 400 shot saja dalam keadaan full baterai.

Layar tidak touchscreen

Kekurangan terakhir pada kamera ini yakni tidak mengusung touchscreen pada layar kameranya. Perihal itu membuat kamera ini terlihat kurang canggih walaupun mempunyai kelebihan lain di dalamnya. Jadi pemakai mesti menata secara manual lewat tombol-tombol fitur yang tersedia.

Canon EOS 550D

Canon 550D mempunyai kualitas still image dan implementasi video terbaik dibanding SLR digital yang pernah ada. Canon 5D Mark II merupakan DSLR pertama yang membuktikan kalau SLR digital sanggup menghasilkan rekaman video. Canon 550D juga jadi SLR pertama yang mempunyai implementasi rekaman video HD terbaik tanpa segudang update firmware, dan hasilnya juga sangat memuaskan.

Menyusul jejak EOS 500D, untuk pemakai setia Canon SLR digital, Canon 550D mempunyai tampilan serta sentuhan yang menyamai pendahulunya. Bentuk body dan tampilan luar secara keseluruhan hampir serupa. Cuma terdapat sedikit perbedaan pada bagian depan serta sebagian tombol extra yang terdapat pada bagian belakang kamera.

Berikut spesifikasi Canon EOS 550D:

Kamera Canon EOS 550D

Canon EOS 550D dirakit dengan kamera beresolusi 18 Mp CMOS. Dengan begini, kamu dapat mencetak poster atau crop foto serta tetap mendapatkan hasil foto yang tajam dan jelas.

Sensor kamera pada DSLR Canon ini juga amat bagus untuk memotret dalam cahaya remang-remang. Prosesor DIGIC 4 pada kamera ini menghasilkan 14-bit Image Processing sehingga warna foto jadi lebih natural.

Kamu juga dapat merekam video berkualitas Full HD, lho! Tidak hanya itu, kamu juga dapat merekam film tipe VGA dengan zoom sampai 7 kali. Bila takut videomu bergoyang, kamu bisa memakai tripod. Untuk kamera Canon ini, layar Clear View LCD sebesar 7,7 cm tidak dapat dilipat.

Fitur Canon EOS 550D

Canon 550D dilengkapi dengan stereo microphone, dengan AV standar, HDMI dan remote shutter port. Canon 550D juga cocok dengan lensa EF dan EF-S. cuma saja, dengan lensa EF focal length akan berubah sesuai dengan crop factor kamera.

Ada juga feature yang disebut Auto Lighting Optimiser yang memiliki fungsi serupa D-Lighting pada kamera Nikon. Fitur ini bertugas mempertajam shadow area tanpa mempengaruhi blowing area atau highlighting area.

Kelebihan Canon EOS 550D

Dilengkapi sensor CMOS 18 megapixel dan prosesor 4 Digic

Di dalam, Canon 550D dilengkapi sensor CMOS 18 megapixel dan prosesor 4 Digic, yang membuatnya mempunyai banyak kesamaan dengan Canon 7D, kamera termutakhir dengan prosesor dual-Digic 4.

Nyaman dipakai

Canon 550D terasa kokoh dan nyaman, dengan body yang lebih ringan dan kontrol yang cekatan. Pada komponen atas kamera, dial mode memuat semua scene mode yang dibutuhkan, seperti creative auto mode dan PASM control, alhasil kamera ini cocok untuk para pemula.

Mempunyai mikrofon stereo

Adanya mikrofon stereo pada kamera akan memungkinkan pemakainya bisa melakukan perekaman file audio atau film tanpa mikroskop luar.

Kekurangan Canon EOS 550D

Belum mempunyai auto focus

Kala merekam film hasil rekaman akan tetap fokus dan tajam berkat adanya autofocus pada kameranya. Tetapi sayangnya, pada kamera Canon 550D belum dilengkapi dengan autofocus sehingga saat perekaman hasilnya tidak begitu fokus dan tajam.

Detail gambar/video kurang tajam

Bersamaan dengan belum adanya auto focus, maka detail gambar/video yang dihasilkan tentu belum begitu tajam jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. Ini menjadi kekurangan Canon EOS 550D yang harus dipertimbangkan.

Tidak layar lipat

Buat mengambil gambar pada posisi yang sulit, di sinilah pabrikan kamera akhirnya menciptakan ide untuk menghadirkan kamera dengan konsep layar lipat. Namun sayangnya hal tersebut belum disematkan ke dalam detail Canon EOS 550D.

Perbandingan Canon 1200D dan 550D

Canon 1200D Canon 550D
Kelebihan- Fitur kamera mudah digunakan
- Harga terjangkau
- Sensitivitas cahaya yang baik
- Dilengkapi sensor CMOS 18 megapixel dan prosesor 4 Digic
- Nyaman dipakai
- Mempunyai mikrofon stereo
Kekurangan- Bodi yang kecil
- Baterai tidak tahan lama
- Layar tidak touchscreen
- Belum mempunyai auto focus
- Detail gambar/video kurang tajam
- Tidak layar lipat
Beli online
Harga Termurah

Kesimpulan

Pemilihan antara Canon 1200D dan 550D sebaiknya berdasarkan pada kebutuhan dan tingkat pengalaman pengguna. Canon 1200D menjadi opsi yang solid bagi pemula yang mencari kamera yang mudah digunakan, sementara Canon 550D menyajikan fitur lebih canggih untuk mereka yang ingin mendalami eksplorasi kreativitas fotografi. Dengan mempertimbangkan aspek-aspek ini, pengguna dapat membuat keputusan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan fotografi pengguna.

Anda Pilih Canon 1200D atau 550D?

Vote sekarang untuk melihat hasil polling selera netizen!