Finance

Pilih Mana: Cardano atau Digibyte?

Cryptocurrency yang terkenal saat ini banyak berhamburan diseluruh dunia, kegunaannya pun sangat bervariasi dimulai dari transaksi digital antar dunia sampai sekedar untuk berinvestasi jangka panjang. Salah satu contoh cryptocurrency yang terkenal yaitu Digibyte dan Cardano.

Digibyte dan Cardano sendiri memiliki umur yang cukup tua, yaitu sama-sama didirikan dari tahun 2014. Namun masih kalah tua dengan Bitcoin yang sudah didirikan dari tahun 2009. Namun kedua platform canggih ini tidak kalah bagusnya dengan Bitcoin yang lebih dulu ada.

Berbicara mengenai detail dari kedua cryptocurrency ini, tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada dalam setiap fitur dan cara kerjanya. Pembahasan lebih lengkap akan diulas pada artikel kali ini. Stay tune ya!

Cardano

Apa itu Blockchain Cardano? Salah satu project Blockchain yang sudah ada yaitu Cardano. Sama seperti Ethereum, Cardano merupakan sebuah platform smart contract yang berfokus pada keamanan melalui kerangka konsep yang berlapis.

Cardano dirilis pertama kali pada tanggal 29 September 2017, setelah 2 tahun masa pengembangan. Cardano diunggulkan sebagai platform Smart Contracts yang berusaha menghadirkan fitur yang lebih canggih dari seniornya, Ethereum (ETH).

Pendekatan Cardano bisa dikatakan cukup unik sebab dibangun atas dasar filosofi ilmiah dan riset akademik. Tim Cardano terdiri dari pihak pemakai akhir (end-user) dan juga regulator sehingga platform ini berusaha mencari titik tengah yang menyeimbangkan kebutuhan regulasi dengan prinsip privasi dan desentralisasi yang menjadi nilai utama dalam Blockchain.

Uniknya lagi, Cardano memakai Haskell, sebuah Bahasa pemrograman yang mempunyai toleransi salah sangat kecil. Tidak seperti project crypto lainnya, tujuan Cardano bukan untuk mengambil alih semua sistem finansial, melainkan untuk memakai teknologi Blockchain dalam membawa sistem perbankan ke tempat yang belum bisa diakses, terutama di daerah yang masih berkembang.

Konsep Cardano dibuat oleh Charles Hoskinson yang juga merupakan salah satu pencipta Ethereum. Meski Ethereum merupakan platform smart contract yang luar biasa, menurut Charles Hoskinson Ethereum adalah Blockchain generasi kedua yang membutuhkan perbaikan.

Yang membuat Cardano luar biasa yaitu bahwa platform ini membutuhkan perhatian lebih dalam pemeliharaannya. Baca juga Pilih Mana: TRON atau Cardano?

Cara kerja Cardano

Cardano pula merupakan mata uang kripto pertama yang diciptakan berdasarkan Kode Haskell, bahasa kekuatan industri yang diklaim sanggup menjamin keamanan dana sampai batas maksimum.

Jaringan Blockchain Cardano memakai Proof-of-Stake unik dari algoritma yang disebut Ouroboros. Ini merupakan lapisan penyelesaian dasar yang kemudian dilanjutkan kepada lapisan kontrol utama setelah validasi dilakukan.

Salah satu kelebihan yang paling menonjol dari Cardano yaitu dikonsep untuk mematuhi peraturan dan logika yang dibuat, sementara tetap menjaga privasi para pemakainya.

Kelebihan lainnya yaitu Core System atau Sistem Inti Cardano dapat diupgrade tanpa mesti memisahkan Chain jaringan seperti pada hampir keseluruhan mata uang kripto yang diciptakan sebelum Cardano.

Perihal ini tentu saja hendak memberikan nilai lebih, dan sekaligus stabilitas nilai ADA akan lebih terjaga, sebab keragu-raguan terhadap keutuhan sistem sudah bisa dipastikan oleh Cardano. Sistem Treasury juga menjamin jika keberlangsungan jaringan blockchain akan terus terjaga walaupun sedang dilakukan Upgrade.

Kelebihan Cardano

  • Cardano diklaim jauh lebih efisien
    Dalam PoS tidak ada istilah penambang, namun disebut validator untuk membuat sebuah blok baru. Tiap validator mesti mempunyai jumlah koin Cardano( ADA) yang banyak supaya dapat berfungsi sebagai validator.
  • Mudah dalam urusan transaksi
    Cardano blockchain memberikan kecepatan transaksi yang lebih besar, keandalan yang lebih besar, dan keamanan. Tentu saja ini salah satu kelebihan andalan dari Cardano yang baik.
  • Efisien dalam penambangan
    Cryptocurrency ADA membutuhkan daya komputasi yang jauh lebih sedikit. Pada saat penambangan, beberapa blok dibuat sekaligus, tidak seperti Bitcoin, yang hanya menciptakan satu per satu.

Kekurangan Cardano

  • Sistem peer-to-peer
    Walau bisa dipastikan hasilnya handal, namun secara pertumbuhan token dan DApp bisa dibilang lambat. Sampai detik ini saja belum ada DApp yang menclok di Cardano, meski sudah banyak bursa yang memperdagangkan ADA.
  • Tidak ada regulasi dari pemerintah
    Sebagian negara seperti Jepang dan Korea Selatan, termasuk beberapa negara di Eropa sudah mempunyai regulasi khusus, namun secara umum kesannya masih menolak, untuk mengatakan setuju di dalam hati.
  • Resiko pesaing melampaui Cardano
    Ada resiko kalau pesaing bisa berhasil lebih dahulu sebab perkembangan Cardano yang cenderung lambat. Seperti halnya Ethereum, Bitcoin dan lain sebagainya.
SpesifikasiCardano
DiciptakanCharles Hoskinson
Tahun berdiriTahun 2014
Web resmicardano.org
Rata-rata waktu blok3-5 menit

Digibyte

Mungkin kita masih awam dengan cryptocurrency bernama DigiByte, apalagi untuk pasar Indonesia masih belum ada exchange yang me-listing koin tersebut. Digibyte merupakan proyek cryptocurrency yang cukup tua yakni lahir pada tahun 2014.

Lihat juga:  Pilih Mana: Stellar Lumens atau Ripple?

Proyek ini fokus pada desentralisasi, keamanan dan kecepatan. Koin yang berplatform UTXO (“unspent transaction output”) ini pada awal 2018 sampai sekarang mulai menunjukkan pergerakannya, seperti orang yang baru terbangun dari tidur yang amat lama.

Digibyte juga mata uang digital yang dikembangkan pesat 3 tahun tua blockchain global yang terdesentralisasi dengan fokus pada keamanan cyber, pembayaran dan mengamankan komunikasinya.

Digibyte merupakan Proof of Work cryptocurrency berdasarkan pada sistem multi-algoritma yang memungkinkan konsumen untuk menambangnya melalui lima algoritma yang berbeda. DGB baru-baru ini pindah untuk mengaktifkan SegWit dan sudah bisa mengumpulkan popularitas di kalangan gamer.

Cara kerja Digibyte

Blok Digibyte ditambang tiap lima belas detik (dibanding dengan blockchain Bitcoin, yang menghasilkan blok tiap 10 menit. Mengingat Digibyte sudah ada sejak 2014, ini menambah rantai blok yang amat panjang serta menjadikannya blockchain terpanjang yang ada. Ya, lebih lama dari Bitcoin.

Adapun klaimnya sebagai blockchain tercepat, tampaknya bertahan. Dikala ini, Digibyte bisa menangani 560 transaksi per detik sebab waktu bloknya yaitu 15 detik. Ini sekitar 40x lebih cepat dari Bitcoin, yang cuma bisa menampung 7 transaksi per detik, atau Ethereum, yang bisa memproses 15 transaksi per detik.

Waktu blok yang lebih cepat berarti jaringan Digibyte bisa memproses dan mengkonfirmasi transaksi lebih cepat daripada blockchain top lainnya di pasar.

Digibyte juga merupakan salah satu blockchains besar pertama yang mengadopsi SegWit (saksi terpisah), suatu konsep yang memungkinkan data terkait dengan tanda tangan dihapus dari transaksi Digibyte sehingga ukurannya lebih kecil.

Keamanan blockchain dijamin dengan membuat jaringan terdesentralisasi mungkin. Terdapat 5 algoritma penambangan yang berbeda yang menciptakan DGB, yang membantu mencegah sentralisasi penambangan dibanding dengan blockchains algoritma tunggal.

Untuk meretas blok rantai Digibyte , penyerang mesti mengendalikan mayoritas setidaknya 3 kelompok algoritma (serangan 51 persen).

Kelebihan Digibyte

  • Produk-produk inovatif muncul dalam ekosistem DGB
    Ada banyak produk inovatif Digibyte di pasaran. Misalnya, Digi ID yakni produk inovatif yang mendapatkan daya tarik di bidang keamanan siber. Melalui Digi ID, konsumen bisa masuk ke situs website memakai dompet Digibyte mereka.
  • Amat aman
    Tanpa keamanan, cryptocurrency tidak berguna. Itu tidak bisa memenuhi tujuannya. Atas dasar ini, Digibyte (DGB) merupakan salah satu koin terbaik di pasar. Keamanan multi-Algo merupakan suatu yang sering dianggap remeh, namun sesungguhnya alat yang ampuh. Untuk menyerang Digibyte (DGB), penyerang perlu mengendalikan semua Algos-nya.
  • Sangat murah saat ini
    Digibyte (DGB) merupakan perdagangan dengan diskon besar-besaran bila dibanding dengan tertinggi sepanjang masa. Harga sudah menyusut tajam namun fundamentalnya telah membaik. Ini berarti bahwa begitu bulls mengambil kendali pasar, Digibyte (DGB) bisa dengan mudah melampaui tertinggi sepanjang masa. Masa depannya cerah dan siapa pun yang memegangnya cukup lama dapat memperoleh keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang.

Kekurangan Digibyte

  • Kurangnya popularitas
    DigiByte sudah ada selama 5 tahun dan tidak seperti Bitcoin dan Litecoin, banyak orang belum pernah mendengarnya. Butuh lebih banyak pengenalan lebih lanjut agar Digibyte senantiasa bisa bersaing dengan para kompetitornya.
  • Minimnya diferensiasi
    Banyak investor beranggapan kalau DigiByte tidak mempunyai keunggulan use case nyata atas pesaing yang lebih terkenal di ruang crypto.
  • Sulit untuk pemula
    Semua uang DGB disimpan dalam dompet resmi DigiByte. Namun, ini cuma tersedia di situs website perusahaan dan perlu dijalankan secara terus menerus. Ini berarti dompet tidak sesuai untuk konsumen pertama kali ataupun pemula di ruang crypto.
SpesifikasiDigibyte
DiciptakanJared Tate
Tahun berdiriTahun 2014
Web resmidigibyte.co
Rata-rata waktu blok15 detik

Pilih Mana: Cardano atau Digibyte?

CardanoDigibyte
Kelebihan- Cardano diklaim jauh lebih efisien - Mudah dalam urusan transaksi - Efisien dalam penambangan - Sangat murah saat ini - Amat aman - Produk-produk inovatif muncul dalam ekosistem DGB
Kekurangan- Sistem peer-to-peer - Tidak ada regulasi dari pemerintah - Resiko pesaing melampaui Cardano - Kurangnya popularitas - Minimnya diferensiasi - Sulit untuk pemula

Kesimpulan

Cardano dan Digibyte tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang cukup signifikan, untuk itu para pemakai dan calon pemakainya harus berhati-hati dan teliti saat beraktivitas didalam platform terkenal tersebut. Salah satu kelebihan dari Digibyte yaitu waktu bloknya yang sangat cepat, yaitu sekitar 15 detik. Tentu saja hal ini merupakan profit yang sangat baik untuk para pemakainya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cardano vs Digibyte

VS