Home

Pilih Mana: Cat Toa atau Dulux?

Sebuah bangunan tidak bisa terlepas dari kebutuhannya terhadap cat. Selain dapat memperindah bangunan, cat juga memiliki fungsi untuk merawat dan melindungi bangunan. baik dari serangan matahari, hujan, hingga dari berbagai noda. Karena itu, Anda perlu memilih cat yang benar-benar baik untuk digunakan. Dua cat yang dapat Anda pilih yaitu cat Toa dan cat Dulux. Manakah cat yang lebih baik untuk digunakan? Cat Toa atau Dulux?

Cat Toa merupakan produsen cat terbesar di Thailand yang saat ini telah memiliki pabrik di Indonesia. Cat ini memiliki beragam varian yang dapat Anda gunakan. Cat Dulux telah hadir jauh dulu daripada cat Toa. Cat Dulux ini juga memiliki banyak varian cat dan dipercaya memiliki kualitas yang baik.

Cat Toa

Cat Toa merupakan cat nomor satu di Thailand dan saat ini telah memiliki pabrik di Indonesia. Cat Toa memiliki banyak varian cat yang berfungsi untuk merawat dan melindungi tembok rumah Anda.

Kelebihan Cat Toa

Berikut beberapa kelebihan Cat Toa yang perlu Anda ketahui:

  • Membersihkan Tanpa Merusak Cat

Cat Tembok Toa Nano Clean Extra Clean adalah cat tembok interior yang diformulasikan dengan formula khusus yang mengandung pelindung Hybird Technology dan dikombinasikan dengan Nano Fluorocarbon dan Nano Silver (Ag+). Cat Tembok Toa Nano Clean Extra Clean bisa dibersihkan tanpa merusak hasil cat dan memberikan 99,9 % perlindungan anti bakteri. Dikutip dari Jatimtimes.com cat Toa jenis ini mampu memberikan hasil yang halus dan melindungi dari bakteri sehingga noda yang lengket mudah untuk dibersihkan tanpa merusak cat. Selain itu, ada pula cat Toa yang dapat membersihkan sendiri dan memberikan perlindungan untuk permukaan luar dua kali lebih dari cat acrylic biasa.

  • Tahan Terhadap Jamur dan Pelapukan

Cat Toa memiliki produk dengan nama Cat Toa 4 SEASON, cat ini dikhususkan untuk interior. Cat Toa 4 Season memiliki daya tahan terhadap jamur dan tahan terhadap pelapukan. Mudah untuk pengamplikasian dan akan memberikan hasil atau finshing yang menarik.

  • Mendapatkan Hasil yang Halus dan Terlindung dari Bakteri

Cat Toa Nano Clean Sik Touch merupakan varian cat Toa khusus interior yang diformulasikan dengan formula khusus yang mengandung perlindungan Hybird Technology dari Jerman yang dikombinasikan antara Nano Fluorocarbon dan silver Nano. Cat Toa Nano Clean Sik Touch akan memberikan hasil yang halus dan melindungi dari bakteri sehingga noda yang melekat mudah untuk dibersihkan tanpa merusak cat.

  • Memberikan 7 Manfaat dalam 1 Cat

Cat TOA 7 in 1 adalah cat tembok berkualitas untuk interior dan exterior rumah yang mempunyai elastisitas lebih tinggi daripada cat elastomeric biasa dan dapat mengikuti gerakan struktur bangunan. Diformulasikan dengan teknologi protective hybrid dari jerman dan memberikan 7 manfaat dalam 1 cat sekaligus. Manfaat tersebut antara lain, menutup retak rambut dan memberikan perlindungan maksimum terhadap air dan matahari, 100% kedap air dan mencegah penetrasi air ke dalam tembok yang dapat menyebabkan korosi terhadap struktur gedung, dapat dicuci, anti karbonasi, anti jamur dan lumut, menahan debu menempel, dan tahan terhadap pengkristalan.

Kekurangan Cat Toa

Berikut kekurangan cat Toa yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Tahan Lama

Baik untuk eksterior dan interor, cat Toa tidak menawarkan manfaat yang tahan lama. Untuk varian cat yang 4 Season, cat ini hanya memberikan daya tahan selama 4 tahun untuk interior. Ini bisa dikatakan kurang tahan lama dibandingkan dengan cat Dulux yang memiliki ketahanan hingga 5 tahun untuk interior dan eksterior.

  • Tidak Memiliki Varian Cat Anti Bocor

Kekurangan lain yang dimiliki oleh cat Toa ini adalah tidak memiliki varian cat anti bocor. Padahal cat anti bocor banyak dicari dan diperlukan untuk melindungi rumah dari rembesan air dan kebocoran.

  • Belum Menguasai Pasar

Produsen cat terbesar di Thailand ini belum bisa menguasai pasar cat di Indonesia. Hal ini mungkin dikarenakan karena kemunculannya yang masih baru jika dibandingkan dengan cat Dulux. Saat ini cat Dulux masih menguasai pasar lebih baik daripada cat Toa.

Kelebihan Cat ToaKekurangan Cat Toa
- Membersihkan tanpa merusak cat- Kurang tahan lama
- Tahan terhadap jamur dan pelapukan- Tidak memiliki varian cat anti bocor
- Mendapatkan hasil yang halus dan terlindung dari bakteri- Belum menguasai pasar cat
Lihat juga:  Pilih Mana: Pompa Air Shimizu atau Pompa Air Wasser?

Cat Dulux

Cat Dulux merupakan merek cat yang telah memiliki banyak cabang di berbagai belahan dunia. Cat ini dipercaya dan telah terbukti memiliki kualitas yang sangat baik. Karena itulah cat ini bisa dibilang telah menguasai pasar cat. Baca juga:  Cat Propan vs Dulux.

Kelebihan Cat Dulux

Berikut beberapa kelebihan cat Dulux yang perlu Anda ketahui:

  • Kandungan Timbal Rendah

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh cat Dulux adalah kandungan timbal yang terdapat dalam cat ini terbilang rendah. Hal ini diketahui dari hasil tes seluruh merek cat dan menemukan dua cat dengan kandungan timbal yang rendah, yaitu cat Dulux dan cat Catylac.

  • Tahan Hingga Lima Tahun

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh cat Dulux adalah memiliki daya tahan hingga 5 tahun. Ketahanan ini berlaku untuk cat eksterior watershield dan dapat bertahan lebih lama lagi untuk cat interiornya.

  • Mudah Dibersihkan

Dulux Easy Clean ini merupakan cat produksi Dulux yang memberikan kelebihan mudah dibersihkan. Sesuai dengan nama yang diberikan, Anda dapat dengan mudah membersihkan noda yang menempel di dinding Anda. Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, ini jenis cat yang bisa Anda pilih. Sehingga saat anak Anda menumpahkan makanan, minuman atau mencoret dinding, Anda dapat dengan mudah membersihkannya.

Kekurangan Cat Dulux

Berikut beberapa kekurangan cat Dulux jika dibandingkan dengan cat Toa:

  • Tidak Dapat Membersihkan Sendiri

Cat Dulux memang memiliki varian cat yang dapat dengan mudah dibersihkan ketika kotor. Namun, cat ini tidak bisa membersihkan sendiri seperti cat Toa Supershield yang dapat bersih sendiri dengan hasil sheen.

  • Tidak Memiliki Produk Cat yang Serba Guna

Cat Dulux menyediakan produk yang dikhususkan untuk manfaat-manfaat tertentu. Anda tidak bisa menggunakan cat interior untuk eksterior, dan belum ada produk cat yang dapat digunakan untuk interior dan eksterior sekaligus seperti cat Toa dengan produknya Toa 7 in 1.

  • Mengandung VOC yang Tinggi

Cat Dulux mengandung VOC yang tinggi. Kandungan VOC pada cat meliputi berbagai macam kimia. Ketika menguap, zat ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kelebihan Cat DuluxKekurangan Cat Dulux
- Memiliki kandungan timbal yang rendah- Tidak dapat membersihkan sendiri
- Tahan hingga lima tahun- Tidak memiliki produk cat yang serbaguna
- Mudah dibersihkan- Mengandung VOC yang tinggi

Pilih Mana: Cat Toa atau Dulux?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara cat Toa dan cat Dulux. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua merek cat tersebut:

Cat ToaCat Dulux
- Cat interior dan eksterior kurang tahan lama- Cat interior dan eksterior cukup tahan lama
- Memiliki cabang yang belum terlalu luas- Memiliki cabang yang telah luas
- Belum menguasai pasar cat - Telah menguasai pasar cat

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai cat Toa dan cat Dulux, dapat dilihat bahwa kedua jenis cat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di sisi lain, terdapat varian cat Toa yang lebih baik daripada cat Dulux. Tapi, ada pula varian cat Dulux yang lebih baik daripada cat Toa. Jadi, Anda perlu memfokuskan apa yang Anda butuhkan, dengan demikian Anda bisa menggunakan merek cat yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cat Toa vs Dulux

VS

Leave a Reply