Kesehatan

Pilih Mana: Catafalm atau Ponstan?

Sakit gigi merupakan kondisi di mana pada sekitaran gigi dan rahang muncul rasa nyeri yang mempunyai tingkat kesakitan yang bervariasi. Sakit gigi sering kali dikaitkan dengan penyakit pada gigi atau gusi, namun sakit gigi juga bisa menjadi tanda adanya bagian tubuh yang sakit sehingga menimbulkan nyeri yang menjalar di sekitar gigi.

Umumnya nyeri yang dirasakan ketika sakit gigi dapat terjadi ketika penderita mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis, panas atau dingin. Baca Juga: 7 Koyo Terbaik untuk Redakan Pegal dan Nyeri Otot

saat ini persediaan obat Pereda nyeri akibat sakit gigi ini sangatlah banyak, dua diantaranya yang sering digunakan dan dikonsumsi adalah Catafalm dan Ponstan. Untuk mengetahui tentang kedua obat ini ada baiknya menyimak ulasan berikut!

Obat Pereda Nyeri Catafalm

Cataflam ialah obat untuk mengurangi nyeri datang bulan sakit gigi, ataupun sakit kepala migrain. Tak hanya itu obat ini pun dapat digunakan untuk menghilangkan keluhan nyeri serta radang sendi akibat artritis rheumatoid, osteoarthritis, ataupun spondilitis ankilosa.Obat peredah nyeri Cataflam berisi Diclofenac Potassium atau Diclofenac Sodium. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, sirup, serta serbuk. Diclofenac yang terdapat di dalam Cataflam bertugas dengan cara menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin. 

Prostaglandin ialah zat yang mengakibatkan munculnya indikasi radang ketika tubuh menghadapi kerusakan atau pun luka.

Kelebihan Obat Nyeri Catafalm

1. Memiliki jenis yang beragam

Kelebihan paling utama dari Catafalm ini adalah jenis dari obat yang beragam. Obat ini memiliki bentuk tablet, sirup dan juga serbuk. Selain itu kandungan pada tiap obat ini juga berbeda sehingga memudahkan penderita dalam memilih dosis yang sesuai.

2. Dapat meredakan radang sendi

Obat nyeri cataflm ini bukan hanya meredakan nyeri pada sakit gigi tapi juga dapat meredakan keluhan nyeri dari radang sendi akibat artritis rheumatoid, osteoarthritis, atau spondylitis ankilosa. 

3. Memberikan reaksi yang cepat

Obat nyeri Catafalm ini memberikan efek reda yang sangat cepat ketika menangani sakit nyeri baik gigi, sendi maupun kram perut. Sehingga tidak menimbulkan efek ketergantungan.

Kekurangan Obat Nyeri Catafalm

1. Tidak dapat dikonsumsi anak-anak

Untuk obat ini hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan sesuai dengan resep obat. Sehingga obat ini tidak bisa dikonsumsi oleh sembarang orang.

2. Tidak dapat dikonsumsi ibu hamil

Obat Catafalm ini termasuk obat kategori D hal ini menandakan bahwa obat dapat memberikan risiko terhadap janin manusia.

3. Memiliki efek interaksi terhadap obat lain

Ketika meminum obat Catafalm ini harus diingat bahwa dapat menimbulkan interaksi serius jika diminum bersamaan dengan obat lain. Contohnya akan menimbulkan pendarahan jika dikonsumsi dengan obat selective serotonin reuptake inhibitors, seperti warfarin atau aspirin.

4. Memiliki efek samping

Ketika minum obat dengan kandungan diclofenac ini dapat menimbulkan efek samping seperti mual, kembung, konstipasi, diare, sakit kepala, pusing, kantuk dan heartburn. 

Lihat juga:  8 Merk Pasta Gigi Herbal Terbaik 2022

Ketika penderita memiliki reaksi alergi terhadap kandungan pada Catafalm ini akan menimbulkan efek serius seperti telinga berdenging, penyakit kuning, muntah darah dan bengkak di kaki atau tangan.

Obat Pereda Nyeri Ponstan

Ponstan ialah obat yang berkhasiat untuk menghentikan peradangan serta nyeri, semacam nyeri sendi, sakit gigi, sakit kepala, atau pun nyeri datang bulan Ponstan termasuk ke dalam golongan Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS) 

Setiap tablet salut bungkus Ponstan berisi materi aktif 500 miligram Asam Mefenamat. Asam Mefenamat bertugas dengan cara menghambat penyusunan zat kimia tubuh yang dinamakan prostaglandin.

Prostaglandin dibentuk ketika terdapat cedera pada jaringan tubuh. Zat ini pada hakikatnya berperan untuk mempercepat penyembuhan luka, tetapi di sisi lain dapat mengakibatkan peradangan, pembengkakan, serta nyeri. 

Kelebihan Obat Nyeri Ponstan

1. Dapat dikonsumsi anak-anak

Obat Pereda nyeri ini dapat mengatasi permasalahan nyeri pada orang dewas dan anak-anak yang beruisi diatas 14 tahun dengan dosis makan sebanyak 500mg selama 3 kali sehari.

2. Efek samping yang tak terlalu berat

Karena kandungan bahan aktif pada obat Ponstan adalah Asam Mefenamat sehingga efek samping yang ditimbulkan tidak terlalu berat, seperti kantuk setelah meminum obat ini.

3. Harga yang murah

Obat Pereda nyeri ini dapat dibeli dengan harga yang terjangkau, dibandingkan dengan harga obat perdea nyeri lainnya Ponstan memiliki harga yang lebih murah.

Kekurangan Obat Nyeri Ponstan

1. Hanya memiliki bentuk kapsul

Kekurangan yang paling menonjol dari obat ini adalah hanya tersedia bentuk kapsul. Hal ini akan menyulitkan ketika memberikan obat kepada anak-anak yang lebih menyukai obat berbentuk sirup. Untuk anak-anak yang ingin mengkonsumsi obat ini maka obat perlu dihaluskan terlebih dahulu.

2. Tidak bisa dikonsumsi ibu hamil

untuk obat Pereda nyeri ini dapat menimbulkan efek kepada janin, sehingga untuk konsumsi obat ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

3. Menimbulkan reaksi alergi

Untuk penderita yang memiliki alergi terhadap kandungan Asam Mefenamat tidak dianjurkan meminum obat ini tanpa resep dokter. Karena dapat menyebabkan pendarahan saluran pencernaan, gangguan hati maupun gangguan ginjal.

Pilih Mana: Catafalm atau Ponstan?

Keterangan CatafalmPonstan
Kelebihan - Memiliki jenis yang beragam - Dapat meredakan radang sendi - Memberikan reaksi yang cepat - Memiliki efek samping- Dapat dikonsumsi anak-anak - Efek samping yang tak terlalu berat - Harga yang murah
Kekurangan - Tidak dapat dikonsumsi anak-anak - Tidak dapat dikonsumsi ibu hamil - Memiliki efek interaksi terhadap obat lain- Hanya memiliki bentuk kapsul - Tidak bisa dikonsumsi ibu hamil - Menimbulkan reaksi alergi
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat dilihat bahwa obat Pereda nyeri ini dapat meredakan nyeri secara efisien. Tetap ingat bahwa obat nyeri ini hanya untuk meredakan sementara jika nyeri terus berlangsung maka segera konsultasi ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Catafalm vs Ponstan

VS