Aplikasi

Pilih Mana: Chrome vs UC Browser?

Saat ini perkembangan internet semakin pesat, pengguna internet juga telah semakin banyak dari waktu ke waktu. Sebagai pengguna internet, kita pastilah sangat memerlukan aplikasi browser untuk melakukan browsing dan mencari informasi lainnya dari internet. Maka dari itu penting sekali untuk memilih aplikasi browser yang memiliki kualitas yang baik untuk digunakan.

Anda pasti tahu dengan aplikasi Google Chrome dan UC Browser. Ini merupakan dua aplikasi browser yang memiliki banyak pengguna dan memiliki kualitas yang sangat baik untuk digunakan. Sesuai dengan namanya, Google Chrome merupakan aplikasi milik Google sedangkan UC Browser merupakan aplikasi browser milik Alibaba group. Kedua aplikasi browser ini sebenarnya memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan tujuan pengguna internet.

Chrome

Google Chrome merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh Google dan dirilis pada September 2008. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Google merupakan mesin pencari (search engine) yang sampai saat ini masih memiliki peringkat nomer satu dan yang paling banyak di gunakan untuk sarana mencari sumber informasi dari internet. Anda dapat memastikan peringkat Google ini di Alexa Rank. Karena banyaknya pengguna yang menggunakan mesin pencari ini Google pun membuat sebuah aplikasi browser yang bertujuan agar penggunanya lebih mudah berselancar dan mengakses pencarian melalui Google di internet. Maka dari itu, sudah dapat di pastikan bahwa Chrome akan sangat mengunggulkan Google pencarian di browser nya.

Kelebihan dan Kekurangan Chrome

Berikut kelebihan yang dimiliki oleh Google Chrome:

  • Tampilan

Google Chrome memiliki tampilan interface yang sangat sederhana. Dengan tampilan yang sederhana ini Anda tidak akan kesulitan dan ribet ketika menggunakannya. Jika Anda lihat, hampir semua jenis produk Google memiliki tampilan yang sederhana. Tujuannya adalah agar mudah digunakan. Dengan tampilan yang sederhana ini penggunanya cepat memahami fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, dan tentunya itu akan membuat ciri khas tersendiri untuk setiap produk yang di keluarkan Google.

  • Memiliki Berita yang Update

Selain memiliki kelebihan di tampilan yang sederhana, Google Chrome juga setiap harinya menyediakan update berita terhangat. Berita ini membuat kita tetap bisa update berita setiap harinya. Hal yang paling penting, setiap berita yang di tampilkan di Google Chrome itu berasal dari website-website terpercaya. Sehingga kita tidak perlu khawatir membaca berita hoax.

  • Kecepatan Akses

Pihak Google terus mengupdate aplikasi Google Chrome. Hal ini diperlukan agar aplikasi ini dapat digunakan dengan ringan. Hasilnya, Google Chrome pun memiliki kecepatan yang hampir setara dengan UC Browser. Jadi, meskipun UC Browser tetap unggul dalam hal keceptan akses, tapi Google Chrome juga terus memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik.

  • Akses Situs yang Berat

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Google Chrome adalah kemampuannya dalam mengakses situs yang berat. Laman web dengan utuh tetap bisa Anda akses meskipun berat. Selain itu, Google menerapkan Google weblight pada Google Chrome, inilah yang membantu pengguna mengakses laman situs dengan baik meskipun pada jaringan yang rendah. Pengguna smartphone juga tetap bisa mengakses laman situs dengan utuh dan tidak terlalu berat di smartphone.

  • Aktivitas yang Didukung

Jika Anda memiliki hobi melakukan bloging, mengelola channel YouTube, browsing, melakukan upload di webtoon dan banyak hal lainnya yang tergolong berat, Anda dapat memanfaatkan Google Chrome untuk memanfaatkan aktivitas ini.

  • Terhubung Langsung dengan Google

Jika Anda merupakan pengguna internet yang sangat sering menggunakan search engine Google, maka browser Google Chrome ini sangat cocok untuk Anda. Secara default, address bar yang ada pada browser Google Chrome ini sudah terhubung ke dalam situs pencai Google. Dengan demikian Anda hanya perlu menuliskan keyword atau kata kunci yang ingin Anda cari di dalam address bar, dan kemudian, Google Chrome akan membantu mencarkan informasi dan juga link mengenai kata kuci yang Anda cari. Baca juga: Pilih Mana: Mozilla Firefox atau Google Chrome?

UC Browser

UC Browser merupakan salah satu aplikasi browsing yang memiliki banyak pengguna. Jumlah pengguna yang dimiliki aplikasi ini telah mencapai lebih dari 500 pengguna di lebih dari 150 negara di dunia. Aplikasi browser yang berdiri sejak tahun 2004 ini terkenal memiliki loading yang cepat dan cepat pula untuk melakukan download. Aplikasi browser ini telah membangun jaringan server independen di berbagai belahan dunia seperti Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Kelebihan dan kekurangan UC Browser

Berikut kelebihan dan kekurangan UC Browser:

  • Tampilan

Tidak seperti Google Chrome yang lebih sederhana, UC Browser tampil lebih lengkap lagi. UC Browser menampilkan berbagai macam topik di halaman utamanya. Aplikasi browser ini menampilkan berita, Anda juga dapat menemukan daftar musik dan video populer. Selain itu, UC Browser juga menyediakan fitur plug-in di aplikasinya. Bisa dikatakan, tampilan yang dimiliki oleh UC Browser lebih rumit daripada Google Chrome.

  • Memiliki Berita yang Update

Sama halnya dengan Google Chrome, UC Browser juga menampilkan berita yang baru dan hangat. Beita yang ditampilkan tersebut diambil dari situs berita mereka, yaitu UC News. Namun banyak yang menyayangkan dan mengkhawatirkan beberapa berita yang muncul di UC Browser adalah berita hoax.

  • Kecepatan Akses

Tidak dapat dipungkiri bahwa UC Browser memiliki kemampuan loading yang cepat. Inilah salah satu alasan banyak pengguna yang menggunakan aplikasi browser ini. Selain loading yang cepat, UC Browser juga sangat cepat untuk digunakan jika ingin melakukan aktivitas download.

  • Akses Situs yang Berat

Salah satu kekurangan UC Browser adalah berat digunakan untuk mengakses situs yang berat. Jika Anda ingin mengakses situs yang memiliki banyak gambar, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama dan berat. Gambar yang ditampilkan pun kurang jernih dan kurang berkualitas. Sehingga banyak yang beralih ke Google Chrome jika terjadi kendala seperti ini. Namun, pihak UC Browser selalu melakukan update terhadap aplikasi browser miliknya ini. Sehingga sekarang sudah sedikit lebih ringan saat membuka laman situs yang berat.

  • Aktivitas yang Didukung

Jika Anda membutuhkan aplikasi browser untuk melakukan download file, film, MP3, aplikasi dan sebagainya Anda bisa menggunakan aplikasi browser UC Browser ini. Aplikasi ini dianggap unggul dan cepat dalam melakukan dowload.

  • Mode Malam

Kelebihan lain yang dimiliki oleh UC Browser ini adalah Anda bisa memilih mode malam atau mode siang. Sehingga Anda akan bisa menghemat baterai jika menggunakan mode yang sesuai.

Pilih Mana: Google Chrome atau UC Browser?

Setelah dipaparkan di atas, Anda telah dapat menilai perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara Google Chrome dan UC Browser. Perbedaan antara Google Chrome dan UC Browser telah dirangkum  pada tabel berikut:

ChromeUC Browser
- Dapat mengakses situs yang berat - Memiliki kecepatan loading dan download
- Memiliki tampilan yang lebih sederhana- Memiliki tampilan yang lebih rumit
- Cocok untuk melakukan upload- Cocok untuk melakukan download

Kesimpulan

Dari informasi kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh oleh Chrome dan UC Browser dapat disimpulkan bahwa aplikasi browser Google Chrome lebih baik daripada UC Browser. Meskupun begitu, UC Browser tetap handal dan memiliki akses yang cepat loading dan download. Jadi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menggunakan UC Browser ini untuk tujuan-tujuan tertentu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Chrome vs UC Browser

VS

Leave a Reply