AksesorisBeautyFashionLainnya

Pilih Mana: Cincin Platinum atau Titanium?

Bagi anda yang memiliki dan menyukai aksesoris terutama cincin pastinya tidak akan asing lagi jika mendengar bahan platinum dan titanium. Kedua bahan itu sangat digemari untuk dijadikan bahan cincin bagi wanita. Baca Juga: Pilih Mana: Cincin Perak atau Palladium?

Biasanya untuk melakukan acara sacral seperti lamaran atau pernikahan maka akan dilakukan pemesanan cincin. Kedua bahan itu menjadi pertimbangan dalam membuat cincin, maka dalam pembahasan ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari kedua bahan tersebut!

Bahan Platinum

Platinum memiliki arti logam mulia dalam bahasa spanyol, pertama kali platinum ditemukan di Amerika Serikat. platinum memiliki makna perak kecil, memiliki warna putih yang hampir sama dengan emas putih sehingga sering kali disamakan dengan emas putih.

Warna putih dari platinum ini berasal dari warna alami platinum itu sendiri, sedangkan emas putih warna putihnya dicampur dengan logam lain seperti palladium, perak atau nikel. Walaupun tidak sama dengan emas putih platinum juga menjadi bahan dasar pembuatan cincin yang cukup populer.

Beberapa khalayak umum tidak bisa membedakan antara platinum dan emas putih. platinum untuk membuat cincin mengandung 95% platinum murni yang tidak perlu tambahan lapisan lagi untuk membuat bercahaya dan berkilau.

Sedangkan, emas putih memiliki dasar yaitu emas kuning yang dipadukan dengan tambahan logam seperti perak, nikel atau palladium.

Kelebihan Bahan Platinum

1.   Lebih berkilau dan indah

Warna putihnya yang halus dan cerah membuat cincin platinum terlihat mewah, berkilau, dan menawan. Dengan warna putih yang cerah ketika memakai cincin atau cincin lainnya yang berbahan platinum akan membuat pemakainya menjadi sorotan.

Salah satu kelebihan platinum ini jugalah yang menjadikan cincin jenis ini begitu banyak diminati.

2.   Warna yang tidak mudah pudar

Salah satu yang sering dipertimbangkan ketika membuat cincin adalah mudah tidaknya bahan yang digunakan pudar atau luntur. Untuk bahan platinum ini sendiri tidak akan mudah pudar dan luntur dikarenakan kandungan alami yang ada di dalam bahan ini akan menjaga bahan tetap berkilau dan bercahaya.

3.   Perawatan yang mudah

Untuk cincin yang memiliki bahan platinum akan mudah ketika melakukan perawatannya, hanya perlu sedikit polishing dengan kain bersih untuk menjaga warna dari bahan ini tetap bercahaya dan berkilau.

4.   Tidak menimbulkan alergi

Beberapa orang biasanya akan timbul efek alergi dikarenakan memiliki kulit sensitive. Untuk bahan platinum ini tidak akan menimbulkan efek alergi dikarenakan bahan ini memiliki sifat hypoallergenic sehingga untuk yang memiliki kulit sensitive tidak perlu takut menggunakan cincin dari bahan ini.

5.   Daya tahan tinggi

Cincin yang menggunakan bahan ini cenderung tahan terhadap goresan maupun benturan dikarenakan bahan platinum ini memiliki karakteristik yang keras dan padat. Di mana dengan kelebihan ini dapat membuat cincin tahan lama.

Kekurangan Bahan Platinum

1.   Sulit dibentuk

Selain karakteristik yang padat dan keras memberikan kelebihan tahan benturan tetapi dengan karakteristik ini membuat cincin berbahan ini sulit untuk dibentuk. Oleh karena itu design yang dihasilkan dari bahan ini cenderung sederhana.

2.   Lebih berat

Kandungan platinum yang tinggi membuat cincin berbahan platinum terasa tidak nyaman ketika dikenakan. Sebab, bahan ini memiliki berat yang cukup tinggi dibanding jenis cincin seperti emas yang cenderung lebih ringan.

3.   Tidak dapat dijual kembali

Walaupun bahan platinum menjadi bahan yang sangat populer tetapi cincin dengan material platinum tidak dapat dijual kembali karena sedikitnya peminat. Hal ini tidak akan menjadi permasalahan jika cincin hanya untuk menambah koleksi saja.

Bahan Titanium

Titanium sendiri adalah logam dengan warna abu-abu putih perak metalik ini pertama kali ditemukan di Cornwall, Kerajaan Britania Raya pada 1791 silam. Titanium terkenal sebagai bahan yang memiliki anti karat sangat tinggi tahan dengan air laut, klorin atau air raja sekalipun.

Lihat juga:  7 Merk Penghapus Pensil Yang Bagus 2022

Salah satu jenis perhiasan yang kini sedang digemari banyak orang adalah cincin berbahan titanium, bahkan di berbagai toko perhiasan, keberadaan cincin titanium selalu menjadi perburuan, baik untuk dijadikan sebagai perhiasan atau untuk cincin tunangan.

Kelebihan Bahan Titaninium

1.   Memiliki daya tahan yang baik

Kelebihan cincin berbahan titanium yang pertam adalah memiliki daya tahan yang sangat baik. Tidak hanya kekuatannya yang sama seperti baja, bahkan daya tahan yang ada pada titanium ini mampu bertahan dengan baik ketika berada di sekitar air laut, aqua, regia, klorin, atau zat-zat lainnya.

Dengan kelebihan ini tentunya setiap cincin yang berbahan titanium akan tahan lama.

2.   Tidak mudah berkarat

Dikarenakan bahan titanium merupakan baja kuat menjadikannya tahan karat. Sama seperti emas dan perak, titanium juga tidak mudah mengalami korosi atau karat. Sehingga memudahkan dalam beraktivitas ketika menggunakan cincin berbahan ini karena tidak perlu memikirkan perhiasan akan berkarat.

3.   Harga yang relative rendah

Jika kita bandingkan dengan bahan lainnya, harga cincin berbahan titanium jauh lebih terjangkau. Jika anda menginginkan perhiasan yang minim budget maka titanium adalah pilihan yang tepat. Namun terkadangan beberapa cincin titanium ini juga memiliki harga yang tinggi tergantung dari kerumitan dan bahan lain yang digunakan di dalam cincin.

4.   Lebih ringan

Salah satu keunggulan titanium yang membuatnya begitu cocok sebagai cincin karena logam ini bersifat ringan. Sehingga pemakainya tidak akan merasa terbebani dikarenakan bahan yang ringan dan tidak membuat kulit mengalami iritasi.

5.   Memiliki sifat berkilau

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh titanium ini adalah sifatnya yang berkilau dan tidak mudah menghitam. cincin berbahan ini cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Kekurangan Bahan Titanium

1.   Bentuk yang tidak dapat diubah setelah jadi

Untuk beberapa bahan perhiasan ada yang dilebur untuk diolah lebih lanjut agar menjadi perhiasan dengan model yang lebih fresh. Tapi untuk bahan titanium ini tidak dapat mengalami peleburan kembali dikarenakan karakteristik yang kuat dari bahan ini.

2.   Design yang simple

Seperti yang kita tahu terkadang perhiasan terlebih lagi cincin akan terlihat cantik apabila diberi tambahan seperti batu permata sehingga cincin akan terlihat lebih cantik. Akan tetapi jika cincin yang terbuat dari bahan titanium tidak dapat ditambahkan batu permata.

Menjadikan cincin yang dibuat dari bahan titanium hanya memiliki detail ukiran yang mempercantik dari design cincinnya.

Pilih Mana: Cincin Platinum atau Titanium?

Keterangan Cincin PlatinumCincin Titanium
Kelebihan - Lebih berkilau dan indah - Warna yang tidak mudah pudar - Perawatan yang mudah - Tidak menimbulkan alergi - Daya tahan tinggi- Memiliki daya tahan yang baik - Tidak mudah berkarat - Harga yang relative rendah - Lebih ringan - Memiliki sifat berkilau
Kekurangan - Sulit dibentuk - Lebih berat - Tidak dapat dijual kembali- Bentuk yang tidak dapat diubah setelah jadi - Design yang simple
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari pembahasan tersebut terlihat bahwa kedua bahan memberikan kesan berkilau dan tahan lama, yang mebedakannya adalah di bagian design dan berat dari bahan cincin yang digunakan. Jadi sudah memantapkan hati untuk memilih bahan apa untuk cincin kamu?

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Cincin Platinum vs Cincin Titanium

VS