Aplikasi

Pilih Mana: Clean Master atau 360 Security?

Apakah Anda masih bingung untuk memilih aplikasi pembersih sekaligus antivirus untuk smartphone Android kesayangan? Tidak perlu bingung karena kali ini kami akan memberikan pilihan aplikasi antivirus dan pembersih untuk perangkat Anda yaitu Clean Master dan 360 Security. Penasaran kan? Mari simak penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

Clean Master

Clean Master adalah aplikasi pembersih yang dibuat oleh pengembang Android, Cheetah Mobile, perusahaan internet mobile terkemuka yang memiliki lebih dari 362 juta pengguna aktif. Perusahaan ini menjadi penyedia berbagai produk platform, misalnya Duba.com, Cheetah Browser, pusat permainan, dan toko aplikasi mobile untuk konten global untuk mitra bisnisnya. Bukan hanya itu, Clean Master dirancang dengan tujuan untuk mempercepat sistem kerja perangkat android agar tidak mengalami gangguan atau lag. Aplikasi ini telah diunduh oleh ratusan juta pengguna Android karena kapasitas aplikasi terbilang cukup kecil.

Hebatnya lagi, Clean Master telah didukung dalam berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Belanda, Cina, Kroasia, Ceko, Arab, Bulgaria, Prancis, Jerman, Hungaria, Indonesia, Yunani, Ibrani, Italia, Jepang, Korea, Norwegia, Rumania, Rusia, Serbia, Slowakia, Spanyol, Thailand, Turki, Ukraina, Vietnam, Polandia, Portugis, serta Melayu.

Dengan memasang aplikasi ini maka akan membantu menghapus file yang tidak perlu yang membebani perangkat mobile sekaligus mengambil memori di ponsel yang cukup besar yang pada akhirnya dapat mengganggu kinerja perangkat mobile menjadi lambat. Selain memiliki desain yang mudah dimengerti, aplikasi Clean Master juga sangat mudah digunakan. Setelah memasang aplikasi ini, ponsel ini dijamin bisa berjalan lebih cepat dan optimal. Baca juga Pilih Mana: 360 Security atau 360 Security Lite?

Fitur Clean Master:

1. Kunci Aplikasi (Application Lock)
Fitur ini membantu Anda untuk mengunci beberapa aplikasi seperti Facebook, SMS, Kontak, Galeri, dan aplikasi lainnya sesuai pilihan pengguna. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah menjaga privasi data yang diinginkan.

2. Penghapus foto duplikat
Aplikasi Clean Master memungkinkan pengguna ponsel untuk secara otomatis mengidentifikasi gambar atau foto. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan pilihan bagi pengguna untuk menyimpan atau menghapus gambar.

3. Membersihkan File Sampah
Fitur ini menjadi fungsi utama dari Clean Master untuk membersihkan cache dan file residu untuk meningkatkan ruang atau kapasitas Micro SD. Selain itu, ini juga bisa meningkatkan kecepatan dan meningkatkan performa ponsel secara keseluruhan, serta bisa membantu membersihkan cache secara berkala, sehingga bisa menghemat ruang memori dan bisa mempercepat performa ponsel.

4. Memory Boost
Penggunaan berbagai aplikasi di ponsel bisa mengakibatkan berkurangnya sistem RAM dan juga bisa membuat baterai ponsel cepat habis. Fitur Task Killer yang ditawarkan oleh Clean Master dapat membantu menghentikan tugas proses yang tidak diinginkan. Maka akan bisa meningkatkan kapasitas RAM dan bisa membuat performa ponsel menjadi lebih optimal.

5. CPU Cooler
Kemudian, Clean Master memiliki fitur CPU cooler untuk mendinginkan perangkat mobile, yaitu dengan mencari dan menghentikan aplikasi yang bisa menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Selain itu, fitur ini juga bisa membuat baterai ponsel bertahan lebih lama.

6. Anti Virus
Kemampuan Clean Master bisa juga dijadikan anti virus yang telah dipercaya dengan kualitas profesional dalam melakukan pemindaian perangkat dalam waktu yang relatif singkat. Fitur ini adalah pilihan pengguna karena bisa melakukan pemindaian virus lebih akurat dibanding fitur antivirus berbayar lainnya, karena mampu untuk melindungi perangkat dari berbagai jenis virus seperti trojan, vulnerabilities, adware, atau spyware.

7. Game Booster
Aplikasi Clean Master juga digunakan untuk meningkatkan kecepatan game hingga 30% dan aplikasi lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara mengosongkan memori agar perangkat lebih optimal.

360 Security

360 Security merupakan aplikasi keamanan besutan perusahaan China Qihoo yang cukup intens masuk ke pasar pengguna smartphone Indonesia. Kelebihan dari 360 Security ini tidak hanya mendeteksi masalah virus atau malware yang hanya menginfeksi smartphone tapi juga bisa menganalisa hal-hal yang membuat smartphone berjalan seperti seharusnya seperti aplikasi sampah. Bahkan dengan aplikasi ini Anda bisa mengatasi gangguan kenyamanan dalam bertelekomunikasi, contohnya sejumlah SMS atau spam yang menyebalkan yang bisa Anda kendalikan melalui aplikasi ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Opera Mini atau Firefox Lite?

Cara menggunakan 360 Security pun sangat mudah. Anda bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di Google Play, setelah itu tinggal dijalankan.Pertama kalinya yang muncul di tampilan beranda adalah status memori smartphone secara keseluruhan dan persentase pemakaian, serta ruang kosong yang ada. Menu nibawahnya nampak ada tulisan “Clean Up” yang jika diklik, maka 360 Security akan menghapus file sampah yang tidak berguna dan hanya membuat memori penuh.

Setelah itu, lanjutkan ke menu berikutnya silahkan swipe layar ke kanan maka akan muncul menu selanjutnya yaitu “Virus Scanning” yang berguna untuk mendeteksi apakah ada virus di ponsel Anda. Kemudian, klik quick scan jika Anda merasa ada sesuatu salah dismartphone, dan akhirnya terhapus alias lenyap dari peredaran. Perangkat Anda pun terbebas dari semua gangguan virus yang merusak.

Kemudian disamping Quick scan, ada menu “Accelerator & Power-Saver” yang berguna untuk mendeteksi kinerja RAM dengan membawa speedometer yang menunjukan jumlah RAM total, berapa yang digunakan dan aplikasi yang sedang berjalan. Jadi jika perlu Anda bisa membersihkan aplikasi yang sedang berjalan, sehingga menghentikan atau mengganggu kinerja RAM sehingga smartphone Anda bisa berjalan lebih cepat. Untuk menghemat daya baterai pengguna juga bisa memilih menu secara otomatis membersihkan RAM jika tidak digunakan dalam beberapa waktu yang terletak di kanan atas ponsel.

Fitur 360 Security:

1.Call dan SMS Blocker
Fitur ini berguna untuk memblokir nomor telepon yang Anda masukan sehingga nomor tiu tidak bisa menghubungi atau SMS ke ponsel Anda. Tentu hal ini sangat berguna karena begitu banyak SMS spam atau penipuan yang tidak kita inginkan sama sekali.

2.Anti Pencurian
“Anti Theft” atau anti pencuri ini pastinya fitur yang keren untuk memperkecil kemungkinan pencurian ponsel. Untuk mengaktifkan menu ini, Anda harus memiliki perangkat telepon lain yang harus dimasukkan nomor dan kode keamanan ke aplikasi. Dengan menu ini jika suatu saat ponsel utama hilang, maka 360 Security bisa membantu mereka untuk melacak lokasi ponsel, menghapus semua data ponsel yang relevan, peringatan jika ada yang mencabut sim card dan bisa menyalakan anti alarm pencurian.

3.Monitor
Fitur ini berfungsi untuk memberikan alarm bagi penggunaan data internet agar tidak terlalu jauh sehingga pengguna bisa mengontrol penggunaan setiap bulannya.

Pilih Mana: Clean Master atau 360 Security?

Clean Master360 Security
- Dibuat oleh pengembang Android serta Cheetah Mobile- 360 Security merupakan aplikasi keamanan besutan perusahaan China Qihoo
- Tersedia dalam banyak pilihan bahasa sehingga memudahkan pengguna- Anda dapat memonitor penggunaan kuota internet per periode waktu tertentu
- Bermanfaat juga sebagai CPU cooler dan penghapus foto duplikat- Selain sebagai antivirus, juga bermanfaat untuk menjaga privasi dengan fitur Application Lock

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan jika aplikasi Clean Master lebih unggul dibandingkan 360 Security karena lebih banyak fitur. Terlebih lagi saat ini kepopularitas Clean Master masih terbilang lebih tinggi daripada pesaingnya, apalagi penggunanya yang berasal dari seluruh dunia. namun pada akhirnya, pilihan masih ditangan Anda sendiri untuk memilih yang mana. Selamat memilih!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Clean Master vs 360 Security

VS

Leave a Reply