Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Coca-Cola atau Sprite?

Minuman bersoda atau berkarbonasi sangat cocok untuk menghilangkan dahaga di bawah terik matahari yang panas. Minuman berkarbonasi ini merupakan air yang disuntikan dengan gas karbon dioksida. Baca Juga: Pilih Mana: Pepsi atau Coca-Cola?

Minuman bersoda ini memberikan sensasi yang khas ketika diminum. Sensasi ini merupakan kandungan asam yang merangsang reseptor saraf di mulut. Beberapa penelitian mengatakan bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan kemampuan menelan.

Coca-Cola dan Sprite merupakan dua jenis minuman berkarbonasi yang paling sering ditemukan di warung kelontong atau toko swalayan. Kedua minuman ini juga merupakan minuman yang populer di kelasnya.

Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua minuman berkarbonasi ini. Mari simak penjelasannya.

Tentang Coca-Cola

Coca-Cola merupakan minuman bersoda yang telah dikenal lebih dari 200 negara di dunia. Pertama kali dikenalkan oleh ahli farmasi John styth pemberton pada tahun 1886 dan mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 1927.

Komposisi dari Coca-Cola ini adalah air berkarbonasi sekitar 90%, gula, pewarna karamel, konsentrat kola, asam fosfat dan kafein. Memilih tiga jenis yaitu Coca-Cola original taste, Coca-Cola light taste (bebas gula dan bebas kalori) serta Coca-Cola zero sugar (bebas gula)

Kelebihan Coca-Cola

Coca-Cola menawarkan berbagai kelebihan pada produknya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Brand Image Terkenal

Siapa yang tidak kenal dengan Coca-Cola? Coca-Cola ini memiliki brand image yang sudah dikenal di kalangan luas. Menjadikan minuman berkarbonasi ini menjadi minuman pertama yang dicari untuk melegakan dahaga.

2.  Pabrik Terbesar

Coca-Cola memiliki pabrik produksi terbesar yang dapat memproduksi minuman untuk lebih dari 200 negara di dunia.

3.  Target Memasarkan Secara Global

Coca-Cola memiliki sistem pemasaran yang sangat baik, brand Coca-Cola ini memasarkan produknya secara global ke seluruh penjuru dunia dengan membuat berbagai souvenir untuk menarik perhatian public. Seperti gantungan kunci dan tempelan kulkas dengan logo Coca-Cola

4.  Kemasan Menarik dan Harga Terjangkau

Coca-Cola memiliki kemasan yang menarik mulai dari bahan kaleng, plastik dan kaca. Selain kemasan Coca-Cola juga memiliki harga yang murah dan ekonomis.

Kekurangan Coca-Cola

Minuman berkarbonasi tentunya memiliki banyak kekurangan untuk tubuh, salah satunya adalah Coca-Cola. Berikut penjelasannya.

1.  Berbahaya Bagi Kesehatan

Kandungan gula yang tinggi di dalam Coca-Cola menjadikan minuman ini berbahaya untuk kesehatan jika diminum secara terus-menerus. Selain gula kandungan kafein di dalamnya juga dapat membuat tekanan darah naik, pupil membesar dan detak jantung tidak stabil.

2.  Diduga Mengandung Pestisida

Pada tahun 2006 Coca-Cola terlibat kontroversi yang mengatakan bahwa Coca-Cola mengandung pestisida di dalam minumannya. Tentunya kandungan ini akan membahayakan konsumennya. 

3.  Inovasi dan Ekspansi yang Lambat

Walaupun produksi serta sistem pemasaran dari Coca-Cola ini sangat pesat dan global, tapi untuk inovasi serta ekspansi dari brand ini tergolong lambat dalam mengatasi pesaing dan memenuhi kebutuhan pasar.

Lihat juga:  7 Merk Teh Tarik Instan Yang Enak 2022

Tentang Sprite

Sprite merupakan minuman ringan berkarbonasi yang tidak memiliki warna atau bening. Minuman ini memiliki rasa lemon atau jeruk nipis serta bebas dari kafein. Sprite juga diproduksi oleh perusahaan minuman terbesar yaitu The Coca-Cola Company.

Sprite memiliki berbagai jenis produk yang dapat membantu menghilangkan dahaga, seperti, Sprite, Diet Sprite, Sprite Zero, Sprite Remix dan jenis terbarunya Sprite Waterlymon.

Kelebihan Sprite

Tak semua minuman berkarbonasi akan memberikan dampak buruk, berikut beberapa kelebihan dari Sprite.

1.  Meningkatkan Rasa Kenyang

Sprite dapat mempertahankan rasa kenyang. Hal ini dikarenakan gelembung gas dan kandungan gula yang tinggi dapat membantu makanan berada di dalam perut lebih lama dibandingkan dengan minum air putih.

2.  Meredakan Nyeri Ulu Hati

Meskipun bersifat asam, sprite dapat membantu dalam meredakan nyeri ulu hati karena meningkatkan asam lambung. Hal ini disebabkan oleh air bersoda dapat meningkatkan aktivitas lambang dalam bekerja.

3.  Mengandung Natrium

Sprite memiliki kandungan natrium yang tinggi. Natrium merupakan mineral penting yang dapat mencegah kram otot, penuaan pada kulit, penurunan tekanan darah dan manfaat baik bagi tubuh lainnya.

Kekurangan Sprite

Meskipun terdapat beberapa kelebihan, Sprite juga tak dapat terlepas dari kekurangannya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.  Merusak Enamel Gigi

Kandungan asam dan gula yang terkandung di dalam Sprite dalam merusak enamel gigi. Beberapa penelitian mengatakan bahwa kombinasi dari kedua kandungan ini dapat menyebabkan lapisan email gigi menjadi terkikis.

2.  Meningkatkan Resiko Diabetes

Kandungan gula di dalam Sprite tak hanya merusak gigi, namu dapat meningkatkan risiko diabetes. Kandungan gula ini dapat memicu kegagalan untuk memproduksi hormon insulin yang berguna untuk mengolah glukosa.

3.  Mengganggu Kinerja Otak

Sprite mengandung pemanis buatan seperti aspartam yang biasanya mengandung fenilalanin yang dapat menimbulkan sakit kepala, kejang, insomnia bahkan mengganggu fungsi otak.

Pilih Mana: Coca-Cola atau Sprite?

Keterangan Coca-ColaSprite
Kelebihan - Brand Image Terkenal - Pabrik Terbesar - Target Memasarkan Secara Global - Kemasan Menarik dan Harga Terjangkau- Meningkatkan Rasa Kenyang - Meredakan Nyeri Ulu Hati - Mengandung Natrium
Kekurangan - Berbahaya Bagi Kesehatan - Diduga Mengandung Pestisida - Inovasi dan Ekspansi yang Lambat- Merusak Enamel Gigi - Meningkatkan Resiko Diabetes - Mengganggu Kinerja Otak
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Coca-Cola maupun sprite dapat menghilangkan dahaga sementara, kedua jenis minuman berkarbonasi ini akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh jika tidak terlalu sering dikonsumsi.

Semua minuman berkarbonasi memiliki dampak yang buruk bagi tubuh jika diminum terlalu berlebihan. Oleh karena itu, jika memang ingin mengkonsumsi minuman bersoda pilihlah minuman yang rendah gula dan jangan berlebihan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Coca-Cola atau Sprite

VS